Buen Retiro Park: Taman Kota Paling Terkenal di Madrid, Spanyol

0
taman terkenal di madrid retiro park

Parque del Buen Retiro atau Buen Retiro Park adalah taman paling indah sekaligus taman paling terkenal di Madrid, Spanyol. Taman ini pertama kali dibangun pada abad 15an sebagai taman pribadi keluarga kerajaan Spanyol dan bagian dari istana Buen Retiro Palace. Sejak saat itu, Buen Retiro Park atau El Retiro sering mengalami perubahan dan renovasi, dan akhirnya berganti status menjadi taman umum sejak tahun 1868.

Dengan luas mencapai kurang lebih 130 hektar, Buen Retiro Park merupakan salah satu taman paling luas di Madrid. Taman asri inipun telah berkembang menjadi jantung hijau kota Madrid dan menjadi salah satu tempat wisata terkenal di kota ini. 

Pada akhir pekan, Retiro Park bisa sangat ramai oleh pengunjung saat warga lokal dan keluarga di Madrid jalan-jalan dan rekreasi menghabiskan weekend. Ada banyak sekali fitur dan spot-spot menarik yang bisa dinikmati di taman ini. Beberapa di antaranya adalah Paseo de la Argentina atau Paseo de las Estatuas (Statue Walk), Rosaleda Rose Garden, danau Estanque del Retiro (Retiro Pond), galeri seni Palacio de CristalPalacio de Velázquez, dan Casa de Vacas, serta beberapa bagian dari Buen Retiro Palace yang masih tersisa hingga kini yaitu Casón del Buen Retiro dan Salon de Reinos yang kini menjadi museum. Casón del Buen Retiro merupakan bagian dari Museo del Prado, yang berada dekat dengan taman Retiro Park. 

Selain tempat-tempat menarik, taman El Retiro di Madrid juga terkenal dengan berbagai event seperti konser musik gratis (akhir Mei-awal Oktober, setiap hari Minggu), pameran buku (sekali setiap tahunnya), dan pertunjukan puppet show di dekat Estanque del Retiro. Anda juga bisa melakukan aktivitas outdoor yang menarik seperti berperahu dayung di danau Estanque del Retiro dan naik kereta kuda keliling taman :).

Tak hanya itu, di taman Parque del Buen Retiro juga ada banyak street performer yang menampilkan berbagai aksi dan pertunjukan yang menarik, dan juga peramal yang siap meramal peruntungan Anda :). Anda juga bisa melihat pohon unik yang sangat terenal yang menjadi salah satu ikon dari Retiro Park ini. Pokoknya banyaklah yang bisa dilihat dan diakukan di taman ini. Jadi mampir ya! Salah satu pintu masuk ke taman El Retiro Park juga berada di depan pintu masuk Museo del Parado. Jadi bisa sekalian ke sini setelah dari Prado Museum.

Alamat: Parque del Buen Retiro, 28009 Madrid 
(pintu masuk utama ada di Alcalá street (dekat Alcala Gate) dan Alfonso XII street)
Jam buka Retiro Park: Setiap hari, sepanjang tahun 
Winter: Pkl 07.00 – 22.00 
Summer: Pkl 07.00 – 24.00
Biaya masuk: Gratis
Transportasi ke Retiro Park:
Stasiun metro terdekat: Retiro station (line 2), Ibiza (line 9), Atocha (line 1)

Artikel Terkait:
12 Tempat Wisata Paling Terkenal di Madrid, Spanyol
Central Park: Taman Paling Terkenal di New York, AS
Hyde Park: Taman Paling Populer di London, Inggris

0 comments:

Post a Comment