4 Tempat Belanja Terkenal di Seoul, Korea Selatan

1
Jalan di pusat perbelanjaan Myeongdong ramai pengunjung
Tak hanya terkenal sebagai tempat belanja fashion dan kosmetik Korea, empat pusat perbelanjaan di Korea Selatan ini juga merupakan tempat favorit dan murah untuk berburu makanan dan belanja oleh-oleh khas Korea. Tempat-tempat ini juga merupakan tempat wisata terkenal di Korea yang tak pernah dilewatkan oleh wisatawan. Mau tahu di mana saja tempat belanja terkenal ini?

Berwisata ke suatu negara, tak lengkap rasanya jika tak menyambangi pusat perbelanjaannya. Ini juga berlaku di Korea Selatan. Apalagi negeri ini tempatnya bintang-bintang K-drama dan K-Pop yang terkenal memiliki style yang oke punya mulai dari fashion, make up, hingga gaya rambut. Oleh karena itu, Korea, khususnya Seoul, juga menjadi salah satu kiblat fashion dunia. Dan di pusat perbelanjaan inilah kita bisa mendapatkan produk-produk fashion dan kosmetik andalan Korea. Dan bicara tentang kawasan pusat perbelanjaan, Korea selatan punya 4 destinasi wisata belanja terkenal.

Empat tempat belanja ini punya spesialisasi masing-masing. Ada yang spesialisasi di butik-butik fashion dan kosmetik dengan banyak restauran dan tempat hiburan, ada yang spesial oleh-oleh khas, ada yang spesialisasi di toko-toko fashion grosir, dan ada juga yang menjadi pusatnya makanan dan jajanan khas Korea. Oleh karena itu, tempat-tempat ini tak hanya menjadi tujuan para penggemar fashion tetapi juga pemburu oleh-oleh khas Korea, pecinta kuliner, dan wisatawan yang ingin melihat pusat keramaian dan kehidupan muda-mudi di Korea. Anda penasaran dan ingin menjelajah 4 tempat wisata belanja di Korea ini? Berikut informasinya.

1. Myeongdong
tempat belanja di seoul korea selatan myeongdong
Jajaran toko kosmetik di Myeongdong, Seoul, Korea Selatan
Myeongdong adalah kawasan di Seoul, Korea Selatan, yang menjadi salah satu distrik pusat perbelanjaan dan wisata utama di kota Seoul. Tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan macanegara sebagai surga belanja dan pusat fashion yang menjual aneka fashion item dari produk lokal hingga barang-barang bermerk internasional seperti Louis Vuitton, H&M, Ralph Lauren, Forever 21, dll. Myeongdong juga menjadi sentra kosmetik di mana kita bisa dengan mudah menemukan outlet kosmetik merk terkenal Korea seperti Etude, The Face Shop, Skin Food, Missha, dan Nature Republic. Harga barang-barang di sini pun bervariasi dari sedang hingga mahal. Di kawasan ini juga terdapat beberapa departemen store dan shopping centre besar seperti Lotte Department Store, Shinsegae Department Store, Migliore, M Plaza, and Noon Square. Bagi penggila K-pop, Anda juga bisa menemukan aneka CD dan marchandise K-pop di Myeongdong.

Puas belanja dan jalan-jalan, saatnya kita mencharge energi kita kembali sekaligus wisata kuliner di restauran dan cafe-cafe di sepanjang jalan di area ini. Restoran fast food seperti McDonald dan KFC juga bisa anda temukan di Myeongdong. Selain itu, tidak ketinggalan pula tempat hiburan seperti bioskop dan juga theater turut meramaikan kawasan ini menjadikannya kian populer di kalangan anak muda Seoul. Meskipun ramai, jalanan di Myeongdong tetap leluasa untuk ditelusuri karena jalan utama dan kebanyakan gang-gangnya diperuntukan khusus bagi pejalan kaki (kecuali pagi-pagi sekali dan larut malam). Jadi kita bebas mau jalan di tengah atau menyeberang suka-suka, tapi tetep ya jangan sampai nubruk orang lain :p dan selalu hati-hati dengan tas, barang berharga, serta barang bawaan Anda ;)

Oh ya, Myeongdong juga punya atraksi wisata lain berupa festival yang diadakan 2 kali setahun, yaitu dari akhir Maret hingga pertengahan April pada musim semi, dan pada bulan September pada musim gugur. Festival ini menampilkan berbagai atraksi menarik mulai dari parade, fashion show, hingga pertunjukan musik dan tarian. Banyak toko di Myeongdong juga menawarkan obral dan produk diskon pada periode festival ini. Hmm.. tau kan sekarang waktu yang paling tepat untuk datang ke Myeongdeong? ;D. Dan sebagai kawasan belanja, Myeongdong juga menjadi tempat yang cocok untuk icip-icip jajanan pinggir jalan khas Korea dan sering menjadi tempat ‘lahir’nya jajanan-jajanan Korea inovatif seperti tornado potato dan tokkebi hotdog khas Korea :D

2. Insadong
Berbagai macam suvenir khas Korea di salah satu toko di Insadong
Insadong adalah sebuah kawasan (dong) di distrik Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan. Kawasan ini terkenal di kalangan para wisatawan sebagai tempat membeli oleh-oleh atau suvenir tradisional murah khas Korea. Jalan utamanya, Insadong-gil, dikenal sebagai jalan tradisional dan merupakan bentuk percampuran antara dua kebudayaan, yaitu kebudayaan masa lampau dan masa kini. Hal ini tercermin oleh adanya bangunan-bangunan modern yang berpadu dengan bangunan-bangunan bersejarah yang menciptakan atmosfer unik yang khas. Tak hanya toko-toko suvenir, di Insadong juga banyak terdapat kedai minum teh tradisional bagi anda yang ingin menikmati tradisi minum teh ala Korea. 

Insadong juga merupakan salah satu kawasan di Seoul yang populer untuk berburu kuliner dan makanan pinggir jalan khas Korea. Jadi Anda bisa berburu oleh-oleh sekaligus wisata kuliner. Kawasan ini khususnya terkenal dengan kkutarae dan es krim unik jjipangyi ice cream. Tak hanya itu, Insadong juga dikenal dengan banyak toko barang antiknya di mana sekitar 40% toko barang antik dan galeri seni di Korea ada di kawasan ini! Wow. 90% toko-toko alat tulis tradisional juga ada di kawasan ini, membuat jalan-jalan disini berasa sedang jalan-jalan di museum di mana barang-barangnya semua antik-antik dan tradisional. Tak heran, jika dulu Insadong merupakan pasar barang seni dan antik terbesar di Korea dan juga tempatnya para pelajar zaman dinasti Chosun membeli alat-alat tulis.

3. Namdaemun Market
Aneka kios di pasar Namdaemun
Namdaemun Market adalah pasar tradisional terbesar dan tertua sekaligus pasar retail terluas di Korea Selatan. Pasar ini terletak di kota Seoul, dekat dengan Namdaemun atau ‘Great South Gate’ yaitu gerbang utama selatan menuju kota lama Seoul. Namdaemun Market memiliki jalan yang sempit karena dibangun pada masa di mana mobil belum menjadi sesuatu yang lazim :o. Oleh karena itu untuk mengangkut barang masuk dan keluar pasar digunakanlah motor atau gerobak. Namdaemun Market merupakan salah satu destinasi wisata populer di Korea dan terkenal sebagai tempat mencari makanan dan jajanan khas Korea (Namdaemun terkenal dengan hotteok-nya). 

Pasar ini juga menjadi tempat favorit untuk belanja aneka suvenir dan oleh-oleh khas Korea yang murah serta barang-barang fashion dengan harga miring. Dan mirip seperti pasar Tanah Abang di Jakarta, Namdaemun juga merupakan tempat grosiran pakaian di mana para penjual retail dari tempat lain dan bahkan luar kota memborong barang di sini dengan harga grosir untuk kemudian dijual kembali. Jadi jangan heran jika Anda akan banyak menjumpai orang lalu lalang sambil membawa-bawa bungkusan besar. Kalau Anda berminat, Anda juga bisa belanja murah ala grosir di sini :)

4. Dongdaemun Market
Tempat belanja di seoul korea selatan dongdaemun
Suasana di Dongdaemun market, Seoul
Dongdaemun Market adalah kawasan perdagangan luas yang terletak di Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan. Jika Anda pernah menonton drama Korea Fashion King, pasti sering mendengar tentang tempat ini. Kawasan yang terkenal sebagai tujuan wisata dan belanja ini terdiri dari pasar-pasar tradisional dan juga mal-mal pusat perbelanjaan. Area pasar ini terbagi menjadi 5 kawasan belanja, yaitu A, B, C, D, dan kota pusat perbelanjaan dengan 26 mall dan 30 ribu toko dengan spesialisasi masing-masing. 

Di Dongdaemun Market, Anda bisa menemukan berbagai macam barang seperti halnya di pasar dan pusat perbelanjaan mulai dari pakaian, sepatu, barang-barang dari kulit, aneka jenis kain dan sutra, mainan, perlengkapan olahraga, hingga barang-barang elektronik. Tempat ini juga memiliki beberapa area makanan dengan spesialisasi kuliner khas Korea dan terkenal khususnya untuk sundae dan mandu. Nah jika Myeongdong adalah tempatnya belanja fashion ternama dan butik-butik trendy, maka Dongdameun adalah tempat lain untuk belanja fashion yang lebih murah ala retail dan grosir namun modelnya tak kalah stylish dan update.

1 comment: Leave Your Comments

  1. Jadi kalo ke korea harus siap2 uang saku lebih biar bisa manjain hasrat belanja >///<

    http://www.arilexshop.com

    ReplyDelete