Explorer Guidebook

7 Tempat Wisata Terkenal di Turki

1
Tempat wisata terkenal di Turki Cappadocia
Info tur naik balon udara di Cappadocia
Turki memiliki tempat bersejarah dan cantik untuk dikunjungi. Setelah 12 tempat wisata terkenal di Istanbul, Turki, sekarang Explorer Guidebook akan membahas 7 tempat wisata terkenal di Turki secara global yang sudah terkenal hingga ke penjuru dunia. Siap? Yuk kita mulai.

1. Cappadocia
Tempat wisata terkenal di Turki Cappaocia Kappaokya


Kappadokya atau Cappadocia adalah sebuah wilayah bersejarah di provinsi Nevşehir Turki bagian Asia yang memiliki banyak keistimewaan, baik dari segi budaya, sejarah, maupun geologis. Wilayah ini terletak di dataran tinggi dan memiliki relief tanah bergunung-gunung dan berlembah dengan kontur yang unik. Cappadocia merupakan salah satu tempat wisata populer di Turki dan juga dunia, dan terkenal dengan situs batunya yang luas dan unik, khususnya menara dan rumah-rumah batu kuno yang seperti berasal dari negeri dongeng. 

Beberapa kota yang menjadi pusat wisata di Cappadocia adalah Goreme, Urgup, Ihlara Valley, Selime, Guzelyurt, Uchisar, Avanos dan Zelve. Di kota-kota ini pengunjung bisa melihat banyak bangunan, rumah, dan juga gua yang terbuat dari batu utuh yang dilubangi. Bahkan wisatawan juga bisa merasakan tinggal di dalam bangunan unik ini dengan menginap di hotel-hotel batu yang ada di kota Urgup, Guzelyurt, dan Uchisar (cek budget hotel di DerinkuyuGuzelyurtUchisar, dan Ürgüp.). Bagi yang ingin melihat kota bawah tanah yang unik, Cappadocia juga memiliki sejumlah kota bawah tanah, diantaranya yang terkenal adalah Kaymakli, Derinkuyu, Gaziemir dan Ozkanak.

Naik balon udara di Cappadocia Turki juga sangat populer di kalangan wisatawan. Mengingat wilayah Cappadocia yang luas, naik balon udara ini bisa sangat membantu Anda untuk melihat area ini secara keseluruhan dan mendapatkan gambaran utuh tentang Cappadocia. Namun jika ingin melihat bangunan batu serta kontur lembahnya secara dekat, Anda lebih baik mengunjungi situsnya secara langsung, dan konsentrasi pada satu tempat untuk dieksplor lebih mendalam. Karena itu menurut saya naik balon udara di atas Cappadocia ini bukan alternatif, melainkan ekstra. Jadi kunjungan daratannya tetap wajib :D. Trekking atau menyusuri Cappadocia bisa Anda nikmati di Goreme, Urgup, Ihlara Valley, dan Monastery Valley (Guzelyurt).

Tempat wisata terkenal di turki Pamukkale

Pamukkale, 'istana kapas', atau ‘kastil kapas’ adalah sebuah situs alam unik di Pamukkale, provinsi Denizli, Turki. Tempat ini memiliki kolam sumber mata air panas yang unik, dengan dinding dan lantai di sekitarnya yang berwarna putih dan berbentuk unik menyerupai kapas. Dinding dan teras berwarna putih ini merupakan sedimen atau hasil endapan kalsium karbonat dari air yang kemudian lama kelamaan mengeras. Total terdapat 17 sumber mata air panas di Pamukkale dengan suhu berkisar antara 35-100°C. Situs alam ini terletak di lembah sungai Menderes dan mempunyai iklim sedang hampir sepanjang tahun. 

Dengan keunikannya, Pamukkale menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di Turki yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tempat ini juga telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO di Turki pada tahun 1988, bersama situs kota kuno Hierapolis yang dibangun di atasnya. Jadi jika Anda berkunjung ke Pamukkale, Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan pemandangannya, tetapi juga bisa merendam kaki/berenang di kolam air panas, serta berkeliling Hierapolis dan melihat sisa-sisa bangunan kuno yang berasal dari abad 2! Di Hierapolis juga terdapat museum, dan tak ketinggalan, kolam pemandian air panas. Tertarik ke sini? 

3. Şirince, Izmir
Tempat wisata terkenal di Turki Sirince

Çirkince atau Şirince adalah sebuah desa kecil cantik yang terletak di provinsi İzmir, Turki, dekat kota tua zaman Yunani kuno, Ephesus. Desa yang berada di area perbukitan ini terkenal dengan wine-nya dan juga bangunan-bangunanya yang khas. Berkunjung ke desa ini Anda akan disuguhi pemandangan desa yang cantik dengan jalan-jalan kecil berbatu yang menanjak dan menurun. Kebun anggur, buah persik, dan juga zaitun (olive) juga menjadi pemandangan yang bisa dijumpai di Sirince. 

Selain itu, Sirince merupakan desa penghasil wine. Hampir setiap rumah di desa ini membuat wine mereka sendiri. Dan wine-wine buatan rumah ini, yang dipajang di kios dan toko-toko kecil, juga menjadi pemandangan menarik tersendiri. Selain wine anggur, warga Sirince juga membuat wine buah-buahan seperti wine dari apel, cherry, blackberry, strawberry, kiwi, melon, dan juga buah persik. Anda juga bisa menjumpai aneka produk homemade lainnya di Sirince, mulai dari kerajinan tangan, minyak zaitun, sabun, aneka produk dari lavender, hingga kosmetik alami. 

Wah menarik ya? Pantas Sirince menjadi salah satu tempat wisata populer di Turki. Dan setiap weekend, desa ini selalu dipadati oleh turis, terlebih wisatawan lokal. Dan kini Sirince bahkan lebih terkenal lagi di dunia internasional khususnya setelah disebut-sebut sebagai tempat yang akan terlindung dari kehancuran dunia pada ‘hari kiamat’ Desember 2012 yang diramalkan oleh suku Maya. Sirince dianggap memiliki energi positif karena terletak dekat dengan area yang dipercaya oleh umat Kristiani sebagai tempat Bunda Maria naik ke surga. 

Tak ayal berkat isu ini, desa Sirince pun kebanjiran pendatang yang percaya akan ramalan 20-12-2012 dan ingin mencari tempat perlindungan :D, walau akhirnya, ternyata ‘ramalan’ kiamat ini tak terbukti benar. Meski demikian, Sirince masih mempertahankan kepopulerannya dengan semua daya tarik yang dimilikinya, dan menarik banyak wisatawan ke desa ini. Anda juga sempatkan ke desa ini ya kalau wisata ke Turki :)

All articles © explorerguidebook.blogspot.com

1 comment: Leave Your Comments