Bak di Negeri Dongeng: Ini Dia Pulau dan Kastil di Tengah Laut Terbelah di Perancis

0
Pulau Mont Saint Michel Perancis

Pulau Mont Saint Michel mungkin merupakan tempat wisata paling terkenal di Perancis selain tempat-tempat wisata yang ada di Paris dan Istana Verailles. Pulau ini merupakan sebuah pulau mungil seluas 100 hektar yang berada di tepi selat Channel, di wilayah Normandy, Perancis bagian utara. Banyak yang membuat pulau kecil ini menjadi istimewa. 

Salah satunya adalah letaknya yang hanya berjarak 600 m dari bibir pantai, sehingga bisa diakses dari daratan melalui jalan darat yang sekilas mirip laut yag terbelah.

Selain letaknya yang unik, pulau Mont Saint Michel juga memiliki posisi yang strategis karena berada di Selat Channel di antara daratan negara Perancis dan Inggris. Karena letaknya yang strategis inilah pulau ini juga memiliki peran penting dalam sejarah, yaitu sebagai benteng pertahanan seperti pada masa Perang 100 tahun melawan Inggris. Jalan darat ke Pulau Mont Saint Michel yang unik tadi juga telah dimanfaatkan sebagai mekanisme pertahanan alami untuk menghalau dan menumbangkan musuh yang datang. Pulau Mont Saint Michel juga beberapa kali berganti kekuasaan antara Perancis dan Inggris dan menjadi saksi perjuangan William the Conqueror, sang adipati Normandy, menaklukan dan menduduki tahta Inggris pada tahun 1066. 

Pulau Mont Saint Michel Perancis

Selain letaknya yang unik dan strategis, masih ada 1 hal lagi yang membuat pulau ini itimewa. Yaitu adanya sebuah biara mirip kastil kuno yang berdiri tepat di puncak pulau dan memberinya bentuk dan siluet yang cantik seperti sekarang. Tak hanya itu, pemandangan teluk dan daratan lumpur yang luas juga menciptakan pemandangan yang menakjubkan seperti di negeri dongeng. Tak heran jika pulau Mont Saint Michel menjadi salah satu landmark paling ikonik dan tempat wisata paling terkenal di Perancis. Pulau ini pun beserta teluknya telah didaulat menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1979, dan menerima kunjungan lebih dari 3 juta orang per tahun.


Pulau Mont Saint Michel merupakan sebuah pulau sekaligus kota yang dihuni oleh hanya 44 orang penduduk, termasuk biarawan dan biarawati (2009). Konstruksi kota ini terbilang unik dan konvensional karena mengikuti struktur feodal yang berstrata-strata. Posisi yang paling tinggi adalah untuk Tuhan yaitu biara yang berdiri di tengah dan puncak pulau, kemudian balai kota, lalu toko dan perumahan, dan di dasar pulau (di luar tembok kota) adalah rumah-rumah petani dan nelayan.

Pulau Mont Saint Michel Perancis

Daya tarik Mont Saint Michel terletak pada pulaunya sendiri serta pemandangan sekitar dan nuansa kotanya, sehingga tak ada tempat wisata khusus untuk didatangi di pulau ini kecuali biaranya yaitu L'Abbaye du Mont-Saint-Michel (Abbey of Mont Saint Michel). Biara ini dibangun pada abad 11 dan menurut legenda dibangun atas wahyu dari malaikat Mikael (Michael/Michel) yang mendatangi uskup kota Avranches pada tahun 708 dan memerintahkannya untuk membangun sebuah biara di sebuah pulau kecil berbatu.

Mont Saint Michel town

Nah dengan membeli tiket masuk ke biara, Anda bisa berkeliling kompleks biara yang agung bak kastil ini dan juga masuk ke kapel bawah tanahnya. Selain mengunjungi biara, menyusuri jalan-jalan berliku di kota Mont Saint Michel juga tak boleh Anda lewatkan, karena kota ini memiliki nuansa kota tua abad pertengahan yang kental dan menawan seperti di film-film fantasi seperti Harry Potter :D. Belanja suvenir atau window shopping di deretan toko sepanjang jalan Grand Rue juga tak boleh terlewat ya.

Mont Saint Michel town
Jalan pertokoan di pulau Mont Saint Michel
Mont Saint Michel town
Deretan toko suvenir
Mont Saint Michel town
Gang-gang sempit di Mont Saint Michel dipenuhi wisatawan
Hal lain yang juga wajib dilakukan adalah menelusuri benteng kotanya yang bersejarah, dan dari sana anda bisa melihat pemandangan bagus ke arah selat dan daratan lumpur di sekeliling pulau. Jangan lewatkan juga sisa meriam yang dipajang di dekat gerbang masuk tembok kota. Selain itu, anda juga bisa jalan-jalan menyeberangi teluk dengan melintasi dataran lumpur. Demi keamanan, sebaiknya ikut walking tour dari guide profesional karena gelombang pasang bisa naik sewaktu-waktu dan hamparan lumpur bisa dalam dan mengandung pasir hisap. 

Pulau Mont Saint Michel di Perancis
Pulau Mont Saint Michel saat pasang surut
Pulau Mont Saint Michel di Perancis
Pulau Mont Saint Michel dikelilingi hamparan pasir dan lumpur, dilihat dari atas
Selain hamparan lumpur, di sekitar Mont Saint Michel anda juga bisa melihat padang rumput berair payau/rawa yang biasa digunakan sebagai tempat merumput domba setempat. Katanya, daging dari domba yang merumput di sini memiliki citarasa yang lezat dan menu daging inipun (agneau de pré-salé atau saltmarsh lamb) menjadi menu andalan lokal di beberapa restauran di Mont Saint Michel.

Pulau Mont Saint Michel di Perancis
Domba-domba lokal sedang merumput di padang rumput dekat Mont Saint Michel
Pemandangan di sekitar pulau Mont Saint Michel indah bak lukisan

Bagaimana, tertarik mengunjungi pulau Mont Saint Michel di Perancis? Setelah mengunjungi pulau bak negeri dongeng ini, saatnya melanjutkan menyusuri 11 desa indah bak negeri dongeng di Perancis.


Alamat: Mont Saint Michel, Lower Normandy, France (dekat Avranches)
Transpotasi:
- Naik TGV Train dari Gare Montparnasse, Paris, ke Rennes train station. Keluar stasiun melalui pintu exit utara lalu menuju terminal bus dekat stasiun. Lalu naiklah bus Keolis Emeraude dari terminal ini ke pulau Mont Saint Michel. Harga tiket bus sekitar €12,7 dan bisa dibeli langsung dari supir bus. Lama perjalanan bus 90 menit. Semua bus umum menuju Mont Saint Michel hanya sampai di tempat parkir di luar pulau, dan untuk menuju pulau kita bisa naik shuttle bus Passeur gratis.

Note:
Pemandangan di sekitar Mont Saint Michel mungkin akan sedikit berubah menyusul sebuah proyek pengembangan yang sedang berlangsung yang direncanakan selesai pada tahun 2015.

0 comments:

Post a Comment