Pages

18 Makanan Khas Turki yang Wajib Anda Coba

12
Makanan Turki turkish delight

Explorer Guidebook - Setiap berkunjung ke suatu negara asing, kita pasti tidak hanya ingin melihat tempat wisata dan mengenal budayanya saja, tetapi juga ingin mencicipi kuliner khasnya. Nah berikut saya rangkumkan 14 makanan khas Turki yang wajib dicoba jika Anda berkunjung ke sana. Makanan Turki ini umumnya mudah ditemui dekat tempat-tempat wisata di Turki, pasar, dan juga kawasan perbelanjaan. Meskipun beberapa makanan ini juga bisa dinikmati di negara lain karena cukup populer, namun merasakannya dari negeri asalnya tentu saja sensasinya berbeda (jika bukan rasanya yang berbeda) dan menjadi pengalaman tersendiri. Ready? Let’s go!

1. Kebab Turki
makanan khas Turki Kebap kebab turki turkish kebab doner iskender shish

Kebab Turki (doner kebap) adalah makanan khas asal Turki yang berupa daging yang diiris tipis-tipis dari pemanggang vertikal berputar, dan disajikan dengan cara digulung dalam roti pita, tortila, atau dalam bentuk sandwich atau burger. Biasanya disajikan bersama sayuran seperti tomat, selada, bawang bombay, mentimun, saus sambal, dan mayonaise. Daging yang biasa digunakan untuk membuat kebab adalah daging kambing, sapi, atau ayam.

Kebab atau kebap sebenarnya adalah makanan asal Timur Tengah yang kemudian diadopsi oleh negara-negara Asia Tengah dan Asia Barat, termasuk Turki, sebelum akhirnya tersebar luas ke seluruh dunia. Kebab secara umum adalah sebutan untuk masakan yang terbuat dari daging, ikan, atau sayuran yang panggang, karena itu banyak sekali macam dan cara penyajiannya. Ada yang ditusuk-tusuk seperti sate dan ada juga yang diletakkan begitu saja di atas piring. Setiap negara pun memiliki istilahnya sendiri, serta resep dan cara penyajiannya masing-masing.

Nah, kalau di Turki, jenis kebab yang paling populer adalah doner kebap, iskender kebap, dan sis (shish) kebap. Doner kebap adalah jenis kebab yang paling populer dan disajikan dalam roti pita atau tortila. Jenis kebab inilah yang di Indonesia disebut sebagai "Kebab Turki". Doner kebap juga biasa disajikan dalam bentuk burger seperti doner kebab-nya orang Jerman. Kalau iskender kebap beda lagi. Kebab yang satu ini dibuat dengan meletakkan roti pita di atas piring, kemudian menambahkan irisan daging panggang di atasnya, baru disiram dengan mentega dari susu kambing yang sudah dicairkan, yoghurt, dan saus tomat. Terkadang di atasnya juga ditambahkan kofte yang berbentuk memanjang seperti sosis. Jenis yang ketiga adalah shish kebap, yaitu daging yang dipanggang dengan cara ditusuk seperti sate, bisa dipanggang bersama sayuran, dan disajikan di atas piring. Selain tiga jenis kebab ini, di Turki Anda juga kemungkinan akan menemui jenis kebab lain yang berbeda dengan "Kebab Turki" yang populer Indonesia, dan namanya ya... tetap kebap Turki :D

Makanan Turki Istambul Turkish delight
Aneka macam turkish delight
Lokum atau Turkish delight adalah manisan khas asal Turki yang yang terbuat dari bahan dasar gel pati dan gula. Manisan ini biasanya disajikan dalam bentuk potongan-potongan kecil berbentuk kubus atau bundar, macam-macam warnanya, dan ditaburi dengan gula bubuk agar tidak lengket. Selain bahan dasar, Turkish delight juga biasa ditambah dengan bahan lain seperti potongan kurma, kacang-kacangan seperti hazelnut, walnut, atau pistachio, dan bahan perasa seperti lemon, kayu manis, atau mint, rosewater, atau jeruk Bergamot (jeruk berwarna kuning seperti lemon). Manisan ini tidak hanya tekenal di Turki saja tetapi juga di negara lain di dunia seperti Yunani, Romania, Amerika Utara, Brazil, dan Inggris serta negara persemakmurannya. Turkish delight juga muncul dalam novel karangan C.S Lewis dan juga film adaptasinya yang terkenal, The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe.

3. Dondurma
Makanan Turki Istambul es krim turki

Dondurma adalah es krim khas Turki yang mempunyai tekstur yang liat dan lengket seperti permen karet. Es krim lengket ini pada dasarnya terbuat dari susu, gula, salep (yaitu bahan pengental yang terbuat dari tepung akar anggrek ungu muda), dan mastic (bahan pengenyal yang terbuat dari getah tumbuhan). Di Turki, dondurma banyak dijual di kios-kios atau gerobak-gerobak di pinggir jalan dan juga di depan toko. Penjual es krim Turki biasanya mengenakan rompi dan peci khas (mirp Aladin :D) dan mengaduk gumpalan es krim secara terus menerus menggunakan tongkat panjang (mungkin agar adonannya tetap elastis) sambil melakukan atraksi-atraksi untuk menarik pembeli. Dan ketika ada yang membeli, pedagang biasanya tidak langsung memberikan es krimnya begitu saja, tetapi menggoda dan mengerjai dulu si pembeli :p. Lah? Iya, jadi barang siapa yang ingin menikmati es krim Turki yang unik ini, Anda juga harus siap untuk dikerjai oleh pedagannya :))
Makanan Khas Turki Istambul es krim turki dondurma
Dondurma dan atraksi pedagangnya
Maksudnya gini lho. Jadi saat pembeli akan mengambil es krim yang sudah jadi dan diulurkan lewat tongkat (es krimnya nempel di ujung tongkat), pedagang es krim Turki biasanya memutar-mutar tongkatnya atas-bawah atas-bawah sehingga tangkapan pembeli selalu meleset :D. Dan setelah beberapa lama, mereka akan pasang muka kasian dan ekspresi minta maaf seolah ini semua sudah berakhir :p. Tapi Anda jangan tertipu. Karena setelah memberikan es krimnya, dia akan pura-pura menambahkan 1 cuilan es krim lagi seolah sebagai tanda maaf karena sudah mengerjai Anda. Tapi saat anda seet menariknya, yang ada di tangan Anda tinggallah cone-nya dan si es krim nempel lagi di tongkat pedagang :D. Dia pun lalu mengganti es krim dengan cone yang baru dan memberikannya pada Anda sambil melambai goodbye. Tetapi lagi-lagi yang ada di tangan Anda hanya cone-nya saja karena ternyata es krim yang diberikan punya dua cone dan cone yang isi ditarik lagi oleh pedagang (-,-). Namun setelah itu Anda seharusnya sudah dapat es krimnya dan selesai. *horray*

4. Baklava

Makanan Khas Turki Istambul Baklava
Aneka macam baklava
Baklava adalah roti pastri lapis isi kacang yang disiram madu atau sirup sebagai pemanis. Roti khas Turki ini biasa dibuat dengan menumpuk adonan pastri tipis dalam loyang besar selapis demi selapis, dan memberi mentega cair antar lapisan serta potongan kacang (biasanya walnut atau pistachio*) di beberapa lapisannya. Karena nanti hasilnya kering dan remah, sebelum dipanggang adonan baklava dipotong-potong terlebih dahulu (pada umumnya berbentuk persegi), kemudian baru dipanggang. Setelang matang, baklava disiram dengan banyak madu atau sirup dan dibiarkan agar terendam dan meresap ke setiap lapisanya yang kering. Baklava merupakan salah satu jenis roti yang paling terkenal di Turki sehingga akan mudah ditemui di toko-toko roti dan pastri dan juga supermarket. Selain baklava original, ada juga yang menjual baklava variasi lain seperti baklava coklat. Selain baklava, masih banyak jenis roti lain yang akan Anda jumpai memenuhi toko-toko roti yang banyak tersebar di Turki, mengingat orang-orang di negara ini memang gemar menyantap roti, baik sebagai camilan maupun untuk makanan utama. Bahkan ada yang suka menyantap roti bersama nasi atau pasta (carbo ketemu carbo donk :p).
*pistachio: kacang kenari hijau

5. Börek

Makanan Khas Turki Istambul Borek
Börek basah dan kering
Satu lagi roti lezat asal Turki yang tak boleh dilewatkan yaitu börek atau böreği yang berbentuk mirip sepeti baklava. Sama seperti baklava, börek adalah pastri lapis isi yang terbuat dari lapisan adonan pastri yang ditumpuk berlapis-lapis dan diberi isian. Namun berbeda dengan baklava yang pada umumnya hanya diberi isian kacang, borek bisa diisi dengan keju (feta, sirene, atau kaşar), daging cincang, atau sayuran seperti bayam dan kentang. Proses pembuatannya juga sedikit berbeda dengan baklava. Borek ada yang langsung dipanggang dan ada yang direbus dulu lalu dipanggang, dan baru dipotong setelah dipanggang. Borek juga tidak disiram madu atau sirup setelah matang. Jenis borek pun cukup banyak macamnya, ada yang kering, basah, dan ada yang dibuat dengan cara digulung. Salah satu jenis borek selain borek kering biasa adalah su böreği atau 'water börek' yang bersifat empuk dan basah. Borek jenis ini dibuat dengan merebus dulu sebentar lapisan adonan pastrinya baru diolesi dengan campuran keju feta, daun parsley, dan minyak zaitun dan kemudian dipanggang. Sepertinya borek ini lebih gurih dan menggoda ya dibanding baklava manis yang bermandikan madu :D

6. Künefe dan 7. Kadaif
Makanan Turki Istambul Kadayif
Kunefe dan Kadaif
Künefe dan kadaif adalah dua varian dari kanafeh, yaitu makanan khas asal negara-negara kekuasaan kekaisaran Ottoman (salah satunya Turki) yang terbuat dari helaian adonan pastri (kadayif) yang ditumpuk dan diberi isian keju atau kacang, disiram dengan sirup atau madu, dan sering ditaburi kacang pistachio giling sebagai garnish. Di Turki, kanafeh disebut dengan künefe dan terbuat dari dua lembar pastri yang terbuat dari helaian kadayif dan diberi keju yang sudah dilunakkan di antara lapisannya. Kunefe dimasak menggunakan piring tembaga kecil dan disajikan panas-panas dalam sirup dengan taburan kacang pistachio.

Hampir serupa tapi tak sama, kadaif juga terbuat dari helaian kadayif, tapi bisa diberi isian keju atau kacang cincang seperti pada baklava, dan dimasak dalam jumlah besar sekaligus dalam loyang dan dipanggang dalam oven. Agar warnanya coklat menarik, permukaan kadaif terkadang diolesi pewarna orange sebelum dipanggang. Penyajiannya, kadaif dipotong-dipotong terlebih dahulu, disiram dengan sirup gula atau madu, dan ditaburi dengan kacang pistachio giling. Selain bentuk sandwich, kadaif juga ada yang berbentuk roll atau kadaif gulung yang disi kacang pistachio cincang. Di Turki, kadaif lebih mudah dijumpai (sering disebut dengan kadayif) dan sering dijual di toko-toko manisan atau pastri.

8. Kokoreç 
Makanan Turki Kokorec kokorek kokoretsi
Kokorec
Kokoretsi atau kokoreç (kokorek) adalah makanan asal Turki yang terbuat dari usus domba atau kambing yang dililit membungkus organ dalam (jeroan) dan dimasak dengan cara dibakar. Usus yang digunakan untuk membuat kokorec biasanya adalah usus anak domba yang masih menyusu, sedangkan daging jeroan yang dipakai meliputi hati, jantung, ginjal, dan pankreas. Untuk membuat kokorec, bahan-bahan ini dipotong terlebih dahulu lalu dibumbui dengan air perasan lemon, minyak zaitun, oregano, garam, dan lada. Jeroan yang sudah dipotong dan dibumbui ini kemudian ditusuk seperti sate menggunakan tusukan panjang, lalu usus yang sudah dibersihkan dililitkan menutupinya hingga rapat dan membentuk gulungan. Gulungan kokoretsi kemudian dibakar di atas bara api, atau pemanggang listrik atau gas, dan setelah matang dipotong dan disajikan dalam piring dengan ditaburi oregano. Di Turki, potongan kokorec biasa disajikan dalam setengah roti baguette atau roti sandwich, dengan ditambah oregano dan paprika.

9. Dolma
Makanan Khas Turki Dolma
Yaprak dolma atau sarma
Dolma adalah makanan berupa sayuran isi yang berasal dari Turki dan negara-negara di semenanjung Balkan dan sekitarnya, Timur Tengah, Asia Tengah, dan Rusia. Sayuran yang biasa dipakai untuk membuat dolma adalah paprika, tomat, terong, dan zucchini (sejenis labu). Daun anggur dan kol juga umum dipakai, dan yang seperti ini disebut sarma namun sering juga disebut dengan dolma atau yaprak dolma. Di Turki (negara dari mana kata dolma berasal), ikan makerel, cumi-cumi, dan remis (kijing) yang diisi bahkan juga disebut dengan dolma. Isian dolma umumnya adalah nasi dengan atau tanpa daging cincang.


Di Turki, ada dua jenis dolma, yaitu dolma yang isiannya mengandung daging dan yang tidak. Dolma dengan isian daging biasanya terbuat dari campuran nasi, daging cincang, minyak sayur/mentega, biji cemara, bawang merah, dan rempah-rempah. Sementara dolma tanpa daging (yalancı dolma atau zeytinyağlı dolma) terbuat dari isian yang berupa campuran nasi, minyak zaitun, biji cemara, kismis atau cherry kering, daun peterseli, mint, dan daun ketumbar, dan rempah-rempah seperti lada hitam, kayu manis, dan allspice (sejenis lada). Dolma isian daging biasanya disajikan dan dimakan panas-panas sebagai hidangan utama bersama saus yogurt, sementara dolma tanpa daging biasanya disajikan dingin (suhu ruang) dan dimakan bersama saus lemon sebagai makanan pembuka (appetizer) atau makanan pendamping saat sarapan, makan siang, atau makan malam. Dolma yang dibungkus dengan daun anggur juga menjadi salah satu makanan yang disajikan di restauran hotel mewah, Burj al Arab, Dubai.

10. Simit

Makanan Khas Turki Istambul Simit
Simit. Duh itu nggak takut jatuh? :s
Simit adalah roti berbentuk melingkar seperti cincin (atau gelang) yang permukaannya tertutup oleh biji wijen. Roti yang berbentuk agak mirip seperti donat ini banyak dijual di pedagang kaki lima di gerobak-gerobak pinggir jalan. Anda mungkin juga bisa menjumpai pedagang simit keliling yang membawa simit yang ditumpuk tinggi di atas kepala (keren deh, itu nggak takut jatuh atau gimana ya?). Berbeda dengan donat yang memiliki tekstur yang empuk, simit bertekstur kering dan renyah seperti roti bagel. Ukuran dan teksturnya bisa sedikit bervariasi antar satu kota dengan kota lainnya di Turki. Seperti di Ankara (ibukota Turki) misalnya, simit yang dijual memiliki ukuran lebih kecil dan tekstur lebih kering dibanding simit di kota lain. Selain dimakan begitu saja sebagai camilan, orang Turki memiliki tradisi menikmati simit sambil minum teh Turki atau cay yang secara tradisional disajikan dalam gelas berbentuk tulip :)

11. Misir, 12. Kestane, dan 13. Iced Almond
Makanan Turki Istambul pinggir jalan jagung Misir kestane iced almonds
Penjual misir, kestane, dan iced almonds
Selain simit, makanan ringan lain yang banyak dijumpai di jalanan area wisata di Turki adalah misir (jagung rebus atau bakar), kestane (kastanye bakar), dan iced almond (kacang almond dingin yang diberi es). Seperti simit, camilan ini juga dijual oleh pedagang gerobak keliling dan menjadi jajanan favorit wisatawan lokal dan juga turis mancanegara. Bagi yang ingin ngemil tapi tidak mau yang berat-berat, kestane dan iced almond bisa jadi pilihan. Chesnut bakar saat musim dingin dan almond dingin pada musim panas. Sempurna... :)

14. Boza
makanan khas Turki Boza bosa minuman
Boza, disajikan dengan bubuk kayu manis dan chickpea bakar
Boza atau bosa adalah minuman khas Turki yang terbuat dari gandum yang difermentasi dengan campuran air dan gula. Minuman ini memiliki tekstur yang kental dan rasa yang agak asam dan manis, dengan kandungan alkohol yang rendah (sekitar 1%). Boza juga populer di negara lain seperti Kazakhstan, Kyrgyzstan, Albania, Kosovo, Bulgaria, Macedonia, Montenegro, Bosnia dan Herzegovina, Romania, Serbia, dan Ukraina, dan bisa terbuat dari gandum, jagung, atau millet.

Di Turki, boza biasanya disajikan bersama dengan bubuk kayu manis yang ditaburkan di atasnya dan juga kacang chickpea bakar/sangrai, yang bisa langsung diletakkan di atas bubuk kayu manis atau ditempatkan dalam wadah terpisah. Boza paling banyak dinikmati selama musim dingin karena sifatnya yang memang bisa menghangatkan tubuh. Kekaisaran Ottoman Turki juga terkenal suka memberikan boza kepada tentara mereka karena minuman ini kaya akan karbohidrat dan vitamin. Boza juga dipercaya bisa menstimulasi produksi ASI sehingga wanita yang menyusui juga dianjurkan untuk mengkonsumsi boza segera setelah melahirkan (jadi inget Sibel di drama Cinta di Musim Cherry yang ngidam boza malam2 :D)

15. Pide
Makanan khas turki pide pizza turki
Pide, pizza turki
Pide atau pizza Turki adalah makanan khas Turki yang terbuat dari roti pita yang bagian atasnya diberi aneka topping seperti daging sapi, kambing, atau tuna cincang, paprika, tomat, bawang bombay, dan terkadang keju dan telur. Pide kemudian dilipat bagian tepinya sehingga berbentuk memanjang seperti perahu, lalu baru dipanggang dalam oven seperti halnya pizza. Pide juga biasa dipotong-potong terlebih dahulu sebelum disajikan

16. Lahmacun
Makanan khas Turki lahmacun pizza turki Turkish pizza
Lahmacun, another turkish pizza
Satu lagi makanan khas Turki yang mirip dengan pizza adalah lahmacun. Lahmacun juga terbuat dari adonan roti yang diberi aneka topping seperti daging cincang dan sayuran seperti tomat, bawang bombay, dan peterseli, kemudian dipanggang. Bedanya dengan pide, bagian tepi lamahcun tidak dilipat sehingga tetap bulat seperti pizza. Untuk menikmati lahmacun, tambahkan lagi aneka topping segar di bagian tengahnya seperti sayuran, acar, tomat, paprika, bawang bombay, daun selada, dan terong bakar. Setelah itu taburkan air perasan lemon, ayran, atau ÅŸalgam. Jika ingin pedas, Anda juga bisa menaburkan serpihan cabai kering di atasnya. Setelah itu baru digulung seperti kebab dan lahmacun siap untuk dinikmati. Selain di Turki, lahmacun juga populer di Armenia.

17. Kofte
Makanan khas Turki kofte bakso turki
Kofte khas Turki
Kofta atau kofte adalah makanan asal Turki yang terbuat dari daging giling (bisa sapi, kambing, atau ayam) yang dicampur dengan bumbu-bumbu, dan bahan tambahan lain seperti tepung, sayuran, atau telur, kemudian dibentuk bulat seperti bakso (atau lonjong) kemudian dimasak dengan cara dipanggang, digoreng, atau dikukus. Di restauran, kofte biasa disajikan di atas piring bersama nasi, salad, dan saus. Selain di Turki, kofte juga populer di banyak negara lain, di antaranya adalah di Arab (disebut “kufta”), India (“kofta”), dan Yunani (“keftés”).

18. Kumpir
Makanan khas Turki kumpir kentang panggang
Kumpir khas Turki. Mirip hotdog ya :)
Kumpir adalah kentang panggang isi asal Turki. Kentang panggang ternyata tak hanya populer di Inggris, tetapi juga di negara Turki. Di Turki, makanan ini merupakan salah satu jajanan atau makanan cepat saji favorit di kalangan wisatawan dan juga warga lokal. Di Turki, kumpir dibuat dari kentang panggang yang dibungkus dengan aluminium foil, kemudian setelah matang, bagian tengahnya dibelah dan isinya dicampur dengan mentega tawar dan keju kasar. Kumpir juga biasa ditambah dengan banyak aneka bahan lain sehingga semakin lezat dan mengenyangkan. 

Makanan khas Turki kumpir kentang panggang

Beberapa bahan yang biasa ditambahkan sebagai isian kumpir di antaranya adalah mayones, saus, acar, jagung manis, sosis, wotel, jamur, dan salad Rusia. Di Turki, khususnya di kota Istanbul, tempat yang paling populer untuk membeli dan menikmati kumpir di distrik Ortakoy. Harganya berkisar antara 7-10 TL (lira turki). Anda bisa menikmati kentang panggang Turki ini sambil duduk di tepi laut sambil menikmati indahnya pemandangan Selat Bosphorus dan juga menyesap atmosfer sekitarnya yang selalu ramai, hidup, dan khas kota Istanbul: Kota tepi laut dan kota dua benua... :)

Rekomendasi Hotel:
Hotel murah 100 ribuan di Istanbul
Hotel murah < 100 ribu di Cappadocia (Kappadokya)

Artikel Terkait:
Menikmati Sandwich Ikan di Jembatan Galata, Istanbul
Miniaturk: Taman Miniatur Terkenal di Turki (HOT)

REKOMENDASI TUR:

12 comments: Leave Your Comments

  1. Terimakasih infonya, buat tugas cross culture, ijin ambil2 infonya.

    ReplyDelete
  2. Belum nyobain semua, baru pnyoain kebab turki. sampai sekarang jadi favorit tuh makanan abisnya enak banget.
    oh iya, kalo roti maryam itu asalnya dari mana ya?

    ReplyDelete
  3. Info yg sangat membantu dan menambah pengetahuan ttg kuliner

    ReplyDelete
  4. Keren kak, aku juga ada buat resep pizza turki pide ini. Kalau ada waktu mau buat resep bareng kak hehe

    ReplyDelete