10 Tempat Wisata Terkenal di Amsterdam, Belanda

33
Tempat Wisata Terkenal di Amsterdam Belanda

Belanda merupakan salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan dan traveler Indonesia. Dan salah satu kota yang menjadi tujuan pertama kali biasanya adalah ibukotanya, yaitu Amsterdam. Di Amseterdam, ada banyak tempat wisata menarik yang bisa anda tuju mulai dari tulisan I amsterdam, kincir angin kuno, pasar bunga terapung, hingga pabrik pengasahan berlian. Mau tahu daftar lengkapnya? Yuk simak infonya berikut ini. Ini dia daftar tempat wisata di Amsterdam yang paling terkenal yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi.

1. Tulisan ‘I Amsterdam’
Tempat Wisata di Amsterdam Belanda
Tulisan I amsterdam di Vondelpark
Seperti tulisan ‘Hollywood’ di Hollywood Hills, Los Angeles, California, di Amsterdam juga tidak ada ikon yang lebih jelas untuk menunjukan anda sedang berada di Amsterdam selain tulisan I amsterdam atau I amsterdam Letters :). Tulisan ini sekarang tak hanya menjadi slogan Amsterdam tetapi juga ikon kota ini. Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Amsterdam pasti ingin berfoto dengan tulisan ikonik ini.

Jumlah I amsterdam Letters
Ada berapa jumlah tulisan I amsterdam? Saat ini total ada 4 tulisan yang masing-masing berada di tempat yang berbeda. 
Di mana letak tulisan I amsterdam? Anda bisa menjumpai tulisan ini di 4 tempat, yaitu di depan Rijkmuseum di Museum Square, di Amterdam Museum, di bandara Schiphol Amsterdam, dan 1 tempat lagi berpindah-berpindah tempat, bisa di tempat wisata di Belanda lainnya atau muncul di berbagai event besar di Amsterdam seperti festival, pameran atau fashion show. Terakhir tulisan I amsterdam yang ‘nomaden’ ini ada di Vondelpark

2. Museum Square
Tempat Wisata di Amsterdam Belanda
Museumplein dilihat dari atas
Museumplein atau Museum Square adalah sebuah area terbuka luas yang ditempati oleh beberapa museum dan bangunan penting di Amsterdam seperti Rijksmuseum, Van Gogh Museum, Stedelijk Museum, Museum Berlian (Diamond Museum), Royal Concertgebouw (Royal Concert Hall), dan kantor konsulat Amerika Serikat. Saat ini dibawah Museumplein juga terdapat tempat parkir dan supermarket bawah tanah.

Selain bangunan-bangunan tersebut, alun-alun yang menyerupai taman dan lapangan luas ini juga biasa digunakan oleh warga lokal Amsterdam dan wisatawan untuk bersantai, bermain, maupun jalan-jalan. Museumplein juga sering menjadi tempat event besar seperti festival, perayaan, maupun demonstrasi. Kemarin saat Piala Dunia 2014 berlangsung, Museumplein juga dipakai sebagai tempat nonton bareng setiap tim nasional Belanda berlaga. 

Tempat Wisata di Amsterdam Belanda
Rijksmuseum
Rijksmuseum adalah museum nasional Belanda yang terletak di bagian timur laut Museumplein di Amsterdam, Belanda. Museum ini didedikasikan untuk seni dan sejarah, dan memiliki koleksi hingga 1 juta obyek, di mana hanya sebagain (8000 obyek) yang dipajang saat ini. Rijksmuseum sendiri menempati sebuah bangunan indah yang dirancang oleh Pierre Cuypers (yang juga merancang Amsterdam Centraal Station, pantas mirip bangunannya), dan pertama kali dibuka pada tahun 1885.

Rijksmuseum merupakan museum paling terkenal dan paling banyak dikunjungi di Belanda, dengan kunjungan diperkirakan mencapai 2,2 juta orang pada tahun 2013. Selain koleksinya sendiri, museum ini juga memiliki taman yang menyenangkan dan bangunan indah untuk dikagumi dan diabadikan. Tak ketinggalan, museum ini juga memiliki toko suvenir dan cafe serta fasilitas lain untuk membuat anda lebih betah berlama-lama di sana. Tertarik ke Rijksmuseum? Baca info lengkapnya termasuk jam buka, harga tiket dan transportasi di: Rijksmuseum di Amsterdam.

Tempat Wisata di Amsterdam Belanda
Dam Square dilihat dari atas
De Dam atau Dam Square adalah alun-alun kota yang berada di pusat kota Amsterdam, Belanda. Alun-alun ini menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal dan paling ramai di Amsterdam. Sejak dulu hingga sekarang, Dam Square juga merupakan salah satu pusat ngumpul-numpul dan nongkrongnya warga lokal Amsterdam dan juga pengunjung.

Selain sering menjadi tempat berbagai event, pertunjukan dari para seniman dan penampil jalanan juga menjadi pemandangan umum di Dam Square. Di alun-alun ini anda juga bisa menjumpai banyak burung merpati seperti kebanyakan alun-alun di Eropa. Alun-alun ini semakin ramai oleh para pengunjung karena tempat ini dikelilingi oleh tempat wisata lain dan bangunan terkenal seperti seperti istana Royal Palace of Amsterdam, gereja tua Nieuwe Kerk, pabrik pengasahan berlian, shopping center terkenal, Museum Madame Tussauds, dll. Baca tentang tempat-tempat terkenal ini dan info selengkapnya di: Dam Square, Amsterdam.

Tempat Wisata di Amsterdam Belanda
Antrian panjang di Anne Frank Huis
Anne Frank Huis atau Anne Frank’s House adalah bangunan bekas tempat persembunyian Anne Frank dan keluarganya yang sekarang dijadikan sebuah museum. Anne Frank adalah gadis remaja kelahiran tahun 1929 yang memiliki darah Jerman-Yahudi. Ia dan keluarganya terpaksa bersembunyi selama 2 tahun di tempat persembunyian rahasia untuk menghindari kekejaman Adolf Hitler yang berusaha menghapuskan etnis Yahudi dari muka bumi pada periode Perang Dunia ke II. 

Tempat persembunyian Anne Frank sebenarnya merupakan bagian dari bangunan kantor tempat ayahnya bekerja, yang berada di belakang bangunan di tepi kanal. Di sanalah Anne Frank dan keluarganya (ayah, ibu, saudara), serta 4 orang lainnya, tetap bersembunyi dari tahun 1922-44, hingga akhirnya ditemukan pada tahun 1944 dan dikirim ke camp konsentrasi untuk menjemput ajal mereka. Anne Frank Huis juga menjadi salah satu tempat syuting film The Fault in Our Stars di Amsterdam. Baca kisah Anne Frank selengkapnya serta informasi praktis tentang museum ini seperti harga tiket, jam buka, dan transportasi di: Tempat Persembunyian Anne Frank di Amsterdam

6. De Gooyer Windmill
Tempat Wisata di Amsterdam Belanda

Molen De Gooyer atau De Gooyer Windmill adalah salah satu dari 8 kincir angin kuno yang masih tersisa di pusat kota Amsterdam. De Gooyer Windmill menjadi yang paling terkenal di antara 7 kincir angin di Amsterdam lainnya karena lokasinya yang paling dekat dengan kawasan bersejarah kota Amsterdam dan juga paling mudah dicapai oleh wisatawan karena tidak jauh dari Maritime Museum, yang juga merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Amsterdam. Selain itu, De Gooyer Windmill juga merupakan kincir angin kayu paling tinggi di Belanda.

Saat ini De Gooyer Windmill sudah tak lagi beroperasi dan termasuk salah satu monumen nasional Belanda. Kita hanya bisa menikmati kincir ini dari luar karena kincir ini tak dibuka untuk mengunjung. Meskipun begitu kita tetap lho bisa hang out dekat kincir ini :). Karena De Gooyer Windmill berdempetan dengan tempat pembuatan bir (brewery) yang cukup terkenal di Amsterdam. Di Brewery ini anda bisa tour melihat proses pembuatan bir dan juga menikmati bir segar langsung di tempat pembuatannya, sambil duduk-duduk di teras dekat De Gooyer Windmill. Jika tak minum bir, di sini juga tersedia jus buah yang bisa anda pesan. Silahkan baca info selengkapnya termasuk jam buka, harga tiket tour, dan transportasi ke sini di: De Gooyer Windmill dan Brouwerij 't IJ, Amsterdam.

Tempat Wisata di Amsterdam Belanda

De Waag atau The Weigh House adalah bangunan cantik menyerupai kastil yang berada di Nieuwmarkt square di tengah pusat kota Amsterdam, Belanda. Bangunan ini dibangun pada abad 15 an (1488) dan dulunya merupakan salah satu gerbang kota bagian dari tembok kota yang mengelilingi Amsterdam pada abad pertengahan. Bangunan ini tak lagi berfungsi sebagai gerbang kota pada akhir abad 16 saat wilayah kota Amsterdam mengalami perluasan hingga ke luar tembok kota. Tak lama setelahnya, gerbang kota pun dihancurkan sehingga menyisakan de Waag sebagai bangunan yang berdiri independen seperti sekarang.

Saat ini de Waag ditempati oleh Waag Society dan cafe-restauran In de Waag. Karena itu selain menikmati arsitekturnya yang menarik, pengunjung juga bisa mencicipi kuliner di cafe dan restaurannya serta hang out di Nieuwmarkt. Selain de Waag, ada lebih dari 20 cafe dan coffeshop lain yang ada di tepi Nieuwmarkt. Area terbuka dekat Red Light District ini juga merupakan tempat di gelarnya pasar harian di kawasan ini, dan juga pasar bahan pangan organik setiap hari Sabtu, dan pasar barang antik (flea market) setiap hari Minggu pada musim panas. Baca sejarah De Waag selengkapnya dan transportasi ke sini di: De Waag, Amsterdam.

Tempat Wisata Terkenal di Amsterdam Belanda

Leidseplein atau Leidse Square adalah sebuah kawasan di Amsterdam yang menjadi salah satu pusat hiburan dan kehidupan malam di Amsterdam. Dengan banyaknya toko, mall, cafe, restauran, bioskop, teater, klub malam, hingga kasino, kawasan ini merupakan tempat nongkrongnya anak muda dan warga lokal Amsterdam, baik siang maupun malam. Para businessman dan wisatawan asing yang kebetulan singgah di Amsterdam juga biasa menyempatkan diri untuk menikmati secangkir kopi atau segelas bir di banyak cafe outdoor dan pub di area ini dan berbaur dengan warga lokal. 

Seperti kebanyakan tempat wisata terkenal di Eropa, di Leidse Square juga ada banyak seniman dan para performer jalanan yang menampilkan pertunjukan yang menarik untuk para pengunjung dan wisatawan. Leidseplein juga memiliki 2 bangunan terkenal yang menjadi landmark kawasan ini., yang salah satunya juga menjadi tempat syuting film The Fault in Our Stars (lagi). Baca info selengkapnya dan transportasi ke sini di: Leidseplein Square, Amsterdam.

Tempat Wisata Terkenal di Amsterdam Belanda

Kalau New York punya Central Park, London punya Hyde Park, dan Madrid punya Retiro Park, maka Amsterdam punya Vondelpark. Vondelpark adalah taman kota terluas di Amsterdam dengan luas mencapai 47 hektar. Taman yang dibuka pertama kali pada tahun 1865 ini terletak di pusat kota Amsterdam, dan berada di sebelah barat dari Leidseplein dan Museumplein. Vondelpark merupakan salah satu tempat wisata paling terkenal di Amsterdam, dan taman ini sangat populer baik di kalangan warga lokal maupun pengunjung.

Ada banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di Vondelpark seperti jalan-jalan, bersantai menikmati keindahan taman, bermain, berjemur, piknik, bersepeda, hingga bermain skateboard. Di Vondelpark juga terdapat sebuah museum, playground, serta beberapa cafe dan restauran. Pada musim panas di Vondelpark juga digelar festival di mana pengunjung bisa menikmati berbagai pertunjukan dan konser musik secara gratis. Setiap perayaan Queen's Day, atau sekarang King's Day, Vondelpark juga menjadi salah satu pusat keramaian perayaan ini di mana di sini gelar free market dan juga berbagai aktivitas seru untuk anak-anak. Baca info selengkapnya dan transportasi ke sini di: Vondelpark, Amsterdam.

Tempat Wisata Terkenal di Amsterdam Belanda

Bloemenmarkt atau Floating Flower Market adalah pasar bunga terapung di Amsterdam. Pasar ini diklaim sebagai satu-satunya pasar bunga terapung di dunia, dan telah ada sejak tahun 1862. Bloemenmarkt juga telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCOPasar bunga terapung di Amsterdam  ini menempati kios-kios transparan yang terapung di sepanjang tepi kanal Singel di antara Muntplein (Mint Square) dan Koningsplein square, Amsterdam. Karena terletak di tepi kanal Singel, Bloemenmarkt juga dikenal sebagai Bloemensingel

Di Floating Flower Market Amsterdam ini anda bisa menjumpai hampir semua jenis bunga, termasuk bunga khas Belanda yaitu Tulip yang ada dalam berbagai warna. Selain bunga siap tanam dalam pot dan bunga yang telah dipotong dalam bentuk buket bunga, di pasar bunga ini juga dijual benih bunga dalam kemasan siap ekspor, yang bisa anda beli sebagai oleh-oleh khas Belanda untuk ditanam di rumah. Baca info selengkapnya dan transportasi ke sini di: Bloemenmarkt Amsterdam: Satu-satunya Pasar Bunga Terapung di Dunia.

Demikian 10 tempat wisata terkenal di Amsterdam, Belanda. Silahkan klik link masing-masing tempat untuk membaca panduan dan info lengkapnya seperti alamat, harga tiket, dan transportasi. Lihat juga daftar lengkap tempat wisata di Belanda dan juga budget hotel di Amsterdam.

33 comments: Leave Your Comments

  1. Kalo di belanda wisata nya lebih ke bangunan-bangunan ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Wisata Bandung... Iya kalau di kota2 besarnya seperti di Amsterdam. Karena kota2 besar di Eropa kan terkenal memiliki banyak bangunan tua dan bersejarah serta landmark. Selain bangunan, kalau di Belanda sendiri ada kincir angin, kanal, kebun bunga tulip, taman miniatur, dll. Nanti deh kita kasih infonya di sini :). Jadi rajin2 mampir ya :D

      Delete
  2. Kira2 brp budgetny untk liburan ke belanda ? Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Puspita, makasih sudah mampir :). Ke Belanda ya? Kalo cuma ke Belanda bisa mulai dari 15-17jt an rupiah utk liburan budget 1 minggu. Tiket pesawat dr JKT mulai dari 10jt pulang-pergi (bisa lbh murah lg kalau dapat promo), hostel mulai 300an rb/malam di kota besar seperti Amsterdam, sisanya buat makan, transport, dan beli tiket masuk tempat wisata, masing-masing 1jt. 2 jt sisanya utk jaga2/belanja/beli oleh2 klo mau.

      Untuk di Amsterdam yg bnyk tempat wisata/museumnya, bisa beli ‘I amsterdam Card’ utk masuk gratis ke banyak tempat wisata sekaligus + gratis transportasi umum. Harga mulai 880rb an. Ini ada beberapa link yg bisa membantu:
      Hostel/hotel di Belanda: http://explorerguidebook.blogspot.com/p/akomodasi_2.html
      I amsterdam card: sudah ada linknya di akhir artikel di atas
      7 tempat wisata di Belanda: http://explorerguidebook.blogspot.com/2013/10/7-tempat-indah-bak-lukisan-di-belanda.html

      Segitu dulu ya kak Puspita, semoga infonya bermanfaat. Jangan ragu mampir-mampir lagi :)

      Delete
  3. Infonya keren . Lengkap bgt. Semoga november nanti bisa kunjungi sebagian dr tmp2 ini. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Erly :*). Wah November ya? Sebentar lagi donk. Sekedar mau liburan atau mau tinggal di sana nih? :D. Oke deh, semoga bisa ke semua tempat di atas ya. Jangan lupa Red Light districtnya jg :p, meski blm sempat kami sertakan di artikel ini. Makasih ya kak sudah mampir. Ditunggu lagi kunjungannya dan juga ceritanya sepulang dari Belanda :)

      Delete
  4. Belanda keren sangat.. hehe.. Mksh buat infonya ya.. :)

    ReplyDelete
  5. Belanda keren sangat.. hehe.. Mksh buat infonya ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Anonymous, dan selain ini masih banyak tempat keren lainnya :). Makasih ya sudah mampir. Ditunggu lagi kunjungannya :)

      Delete
  6. Dear explorer guidebook,

    Aku skrg di perancjs berniat ke amsterdam hanya untuk satu malam (sabtu-minggu) pengen banget kesemua tempat ini. Bisa ga ya? Hehehe

    thanks a lot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi kak Renata... Lagi ngapain nih di Perancis? Masih lama nggak di situ? :D. Sabtu-minggu berarti 2 hari ya? Bisa kok, cuma harus sedikit marathon dari 1 tempat ke tempat lainnya. Mungkin kunjungi tempat yang paling jauh dulu, yg dekat tempat nginep bisa dikunjungi malam hari :). Makasih ya sudah mampir. Ditunggu lagi kunjungannya :)

      Delete
    2. Dan ide bagus nih naik bus hop on hop off di Amsterdam. Lihat infonya di tab "Tour & Trip" di tab atas blog kita atau cek langsung di sini: http://goo.gl/XKjFXF :)

      Delete
  7. hi guys, saya ada rencana travelling mulai tanggal 21 November 2014 sampai 5 desember 2014, rute pertama yaitu jakarta ke dusseldorf dengan garuda indonesia. yang saya tanyakan di wilayah amsterdam, apakah hotel ibis central st dekat dengan tempat2 wisata yang disebutkan diatas? karena itu hotel yang udah saya booking untuk di amsterdam, saya akan berada diamsterdam dari tgl 3 - 5 des 2014..selanjutnya kembali ke jakarta dari skipol..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi kak... itu ibis hotel yg deket Centraal Station ya? Kalo ya, berarti cukup deket, karena deket city center. Kurang lebih ini perkiraan jaraknya: Centraal Station & city center 275 m (3 menit jalan kaki), Red Light District 700 m (10 menit), Bloenmarkt 767 m (11 menit), De Waag 784 m, Dam Square & Royal Palace 800 m, Anne Frank’s House 1,21 km (15 menit), Leidsplein 2,4 km (29 menit), De Gooyer Windmill 2,7 km, Rijksmuseum 2,8 km, Vondelpark 3,6 km (43 menit), Schipol Airport 16-18 km (16 menit naik taksi). Lihat juga artikel lengkapnya dengan mengklik judul dari masing2 tempat di artikel di atas. Di situ juga ada informasi transportasinya. Semoga membantu ya kak. Makasih sudah mampir :)

      Delete
  8. Hallo:) Saya ada rencana ke Eropa Desember 25 dari Jakarta sampai 8 January.
    saya akan pergi ber 5, 3 dewasa dan 2 anak2 usia 8&9 thn. rencana di Amsterdam 2 hari stelah itu lanjut ke Belgia, Perancis italy, swiss dan jerman (semoga wkt nya cukup). kira2 hotel utk family yang dekat dgn tempat2 wisata tersebut diatas apa ya? kalau saya beli I amsterdam card apakah anak2 juga mesti saya belikan? krn saya tidak tau batasan usia brp mesti membayar utk masuk tmpt2 wisata tsb.
    Apakah Linjden jauh dari tmpt2 wisata tersebut?
    Terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Ibu Lina... Wah mau menghabiskan liburan Natal dan tahun baru di Eropa ya? Sebaiknya booking pesawat dan hotel jauh2 hari karena waktunya pas musim puncak liburan :)

      Untuk hotel buat family, coba cek hotel2 ini:
      Di city center: http://goo.gl/mbHBqz
      http://goo.gl/Y0cpw7
      Di city center: http://goo.gl/fuMIK5
      Di city center: http://goo.gl/7krZrZ
      Di city center: http://goo.gl/6ome8f
      Di city center: http://goo.gl/lS2S6w

      - Utk tiket masuk, kebanyakan free entry/free admission tempat2 wisata adalah utk anak2 yang di bawah 5 tahun, jadi anak2 usia 8 & 9 tahun harus tetap membayar, meskipun ada diskon (yaitu harga anak-anak, selisih harga kurang lebih 1/3 nya dari harga dewasa). Namun beberapa museum juga gratis untuk ‘anak-anak’ sampai 18 tahun. Jadi anak2 juga bisa tetap dibelikan kartu I amsterdam Card. Disesuaikan juga dg pertimbangan tempat2 mana saja yg ingin dikunjungi.

      - Maksudnya kota Lijnden ya Bu Lina? Kalo ya, itu sekitar 17 km dari pusat kota Amsterdam (16 menit naik mobil) atau 10 km dari bandara Schipol (10 menit). Semoga infonya membantu. Makasih sudah mampir :)

      Delete
  9. Hallo:) Saya ada rencana ke Eropa Desember 25 dari Jakarta sampai 8 January.
    saya akan pergi ber 5, 3 dewasa dan 2 anak2 usia 8&9 thn. rencana di Amsterdam 2 hari stelah itu lanjut ke Belgia, Perancis italy, swiss dan jerman (semoga wkt nya cukup). kira2 hotel utk family yang dekat dgn tempat2 wisata tersebut diatas apa ya? kalau saya beli I amsterdam card apakah anak2 juga mesti saya belikan? krn saya tidak tau batasan usia brp mesti membayar utk masuk tmpt2 wisata tsb.
    Apakah Linjden jauh dari tmpt2 wisata tersebut?
    Terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  10. Halo Ibu Linda, sudah saya balas ya komennya di atas :). Kalo maksudnya kota Lijnden itu jauh dari tempat2 wisata di atas karena itu termasuk di luar kota Amsterdam, 10 km jaraknya dari Amsterdam. Makasih sudah mampir lagi. Ditunggu lagi kunjungannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimaksih info nya ya...next time kalo ada pertanyaan atau butuh info saya mampir lagi :)

      Delete
  11. halo
    kebetulan saya ada rencana untuk ke Amsterdam tanggal 2-4 Januari 2015.
    saya dan teman-teman saya merupakan pelajar yang tinggal di Belgia selama satu tahun.
    kalau boleh tau, Hostel yang ditengah kota, dgn range harga 15-25 euro satu malam, dan recommended apa ya?
    dan kira-kira untuk makan&transportasi membutuhkan biaya berapa per harinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Ikhsan... Untuk hostel dengan kisaran harga segitu coba cek 2 hostel ini, harga paling murah sekitar 18-22 EUR.
      http://goo.gl/42iiIC
      http://goo.gl/z94N9V
      Dua hostel ini dekat Red Light District. Mungkin masih ada bed kosong utk tanggal travelnya. Untuk hostel di pusat kota harga mulai 35 EUR. Bisa cek di sini: http://goo.gl/MAix70

      Untuk kisaran biaya hidup per harinya, silahkan cek link ini: Budget traveling ke Amsterdam

      Semoga membantu. Makasih sudah mampir :)

      Delete
  12. hai.. ak ad rencana tinggal di amsterdam. butuh info buat tempat tinggal nih yg ckup trjangkau tp nyaman. dan di daerah strategis. yaa klo bsa d bilang semi2 homestay gitu. bwat tinggal kurun wktu min 1,5 taun gtu. trims infonya

    ReplyDelete
  13. Hello mbk,
    Saya mau kerja di amstrdam ne kira kira ada gak ya yang membutuhkan pekerjaan yang gajinya banyak. Hihi
    Kira kira sebagai ap ya mbk..
    Tq info_a.. :)

    ReplyDelete
  14. Duh nggak sabar nunggu musim panas.. Artikelnya bikin tambah kangen aja. Ik mis je my future hubby :)

    ReplyDelete
  15. Luar biasa, wisata sejarah yang dipadukan dengan keindahan budaya menjadi daya tarik untuk berkunjung ke Belanda :D

    ReplyDelete
  16. Hi all.... Mau nanya donk..kalau Dari Amsterdam enak an ke Paris atau Lourdes dulu ya??by bus atau train ya?? Kondisinya Jalan dengan org Tua.. Saya rencananya bulan 12 ini mau Kesana....

    ReplyDelete
  17. Saya rencananya bulan 12 ini mau ke Amsterdam Lourdes Paris Madrid Dan barcelona.. Kira2 rutenya bagusnya gimana ya??by train atau bus ya.. Saya rencananya berpergian dengan org tua ..thanks before y

    ReplyDelete
  18. terima kasih artikel wisatanya sangat menarik sekali.!!

    ReplyDelete
  19. sy rencana ke NL tgl 1-30 Nov, kalo mau traveling ke negara tetangga, itu transportnya yg recomended yg mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ibu Mutmainnah... terima kasih atas kunjungannya. Untuk traveling antar negara Eropa, Ibu bisa pakai bus (ex. eurolines), kereta (ex. eurostars), atau penerbangan murah seperti Ryanair dan easyJet. Semoga membantu :)

      Delete
  20. Wah, ternyata di Belanda banyak terdapat obyek wisata yang menarik.

    ReplyDelete
  21. keren tempat wisata nya perlu dicoba nih kalo liburan di belanda.

    ReplyDelete