Indahnya Pemandangan di Sepanjang Romantic Road, Jerman

1
Romantic Road Jerman
(Penanda jalan Romantic Road)
Romantische Straße? Romantic Road? Mmm kira-kira ada apa saja ya di jalan ini sehingga disebut Jalan Romantis? Ingin tahu? Mari cari tahu disini.

Romantic Road di Jerman adalah jalan raya dengan pemandangan indah dan romantis sepanjang 350 km, yang membentang antara Würzburg hingga Füssen, melewati Bavaria, Jerman bagian selatan. Jalan ini membentang antara daerah perkebunan anggur di Franken dan kaki bukit di pegunungan German Alps, dan melewati sejumlah kota indah dengan benteng kota, menara, bangunan kuno, dan rumah setengah kayu yang khas di kota tuanya, serta biara-biara tersembunyi, dan kastil-kastil kuno. Romantic Road merupakan rute populer bagi para turis yang ingin menikmati pemandangan dan atmosfer khas Jerman di kota-kota yang dilewatinya, seperti Nördlingen, Dinkelsbühl, Rothenburg ob der Tauber, dan di kastil-kasti seperti Burg Harburg dan Neuschwanstein Castle. Sepanjang rutenya, jalan romantis ini ditandai dengan penanda jalan berwarna coklat yang bertuliskan “Romantische Straße”, yaitu ‘romantic road’ dalam bahasa Jerman.

Anda tertarik menelusuri jalan ini? Berikut beberapa kota dan tempat menarik yang bisa Anda singgahi di sepanjang Romantic Road atau Romantische Strasse :)

1.   Würzburg:
Terletak di jantung wilayah perkebunan anggur Franconia (Franken), Würzburg terkenal dengan perkebunan anggurnya yang indah, festival wine-nya yang colourful, dan restauran gourmet serta wine-nya yang top. Saat singgah di Würzburg, Anda juga wajib mengunjungi tempat-tempat ini: Residence Palace of Würzburg, Fortress Marienberg, dan Würzburg Cathedral. FYI, Residence Palace of Würzburg termasuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

2.   Rothenburg ob der Tauber
Rothenburg ob der Tauber terkenal sebagai kota tua abad pertengahan yang paling terjaga kelestariannya di Jerman. Jika Anda ke sini, jelajahi pusat kota tuanya yang indah dan juga jalan-jalan di atas tembok kota yang mengelilinginya. Rothenburg ob der Tauber, Dinkelsbühl, dan Nördlingen adalah 3 kota di Jerman yang masih memiliki tembok kota yang masih berdiri utuh. Di kota tua Rothenburg ob der Tauber, Anda juga bisa naik ke puncak balai kotanya untuk melihat pemandangan indah panorama sekitar dari atas ketinggian. Museum penyiksaan abad pertengahan juga bisa dikunjungi jika Anda berminat.

3.   Dinkelsbühl
Kota tua Dinkelsbühl memiliki 16 menara benteng, beberapa gerbang kota yang masih terjaga keotentikannya, dan tembok keliling yang asli. Jalan-jalan mengelilingi pusat kota tua yang temaram di malam hari bisa menjadi pilihan.

4.   Nördlingen.
Salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Crater Museum dekat Nördlingen.

5.   Augsburg
Augsburg merupakan salah satu kota paling tua di Jerman. Jika Anda ke sini, kunjungi pusat kotanya yang bersejarah yang merupakan peninggalan bangsa Romawi dan juga pedagang kaya dari Timur Tengah. Di city center ini Anda akan menjumpai bangunan-bangunan tua dari abad 17 an dan juga restauran-restauran tradisional yang membawa Anda kembali ke masa lalu yang berusia lebih dari 2000 tahun. Salah satu bangunan yang wajib disambangi adalah balai kotanya.

6.   Pfaffenwinkel
Tempat ini dikenal sebagai ‘Pastor’s Corner’ dan terkenal dengan gereja-gereja dan pemandangannya yang masih alami. Salah satu bangunan gereja yang layak dikunjungi adalah church Wieskirche (Church in the Meadow) yang terletak di Steingaden. Gereja bergaya arsitektur abad 18 an terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO.

7.   Füssen
Terletak di kaki pegunungan Bavarian Alps, Füssen memiliki pemandangan alam yang indah. Dekat Füssen juga terdapat beberapa kastil yaitu Castele Schwangau, Neuschwanstein, dan Hohenschwangau. Yang wajib dikunjungi adalah Castle Neuschwanstein yang indah seperti di cerita-cerita dongeng dan merupakan kastil paling terkenal di dunia.


NB: Romantic Road juga berpotongan dengan Castle Road. Jika Anda punya banyak waktu (dan cukup anggaran), Anda bisa menelusuri kembali Romantic Road, namun kali ini mengkuti rute Castle Road di persimpangannya.

Bagaimana cara menelusuri Romantic Road?
- Cara paling cocok untuk menikmati pemandangan dan keindahan sepanjang Romatic Road adalah dengan mobil sehingga lebih mudah berhenti di tempat-tempat yang diinginkan. Anda bisa menyewanya di tempat rental mobil di airport kota Frankfurt. Romantic Road dimulai dari Würzburg (75 mil tenggara Frankfurt) dan berakhir di Füssen atau Castle Neuschwanstein (82 mil barat daya Munich).
- Alternatif lain adalah ikut bus tur. Yang ini mungkin lebih mudah dan murah, tapi tidak terlalu bebas.
- Ada juga bus yang beroperasi sepanjang Romantic Road dari Würzburg ke Füssen antara April-Oktober, yaitu Europabus. Biaya 58,5 Euro sekali jalan untuk orang dewasa. Pilihan ini mungkin tidak terlalu praktis jika Anda ingin berhenti di banyak tempat sepanjang rute.

(foto:  Photnart @en.wikipedia.org)

Artikel Terait:

1 comment: Leave Your Comments