Pages

15 Jajanan Pinggir Jalan Khas Korea Selatan

29

makanan khas korea pinggir jalan odeng

Explorer Guidebook - Korea Selatan memang terkenal dengan sajian kulinernya yang khas seperti yang pernah kita bahas dalam artikel 10 Makanan Khas Korea Selatan. Namun tak hanya itu, negeri kimchi ini juga terkenal memiliki aneka ragam street foods atau jajanan kaki lima khas Korea yang lezat, murah, dan menjadi favorit berbagai kalangan, mulai dari warga lokal hingga turis, dari orang biasa hingga bintang K-pop dan drama Korea. Karena itu, tak lengkap rasanya jika kita wisata ke Korea tanpa mencoba aneka kulinernya yang khas dan menggugah selera.

Namun mencoba makanan baru di tempat baru, kita harus waspada. Dalam artian setidaknya kita tahu ‘apa’ yang akan kita beli dan ‘apa’ yang akan kita masukkan ke dalam perut. Apalagi bagi Anda yang hanya menyantap makanan halal, tentu informasi dasar mengenai bahan makanan menjadi lebih penting. Tentu saja kita bisa langsung menanyakannya kepada pembeli di tempat, namun dengan perbedaan bahasa hal ini bisa menimbulkan sedikit kendala.

Dan meskipun jika bahasa tidak menjadi kendala bagi Anda, membekali diri dengan informasi seperti ini juga akan sangat membantu Anda sebelum terjun ke lapangan (duh bahasa gue). Setidaknya membuat perburuan kuliner Anda menjadi lebih efisien dan efektif. Tak perlu lagi banyak cing-cong, langsung sikaat :p. Anda juga jadi tahu kan makanan apa yang Anda incar begitu sampai di TKP, hihi. (baca juga: Daftar Hotel Murah dan Backpacker Hostel di Seoul)

tteokbokki makanan khas korea Korean street food

Tentu saja, sangat mungkin Anda menemukan banyak makanan lain yang tidak ada dalam daftar berikut, karena itu jangan ragu-ragu bertanya sebelum membeli jika ada makanan yang terlihat menggoda tetapi tidak tahu itu apa :D. Jangan sampai melewatkannya hanya karena tak familiar, ok? Baiklah. Sekarang mari kita lihat satu per satu Jajanan kaki lima populer di Korea. 

Makanan ini biasa dijual oleh pedagang kaki lima (stand dan tenda-tenda) di pinggir jalan, pasar dan juga mall, serta banyak ditemui di dekat tempat-tempat wisata dan juga pusat keramaian. Kawasan pusat perbelanjaan atau pasar seperti Myeongdong, Namdaemun, Insadong, dan Dongdaemun Market di Seoul, merupakan tempat yang cocok untuk mencari jajanan pinggir jalan ini. Di tempat-tempat ini Anda bisa mengeksplorasi serta memuaskan hasrat Anda akan wisata kuliner jajanan kaki lima khas Korea :). Siap? Yuk mari kita lihat satu per satu.

1.   Tteokbokki
jajanan makanan khas korea selatan tteokbokki
Tteokbokki
Tteokbokki merupakan salah satu jajanan kaki lima paling populer di Korea. Tteokbokki atau kue beras pedas adalah camilan yang terbuat dari kue beras rebus yang dipotong-potong dan disajikan dalam saus pedas yang sudah dibumbui. Selain kue beras, bahan lain yang sering ditambahkan ke dalam tteokbokki adalah telur rebus dan lembaran fish cake. Tteokbokki merupakan salah satu variasi dari kue beras atau tteok yang banyak macamnya. Jenis kue beras lain selain kue beras pedas bisa Anda baca di sini: 10 Makanan Khas Korea.Selatan

Odeng eomuk popular korean street foods
Odeng
Selain tteokbokki, jajanan kaki lima lain yang paling terkenal di Korea adalah odeng atau eomuk atau fish cake. Odeng terbuat dari ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung terigu bersama bumbu-bumbu. Mirip seperti bakso ikan di Indonesia. Adonan ini kemudian dibentuk, ditusuk, dan direbus dalam air kaldu sayuran (lobak atau rumput laut) yang sudah dibumbui agar rasanya lebih nikmat. Terkadang ada juga pedagang yang memasukkan kepiting/seafood di dalam kuahnya, agar kaldunya semakin lezat. 

Odeng bermacam-macam bentuknya, ada yang panjang seperti sosis, ada yang pipih dan ditusuk berlipat-lipat, dan ada juga yang bulat kecil-kecil. Odeng biasa dimakan dan disajikan bersama kuahnya, bisa juga diberi atau dicelupkan dalam saus. Jajanan kaki lima ini sangat populer pada musim dingin dan paling enak dinikmati panas-panas.

3.  Hot Bar
Hot bar jajanan kaki lima khas korea
Aneka hot bar
Hot bar (baca: hat baa) adalah saudara kembar odeng, sama-sama dijual dengan tusukan tapi yang ini dimasak dengan cara digoreng. Dan hot bar ini juga lebih banyak variasinya. Ada yang dibuat dari adonan odeng saja, tetapi ada juga yang diisi dengan kue beras dan juga sosis/hot dog (combo duo, double juga nikmatnya). (Sebenarnya agak bingung sih, hot bar ini cuma sebutan untuk yang terbuat dari adonan goreng saja, atau juga sebutan untuk semua yang serba tusuk dan di goreng seperti sosis goreng, tteok tusuk goreng, dll. Jadi mohon pencerahannya. Well, tetapi mungkin nama tidak begitu penting dalam hal ini. Karena kita selalu bisa menggunakan bahasa tubuh alias “tunjuk-tunjuk” :p). Hot bar biasanya diberi saus tomat dan mustard biar lebih nikmat. Ada juga yang menggulingkannya dalam saus tteokbokki.

Korean hot dog jajanan kaki lima khas korea
Corn dog atau hot dog ala Korea
Orang korea sepertinya juga sangat gemar menyantap sosis atau hot dog. Terbukti banyaknya pedagang kaki lima yang menjualnya. Dan sosis/hot dog ini pun dijual dalam berbagai variasi, namun tetap... ditusuk. Ada yang sosis goreng biasa dan ada yang sosis isi kue beras (Ya. Selain kimchi, Anda juga akan sering menjumpai kue beras (tteok) dalam berbagai makanan orang Korea :D). Dan tadi di hot bar juga isinya sosis kan.

tokkebi hot dog jajanan kaki lima khas korea
Tokkebi hot dog khas Korea :)
Nah selain yang bentuknya terlihat jelas sosis dari luar, ada juga corn dog. Yaitu sosis/hotdog yang dibungkus dengan adonan yang terbuat dari campuran tepung jagung. Meskipun orang Korea tetap menyebutnya sebagai “hot dog” sih. Korean style hot dog :D. Selain corn dog (hot dog) biasa, ada juga ‘spesies’ yang namanya tokkebi hot dog. Tokkebi hot dog adalah combo atau perkawinan silang antara corn dog dan french fries :D. Jadi hot dog yang sudah dilapisi adonan masih dilapisi lagi dengan potongan french fries, diselimuti adonan lagi, dan digoreng. Seperti jajanan lainnya, tokkebi hot dog biasa dinikmati dengan saus tomat atau mustard.

5.    Twigim
Twigim jajanan kaki lima korea
Aneka twigim
Seperti tempura, twigim adalah aneka makanan kecil yang dibalut dengan tepung dan digoreng. Ada banyak variasi dari twigim, tapi yang paling sering dijumpai adalah udang, cumi, cabe, ubi manis, dan mandu (pangsit). Untuk menikmatinya, twigim bisa dicelupkan ke dalam saus tteokbokki agar lebih lezat.

6.      Bungeoppang
Bungeoppang korean snacks
Bungeoppang
Bungeoppang atau bongeobbang adalah kue kecil berbentuk ikan yang memiliki berbagai macam isian seperti pasta kacang merah, ubi manis, chestnut, coklat, dll. Sekarang ini banyak juga penjual yang mengisinya dengan krim aneka rasa (kayak bolu jajanan anak2 SD di Indo :D). Kue ini mirip seperti waffle/bolu dan dibuatnya pun menggunakan sejenis cetakan waffle, hanya saja bentuknya ikan. Bungeoppang sangat populer di Korea dan bisa dengan mudah ditemui di pedagang-pedagang kaki lima khususnya saat musim dingin. Meskipun bentuknya ikan, bungeoppang tidak memiliki rasa atau mengandung bahan ikan. Jadi hanya bentknya saja.

Kue berbentuk ikan ini sangat khas Korea dan katanya makanan ini dianggap dapat membawa keberuntungan bagi yang memakannya :D. Di Korea juga banyak di jual waffle berbentuk bungeoppang dalam kemasan, yang diproduksi oleh pabrik secara masal dan bisa dibeli di toko-toko retail. Bungeoppang dalam kemasan ini biasanya memiliki isian es krim atau kacang merah manis. Selain bentuk ikan, bungeoppang juga ada yang berbentuk ikan besar (inkuhbbang) atau kepiting. Kue sejenis bungeoppang juga ada yang berbentuk bunga krisan (gukhwappang) dan juga berbentuk buah kenari/walnut (hodugwaja).

7.      Delimanjoo
Delimanjoo jajanan kaki lima khas Korea
Delimanjoo
Mirip dengan bungeoppang, gukhwappang, dkk, tetapi isinya bukan pasta kacang merah, melainkan krim custard (susu-telur-gula) atau fla keju. Pembuatannya juga hampir sama yaitu dengan menuang adonan ke dalam cetakan, diberi isian, ditutup dengan adonan lagi, dan dipanggang hingga matang. 

8.      Gyeranppang
Gyeranppang popular korean street foods
Gyeranppang
Masih soal kue, satu lagi kue yang menjadi jajanan kaki lima khas korea adaah gyeranppang. Gyeranppang adalah kue manis khas Korea yang berbentuk oval dengan telur ayam ceplok di atasnya. 1 kue, 1 telur.

9.      Hotteok
Hotteok jajanan kaki lima khas korea
Hotteok
Hotteok adalah pancake Korea yang terbuat dari adonan pancake yang diisi dengan isian yang manis, berupa campuran gula coklat, madu, dan kacang giling atau biji-bijian. Untuk membuatnya, bulatan adonan yang sudah diisi di letakkan di atas wajan datar lalu ditekan dengan alat khusus hingga berbentuk bundar, tipis, dan lebar. Hotteok kemudian terus dimasak di atas wajan, dibalik biar merata, dan ditungu sampai matang dan bagian luarnya kecoklatan. Hotteok memiliki rasa manis dan banyak dijual pada musim dingin. Selain hotteok yang berbentuk tipis persis seperti pancake, ada juga yang menjual hotteok yang agak tebal dan mengembang mirip seperti roti goreng.

bbopki korean sugar cookies street food
Bbopki
Bbopki adalah permen krispi yang berbentuk bundar tipis. Gula-gula Korea ini terbuat dari larutan gula yang dicampur dengan baking soda sehingga sangat renyah dan rapuh. Pada saat dimasak, sesaat sebelum dingin dan mengeras, bagian tengahnya dicap dengan bentuk hati, bintang, atau bentuk lucu lainnya. Bentuk yang ditengah ini bukan sekedar hiasan saja, tapi ada tujuannya lho. 

Bagi yang tidak tahu mungkin memakan bbopki begitu saja. Tapi orang Korea biasanya memakannya sambil dibuat mainan atau ‘lomba’: siapa yang bisa menyisakan bentuk bbopki bagian tengah dengan utuh, tanpa patah atau cuil :p. Mengingat tekstur bbopki yang sangat rapuh, hal ini bukan barang mudah. Memakannya harus sedikit demi sedikit dan sangat hati-hati, agar tidak patah dan bagian pinggirnya habis, hanya menyisakan bentuk bbopki yang di tengah. Saya sepertinya juga pernah lihat di drama Korea tentang makan bbopki seperti ini, dan kalau berhasil senangnya bukan main :D. Dan inilah mungkin yang menjadi daya tarik terbesar dari bbopki... yaitu tradisinya :)

11.  Gurita dan Cumi-cumi Kering
Keripik gurita jajanan kaki lima khas korea

Salah satu jajanan kaki lima tradisional khas Korea adalah potongan gurita dan cumi-cumi yang dikeringkan. Biasanya jajanan ini sudah dibagi-bagi dalam gelas kertas dan dipanaskan dengan sedikit mentega sebelum diserahkan kepada pembeli. Selain stik-stik dari gurita atau cumi, pedagang biasanya juga menjual keripik cumi-cumi dan gurita.

12.  Kkultarae
Kkultarae korean street foods
1 box kkultarae
Kkultarae adalah manisan berbentuk gulungan ‘benang-benang’ madu dan gula yang berwarna putih dan berisi kacang-kacangan yang dihaluskan. Agak mirip seperti permen kapas/gulali/arum manis di Indonesia, tapi warnanya hanya putih. Benang-benang putih ini terbuat dari madu dan sirup gula maltosa yang telah mengeras. 

Untuk membuatnya, madu yang sudah mengeras ini dilubangi, lalu ditarik hingga menyerupai benang. Pedagang biasanya meyakinkan pembeli, kalau 1 buah kkultarae terbuat dari 16.000 helai benang :D. Merekapun membuatnya langsung di depan pembeli sambil bernyanyi dalam bahasa Korea, Inggris, atau Cina. Setelah untaian benang dirasa cukup, kemudian diisi dengan isian yang berupa kacang tanah, walnut, dan kacang almond yang dihaluskan. Kkultarae biasa dijual dalam kotak, 1 kotak isi 10. Kkultarae merupakan versi Korea dari permen ‘janggut naga’ asal Cina, dan makanan ini aslinya juga berasal dari sana :)

13.  Hweori Gamja (Tornado Potato)
Tornado potato popular korean street foods
Tornado potato dan hotdog tornado potato
Tornado potato atau hweori gamja adalah jajanan pinggir jalan khas Korea yang berupa keripik kentang tusuk yang berbentuk spiral panjang. Camilan ini terbuat dari kentang utuh yang dipotong dengan pemotong khusus sehingga berbentuk kepingan tipis yang kontinyu seperti spiral atau gulungan angin tornado :D. Potongan kentang ini kemudian ditusuk dan digoreng hingga kering dan renyah. 

Untuk menikmati keripik kentang khas Korea ini, pembeli biasa menggulingkannya dalam bumbu bubuk yang tersedia. Tinggal pilih, mau rasa keju, bawang, atau pedas. Selain tornado potato original, di Korea ada juga yang menjual tornado potato dengan sosis di tengahnya. Dan jadilah, bukan fish and chips tetapi hotdog and chips! (Nope, ini nama karangan saya sendiri :p).

Jipangyi ice cream popular korean street foods
Jipangyi ice cream
Satu lagi jajanan pinggir jalan inovatif di Korea yaitu jipangyi ice cream. Tak seperti es krim biasa, es krim ini tidak dimasukkan dalam cone pada umumnya, melainkan dalam roti berbentuk tongkat yang berlubang. Es krim ini khususnya populer di Insadong

15.  Sundae
sundae popular korean foods
Potongan Sundae dan hati rebus
Soondae atau sundae adalah 'sosis hitam' yang terbuat dari usus babi yang diisi dengan darah dan bahan lain seperti nasi ketan atau bihun. Makanan ini telah lama dikonsumsi orang Korea sejak zaman dulu, dan masih populer hingga sekarang. Gulungan sosis yang panjang-panjang biasanya baru dipotong jika akan disajikan, Potongan sundae biasa disajikan dengan potongan hati/jantung (sapi/babi) rebus.

All articles ©explorerguidebook.blogspot.com

Artikel Terkait:
10 Makanan Khas Korea Selatan
4 Tempat Belanja Terkenal yang Wajib Dikunjungi di Seoul
A-Z tentang sauna khas Korea Selatan

Useful links:
Daftar Hotel Murah 100ribuan di Seoul, Korea

Suka artikel dari blog ini? Jangan sampai ketinggalan info! Ikuti updatenya via Facebook: Explorer Guidebook

REKOMENDASI HOTEL:
Booking.com
REKOMENDASI TOUR:

29 comments: Leave Your Comments

  1. lokasi tempat jajanan ini ada dimana saja?

    ReplyDelete
  2. Hi mbak Neneng... Makasih sudah mampir :)

    Jajanan ini mudah ditemui di pusat2 keramaian di Seoul seperti stasiun, pasar, dan pusat perbelanjaan seperti Myeongdong, Insadong, Namdaemun, dan Dongdaemun Market. Info ttg 4 kawasan belanja ini bisa dibaca di sini: http://explorerguidebook.blogspot.com/2014/01/Kawasan-belanja-populer-di-seoul-korea-selatan.html

    ReplyDelete
  3. mohon info yang halal & non halal untuk muslim nomor berapa aja...?

    ReplyDelete
  4. Halo Anonymous... kemungkinan besar yg halal adalah no.1, 2, 3 (kecuali sosis/hotdog) dan 5-14 (kecuali yg ada hotdognya). Berbagai olahan sosis/hotdog kemungkinan besar terbuat dari daging babi. Tapi bisa tanyakan langsung ke penjualnya apakah itu dari daging babi (pork/dwaeji gogi/돼지고기), daging sapi (beef/chwi gogi/쇠고기), atau daging ayam (chicken/ dakgogi/닭고기)

    Semoga cukup membantu ya :D. Terima kasih sudah mampir ^^

    ReplyDelete
  5. Anonymous07 June, 2014

    wah lengkap banget ulasan mengenai jajanannya, jadi tahu nama2nya hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hei mbak Shin hyo aeee, makasih sudah menyempatkan mampir :D. Iya mbak lumayan, meski belum semuanya masuk :). Hihi sip banget dah, nyobain duluan, urusan tahu namanya belakangan :D. Bisa buat bekal perburuan selanjutnya mbak ;)

      Delete
  6. jajanan sih oke tuh. tp meragukan ada yg halal dan non halal tp tangannya/pisau/t4 makanan kan ada bekas daging sapi/ayam/babi gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Rya... perlu hati-hati dan lihat tempatnya saat beli :). Thanks ya sudah mampir. Ditunggu lagi kunjungannya :)

      Delete
  7. wwwaaaaahhhhh,,,
    kpan ya aku bsa ke korea,coba makanan2 lezat itu,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... ayo mulai direncanakan dan dipersiapkan dari sekarang ;). Makasih ya Anonymous sudah mampir :)

      Delete
  8. menurut saya yang paling enak hotteok sama jipangyi ice cream, yuk dibaca juga pengalaman saya jalan ke Korea di http://jalan2santai.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi kak Zizi, Makasih sudah mampir dan berbagi pengalamannya. Pasti seru ya jalan-jalan ke Koreanya :). Ditunggu lagi kunjungannya ke sini :)

      Delete
  9. Pengen nyoba nih masakan...
    Saya penasaran sama kue beras dan kimchi... haha

    ReplyDelete
  10. wah... kelihatannya enak banget..
    aku mau coba semua~ tp kapan?
    yg makanan khasnya juga mau~

    thank's infonya... :)

    ReplyDelete
  11. yang Sundae itu g ada sausnya ya? terus rasanya amis g ya?

    ReplyDelete
  12. Duh mbak bikin ngiler aja nih. Saya penasaran sama odeng, hot bar, twigim nya mbak. Share resepnya juga dong hehe

    ReplyDelete
  13. mau nanya saya sekeluarga (saya, istri 2 anak umur 8 sama 7) mau kekorea bulan desember..beresikokah kl ajak anak kecil pas winter?ada tips apakah ajak anak seumur anak saya?terus terang saya masih sedikit takut ajak anak kekorea pa winter..thanks a lot

    ReplyDelete
  14. Arikelnya sangat membantu. Terimakasih ...

    ReplyDelete
  15. Waah artikel yang bagus terus semangat ya tambahin artikel lain (y)

    ReplyDelete
  16. Hm, beberapa jajanan korea ini juga udah marak beredar di Indonesia yah. Wah, harus diselamatkan nih jajanan Indonesia yang sehat dan tradisional. Nice info gan ^^

    ReplyDelete
  17. Di bandung ada ga ya yg jual corn dog....penasaran ky yg enak hehehe

    ReplyDelete
  18. kalo mau nyoba teokbokki, bimbimbap dn beberapa makanan korea yg halal dan sesuai kantong mahasiswa dateng aja ke matraman jakpus disebrang kantor damkar, itu rekomended,,
    Bisa makan ramyun dari panci, bisa nyoba steamboat juga,, lumayan lah sebelum kekorea,,

    ReplyDelete
  19. Waaah, banyak banget tuh gan
    pengen nyicipin semua, di Indonesia udah ada yang jual belum ya itu?

    ReplyDelete
  20. makasih infonya,,
    mantap

    ReplyDelete
  21. nak tanya adakah makanan yang nombor 9 itu halal??

    ReplyDelete
  22. Aduh...nomu nomu mokosipo deh. Andai ada yang mau jual tteokbokki dan kimchi sawi/kimchi lobak. Mau deh beli hmm.. masitanya benar-benar ngangenin. yang asli buatan orang korea di surabaya atau malang di mana ya? Ada nggak?

    ReplyDelete
  23. liat makanan2 itu rasanya jadi pengen nyobain satu2 deh gan .. *ngiler*

    ReplyDelete
  24. Sehabis wisata, berburu kuliner memang mengasikkan.

    ReplyDelete