Ini Dia Tradisi Puasa Bagi Para Istri Di India

1
Karwa Karva Chauth ritual married women fast for husband


Bagi Anda para pecinta film India Bollywood (pernah nonton Kabhi Khushi Kabhie Gham atau Gangaa?), pasti pernah mendengar tentang tradisi puasa ini, yang dilakukan oleh para istri di India di malam bulan purnama. Tahu nama puasanya? Ya, namanya adalah puasa Karva Chauth.

Karva Chauth adalah festival 1 hari yang dirayakan oleh wanita beragama Hindu di India utara, di mana wanita yang sudah menikah berpuasa sehari mulai dari terbitnya matahari hingga terbitnya bulan untuk mendoakan keselamatan dan umur panjang suaminya. Tradisi ini banyak dirayakan di sebagian provinsi Uttar Pradesh, Madhya Pradesh, Rajasthan, Himachal Pradesh, Haryana, dan Punjab, dan dilaksanakan pada hari ke-4 setelah bulan purnama pada bulan Kartik kalender lunisolar agama Hindu, yang umumnya jatuh pada bulan Oktober/November. 

Karwa Karva Chauth ritual married women fast for husband
Contoh isi nampan pemujaan untuk ritual Karva Chauth
Untuk menyambut perayaan Karva Chauth, para wanita biasanya mulai menyiapkan diri beberapa hari sebelumnya dengan membeli kosmetik, perhiasan tradisional seperti gelang, kalung, dll., serta henna dan perlengkapan pemujaan seperti lentera dan nampan pemujaan. Saat hari puasa tiba, para wanita akan berkumpul bersama teman dan kerabat wanitanya dan makan ‘sahur’ sesaat sebelum matahari terbit. Seharian mereka akan menghabiskan waktu bersama untuk berkumpul dan memakaikan henna satu sama lain, tanpa melakukan pekerjaan rumah. 

Karwa Karva Chauth ritual married women fast for husband
Para istri berkumpul melakukan ritual Karva Chauth
Malam harinya, upacara ritual Karva Chauth akan diadakan. Para wanita akan berdandan cantik memakai pakaian yang bagus (biasanya berwarna merah, oranye, dan emas karena dianggap warna keberuntungan), memakai perhiasan, dan juga henna seperti halnya pengantin. Mereka akan berkumpul membentuk lingkaran dan mendengarkan kisah tentang Karva Chauth dan melakukan beberapa ritual seperti memberikan persembahan untuk dewa. Setelah itu ritual berakhir, dan para wanita menunggu terbitnya bulan. 

Karwa Karva Chauth ritual married women fast for husband

Setelah bulan muncul, para wanita yang sedang berpuasa dengan suaminya berada di dekatnya, akan melihat pantulan bulan dalam air di dalam wadah melalui saringan atau kain dupatta (kain selendang/kerudung khas wanita India). Mereka akan menadahkan air ke bulan untuk mengambil berkahnya. Mereka kemudian menghadap suaminya dan melihatnya secara tidak langsung seperti mereka melihat bulan. Para suami kemudian akan mengambil air dari nampan puja dan membuka puasa istrinya dengan memberinya minum dan menyuapinya sesuatu yang manis (so sweet kan? :D). Para wanita selanjutnya berbuka dengan makan besar seperti biasa dan perayaan Karva Chauth ini pun selesai :)

Artikel Terkait:

1 comment: Leave Your Comments

  1. ohhh my good so sweet banget tradisinya hahaha, tapi pada kenyataannya benar seperti itu gak ya? gan ada Promo Ramadhan seru nih..

    ReplyDelete