11 Desa Indah Bak Negeri Dongeng di Perancis

3
Tempat wisata terkenal di Perancis

Jalan-jalan ke 11 desa indah di Perancis ini, Anda mungkin tak akan percaya kalau sedang berada di abad 21 atau dunia nyata. Betapa tidak, desa-desa ini memiliki pemandangan yang antik dan indah bak di cerita-cerita dongeng dan film fantasi, hampir terlihat unreal dan to good to be true saking indahnya. Tapi percayalah, Anda sedang tidak bermimpi atau tiba-tiba masuk ke dunia film. Semua ini memang nyata dan ada, dan bukan merupakan taman hiburan, desa wisata buatan, atau negeri fantasi seperti halnya Disneyland. 

Nah, Anda ingin membuktikan sendiri bahwa desa-desa cantik ini memang ada? Ini dia...11 desa paling indah di Perancis yang wajib Anda kunjungi!

Berkunjung ke 11 desa indah di Perancis ini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan rumah-rumah, toko, restauran, serta penginapan berbingkai kayu yang cantik, colourful, dan artistik di setiap detailnya. Bangunan-bangunan ini memiliki gaya arsitektur tradisional yang khas, dengan atap berbentuk segitiga, bertingkat-tingkat, memiliki banyak daun jendela, serta palang kayu yang terlihat silang menyilang.

Ya inilah half-timbered townhouses (maison a colombages), salah satu gaya rumah tradisional khas Eropa, yang katanya seperti rumah-rumah di cerita dongeng. Selain gaya arsitektur bangunannya yang unik dan cantik, kebanyakan rumah-rumah ini juga dihiasi dengan bunga-bunga colourful yang membuatnya semakin menawan dan romantis. Sebagian besar desa ini juga tergabung dalam Les Plus Beaux Villages de France, yaitu asosiasi desa paling indah di Perancis.

Kalau Anda ke 11 desa paling indah di Perancis ini, siapkan memori kamera yang banyak karena kemungkinan besar Anda tidak akan berhenti jeprat-jepret sepanjang jalan :D. Betapa tidak, hampir setiap jengkal tempat-tempat ini sangat fotogenik dan artistik, yang pastinya sayang jika tak diabadikan. Bisa dibilang, photographer’s-dream-come-true lah. Mulai dari deretan rumah-rumahnya, warna catnya yang warna-warni, bunga-bunga yang menggantung di dinding dan tepi kanal, lampu dinding klasik, hingga jalan batu sempit yang memberi atmosfer khas desa kecil.... Ah rasanya tak cukup kata-kata untuk mendeskripsikan tempat ini.

Belum lagi, beberapa desa ini juga dialiri oleh kanal-kanal kecil yang membelah desa di antara deretan rumah-rumahnya yang rapat. Anda bisa menelusuri kanal-kanal ini dengan naik perahu atau bus air yang ada. Tinggal duduk manis, dan bangunan-bangunan desa yang cantik silih berganti menyapa Anda. Pokoknya, Anda harus menyambangi desa-desa menawan nan romatis ini setidaknya sekali seumur hidup. Nggak-boleh-nggak. *Ee maksa* :p. Desa-desa ini juga sudah sangat populer lho di kalangan wisatawan internasional.

Dan soal rumah seperti di cerita dongeng tadi, saya baru sadar kalau tak hanya cerita dongeng klasik saja yang menggunakan tipe rumah seperti ini. Karena di film-film, terutama film kartun, animasi, dan fantasi, banyak juga yang menggunakan gaya rumah seperti ini sebagai inspirasi rumah pemukiman. 

Tak percaya? Tanya saja para penggemar games atau tayangan Angry Birds Toons yang tayang hampir setiap hari di televisi. Desa para pig (apa ya sebutan mereka?) juga memiliki rumah-rumah seperti desa ini. Meskipun sedikit dimodifikasi, biar lebih dreamy... :). Selain Angry Birds, di film Hotel Transylvania, rumah-rumah setengah kayu ini juga dipakai untuk menggambarkan rumah pedesaan. Dan sepertinya masih banyak juga film-film lainnya yang menjadikan rumah-rumah dan pemandangan di desa-desa ini sebagai model. Rumah model ini juga banyak diduplikasi di banyak desa buatan dan taman hiburan seperti di Disney Land.

Nah kurang yakin apa lagi coba. Penasaran kan dengan keindahan 11 desa ini? Desa-desa indah ini ada di provinsi Alsace, di Perancis bagian timur, dan berada dekat border (perbatasan) dengan negara Jerman. Karena itu, selain Perancis, desa-desa dengan tipe rumah seperti ini juga ada di Jerman dan merupakan perpaduan antara kebudayaan Perancis dan Jerman.

Dan meskipun cukup banyak (11 bo’! and still counting karena masih ada desa indah di Perancis versi lainnya :D), setidaknya mengunjungi desa-desa indah ini tak akan terlalu melelahkan karena terletak dalam satu wilayah ;). Nah sudah tak sabar ingin tahu mana saja 11 desa paling indah di Alsace Perancis ini? Yuk mari kita intip satu per satu. 

1. Strasbourg
Tempat wisata terkenal di Perancis Strasbourg alsace perancis

Dari 11 desa indah di Perancis ini, mungkin Strasbourg lah yang paling cantik dan paling populer di kalangan wisatawan. Kota ini merupakan ibukota provinsi Alsace di Perancis timur dan terletak sekitar 20 km sebelah timur pegunungan Vosges. Strasbourg terkenal dengan pusat kotanya yang bersejarah dan juga memiliki suasana desa/kota kecil yang cantik. 

Di pusat kotanya inilah terdapat semua yang terbayang oleh orang saat menyebut kota Strasbourg, yaitu rumah-rumah berbingkai kayunya yang khas dan colourful, kanal-kanal air cantik, dan juga sebuah gereja gotik yang menjadi landmark kota. Di sini juga Anda bisa menemui sebuah kawasan yang disebut Petite France. Strasbourg juga terkenal dengan Christmas Marketnya yang meriah setiap bulan Desember yang menjadi salah satu magnet wisata kota ini. Baca selangkapnya di Jalan-jalan ke Kota Lama Strasbourg, Perancis.

2. Colmar
Tempat wisata terkenal di Perancis Colmar beautiful village alsace france

Colmar adalah kota di provinsi Alsace yang terletak sekitar 64 km sebelah selatan Strasbourg. Sama dengan Strasbourg, Colmar juga memiliki pemandangan cantik serupa yaitu rumah kayu warna-warni dengan bunga-bunga indah, kanal-kanal cantik, dan jalan batu sempit. Pemandangan khas Colmar ini bisa Anda lihat di kota lamanya yang merupakan pusat daya tarik wisata di Colmar. Colmar juga menjadi salah satu desa cantik yang dilewati jalur Alsatian Vineyard Route dan tempat Chritmas Market paling cantik di Alsace.

Nah jika Strasbourg punya Petite France, maka Colmar punya Petite Venise (Little Venice) di mana kanal-kanal kecil dari sungai Lauch mengalir di antara bangunan warna-warni dan bunga-bunga colourful. Di Colmar Anda juga bisa menjumpai banyak toko menarik dan kedai indah di tepi kanal. Karena keunikan dan keindahan kota lama Colmar yang seperti di cerita dongeng, pemandangan kota ini pun (dan juga Riquewihr) menjadi model desain dalam film animasi Jepang, Howl's Moving Castle. Baca selengkapnya.

3. Riquewihr 
Tempat wisata terkenal di Perancis Riquewihr alsace perancis

Riquewihr adalah sebuah kota kecil di Alsace, Perancis, sekitar 11 km dari Colmar. Kota ini juga hanya beberapa menit saja dari desa indah di Alsace lain seperti Ribeauvillé, Eguisheim, dan Kaysersberg. Seperti Eguisheim, Riquewihr juga merupakan anggota asosiasi Desa Paling Indah di Perancis (Les Plus Beaux Villages de France). Riquewihr terkenal dengan bangunan-bangunan tuanya yang cantik dan bersejarah, serta menara-menara batu yang tidak banyak berubah sejak abad 16. 

Berkunjung ke Riquewihr, Anda akan merasa seperti di kota pada masa abad pertengahan. Apalagi kota ini juga dikelilingi oleh tembok kota dengan serangkaian gerbang yang melalui bagian bawah menara pengawas. Riquewihr juga menjadi jalur Alsatian Vineyard Route sehingga hiking menelusuri kebun anggur dan melihat gudang-gudang penyimpanan wine bawah tanah bisa menjadi pelengkap jalan-jalan Anda di Riquewihr. Baca selengkapnya...

4. Kaysersberg, Alsace
Tempat wisata terkenal di Perancis Kaysersberg desa indah di perancis

Kaysersberg adalah sebuah kota kecil di Alsace, Perancis, yang terletak di sebelah barat laut Colmar, di lereng pegunungan Vosges sebelah timur. Seperti Eguisheim, Kaysersberg juga berada di tengah-tengah kebun anggur yang luas dan merupakan salah satu area perkebunan anggur terbaik di Alsace.

Kotanya sendiri terdiri dari bangunan-bangunan half-timbered houses warna-warni, yang berderet berhimpitan membentuk jalan desa yang sempit. Kota ini memiliki atmosfer kota abad pertengahan, dengan rumah kayu dan kebun anggur yang indah yang menjadi ciri khas desa di Alsace. Selain setiap bangunan dan sudut kota yang cantik, ada juga beberapa bangunan khusus yang bisa Anda lihat seperti kastil, balai kota (town hall), gereja tua abad pertengahan, museum, dan juga sumur batu tua. Jalan-jalan mengelilingi kebun anggurnya yang indah juga tak boleh Anda lewatkan tentunya. Baca selengkapnya.


5. Ribeauville 
Tempat wisata terkenal di Perancis Ribauville Desa indah di perancis

Ribeauvillé adalah sebuah kota kecil di Alsace, Perancis, sekitar 16 km utara Colmar dan 75 km selatan Strasbourg. Kota ini berada di kaki pegunungan Vosges sehingga memiliki pemandangan alam yang indah selain pemandangan kota yang cantik. Ribauville juga terletak di tengah-tengah perkebunan anggur Alsace dan berada di Alsatian Vineyard Route.

Selain rumah-rumah kayunya yang antik serta perkebunan anggurnya yang asri, Ribeauville juga terkenal dengan 3 reruntuhan kastil kunonya. Kastil-kastil ini menciptakan pemandangan dramatis di Ribauville karena terletak di atas bukit yang seolah menyaksikan pemukiman kota di bawahnya dengan perkebunan anggur yang hijau nan luas di sekelilingnya. Selain itu, Ribauville juga memiliki daya tarik kultural lain untuk memikat hati para wisatawan yaitu Christmas Market dan beberapa festival lain. Baca selengkapnya...


6. Eguisheim
Tempat wisata terkenal di Perancis Eguisheim desa indah di perancis

Eguishem adalah sebuah desa di provinsi Alsace, Perancis, sekitar 5 km dari Colmar. Pusat desa ini memiliki nuansa desa kecil yang indah dengan jalan-jalan batu sempit yang berkelok-kelok di antara rumah kayu aneka warna. Hampir di sepanjang jalannya dihiasi oleh aneka bunga warna-warni yang semakin mempercantik pemandangan di desa ini. 

Pusat desa Eguisheim juga dikelilingi oleh hamparan perkebunan anggur yang luas dan berada dalam rute Alsatian Vineyard Route yang merupakan rute area perkebunan anggur di Alsace yang juga menjadi tujuan wisata populer. Tak heran jika Eguisheim dipilih sebagai desa paling favorit di Perancis pada tahun 2013 dan juga dinobatkan sebagai desa paling cantik di Perancis sejak tahun 2003. Eguisheim juga merupakan anggota asosiasi Desa Paling Indah di Perancis (Les Plus Beaux Villages de France). Baca selengkapnya.

7. Mittelbergheim
Tempat wisata terkenal di Perancis mittelbergheim beautiful village in france

Mittelbergheim adalah sebuah desa kecil di Alsace, Perancis, sekitar 38 km jauhnya dari Riquewihr. Desa ini juga tergabung dalam asosiasi Les Plus Beaux Villages de France dan merupakan salah satu desa penghasil wine terbaik di Alsace, Perancis. Terletak di kaki gunung Saint Odile, Mittelbergheim memiliki suasana pedesaan kecil yang tenteram, cocok bagi Anda yang ingin benar-benar merasakan berlibur di desa.

Mittelbergheim juga tidak terlalu ramai oleh wisatawan seperti desa-desa lain di atas sehingga tidak terlalu touristy dan bisa dibilang off the path dari jalur mainstream turis pada umumnya. Meskipun begitu, Anda bisa menemui beberapa toko, restauran, dan juga hotel di sini. Selain pemandangan rumah-rumah desa yang cantik, Mittelbeergheim juga dikelilingi oleh perkebunan anggur yang indah.

8. Itterswiller
Tempat wisata terkenal di Perancis Itterswiller desa indah perancis

Itterswiller adalah sebuah desa di Alsace, Perancis, tepatnya di ujung sebelah timur pegunungan Vosges. Desa ini cukup populer di kalangan wisatawan dan memiliki banyak penginapan, hotel, restauran, dan juga toko dengan bangunan half-timbered house yang cantik.

Kebun anggur juga menjadi salah satu kebanggan dari Itterswiller. Jika Anda berkunjung antara akhir September dan awal Oktober, kemungkinan Ada juga bisa menyaksikan festival gereja yang diadakan di desa ini.

9. Bergheim
Tempat wisata terkenal di Perancis Bergheim beautiful alsatian village france

Bergheim adalah sebuah kota kecil di Alsace, Perancis. Kota ini sepenuhnya dikelilingi oleh tembok kota dan memiliki menara-menara tua yang antik. Bergheim merupakan salah satu desa tujuan wisata di Alsace dan menggantungkan sektor pariwisatanya pada pemandangan kota yang indah, dengan bangunan-bangunan half-timbered house yang cantik dan perkebunan anggur yang luas.

10. Niedermorschwihr
Tempat wisata terkenal di Perancis Niedermorschwihr beautiful village in france

Niedermorschwihr adalah sebuah desa di Alsace, Perancis, sekitar 5 km dari Colmar. Desa ini terdiri dari bangunan-bangunan half-timbered houses tua yang antik, yang berada di tengah-tengah perkebunan anggur yang membentang luas hingga 96 hektar. Jika Anda berkunjung ke desa ini, pastikan menelusuri setiap jalannya untuk merasakan nuansa pedesaannya yang kental serta naik ke atas bukit untuk mendapat pemandangan yang indah ke arah desa yang dikelilingi hamparan pohon anggur.

11. Ungersheim


Tempat wisata terkenal di Perancis Ungersheim alsace perancis

Ungersheim adalah sebuah kota kecil di Alsace, Perancis. Desa ini terkenal dengan open-air museumnya yaitu Écomusée d'Alsace yang memamerkan 70 rumah tradisional khas Alsace, dan juga sejumlah tempat pembuatan barang kerajinan tradisional dengan para pengrajin yang sedang bekerja. Di museum terbuka ini juga terdapat museum unik yang memamerkan komedi putar zaman dulu yang masih berfungsi hingga sekarang.

Demikian 11 desa paling indah di Perancis. Yang ini sengaja saya kumpulkan yang khusus desa dengan rumah-rumah setengah kayu (half-timbered houses). Versi desa cantik di Perancis lainnya akan segera menyusul. Jadi stay tuned terus di blog dan facebook Explorer Guidebook, dan temukan tempat-tempat indah yang menjadi impian Anda di sini :)


©explorerguidebook.blogspot.com


Artikel Terkait:
12 Pulau Paling Indah dan 'Ajaib' di Yunani
7 Desa Seindah Lukisan di Belanda
Sidi Bou Said: Kota Kecil Cantik di Tunisia

3 comments: Leave Your Comments

  1. Dari sekian banyak Artikel yang selalu ane datangi, baru kali ini kita
    melihat informasi yang sangat menarik. susunan kata yang digunakan pun gampang untuk
    dipahami untuk oranglain, meski yang masih awam ataupun yang sudah pinter.
    Sesudah membaca Post ini, kita bisa mengambil arti sendiri dan info ini sudah membuka imajinasi saya bahwa apa yang seharusnya
    aku kerjakan dimasa mendatang. Doa saya Semoga para pengunjung lain juga mendapatkan informasi ini
    supaya mereka juga memiliki ide seperti yang saya alami.
    Minta ijin untuk membagikan ya.., dan kalau ada waktu silahkan singgah juga di informasi kami di http://youtu.be/5JS3DIe0mJs

    Feel free to visit my webpage Film Anak Anak

    ReplyDelete
  2. Halo. Saya senang sekali membaca artikel ini. Dari dulu saya ingin mengunjungi desa2 cantik dgn rumah kayu. Adakah travel yg membuat paket tur ke desa2 ini ? Mohon info nya. Terimakasih =)

    ReplyDelete
  3. Bgmn cara yg paling efisien buat kunjungi desa2 itu? Terimakasih banyak

    ReplyDelete