Explorer Guidebook

Cari di blog ini

Nongkrong di Jembatan Galata Istanbul, Turki

1
New Mosque Galata Bridge balik ekmek boat

Letaknya yang strategis dalam hal budaya dan geografi membuat Jembatan Galata menjadi salah satu jembatan sekaligus tempat wisata terkenal di Turki. Selain menawarkan pemandangan laut yang indah, Jembatan Galata juga menawarkan suasana yang hidup dan pengalaman khas kota Istanbul, Turki. Tak heran jika jembatan ini juga menjadi pilihan tempat nongkrong favorit bagi warga lokal dan wisatawan.

Galata Köprüsü atau Galata Bridge adalah satu dari beberapa jembatan yang melintasi teluk Golden Horn (Haliç), di Istanbul, Turki. Jembatan ini menghubungkan bagian kota ‘lama’ dan ‘baru’ dari kota Istanbul bagian Eropa, yaitu menghubungkan distrik Eminönü dan Sirkeci di kota tua Istanbul (berpusat di Sultanahmet) dengan distrik Karaköy (Galata) dan Beyoğlu di bagian Istanbul modern.

Jembatan Galata Bridge Istanbul
Jembatan Galata dan tepi dermaganya ramai oleh pengunjung
Jembatan Galata yang sekarang bisa kita lihat merupakan versi ke-5 dari jembatan-jembatan Galata yang pernah dibuat sebelumnya dan selesai dibangun pada akhir tahun 1994. Jembatan ini memiliki panjang 490 m dan lebar 42 m. Selain lajur kendaraan bermotor, Galata Bridge juga memiliki 1 jalur kereta trem di bagian tengah dan 2 jalur khusus pejalan kaki. Desain jembatan ini juga unik, yaitu terdri dari 2 tingkat di kedua ujungnya, dengan lantai bawah ditempati oleh restauran-restauran dan juga cafe. Sementara bagian tengahnya, hanya memiliki 1 tingkat sehingga kapal-kapal tetap bisa lewat melalui bagian bawah jembatan.

Jembatan galata bridge
Desain jembatan Galata yang unik
Terletak di teluk kecil di perairan selat Bosphorus, Jembatan Galata merupakan penghubung antara bagian kota tua Istanbul (di mana berdiri bangunan-bangunan dan istana kesultanan) dengan distrik Galata, Beyoğlu, Şişli, dan Harbiye di mana sebagian penduduknya adalah non muslim dan merupakan tempat para diplomat dan saudagar asing tinggal dan bekerja. Karena itu, jembatan Galata juga merupakan penghubung simbolik antara 2 peradaban dan kebudayaan yang berbeda. Jembatan Galata juga dikenal sebagai jalan menuju kota tua Konstantinopel, di mana terletak bangunan-bangunan bersejarah yang menjadi sisa-sisa kejayaan masa lampau era Konstantinopel.

Jembatan Galata Bridge Istanbul
Pemacing di Jembatan Galata. Atas bawah ramai.
Mengingat letaknya yang strategis dalam hal budaya dan geografi, Jembatan Galata merupakan salah satu jembatan sekaligus tempat wisata terkenal di Turki. Tempat ini juga menjadi tempat berkumpul atau nongkrong warga lokal Istanbul dan juga turis. Selain menawarkan pemandangan laut yang indah, Jembatan Galata juga menawarkan suasana yang hidup dan pengalaman khas Istanbul, Turki.

Selain ramai oleh para nelayan yang memancing di tepi jembatan atas, di lantai bawah Jembatan Galata juga dipenuhi oleh restauran-restauran dan cafe yang menawarkan atmosfer khas dan pemandangan indah tengah laut. Selain menjual balik ekmek (sandwich ikan) yang sudah sangat populer, restauran-restauran di bawah Galata Bridge juga menyajikan aneka hidangan seafood jika Anda mau mencoba. Tetapi pastikan dulu harganya sebelum pesan biar tidak dikenakan tarif terlalu tinggi :).

Jembatan Galata Bridge restauran
Deretan restauran dan cefe di bawah Jembatan Galata, Istanbul
Jembatan Galata Bridge restauran
Salah satu restauran di bawah Jembatan Galata.
(Lihat donk pemandangan di balik kacanya? :) )

Selain di bawah Jembatan Galata, balik ekmek juga banyak dijual oleh kapal-kapal terapung unik, yang tertambat di tepi dermaga di ujung jembatan sisi Eminonu. Menikmati balik ekmek di sini juga sangat populer, baik di kalangan turis maupun warga lokal. Bahkan lebih sering menjadi pilihan karena dinilai lebih 'aman' dalam hal harga, khususnya bagi wisatawan asing. Karena itu, tenda-tenda penjual balik ekmek di tepi dermaga ini hampir selalu ramai oleh pembeli.

Jembatan Galata Bridge Istanbul
Menikmati balik ekmek yang dijual di perahu terapung
Selain nikmat, harganya juga murah dan menawarkan pemandangan tepi laut yang indah. Anda bisa melihat puncak Galata Tower (Menara Galata) dari sini. Selain itu, perahu-perahu colourful yang terapung juga menyajikan pemandangan menarik tersendiri.

Jembatan Galata Bridge Istanbul
Kedai-kedai di tepi dermaga
(Tampak Menara Tower menyembul di seberang selat)

Selain balik ekmek, di tepi dermaga dekat Jembatan Galata juga banyak penjual jajanan khas Turki lainnya seperti Simit dan Misir, dan juga pedagang kaki lima yang menggelar berbagai macam dagangan. Tepi dermaga ini merupakan tempat favorit untuk jalan-jalan dan duduk bersantai menikmati keindahan pemandangan sekitar.

Jembatan Galata Bridge Istanbul
Penduduk lokal bersantai di tepi dermaga di ujung Jembatan Galata
(Tampak penjual simit dengan gerobak merahnya)

Masih di ujung Jembatan Galata di sisi Eminonu, juga terdapat masjid indah khas Istanbul yaitu Yeni Cami atau Masjid Baru (New Mosque). Terletak di pinggir laut, tangga dan dermaga depan masjid ini juga selalu ramai, dan menjadi tempat favorit untuk menelenggamkan diri dalam keindahan dan atmosfer khas kota Istanbul, Turki...

Jembatan gata bridge istanbul
Masjid Yeni Cami di ujung Jembatan Galata
Galata bridge balik ekmek boat
Perahu-perahu terapung penjual balik ekmek dekat Jembatan Galata
(dengan latar belakang Masjid Baru (Yeni Cami)


1 comment: Leave Your Comments

  1. Itu ngambil gambar sendiri ya? Bagus juga, jadi pingin ke sana.
    kunbal ya http://thedagristan.blogspot.com

    ReplyDelete