Explorer Guidebook

Cari di blog ini

6 Tempat Wisata Terkenal di Belgia

1
Tempat wisata terkenal di Brussels Belgia Atomium

Berikut daftar tempat wisata paling terkenal di Belgia yang kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi. Check it out!

1. Grand Place, Brussel
Grand Place tempat wisata terkenal di Brussels Belgia
Grand Place saat festival Flower Carpet
Grand Place atau Grote Markt adalah alun-alun paling terkenal di Belgia yang terletak di pusat kota Brussel. Alun-alun luas ini dibangun pada abad ke-14 dan dulunya merupakan sebuah pasar besar karena itu disebut Grote Markt (Grand Market). Grand Place merupakan salah satu alun-alun paling indah di Eropa karena dikelilingi oleh 3 bangunan berarsitektur indah dan bersejarah yaitu Brussel Town Hall, Guildhall, dan Broodhuis. Bersama bangunan-bangunan ini, Grand Place telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1998. 


Dengan keindahan dan posisinya sebagai pusat kota Brussel, Grand Place biasa menjadi tempat wisata terkenal di Belgia yang pertama kali dikunjungi oleh wisatawan sebelum menjelajah lebih jauh kota Brussel dan negara Belgia. Grand Place juga menjadi tempat digelarnya Karpet Bunga (Flower Carpet) setiap tanggal 15 Agustus 2 tahun sekali yang menarik hingga ribuan pengunjung dari berbagai belahan dunia.

Manneken Pis (le Petit Julien) adalah patung seorang anak laki-laki yang sedang ‘pipis’ yang menjadi ikon kota Brussel, Belgia. Patung ini sudah ada sejak tahun 1619 dan telah lama menjadi ikon dan tempat wisata terkenal di Belgia. Beberapa versi legenda tentang asal muasal pembuatannya pun berkembang, mulai dari anak hilang yang kemudian ditemukan sedang kencing, hingga cerita kepahlawanan seorang anak yang berhasil menyelamatkan kota/kastil dengan mengencingi sumbu bom musuh/tentara musuh/api kebakaran.

Manneken Pis sendiri dibuat oleh pemahat patung asal kota Brussel, dan dibuat dari bahan perunggu dengan tinggi 61 cm. Patung ini merupakan bagian dari kolam air mancur yang terletak di sudut persimpangan jalan Rue de l'Étuve (Stoofstraat) dan Rue du Chêne (Eikstraat) di kota Brussel, Belgia. Tak hanya selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, saat ini Manneken Pis juga tak lagi ‘nude’ :p melainkan memakai kostum bagus yang diganti tiap beberapa kali seminggu. Anda bisa melihat jadwal penggantian kostumnya dipagar yang mengelilingi air mancur.

3. Atomium, Brussel, Belgia
Atomium tempat wisata terkenal di Brussels Belgia
Atomium di siang hari
Atomium adalah bangunan ikonik yang menjadi salah satu ikon dan landmark kota Brussel, Belgia. Bangunan unik ini dulunya dibangun dalam rangka Pameran Dunia pada tahun 1958 di Brussel dan berbentuk seperti molekul kristal besi yang diperbesar hingga 165 milyar kali lipat. Atomium terdiri dari 9 ruangan bulat seperti atom yang berlapis baja tahan karat dan dihubungkan oleh pipa-pipa. Masing-masing atom (bulatan) memiliki diameter 18 m dan ada 5 atom yang bisa dikunjungi yang merupakan ruang pameran dan ruang publik. Antar atom ini dihubungkan dengan lift dan tangga eskalator. Di atomium juga terdapat 2 restauran, yaitu 1 berada di dalam atom bagian puncak dan 1 lagi ada di teras di kaki bangunan atomium, bersama sebuah toko suvenir . Atomium sendiri memiliki tinggi 102 m dan Anda bisa melihat panorama kota brussel dari atom yang berada di puncak.

4. Brussels Town Hall
Tempat wisata terkenal di Brussels Belgia Brussels Town Hall
Brussels Town Hall di Grand Place
Brussels Town Hall atau Stadhuis adalah balai kota Brussels yang terletak di alun-alun Grand Place, kota Brussel, Belgia. Bangunan bersejarah ini memiliki gaya arstektur gotik dan dibangun pada masa abad pertengahan, tepatnya pada tahun 1402. Brussel Town Hall bisa dikenali dari kejauhan dengan menara tunggalnya yang menjulang setinggi 96 m. Hingga saat ini, Brussel Town Hall masih menjadi kantor pemerintahan walikota Brussel, namun Anda bisa memasukinya dengan membeli tiket masuk untuk wisatawan.

5. Brussel Museum (Broodhuis/Maison du Roi)
Tempat wisata terkenal di Brussels Belgia Brodhuis museum
Brussels Museum di Grand Place
Brussel Museum atau Musée de la ville de Bruxelles adalah museum kota Brussel yang bertempat di bangunan Broodhuis (Bread House) atau Maison du Roi (King’s House), berseberangan dengan Brussel Town Hall di alun-alun Grand Place, Brussel, Belgia. Museum ini dibuka pada tahun 1887 dan memajang koleksi tentang sejarah dan cerita rakyat kota Brussel yang berupa lukisan, patung, ukiran, karpet hiasan dinding, foto, dan bangunan model. Anda juga bisa melihat hampir 750 kostum yang pernah dipakai oleh Manneken Pis yang dipajang di sini. Museum kota Brussel buka hari Selasa-Minggu, pkl 10.00-17.00. 

6. Brussel Royal Palace
Tempat wisata terkenal di Brussels Belgia Brussels Royal Palace
Brussels Royal Palace
Royal Palace of Brussels atau Koninklijk Paleis van Brussel adalah istana kerajaan resmi tempat pemerintahan raja dan ratu Belgia. Istana ini dibangun pada tahun 1783 dan memiliki gaya arsitektur neoklasik, mirip seperti Louvre Museum dan Hotel de Ville di Paris, Perancis. Royal Palace of Brussels terletak di pusat kota Brussel, Belgia, tepatnya di depan Brussel Park yang dipisahkan oleh sebuah alun-alun/halaman terbuka luas yang disebut Paleizenplein (Place des Palais/ Square of the Palaces). Di seberang istana ini, dipisahkan oleh alun-alun dan taman, berdiri gedung parlemen Belgia (Palace of Nation). Kedua bangunan yang berhadapan ini merupakan simbol dari sistem pemerintahan Belgia, yaitu monarki konstitusi. Meskipun merupakan istana resmi, namun raja Belgia dan keluarganya tidak tinggal Royal Palace of Brussels melainkan tinggal di Royal Castle of Laeken di pinggiran kota Brussel.

Demikian 6 tempat wisata paling terkenal di Belgia. Tempat wisata menarik lainnya akan segera ditambahkan jadi stay tuned ya ;)


1 comment: Leave Your Comments

  1. bener-bener wisata luar negeri yang bikin ngiler aja nih

    ReplyDelete