Explorer Guidebook

Cari di blog ini

Perayaan Tahun Baru Korea (Seollal)

0

Korean new year Seollal
Salah satu permainan tradisional pada hari Seollal
Seperti halnya tahun baru China dan tahun baru Islam, orang Korea juga merayakan tahun baru lain selain tahun baru 1 Januari, yaitu Seollal. Seollal adalah tahun baru Korea (Korean New Year) yang jatuh pada hari pertama kalender bulan Korea dan menjadi hari libur nasional selama 3 hari. Pada tahun 2013 ini Seollal jatuh pada tanggal 10 Februari, dan untuk tahun 2014, seollal jatuh pada tanggal 31 Januari.

Kebiasaan orang Korea pada tahun baru ini adalah pulang atau mengunjungi rumah orang tua mereka jika merantau atau sudah tidak tinggal serumah, dan juga melakukan penghormatan kepada leluhur. Banyak dari mereka juga berdandan dengan mengenakan pakaian tradisional Korea (hanbok). Makanan yang biasa dihidangkan pada hari libur Seollal adalah tteokguk (sup kue beras) dan soju (arak beras). Orang Korea menganggap tahun baru ini seperti halnya hari ulang tahun sehingga menganggap umur mereka telah bertambah 1 tahun setelah selesai makan tteokguk pada perayaan tahun baru ini.

Seperti tahun baru China, pada tahun baru Seollal juga ada tradisi memberi angpao oleh orang tua kepada anak-anak. Anak-anak biasanya mengucapkan selamat tahun baru kepada para orang tua (orang tua, paman, bibi, kakek-nenek mereka) sambil membungkuk, setelah itu para orang tua membalasnya dengan memberi uang yang dimasukkan ke dalam kantong kecil yang terbuat dari sutera. Kata-kata selamat tahun baru yang biasa diucapkan oleh anak-anak atau orang yang lebih muda adalah “saehae bok mani badeuseyo” yang artinya “have a blessed New Year” dan orang tua membalasnya dengan berkata “deokdam”. 

Sebagai hari libur dan perayaan paling penting di Korea, pastinya banyak acara yang diadakan untuk merayakan tahun baru Seollal, baik festival-festival rakyat maupun hiburan modern. Perayaan dan festival-festival ini biasanya bertempat di pusat-pusat kebudayaan Korea, dan juga tempat wisata yang erat kaitanya dengan tradisi dan kebudayaan rakyat Korea seperti istana kerajaan dan desa rakyat tradisional. Nah, Anda tertarik ingin merasakan seperti apa suasana tahun baru di Korea?

Artikel Terkait:
Chuseok, Hari Thanksgiving di Korea

0 comments:

Post a Comment