Explorer Guidebook

Jalan-jalan ke Pulau Jeju, Korea Selatan

0
Pulau Jeju

Pulau Jeju atau Jejudo adalah sebuah pulau terbesar sekaligus provinsi terkecil di Korea Selatan yang terletak di Selat Korea, 130 kilometer jauhnya dari pantai selatan Korea. Pulau ini sering dianggap seperti Bali atau Hawai-nya Korea dan merupakan tempat bulan madu favorit bagi warga lokal dan juga wisatawan asing. Pulau Jeju juga masuk dalam daftar 7 Keajaiban Alam Dunia versi terbaru, tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, dan dianggap sebagai salah satu tujuan wisata honeymoon paling top di dunia.


Dan tentu saja, pulau Jeju juga termasuk tempat wisata paling terkenal di Korea. Pulau yang memiliki julukan ‘Island of the Gods’ ini memiliki pemandangan alam yang bervariasi meliputi gunung, tebing, pantai, air terjun, dan padang rumput serta padang bunga liar yang indah.

Pulau Jeju

Dan karena letaknya yang cukup terisolir dari daratan utama Korea, Pulau Jeju berkembang menjadi tempat yang unik untuk dikunjungi di mana penduduknya memiliki kebudayaan dan bahasa (bukan hanya aksen) yang berbeda dari penduduk daratan utama, persis seperti Bali dan juga Hawaii. Dan dengan area pulau yang luas namun berpenduduk sedikit (hanya sekitar setengah juta orang), Pulau Jeju banyak menyisakan ruang dan alam terbuka yang tidak hanya tenang tetapi juga elok bagi para pengunjung yang ingin berekreasi sambil menikmati keindangan alam. 

Selain keindahan alamnya, pulau Jeju juga menawarkan banyak objek wisata dan daya tarik lain untuk para pengunjung seperti kebun botani dengan taman-tamannya yang indah, aneka museum, Teddy Bear Museum, taman dewasa Love LandMaze, theme park, festival, dan juga aneka kegiatan seperti menunggang kuda, menyelam, dan juga hiking. Desa-desa khas penduduk asli Jeju juga wajib dikunjungi oleh Anda yang tertarik untuk mengetahui kehidupan dan kebudayaan asli warga lokal. Kita juga bisa melihat rumah-rumah tradisional dan kebudayaan penduduk Pulau Jeju di 2 museum desa rakyat yang ada di pulau ini.

Seperti layaknya tempat wisata lain, kita juga akan banyak menjumpai toko-toko suvenir, kerajinan tangan, dan juga oleh-oleh khas di pulau Jeju. Makanan khas Jeju yang banyak dijual di antaranya adalah jeruk mandarin atau hallabong, coklat, sake jeruk, dan juga green tea. Sementara suvenir khas pulau Jeju yang paling populer adalah miniatur patung “grandfather” dan juga boneka Ganse yang menggambarkan wanita Jeju. Salah satu sentra oleh-oleh dan suvenir terbesar adalah Jeju Folk Arts Complex di mana harga barang-barang di sini lebih murah dari tempat lain di Jeju. 

Dan bagi yang ingin mencari makanan produk Korea yang biasa seperti untuk kebutuhan sehari-hari, Anda bisa membelinya di kota Jeju, ibukota provinsi Jeju. Di sana banyak terdapat supermarket, termasuk Lotte dan E-mart yang juga memiliki toko suvenir di dalamnya. 

Lengkap banget ya Pulau Jeju ini. Karena itu pastikan untuk datang ke pulau ini kalau Anda berkesempatan mengunjungi negeri ginseng Korea Selatan. Berkunjung ke pulau Jeju Anda juga bisa sekaligus napak tilas drama-drama Korea karena pulau ini juga sering menjadi lokasi syuting drama. Siapa tahu Anda bisa menemukan tempat dalam drama atau film Korea yang selama ini Anda cari di sini :)

0 comments:

Post a Comment