Explorer Guidebook

Wisata ke Stadion Santiago Bernabeu, Madrid

0
Wisata ke Stadion Santiago Bernabeu Real Madrid

Bagi pecinta sepak bola apalagi penggemar FC Real Madrid, wisata ke Madrid tak akan lengkap tanpa menyambangi stadion yang satu ini. Ya inilah dia stadion Real Madrid, Santiago Bernabeu Stadium.

Ya, Estadio Santiago Bernabéu atau Santiago Bernabéu Stadium adalah stadion yang menjadi markas bagi klub sepakbola Real Madid di Spanyol. Stadion ini terletak di Paseo de la Castellana di kawasan Salamanca, Madrid.

Stadion Santiago Bernabeu mulai dibangun pada tahun 1944 dan pertama kali dibuka pada tahun 1947. Namanya berasal dari Santiago Bernabéu Yeste, yang pernah menjabat sebagai presiden Real Madrid selama 35 tahun (1943-1978). Santiago Bernabéu Stadium merupakan stadion terbesar kedua di Spanyol setelah stadion Camp Nou di Barcelona, dan saat ini mampu menampung hingga 81.044 penonton. Lapangannya sendiri berukuran 105 m × 68 m. 

Selain mengunjungi Santiago Bernabeu Stadium untuk menonton pertandingan sepak bola yang sedang berlangsung, pengunjung dan wisatawan di Madrid juga bisa masuk ke stadion ini untuk melihat-lihat. Ya, dengan membeli tiket masuk seharga 19€, kita bisa mendapat ijin masuk eksklusif ke stadion Real Madrid ini layaknya seorang insider atau orang dalam. Gimana nggak keren coba? :D. 

Jika bagian luar Stadion Santiago Bernabeu didominasi oleh warna putih dan krem, maka bagian dalamnya didominasi oleh warna biru. Di dalam sini kita bisa tour keliling stadion dan melihat lapangan dan ruangan-ruanganya termasuk Press Room, Presidential Box, dan tempat memajang piala (catet jumlahnya!), dan juga ruang loker dan tempat ganti baju para pemain Real Madrid (duuh kapan lagi coba bisa nyelonong ke tempat ganti Christiano Ronaldo! LOL). Di dalam stadion ini juga terdapat sebuah museum yang menggambarkan sejarah Real Madrid. Selain untuk pertandingan dan tour, stadion Bernabeu juga bisa disewa untuk berbagai macam event. 

Selain itu masih ada lagi. Di stadion Santiago Bernabeu juga terdapat 4 restauran mewah di setiap sudut stadion yang menawarkan pemandangan spektakuler ke arah lapangan! Selain restauran, di dalam stadion ini juga ada 1 toko suvenir (meliputi 3 lantai) di mana kita bisa membeli suvenir khas Real Madrid untuk oleh-oleh dan juga produk-produk dari Adidas. Selain toko ini, Real Madrid juga memiliki 2 toko online dan 2 toko lain yang masing-masing terletak di jalan Gran Via dan Calle de El Carmen. Keren ya. So, Anda berminat mengunjungi stadion Real Madrid ini?

Alamat Santiago Bernabéu Stadium: Avenida de Concha Espina 1, 28036 Madrid
Dewasa (14 tahun+): 19 €
Anak-anak (5-14 tahun): 13 €
Harga tiket pertandingan: bervariasi antara 30-120 €
Tiket tour maupun pertandingan bisa dibeli langsung di box office stadion, beli online di Santiago Bernabéu Stadium Official Website (www.realmadrid.com) atau dengan mudah booking online di sini.

Jam buka stadion Real Madrid untuk tour: Setiap hari, sepanjang tahun
Hari biasa:
Senin-Jumat: Pkl 10.00-19.00
Minggu dan hari libur: Pkl 10.30-18.30
Hari pertandingan: dari jam buka sampai 5 jam sebelum pertandingan dimulai
* 25 Desember dan 1 Januari tutup

Transportasi:
Subway/Metro. Stasiun terdekat: Santiago Bernabéu (line 10)
Bus (EMT): Naik jalur 14, 27, 40, 43, 120, 126, 147, atau 150
Kereta. Stasiun terdekat: Nuevos Ministerios

0 comments:

Post a Comment