Panduan Wisata ke Taman Bunga Keukenhof di Belanda

2
Panduan wisata transportasi cara ke Keukenhof Belanda

Keukenhof adalah taman bunga yang terletak di kota Lisse, provinsi South Holland, Belanda., tepatnya di area yang disebut sebagai Bollenstreek (wilayah kebun bunga atau bulb growing region) antara kota Amsterdam dan The Hague (Den Haag). Dengan luas mencapai 32 hektar, Keukenhof merupakan taman bunga terluas di dunia dengan kurang lebih 7 juta bibit bunga ditanam di taman ini tiap tahunnya. 

Karena merupakan taman bunga di mana bunga adalah daya tarik utamanya, Keukenhof hanya dibuka pada musim semi saat bunga-bunga bermekaran. Keukenhof biasanya buka pada musim semi antara pertengahan bulan Maret sampai pertegahan Mei tiap tahun, dengan waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah pada pertengahan April yang merupakan waktu puncak di mana bunga tulip paling banyak bermekaran. 

Di Keukenhof Anda tak hanya bisa melihat bunga tulip aneka warna saja, tetapi juga berbagai jenis bunga lainnya seperti daffodil, hyacinth, narcissi, dan crocus yang ditanam membentuk gugusan-gugusan tertentu di taman yang indah atau dipajang di dalam paviliun.

Selain bunga-bunga di taman yang bermekaran, Keukenhof juga memiliki daya tarik lain yang juga menarik ribuan pengunjung tiap tahunnya seperti:
* Dutch Heritage Weekend: 25-28 Maret 2016
* Food & Flower Festival: 9-10 April 2016
* Keukenhof Flowermarket: 15-17 April 2016
*Parade Bunga (Flower Parade): 23 April 2016

Oh ya, meskipun merupakan taman bunga terluas, di Keukenhof sendiri Anda tidak bisa melihat hamparan bunga tulip yang berderet-deret luas seperti di wallpaper-wallpaper :p. Di Keukenhof memang banyak bunga tulip, tetapi kebanyakan terbagi dalam gugusan-gugusan kecil saja. 

Jadi kalau kurang puas di Keukenhof dan pengen melihat kebun bunga tulip ‘sungguhan’ yang terhampar luas sejauh mata memandang, datanglah ke kebun tulip milik petani di wilayah Bollenstreek (bulb region), yang beberapa di antaranya berada di kota Lisse di sekitar taman bunga Keukenhof. Anda mungkin bahkan sudah melihatnya ketika dalam perjalanan ke Keukenhof. Setelah dari Keukenhof, Anda bisa menyewa sepeda di luar pintu masuk Keukenhof seharga sekitar €10 (termasuk peta) untuk jalan-jalan menelusuri deretan kebun bunga tulip aneka warna >.<

So, gimana nih? Mau ke Keukenhof atau ke kebun bunga tulip saja? Atau, dua-duanya? :D


Alamat Keukenhof: Stationsweg 166a,2161 AM Lisse, Belanda

Jam buka: 24 Maret - 16 Mei (2016), Pkl 08.00 - 19.30 

Tiket masuk Keukenhof:
Dewasa: € 16,00 
Anak-anak (4-11 tahun): € 8,00 
Anak-anak (0-3 tahun): gratis
Grup (20-200 orang): @€13,50 

Combi Ticket (Tiket masuk Keukenhof + tiket bus Arriva Keukenhof Express)
Keuntungan: 
- Harga sudah termasuk transportasi (tiket bus ke Keukenhof).
- Tidak perlu antri masuk/membeli tiket masuk. Bus Arriva Keukenhof Express akan mengantarkan Anda sampai ke pintu masuk utama Keukenhof dan Anda bisa langsung masuk ke sana.
Harga Combi Ticket:
Dewasa (naik dari Amsterdam): €29.00
Dewasa (naik dari Schiphol / Leiden / Haarlem): €24.00
Anak-anak (4 - 11 years) (naik dari Schiphol / Leiden / Haarlem / Amsterdam): €12.50

Transportasi: Naik apa ke Keukenhof?
1. Bus Arriva Keukenhof Express. Berangkat 4-12 kali per JAM. Lama perjalanan 1,5 jam.
- Dari pusat kota Amsterdam: Naik bus Connexxion jalur 197 (pakai combi ticket) dari Rijksmuseum, Museumplein, atau Leidseplein. Setelah sampai Schipol, ganti bus Keukenhof Express jalur 858 dari Schiphol Plaza.
- Dari Schipol Plaza: naik bus Keukenhof Express jalur 858 ke keukenhof. Bus berangkat dari pintu keluar Arrival Hall (di samping Starbucks).
- Dari Leiden Central Station: Naik bus Keukenhof Express jalur 854 ke keukenhof. Bus berangkat dari staisun bus di NS-station.

2. Bus jalur/line 50 dari Haarlem station.

2 comments: Leave Your Comments

  1. boleh nih kalau besuk jalan2 di Belanda :)

    ReplyDelete
  2. Kalau ke Belanda di awal Juli , bunga tulip nya masih ada nggak ya?

    ReplyDelete