Explorer Guidebook

Panduan Wisata ke Disneyland Paris

1
cara ke Disneyland Paris

Mengunjungi Disneyland, entah di manapun tempatnya, mungkin menjadi impian bagi hampir setiap anak anak. Nah jika Anda juga demikian namun belum sempat mewujudkan impian masa kecil anda waktu kanak-kanak, anda dapat mewujudkannya sekarang.

Because you know what, tak pernah ada kata terlambat untuk mewujudkan impian masa kecil anda, APAPUN ITU. Karena meskipun sekarang Anda sudah dewasa, ‘Anda kecil’ masih ada di dalam sana. Mungkin sedang menunggu Anda untuk membantunya mewujudkan mimpi-mimpi ‘kecil’-nya yang belum terwujud, yang terlalu besar untuk tangan dan kaki mungilnya :). Lagipula film Disney dan Disneyland juga tidak semata-mata ditujukan untuk anak-anak. Pernah dengar kata-kata Walt Disney yang ini:

I do not make films primarily for children. I make them for the child in all of us." - Walt Disney

Tuh kan? :). Nah, kalau Anda sudah siap mewujudkan mimpi kanak-kanak Anda yang tertunda, atau membahagiakan ‘Anda kecil’ dalam diri Anda atau ingin mengulang kebahagiaan masa kecil Anda di Disneyland, Anda bisa langsung terbang ke Perancis. Karena di Perancis juga ada lho Disneyland, yaitu Disneyland Paris. Jadi Anda tak perlu harus ke negeri asal Walt Disney, yaitu negeri Paman Sam, demi melihat keajaiban-keajaiban dari dunia ciptaan Disney :) 

Ya, Disneyland Paris adalah salah satu dari sejumlah Disney Resort yang ada di beberapa tempat di dunia. Meskipun bernama Disneyland Paris, kompleks taman hiburan ini tidak persis ada di kota Paris lho. Melainkan berada di kota Marne-la-Vallée yang terletak di pinggiran kota Paris, sekitar 32 km dari pusat kota Paris, Perancis. Selain Disneyland di Paris, Anda juga bisa mengunjungi Disneyland di tempat lain yaitu Disneyland di California, AS; Walt Disney World di Florida, AS; Tokyo Disney Resort di Tokyo, Jepang, dan Hong Kong Disneyland di Hong Kong.

Disneyland Paris
Disneyland Paris mulai dibangun pada tahun 1988 dan pertama kali dibuka pada tahun 1992. Disneyland Paris sendiri dioperasikan oleh Euro Disney Company, karena itu sebelumnya taman hiburan ini juga diberi nama Euro Disney Resort. Euro Disney Company merupakan perusahaan bagian dari The Walt Disney Company, namun sahamnya sudah go public dan The Walt Disney Company hanya memiliki sejumlah kecil saham.

Dengan total kunjungan mencapai lebih dari 5 juta orang pada tahun 2009, Disneyland Paris menjadi taman hiburan yang paling banyak dikunjungi, baik di Perancis maupun di Eropa. Disneyland juga menjadi salah satu tempat wisata di Perancis yang paling terkenal. Kompleks taman hiburan ini meliputi area seluas 19 km2 dan terdiri dari 2 Taman Hiburan (theme park), Disney Village, 7 hotel dan resort, 6 hotel partner, 1 kompleks lapangan golf (Golf Disneyland), jalur kereta api dan stasiunnya (stasiun Marne-la-Vallée-Chessy), dan Val d’Europe, yaitu sebuah kota baru yang dibangun atas kerjasama pemerintah Perancis dan Walt Disney Company.

Theme Park
Theme park atau taman hiburan di Disneyland Paris menempati area seluas 1.942 hektar dan terbagi menjadi dua bagian yaitu Disneyland Park dan Walt Disney Studio Park. Kedua taman hiburan ini dikunjungi oleh sekitar 12 juta pengunjung setiap tahunnya, yang menjadikannya sebagai tempat yang paling banyak dikunjungi di Eropa, mengalahkan Menara Eiffel di Paris dan Istana Buckingham di London.

1. Disneyland Park
Disneyland Park pertama dibuka pada tahun 1992 dan menempati area seluas 57 hektar dari Disneyland Paris. Taman hiburan ini didedikasikan untuk kisah-kisah dongeng dan karakter-karakter Disney, dan di sinilah Anda bisa menemukan kastil ikon Disneyland Paris yaitu Le Château de la Belle au Bois Dormant yang merupakan replika dari kastil yang ada dalam kisah Sleeping Beauty atau Putri Tidur.

Kastil Sleeping Beauty merupakan pintu masuk utama ke Fantasyland, yaitu 1 dari 5 ‘land’ yang menyusun Disneyland Park. Fantasyland mengambil tema kisah fantasi dan desa bak di kisah dongeng. Di dalamnya anda bisa menikmati berbagai wahana bertema kisah populer seperti Sleeping Beauty, Alice in Wonderland, Peter Pan, Putri Salju, Pinokio dan Mickey Mouse. Selain itu anda juga bisa melihat berbagai bangunan cantik yang terinspirasi oleh gaya arsitektur dari desa-desa indah di Eropa.

Selain Fantasyland, masih ada 4 land yang bisa anda jelajahi dan rasakan wahana serunya. Yaitu:
Main Street USA yang menggambarkan replika kota kecil di Amerika pada abad 20-an; 
- Frontierland yang bertemakan kota pertambangan tua di Amerika pada abad 19-an; 
- Adventureland yang mereplika tempat-tempat eksotis di pulau Karibia, Timur Tengah, Afrika dan Asia; dan 
- Discoveryland yang bertemakan visi dari tokoh-tokoh intelektual Eropa seperti Leonardo da Vinci dan Jules Verne. 

2. Walt Disney Studio Park
Walt Disney Studio Park pertama dibuka pada tahun 2002 dan memiliki area seluas 270.000 m2. Taman hiburan yang kedua ini didedikasikan untuk dunia hiburan dan pertunjukan, dan di dalamnya terdapat berbagai wahana yang bertemakan film, studio dan proses produksinya termasuk behind the scene. Di sinilah anda bisa meet and greet (plus foto bareng atau minta tanda tangan) dengan banyak karakter Disney dan juga bertemu para tokoh Disney saat ada pawai atau parade.

Sama seperti Disneyland Park, Walt Disney Studio Park juga dibagi dalam beberapa bagian atau bidang yang disebut ‘studio lot’. Ada 4 lot di area theme park ini yaitu Front Lot, Toon Studio, Production Courtyard, dan Backlot

Front Lot merupakan area masuk ke theme park ini dan di sinilah sebagian besar toko suvenir dan merchandise di area theme park ini berada, termasuk Walt Disney Studio Store, studio foto, dan restauran. Sedangkan Toon Studio merupakan tempatnya wahana dan pertunjukan bertemakan tokoh-tokoh animasi dari Disney dan Pixar seperti dari film Aladdin, Finding Nemo, Cars, Toy Story, dan Ratatouille. Di Toon Studio juga ada pameran interaktif di mana pengunjung bisa melihat proses pembuatan animasi dan berpartipasi di Animation Academy. 

Lot yang ke-3 adalah Production Courtyard yang bertemakan proses produksi film-film Hollywood. Atraksi paling top dari lot ini adalah CinéMagique di mana pengunjung bisa menyaksikan berbagai adegan klasik yang kerap muncul di film-film Hollywood. 

Lot yang terakhir adalah Backlot dan mungkin inilah yang paling seru dari 4 lot yang ada di Walt Disney Studio Park. Di Backlot ini pengunjung bisa ikut masuk ke dalam set film dan merasakan adegan-adegan dan efek yang menegangkan yang ada dalam film. Ada juga pertunjukan stuntman yang melibatkan atraksi motor dan mobil yang berbahaya, dan ledakan di mana-mana yang dijamin akan membuat anda senam jantung sekaligus terkesima :D

Selain taman hiburan, Disneyland Paris juga memiliki satu kompleks perbelanjaan, kuliner, dan hiburan yang disebut Disney Village. Kompleks ini menempati area seluas 18.000 m2 di Disneyland Paris, dan terletak berdekatan dengan area Theme Park dan Lake Disney. 

Disney Village menjadi tempat yang pas untuk mengakhiri hari anda di Disneyland bersama teman atau keluarga dengan menghabiskan waktu berbelanja oleh-oleh atau makan di banyak cafe dan restauran di sini. Jika anda menginap di hotel di area ini, Disney Village juga menjadi tempat yang cocok untuk menikmati malam anda di Disneyland Paris dengan hangout di sejumlah restauran dan cafe-nya dan menikmati berbagai macam hiburan, film, serta pertunjukan menarik. Untuk restaurannya, ada juga chain-chain internasional seperti McD, Planet Hollywood, dan Starbucks. 

Hotel
Ada 7 hotel dan resort di Disneyland Paris yaitu Disneyland Hotel, Disney's Hotel New York, Disney's Newport Bay Club, Disney's Sequoia Lodge, Disney's Hotel Cheyenne, Disney's Hotel Santa Fe, dan Disney's Davy Crockett Ranch. Jumlah total ruangan dari ketujuh hotel ini mencapai lebih dari 5500 ruangan. Hotel yang terakhir berada di area berhutan dan terletak di luar garis batas resort Disneyland Paris. Lima hotel lainnya, selain Disneyland Hotel, berada di sekitar sebuah danau buatan yang disebut Lake Disney

Selain hotel yang dikelola oleh Euro Disney Company, ada juga 6 hotel lainnya yang menjalin kerjasama dengan Disneyland Paris dan berada di dalam area resort ini. Dua di antara 6 hotel partner tersebut adalah hotel Marriot dan Radisson.

Lengkap banget kan Disneyland Paris? Tempat di mana banyak impian anak-anak dan keajaiban menjadi nyata dan yang ada hanya moment penuh ketakjuban dan keceriaan. Mau ke sini?


Disneyland Paris

Alamat Disneyland Paris: 77777 Marne-la-Vallée, France
Transportasi:
Bagaimana cara ke Disneyland Paris?
- Naik kereta RER A dari 5 stasiun besar di pusat kota Paris: Charles de Gaulle Etoile (Arc de Triomphe), Auber (Galeries Lafayette), Chatelet Les Halles, Gare de Lyon, atau Nation ke stasiun Marne-la-Vallée-Chessy (lama perjalanan 35-45 menit).
Keluar stasiun Anda sudah ada di Disneyland Paris. Harga tiket 1x jalan 7,50 €, atau gratis jika Anda sudah punya Paris Visite Card (zona 1-5), Pass Navigo Decouverte, atau Ticket Mobilis yang mencakup zona 5 (Parc Disney).
Kereta beroperasi dari pkl 05.22-00.39. Ada setiap 15 menit sekali.
- Naik kereta TGV train dari airport Charles de Gaulle langsung ke stasiun Marne-la-Vallée-Chessy.
- Naik VEA Airport Shuttle Bus dari airport Charles de Gaulle dan Orly Airport Paris (lama perjalanan 45 menit).

Disney Park
Anda hanya perlu membeli tiket masuk ke 2 taman hiburan/ theme park Disneyland Paris (Disney Park) yaitu Disneyland Park dan Walt Disney Studio Park.

Harga Tiket Masuk Disneyland Paris:
1 Day Ticket (2 park): Dewasa: 80€ (67£), Anak-anak (3-11 tahun): 74€ (64£)
Note:
Tiket bisa dibeli langsung di pintu masuk Disney Park, di Tourist Center di Paris atau booking online di website resmi Disneyland Paris. Beli tiket online memungkinkan Anda mendapatkan harga terbaik dan menghemat waktu karena tak perlu antri membeli tiket di pintu masuk Disneyand.

Jam Buka Disneyland Paris
Disneyland Park: Pkl 10:00-21:30 (Extra Magic Hours*:08:00-10:00)
Walt Disney Studios: Pkl 10:00-21:00
*Berlaku untuk yang menginap di Disney Hotels dengan membeli paket yang termasuk tiket masuk ke Disney Park.
Jam buka sedikit bervariasi, silahkan cek jadwal lengkapnya di sini.

Hotel di Disneyland Paris
Idealnya, Anda bisa menghabiskan waktu lebih dari 1 hari Disneyland Paris dan menginap di sana minimal 1 malam agar lebih maksimal dan berkesan. Terutama jika Anda pergi bersama keluarga dan membawa anak-anak. Dan soal menginap, tidak ada tempat menginap lain yang lebih baik dibanding di banding hotel Disneyland Paris sendiri. 

Dengan menginap di hotel Disneyland Paris, Anda tak hanya bisa mendapat pengalaman maksimal tetapi juga memiliki waktu lebih lama untuk dihabiskan di Disneyland Paris. Karena setiap tamu hotel Disneyland bisa menikmati Disney Park lebih lama, yaitu saat taman hiburan ini sudah tertutup untuk pengunjung umum.

Useful link:
Daftar hotel murah di Paris
Tips wisata hemat di Paris: Pakai saja kartu sakti ini!

1 comment: Leave Your Comments

  1. Luar biasa Disneyland Paris...! Saking besarnya, seharian keliling tempat ini tidak akan cukup menikmati semua wahana yang disediakan.

    ReplyDelete