7 Tempat Wisata Seindah Lukisan di Belanda

14
Kalau Anda ke Belanda, saya sarankan jangan hanya berkutat di Amsterdam, tetapi juga pergi ke kota-kota kecil lain di Belanda. Kalau perlu malah ke tempat-tempat ini dulu baru ke Amsterdam :p. Dijamin Anda tidak akan menyesal dan bisa melihat hampir semua yang menjadi esensi Belanda, yaitu ciri khas yang Belanda banget. Dan dari banyak kota di Belanda yang cantik-cantik dan bernuansa klasik, saya sudah pilihkan 7 kota wisata yang wajib Anda sambangi jika ke Belanda.

Pokoknya, kalau berkunjung ke 7 tempat wisata di Belanda ini, Anda tak akan berhenti jeprat-jepret, karena setiap jengkalnya indah bak lukisan dan patut untuk diabadikan. Nah baru setelah mengunjungi tempat-tempat ini, Anda bisa bilang kalau Anda sudah pernah benar-benar ke Belanda :D. Ingin tahu tempat mana saja di Belanda yang indah bagai lukisan ini? Yuk mari kita cek satu per satu.

1. Zaanse schans
kincir angin belanda Zaanse Schans
(foto: o2-photo.com)
Zaanse Schans adalah sebuah kawasan yang berada di tepi sungai Zaan di Zaandam, dekat desa Zaandijk, provinsi North Holland, Belanda. Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Belanda dan dikunjungi oleh kurang lebih 900 ribu orang per tahun. Zaanse Schans merupakan salah satu dari dua tempat di Belanda yang masih memiliki cukup banyak kincir angin yang terkonsentrasi dalam satu kawasan. Tempat lainnya adalah Kinderdijk. 

Berkunjung ke Zaanse Schans, Anda akan disuguhi pemandangan indah khas pedesaan Belanda yang memiliki banyak rumah kayu tradisional dan kincir angin khas Belanda. Pemandangan inipun makin dipercantik dengan adanya parit-parit dan rerumputan yang terlihat bersih dan rapi disepanjang jalan-jalannya yang sempit. Beberapa pohon dan tiang lampu klasik juga terlihat menghiasi jalanan sepanjang rumah-rumah pemukiman di sekitarnya. Pemandangan khas pedesaan lain adalah areal pertanian yang cukup luas yang bisa kita jumpai di dekat bangunan kincir angin. Anda mungkin juga bisa melihat beberapa kambing yang sedang merumput di area sekitar. Selain pemandangan di Zaanse Schans yang indah, tempat ini juga punya daya tarik lain seperti beberapa museum, toko suvenir, cafe, dan juga toko keju. Ada juga toko sekaligus tempat pembuatan sepatu kayu khas Belanda (clog) dimana kita bisa melihat langsung proses pembuatannya. Asyik kan?


2. Volendam
Volendam
(foto: panoramio.com)
Volendam adalah kota kecil yang terletak di kotamadya Edam-Volendam, di provinsi North Holland, Belanda, 20 km ke utara dari Amsterdam. Kota ini sangat populer di kalangan wisatawan, dan terkenal dengan nuansa desa nelayan nya yang khas dan pakaian tradisional Belanda yang masih dipakai oleh beberapa warganya. Berkunjung ke old center kota Volendam, Anda akan langsung terkesan dengan pemandangan dan atmosfer menyenangkan dari ‘desa’ nelayan yang kecil namun ramai ini. Di pelabuhannya, Anda akan dihadapkan pemandangan laut dan banyak kapal serta kapal-kapal nelayan tradisional dengan tiang-tiangnya yang tinggi sedang ditambat. Sementara di tepinya dan sepanjang jalan-jalan masuknya, berdiri deretan toko, termasuk toko suvenir khas Volendam, restauran, dan bar, serta rumah-rumah kayu dan batu bata yang mungil dan khas, yang semuanya cantik-cantik dan colourful. Kalau Anda ke sini, luangkan waktu untuk berkeliling karena semua bagian dari kawasan ini worth exploring.

Banyaknya toko dan pengunjung juga semakin membuat suasana kota ini semakin hidup. Dan selain daya tarik yang sudah saya sebutkan, Volendam masih punya banyak hal untuk ditawarkan kepada wisatawan, salah satunya adalah beberapa studio foto di mana kita bisa berfoto menggunakan pakaian tradisional khas Volendam. Lengkap dengan aksesoris dan setting background yang 'sangat Belanda'. Last words, if I have opportunities to live anywhere in the world, Volendam is one of those places on my list! How about you? ;)

3. Edam
Edam Netherlands
(foto: picgifs.com)
Edam adalah sebuah kota kecil yang terletak di kotamadya Edam-Volendam, provinsi North Holland, Belanda, tidak jauh dari Volendam. Selain terkenal dengan kejunya, yaitu keju Edam yang popularitasnya sudah mendunia, kota keju ini juga populer di kalangan wisatawan sebagai salah satu tempat indah di Belanda dengan pemandangan dan atmosfer tradisional yang khas. Agak mirip dengan Volendam, jalan-jalan di sini Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan kota bernuansa zaman dulu yang terasa tenteram namun memikat hati. Di sepanjang tepi kanalnya, Anda akan melihat bangunan-bangunan berdinding batu bata dengan gaya arsitektur tradisional yang berderet merapat, serta jalan-jalan sempit yang lengang, dan terkadang beberapa bangku taman di tepi kanal. Di jalan-jalan masuknya, juga berdiri bangunan khas dan toko-toko yang terlihat klasik namun colourful dengan jalan-jalan kecil yang diaspal dengan balok-balok batu. Sementara di bagian lain juga bisa ditemui bangunan-bangunan rumah mungil berdinding kayu yang berada di tepi kanal yang tenang. Sangat sayang jika tidak diabadikan. 

Selain itu, pusat kota tua Edam juga memiliki sejumlah bangunan tua seperti Grote Kerk (St. Nicholas Church), Town Hall, Edam Museum, Weigh House, dan juga salah satu yang menjadi daya tarik utama Edam, yaitu Cheese Market. Dan jika Anda ingin membeli keju Edam, jangan khawatir, Anda bisa membelinya di toko-toko keju yang banyak terdapat di kota ini.

4. Marken
Marken netherlands

Kalau masih ingin melihat tempat-tempat bernuansa pedesaan yang indah, tenang, dan damai, lengkap dengan rumah kayu cantik khas Belanda, ada baiknya Anda melanjutkan perjalaan ke Marken. Marken adalah sebuah desa di semenanjung danau Ijsselmeer, di wilayah Waterland dan Zaan, provinsi North Holland, Belanda. Desa kecil ini terkenal dengan rumah-rumah kayunya yang khas (kebanyakan berwarna hitam dan hijau) serta halaman rumput yang bersih dan terpotong rapi yang berada di tepi kanal air yang tenang. Marken terletak di daratan yang terpisah dengan daratan utama sehingga seperti pulau dan memiliki area pelabuhan seperti halnya Volendam. Selain melihat area perumahannya yang seperti dalam gambar dan terlihat unreal (saking bagusnya), kita juga bisa bersepeda keliling Marken untuk melihat lapangan terbuka dan areal pertanian, serta melihat lebih banyak lagi area pemukiman. Anda mungkin juga bisa melihat kawanan domba yang sedang merumput :). Selain itu Marken masih memiliki daya tarik lain untuk para wisatawan seperti salah satu mercusuar terkenal di Belanda yaitu Paard van marken yang terletak di ujung semenanjung, museum, dan juga toko suvenir. Tergoda untuk datang ke desa indah di Belanda yang satu ini?

5. Venice of the North
Giethoorn

Kalau sudah puas dengan rumah kayu tradisional warna-warni, tapi masih ingin melihat sesuatu yang khas Belanda, saya sarankan Anda lanjut ke Venice *mukadatarcuek*. (+Hah?? Jauh amat dari Belanda langsung ke Itali? :o. And wait! Khas Belanda di Venice? Waah mulai ngaco nih anak). Maksud saya bukan Venice yang itu (+Trus?! *mulaisewot*). Tapi Venice of the North! (+Apa lagi tuh, emang ada? *kesaltapipengentahu*) :p. Di tempat yang indah bak lukisan ini Anda bisa berjalan atau berperahu menelusuri kanal yang berliku, melintasi jembatan lengkung dari kayu, dan melihat rumah-rumah mungil beratap jerami yang tak biasa, serta halaman rumput dan bunga yang rapi dan cantik. (+Setau saya di Venice memang ada kanal. Jelas. Tapi rumah beratap jerami?? :/ *ngomongsendiri*). 

Mau tahu nama tempat ini? (+*berbinar2*). Namanya adalah Giethoorn (+*mulaidiem*). Giethoorn adalah sebuah desa indah di provinsi Overijssel, Belanda. Desa ini dikenal sebagai Venice of the North atau Venice of the Netherland karena memang area ‘kuno’ desa ini mirip seperti Venice (Venisia) di Italia, di mana tidak ada jalan dan bebas kendaraan bermotor (namun saat ini ada rute sepeda), dan transportasi umumnya dilakukan melalui jaringan kanal yang menghubungkan satu tempat dengan tempat lainnya. Saat ini Giethoorn tidak hanya populer di kalangan wisatawan lokal tetapi juga turis mancanegara. Bagaimana, tertarik ke sini? Another serene, peaceful, and picturesque village to be put on your must-visit list! ;)

P.S Next time kita bahas Venice of the North yang lain ya, karena yang dapat julukan ini bukan hanya Giethoorn seorang (halah)

6. Kinderdijk
kincir angin belanda Kinderdijk

Kinderdijk adalah sebuah desa yang terletak di provinsi South Holland (Zuid-Holland), Belanda, sekitar 15 km arah timur dari Rotterdam. Tempat ini merupakan tempat yang memiliki paling banyak kincir angin di Belanda dan telah ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1997. Total terdapat 19 kincir angin di Kinderdijk, yang dibangun sekitar tahun 1740 untuk memompa dan membuang air sungai yang meluap sehingga daratan tetap kering. Berbeda dengan Zaanse Schans yang telah berkembang menjadi obyek wisata dengan banyak daya tarik, area kincir angin di Kinderdijk terlihat tetap otentik. Terbukti dengan tidak adanya bangunan lain di sekitarnya sehingga hanya tampak sebagai areal terbuka yang luas dengan sederetan kincir angin. Pada musim dingin saat air sungai di dekatnya membeku, Kinderdijk bisa menjadi tempat berseluncur atau bermain salju yang indah di antara alam terbuka yang luas dan kincir angin tradisional khas Belanda. Bersepeda menelusuri area pedesaan ini juga bisa menjadi kegiatan yang tak kalah menyenangkan.

7. Delft
Delft Netherlands

Delft adalah sebuah kota besar yang berada di provinsi South Holland (Zuid-Holland), Belanda, dan terletak di antara Rotterdam dan The Hague (Den Haag). Kota ini terkenal dengan kanal-kanalnya dan pusat kotanya yang bersejarah, keramik biru Delf, Delft University of Technology, pelukis Vermeer, dan kaitannya dengan keluarga kerajaan Belanda, House of Orange-Nassau. Salah satu kawasan yang wajib dikunjungi di Delft adalah pusat kotanya yang cantik dengan monumen dan bangunan-bangunan bergaya arsitektur tradisional menghiasi tepi kanal. Pemandangan khas yang akan Anda jumpai di pusat kota ini adalah kanal air dan jembatan kecilnya yang khas (mungkin dengan beberapa perahu), barisan mobil atau sepeda yang berselang-seling dengan barisan pepohonan di tepi kanal, toko-toko dan bangunan bergaya arsitektur tradisional berdiri rapat, serta menara gereja yang terlihat di kejauhan. Beberapa tempat khusus di Delft yang bisa dikujungi antara lain adalah Delft City Hall, Weigh House, Royal Delft factory, Molen de Roos (kincir angin), museum Prinsenhof, Oude Kerk (Old Church), Nieuwe Kerk (New Church), Oostpoort (Eastern gate), dan masih banyak lagi.


Demikian 7 tempat wisata indah di Belanda. Tempat wisata terkenal di Belanda lainnya akan segera menyusul, jadi stay tuned terus di blog dan facebook Explorer Guidebook biar tidak ketinggalan info :)


All articles ©explorerguidebook.blogspot.com

14 comments: Leave Your Comments

  1. Wiiih, cantik-cantik ya kota Belanda di sana. Sejak baca Negeri Van Oranje jadi penasaran dan ngayal pengen ke sini. Eh tiba-tiba kepikiran buat nulis cerita ngambil seting Belanda yang unik. Nice info. eh iya, salam kenal, ya ^_^

    ReplyDelete
  2. Salam kenal jg Efi... Makasih ya sudah mampir :)

    Wah suka bikin cerita ya? Atau penulis nih? Iya, Belanda nggak kalah cantik tuh buat setting cerpen/novel. Tempat2 keren lain di Belanda akan segera ditambah artikelnya, jadi sering2 main ke sini ya :D. Dan sukses buat ceritanya! :)

    ReplyDelete
  3. Nice info buat yang akan liburan ke Belanda

    ReplyDelete
  4. Nice artikel, jadi pingin kesana. cuma kapan ya? hahaha,

    salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih orang Bandung... salam kenal jg. Jangan nanya kapan, tp mulai direncanakan dr sekarang :))

      Delete
  5. tks..saya lagi di Holland sekarang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Anonymous... selamat ya sudah sampai di Belanda. Ditunggu berbagi pengalamannya selama di sana :)

      Delete
  6. Jadi pngen bgt ksana..
    Pngennya sih skalian skolah atau krja dsna sih ga cm liburan doang :D dan pngen dpt beasiswa ksna.. doain ya :D haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi kak. Bener banget. Enaknya memang jalan-jalan di sana sambil sekolah/kerja.. eh kebalik ya? :)). Iya deh kita bantu doa, semoga segera sampai ke Belanda :)

      Delete
  7. untuk seminggu ke depan suhu udaranya berapa derajat ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi kak, makasih sudah mampir :). Ada rencana ke Belanda ya minggu depan? Kalo di Amsterdam sih kemungkinan berkisar antara 7-11 derajat Celcius.

      Delete
  8. Devi Nurverial20 December, 2014

    kalau mau jalan-jalan di Belanda, brp hari waktu yg dibutuhkan untuk mengexplor nya?

    ReplyDelete
  9. Trims ya Infonya.. Alhamdulillah saya sudah ke Holland liat Volendam and Zaanse Schanz. Keren banget. Saya dateng untuk acara Tong2 Fair lumayan sekalian jalan2

    ReplyDelete