10 Tempat Wisata Populer di Korea Selatan

39
pulau jeju korea

Berikut saya rangkumkan 10 tempat wisata paling terkenal di Korea Selatan yang wajib anda kunjungi saat pertama kali jalan-jalan ke negeri ginseng. (baca: Budget Hotel dan Backpacker Hostel di Seoul, Korea). Tempat-tempat wisata ini meliputi ikon dan landmark Korea, istana kuno, desa rumah tradisional, surga belanja, tempat bunga sakura, hingga dua pulau paling indah di Korea. Check it out!

N Seoul Tower Korea

N seoul Tower adalah sebuah menara komunikasi dan observasi yang terletak di gunung Namsan, Seoul, Korea Selatan. Menara setinggi 236,7 m ini merupakan landmark kota Seoul dan merupakan titik tertinggi di kota ini. Karena itu, jika Anda berwisata ke Korsel tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi menara populer yang satu ini. Salah satu yang menjadi daya tarik terbesar dari N Seoul Tower adalah ribuan gembok cinta warna-warni aneka bentuk yang ada di pohon dan juga pagar di bagian bawah menara. 

Selain itu, di puncak N Seoul Tower juga terdapat 4 dek observasi di mana kita bisa melihat panorama kota Seoul dari ketinggian. Satu dek observasinya merupakan restauran berputar yang memungkinkan kita menikmati santapan lezat sekaligus pemandangan sekitar 360o! Selain itu masih ada lagi 2 restauran lain di lantai dasar, toko suvenir, dan juga museum Teddy Bear. Untuk menuju N Seoul Tower sendiri yang ada di puncak gunung, ada banyak alternatif yang bisa ditempuh, dan semuanya menawarkan pengalaman dan pemandangan yang berbeda. Tiga diantaranya yang bisa Anda pilih adalah naik cable car, mendaki tangga, atau menelusuri jalan raya. Baca lebih detail... 

Alamat N Seoul Tower: 산1-3 Yongsandong 2(i)-ga, Yongsan-gu, Seoul, Korea Selatan

Korean Palace

Hal lain yang identik dengan Korea Selatan adalah istana kerajaan zaman dulunya yang sering muncul di drama-drama kolosal Korea. Ada 5 istana (Grand Palace) yang dibangun pada masa dinasti Joseon, yaitu Istana Gyeongbokgung, Changdeokgung, Changgyeonggung, Deoksugung, dan Gyeonghuigung. Istana-istana indah dan khas Korea ini sangat populer dan menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi di Seoul, Korea Selatan. (Baca info detail tiap istana ini di sini).

Selain pemandangan kompleks istana yang indah, kita juga bisa melihat secara dekat arsitektur, interior, adat istiadat, serta benda-benda peninggalan warisan Dinasti Joseon. Setiap harinya di beberapa istana ini juga diadakan pertunjukan peragaan ulang dari ritual, tradisi, serta kegiatan-kegiatan yang terjadi di kehidupan kerajaan pada zaman Dinasti Joseon. Melihatnya secara langsung akan membuat Anda merasa seperti masuk dalam drama-drama kolosal Korea atau bahkan seperti telah terbang dengan mesin waktu dan kembali ke zaman dulu saat Dinasti Joseon masih berjaya di Korea Selatan :)

Hanok Village korea

Selain istana kerajaan, hal lain yang mencolok dan khas dari kebudayaan Korea yang sering muncul dalam drama-drama kolosalnya adalah kampung-kampung penduduk dengan rumah tradisonal Korea (hanok) yang khas. Jangan kira bahwa rumah-rumah tersebut hanya sebatas settingan semata yang dibuat khusus untuk film, karena desa-desa dan rumah-rumah ini memang benar ada dan masih bisa kita lihat hingga sekarang. 

Bagi yang ingin mengenal budaya Korea atau penyuka drama Korea, Anda pasti ingin datang dan melihat langsung desa-desa penduduk ini jika mengunjungi Korea Selatan, iya kaan?? *ala Syahrini*. Karena itu saya sudah rangkumkan informasi lengkap tentang 9 kampung rakyat tradisional Korea yang wajib Anda dikunjungi. Di desa-desa ini Anda tidak hanya bisa merasakan atmosfer desa yang khas tetapi juga melihat dan merasakan langsung kebudayaan mereka. Bahkan Anda juga bisa merasakan hidup di rumah tradisional dengan menginap di penginapan-penginapan hanok yang ada. Baca info selengkapnya di sini.

Myeongdeong Korea

Berwisata ke suatu negara, tak lengkap rasanya jika tak menyambangi pusat perbelanjaannya. Ini juga berlaku di Korea Selatan. Apalagi negeri ini tempatnya bintang-bintang K-drama dan K-Pop yang terkenal memiliki style yang oke punya mulai dari fashion, make up, hingga gaya rambut. Oleh karena itu, Korea, khususnya Seoul, juga menjadi salah satu kiblat fashion dunia. Dan di pusat perbelanjaan inilah kita bisa mendapatkan produk-produk fashion dan kosmetik andalan Korea. Dan bicara tentang kawasan pusat perbelanjaan, Korsel punya beberapa destinasi wisata belanja terkenal yaitu Myeongdong, Insadong, Dongdaemun, dan Namdaemun. 

Empat tempat ini punya spesialisasi masing-masing. Ada yang spesialisasi di butik-butik fashion dan kosmetik dengan banyak resaturan dan tempat hiburan, ada yang spesialisasi di toko-toko fashion grosir, ada yang spesial suvenir khas, dan ada juga yang menjadi pusatnya makanan dan jajanan khas Korea. Oleh karena itu, tempat-tempat ini tak hanya menjadi tujuan para penggemar fashion tetapi juga pemburu oleh-oleh, pecinta kuliner, dan wisatawan yang ingin melihat pusat keramaian dan kehidupan muda-mudi di Korea. Anda tertarik menjelajah 4 tempat wisata belanja ini? Baca lebih detail di sini.

5. Jinhae
Festival bunga sakura di Jinhae Korea

Jinhae atau Jinhae-gu adalah sebuah distrik di kota Changwon-si, provinsi Gyeongsangnam-do, Korsel, sekitar 1 jam dari Busan. Bagi penggemar drama Korea, pasti sering dengar kata Jinhae, yang kalau sudah di-dubbing dalam bahasa Indonesia jadi terdengar seperti ‘Jinan’ :D. Tempat ini sering menjadi lokasi syuting drama Korea dan identik dengan bunga cherry atau sakura. Ya, tempat ini memiliki banyak sekali pohon sakura baik yang tersebar di kota maupun terkonsentrasi di beberapa tempat. Setiap musim semi, lebih dari 1 juta orang, baik warga lokal Korea maupun turis, membanjiri kota Jinhae untuk melihat pohon-pohon bunga sakura yang bermekaran.

Selain itu, pada musim semi Jinhae juga terkenal dengan festival bunga sakuranya (Jinhae Gunhangje Festival atau Jinhae Cherry Blossom Festival) yang diadakan setahun sekali. Pada festival ini para pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan bunga sakura, tetapi juga aneka kuliner di stan makanan, dan juga permainan serta pertunjukan live. Kita juga bisa menyaksikan parade militer yang digelar sebagai bagian dari Jinhae Naval Festival yang digelar secara bersamaan. Tertarik melihat keindahan bunga sakura di Jinhae? Baca lebih detail untuk mengetahui kapan festival bunga sakura di Jinhae diadakan dan lokasi bunga sakura mana saja yang wajib dikunjungi.

*Jinhae paling cocok dikunjungi pada musim semi

Pulau Nami Korea

Pulau Nami atau Namiseom adalah pulau mungil nan indah berbentuk bulan separo yang berada di wilayah Chuncheon-si, provinsi Gangwon-do, Korea Selatan; sekitar 63 km dari kota Seoul. Pulau Nami terkenal memiliki pemandangan alam yang indah dan juga jalan romantis dengan deretan pohon di kedua sisinya. Pulau ini makin populer setelah booming-nya drama korea Winter Sonata yang menjadikan pulau ini sebagai lokasi syuting. Karena pulau ini menyajikan kecantikan dan romantisme yang berbeda setiap musimnya, Anda setidaknya harus datang 4 kali ke pulau ini, yaitu saat musim gugur, musim dingin, musim semi, dan juga musim panas :). Namun paling wajib adalah musim gugur.

Selain memiliki pemandangan alam yang indah, Pulau Nami juga merupakan pusat acara-acara kebudayaan dan seni di Korea yang diadakan hampir setiap pekan. Pulau ini juga memiliki kebun binatang, kebun botani, perahu wisata, ayunan luncur menuju pulau, museum dan galeri seni, panggung indoor dan outdoor, dan pondok penginapan serta hotel lengkap dengan fasilitas seminar dan workshop. Pulau Nami juga memiliki keunikan tersendiri seperti mendeklarasikan diri sebagai ‘Republik Naminara’ dan memiliki kelengkapan administrasi seperti halnya sebuah negara independen. Selain itu pulau ini masih memilki beberapa tradisi unik lainnya. Baca lebih detail.

Alamat: Namiseom, Chuncheon, Korsel

Pulau Jeju Korea

Pulau Jeju atau Jejudo adalah pulau terbesar sekaligus provinsi terkecil di Korea Selatan yang terletak di Selat Korea, 130 kilometer jauhnya dari pantai selatan Korea. Pulau ini sering dianggap seperti Bali atau Hawai-nya Korea dan merupakan salah satu tujuan wisata honeymoon paling top di dunia. Pulau Jeju juga tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan merupakan 1 dari 7 Keajaiban Alam versi terbaru. Pulau yang dijuluki ‘Island of the Gods’ ini memiliki banyak alam terbuka dan memiliki pemandangan alam yang bervariasi meliputi gunung, tebing, pantai, air terjun, padang rumput, serta padang bunga liar yang indah. 

Selain keindahan alamnya, pulau ini juga menawarkan banyak objek wisata lain seperti kebun botani, museum Teddy Bear, taman dewasa Love Land, taman teka-teki Maze, theme park, festival, dan juga aneka kegiatan seperti menunggang kuda, menyelam, dan juga hiking. Desa-desa tradisonal khas penduduk asli Jeju juga wajib dikunjungi oleh Anda yang tertarik untuk mengetahui kehidupan dan kebudayaan asli warga lokal. Kita juga bisa melihat rumah-rumah tradisional dan kebudayaan penduduk Pulau Jeju di 2 museum desa rakyat yang ada di pulau ini. Seperti layaknya tempat wisata lain, di pulau Jeju juga banyak toko-toko suvenir, kerajinan tangan, oleh-oleh, serta makanan khas Jeju. Baca lebih detail.

8. Taman Hiburan

Korea Selatan punya dua andalan taman hiburan, yaitu Lotte World dan Everland. Satunya berada di Seoul dan satunya berada di kota Yongin. Dua-duanya menawarkan suasana dan atraksi hiburan yang berbeda. Lotte World terkenal dengan theme park indoornya yang sering dipakai sebagai lokasi syuting film, sementara Everland terkenal dengan taman bunga serta bangunan-bangunannya yang indah seperti di negeri dongeng.

Lotte World terdiri dari theme park indoor, taman hiburan outdoor, museum rakyat Korea, mall, bioskop, sebuah hotel mewah, serta fasilitas olahraga. Sementara Everland memiliki theme park, kebun binatang, arena balap, serta aneka wahana dan petualangan outdoor yang terbagi dalam 5 zona berbeda, yaitu: Zoo-Topia, European Adventure, Magic Land, American Adventure, dan Roller Coasters. Keduanya memiliki keistimewaan dan kelebihan masing. Terserah Anda mau pilih yang mana, Lotte World atau Everland (Klik untuk melihat info masing-masing). Pilih dua-duanya juga boleh kok :) 

9. Cheonggyecheon Stream
sungai cheonggyecheon stream korea

Cheonggyecheon Stream adalah sungai sepanjang 8,4 km yang mengalir di tengah kawasan pusat bisnis kota Seoul, Korea Selatan. Sungai ini memiliki tempat berjalan di kedua sisinya (layaknya Sungai Seine di Paris) dan dihiasi dengan karya seni, patung, taman, jembatan, air terjun serta pertunjukan sinar laser yang bisa dinikmati pada malam hari. Cheonggyecheon Stream merupakan primadona wisata baru di kota Seoul, dan menjadi tempat duduk dan jalan-jalan favorit warganya, khususnya pasangan muda-mudi. 

Karena sering muncul dalam drama Korea, Cheonggyecheon Stream juga cukup populer di kalangan wisatawan mancanegara dan menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi di kota Seoul. Apalagi tempat ini juga merupakan tempat diadakannya Lantern Seoul Festival, yaitu festival lampion yang diadakan setahun sekali yang merupakan salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu di Korea. Nah karena Cheonggyecheon Stream ini cukup panjang, ada beberapa titik yang cocok sebagai starting point Anda untuk menelusuri sungai ini, salah satunya adalah ujung Cheonggyecheon Stream dekat Gwanghwamun Station.


Ke Korea belum lengkap rasanya kalau belum mencoba sauna khasnya yang disebut Jjimjilbang. Jjimjilbang adalah tempat sauna Korea sekaligus tempat pemandian umum yang dilengkapi dengan kolam air panas, sauna kering dan basah, dan berbagai fasilitas lain seperti rest area, TV, cafetaria, tempat pijat, spa, ruang komputer, dan free WI-FI. Tempat ini sangat populer di Korea dan merupakan salah satu unsur kebudayaan yang tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari warganya. Di Korea, orang biasanya pergi ke jjimjilbang pada akhir minggu untuk refreshing sekaligus menghabiskan waktu bersama saat weekend, entah dengan rekan kerja, teman, atau keluarga. Jjimjilbang juga sepertinya menjadi tempat kencan favorit bagi para pasangan kekasih seperti yang terlihat hampir di setiap drama Korea :D

Nah tidak seperti tempat sauna biasa, jjimjilbang ini sangat lengkap fasilitasnya dan tempat saunanya pun terdiri dari banyak lantai dan kamar dengan ‘spesialisasi’ masing-masing. Anda bisa menghabiskan waktu seharian hanya untuk mencoba semua ruangan sauna ini. Belum lagi terdapat ruangan lainnya seperti rest area di mana Anda bisa tidur-tiduran, tidur sungguhan, menonton TV, sekedar baca buku atau ngobrol sambil ngemil! Pokoknya lengkap, tak hanya bisa relaksasi dan refreshing tetapi juga bisa bersosialisasi, mencoba makanan Korea, sekaligus memperoleh pengalaman kultural. Jjimjilbang juga bisa menjadi alternatif penginapan yang murah karena kebanyakan tempat ini buka 24 jam dan cocok untuk menyegarkan badan sebelum kembali menempuh perjalanan jauh pulang ke rumah ;)

Anda tertarik ke Jjimjilbang? Baca lebih detail di sini karena masih ada banyak hal yang perlu Anda tahu tentang sauna Korea, termasuk sesuatu yang mungkin membuat Anda shock *serius*


Nah itu dia 10 tempat wisata populer di Korea Selatan. Cek juga daftar city tour lokal di Seoul. Nah, sudah tau tempat wisatanya, tinggal cari tempat menginap. Nah, jika anda ingin cari hotel murah di Seoul untuk menekan budget traveling anda seminimal mungkin, anda bisa pilih menginap di salah satu hotel murah namun berkualitas di seoul berikut ini. Banyak lho hostel yang kurang dari 200 ribu rupiah, dan lokasinya juga di kawasan dekat tempat wisata terkenal seperti kawasan Jongno-gu, Myeongdong, Insadong, Dongdaemun, Hongdae, dkk. Silahkan dicek sendiri: Daftar hotel murah di Seoul, Korea Selatan. Happy travelling! :)

39 comments: Leave Your Comments

  1. nice info kakak,,, korea emang salah satu tempat wisata tujuan terbaik..

    jangan lupa kunjungi www.duniawisataku.com kami melayani jasa pariwisata dalam dan luar negeri... termasuk korea lo... makasih ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Aiko :) Iya bener banget, sekarang Korea juga jadi salah satu destinasi favorit wisatawan Indonesia. Wah ada tour ke Korea ya? Buka cabang di kota lain nggak nih? :). Makasih ya kakak sudah mampir dan meninggalkan jejak :D

      Delete
  2. nabung nabung dulu ahh ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo budayakan lagi rajin menabung :D. Makasih ya kak Ikwan sudah mampir... ditunggu lagi kunjungannya :)

      Delete
  3. Sekarang semenjak ada Running Man, jadi makin ngebet pengin kesana. Semoga kesampaen amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Running Man movie ya? Bagus kah? Semoga segera kesampaian ya keinginannya ke Korea (amin). Dan semoga artikel ini makin tambah memotivasi ;). Makasih ya kak Ismie sudah mampir... Di tunggu lagi kunjungannya :D

      Delete
  4. Anonymous03 July, 2014

    enak beud.....pengen deh.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sok atuh dicicipin :D. Thanks ya Anonymous, sudah mampir :)

      Delete
  5. aigoo, daebak banget ini tempat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Nurul :) Ayo kapan ke tempat2 ini :D

      Delete
  6. Halo kak, rencan tahun depan saya dan teman saya bakalan berkunjung kesana. cuma masih bingung staynya bagusnya dimana. maunya sih yang dekat degan bandara dan juga tempat2 wisata, kalau bisa juga yang aman dikantong^^. oh iya rencana kami berangkat pertengahan bulan maret.
    Boleh kasih saran kak?
    makasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Anonymous. Makasih ya sudah mampir. Kalau mau nyari yg aman di kantong, hostel adalah pilihan yg tepat. Apalagi kalau bersama teman. Banyak banget hostel di Seoul. Kalau mau deket tempat wisata, bisa cari di area Jongno-gu, Hongdae, Myeongdeong, atau Dongdaemun. Silahkan cek link ini: http://explorerguidebook.blogspot.com/p/akomodasi_2.html

      Di situ banyak banget pilihan hostel di Seoul, harganya mulai kurang dari 200 ribu rupiah. Bagusnya sih booking jauh2 hari. Silahkan mampir lagi kalau ada yg ingin ditanyakan lagi. Mungkin kita bisa bantu :)

      Delete
  7. Halo kak,salam kenal yh k.
    seandainya tempat nginapx harganx skitar 200 gitu,muatax untuk brapa orang dalam 1 kamarnya k. Apakah di bandara sudah ada trevel2 yg bjasanya biaa lngsung ngatrakan kita ke tempat penginapan gitu.mkasih kk..,smoga ada jalan bisa ke korea.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Furkan. Terima kasih sudah mampir. Yg 200rb an itu hostel, dan normalnya (nggak tahu ya kalau ada yg nggak normal :p) kamarnya model asrama. Jadi ada banyak tempat tidur dalam 1 kamar, dan ditempati oleh banyak orang, campur antara laki2 dan perempuan (kecuali ada keterangan female only atau hostel khusus female). Silahkan cek link hotel di atas dulu, klik yg Seoul. Di situ sudah ada keterangan ttg jumlah tempat tidur per kamar plus fasilitasnya. Sudah ada semua, tinggal dibaca, dan bisa booking langsung.

      Kalau utk jasa travel di bandara kurang tahu, tapi di bandara Incheon ada Tourist Information Center resmi dari pariwisata Korea. Kak Furkan bisa nanya2 di situ kalau mau naik taksi ke hotel. Pilihan lain utk menuju ke pusat kota dari airport adalah naik kereta atau bus airport.

      Silahkan aktif cari informasi agar perjalanannya lancar jika memilih traveling secara independen :)

      Delete
  8. jadi pingin ke korea nih!

    ReplyDelete
  9. wahh.. asik banget kalo bisa kesana.. makasih infonya :)

    ReplyDelete
  10. Untuk yang akan pergi berwisata ke Korea selain 10 tempat wisata populer di atas jangan lewatkan 1 lagi tempat wisata yg tak kalah indah dengan wisata lainnya tempatnya berada di Pulau Jeju. Untuk lebih lengkapnya silahkan cek disini yaa http://goo.gl/7P08ad

    ReplyDelete
  11. tujuan wisata yang keren. thnks for you information

    ReplyDelete
  12. wah, jadi pengen ke korea.. tapi kapan yaa...

    ReplyDelete
  13. salam kenal, kaka
    wah bikin ngiler aja nih. jadi pengen jalan2 ke korea hehe
    oiya, kaka pernah kemana aja nih di korea? :D

    ReplyDelete
  14. ane kepingin ke jinhay gan :D , tapi sayang salari belum mencukupi :(

    http://www.duniaberbicara.com
    Film Disney Terbaik
    ongisnade.net

    ReplyDelete
  15. Sabar ea Jeju sebentar lagi aku menemukanmu.... semuanya berawal dari mimpi,emang benar smoga Tuhan merestui perjalananku.Amin

    ReplyDelete
  16. Thanks for guiding us.. nice info! �� Semangat nabung! ��

    ReplyDelete
  17. Terimakasih, Infonya bermanfaat

    ReplyDelete
  18. Banyak banget yaa tempat-tempat keren buat adventure selama kita punya nyali dan adrenalin yang tinggi buat menjelajah

    ReplyDelete
  19. wah korea memang punya banyak tempat bagus yang bisa dijadikan destinasi wisata. Semoga bisa cepat kesana hihi
    nice info!

    ReplyDelete
  20. postingan yang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh minta info gak, tips liburan ke korsel dari tempat wisata satu ke lainya itu yang searah dan berdekatan apa aja ya, itung2 ngirit cos ama waktu, hhhhe

      Delete
  21. banyak sekali ya tempat-tempat keren dan indah yang ada di korea selatan..

    ReplyDelete
  22. keren and details banget infonya..goodjob

    ReplyDelete
  23. keren banget rasanya klo w bisa foto di pulau nami . thx infonya min, jangan lupa bertamu ke http://88pokeronline.com/

    ReplyDelete
  24. terimakasih banyak atas infonya....lumayan buat menambah2 pengetahuan wisata tentang luar negri

    asimilasi dan akulturasi

    ReplyDelete
  25. ada kontak atau punya kenalan orang korea/ indonesia yang bisa nemenin jalan jalan di sana yang b9isa pakai bahasa indonesia maupun inggis ?

    ReplyDelete
  26. info wisata yang bagus nih bisa jadi tempat nanti aku liburan nanti makasih min.

    ReplyDelete
  27. Pulau Jeju bikin mata jadi segar lgi saat melihat keindahan yg disajikan disana, jadi kepengen kesana nih min, btw makasih loh min infonya

    ReplyDelete
  28. Hai kak,
    Mau tanya, kalau untuk Indonesia, perlu visa gak sih ke korea ???

    ReplyDelete