Pages

Brandenburg Gate di Berlin

1

Explorer Guidebook - Jika Anda menyambangi Jerman, ada satu tempat yang wajib Anda kunjungi, yaitu Brandenburg Gate yang menjadi ikon kota Berlin dan negara Jerman.



Brandenburg Gate adalah gerbang kota yang menjadi monumen sekaligus landmark dan ikon paling terkenal dari negara Jerman. Gerbang bergaya neo klasik ini dibangun oleh raja Prussia Frederick William II pada tahun 1791 sebagai lambang perdamaian. Brandenburg Gate dibangun di area yang dulu ditempati oleh gerbang kota yang menandai dimulainya jalan dari Berlin ke Brandenburg an der Havel, karena itu dinamai Gerbang Brandenburg (Brandenburg Gate/Brandenburger Tor). 

Lokasi
Jika Anda ingin melihat gerbang ini, Anda bisa menemukannya dengan mudah karena terletak di pusat kota Berlin dan dekat dengan tempat-tempat terkenal lainnya. Gerbang ini berada di persimpangan Unter den Linden dan Ebertstraße, tepat di sebelah barat alun-alun Pariser Platz. Brandenburg Gate juga merupakan pintu masuk simbolis ke Unter den Linden, yaitu boulevard (jalan lebar) yang dihiasi deretan pohon linden (sejenis pohon limau) yang menuju langsung ke Berlin City Palace (Berliner Stadtschloss).


Sejarah Brandenburg Gate
Selain terkenal karena bentuknya yang klasik dan khas monumen-monumen di Eropa, Brandenburg Gate juga memiliki banyak nilai sejarah karena menjadi saksi sejarah yang penuh gejolak dari negara Jerman dan juga Eropa, seperti Perang Dunia ke-2 dan juga perpisahan dan persatuan kembali negara Jerman. Banyak peristiwa penting yang terjadi di gerbang ini, seperti pidato peruntuhan dan peruntuhan Tembok Berlin yang berdiri tepat di depan gerbang, dan juga perayaan besar-besaran 20 tahun runtuhnya Tembok Berlin pada tahun 2009 lalu.

Masa Kini
Sebagai ikon negara Jerman, Brandenburg Gate juga sering sekali muncul di media-media dan menjadi pusat berbagai aktivitas yang terjadi di kota Berlin, Jerman. Brandenburg Gate bersama alun-alun Pariser Platz dan Straße des 17. Juni yang menjadi ruang terbuka untuk umum sering sekali menjadi tempat-tempat event besar yang menarik banyak massa seperti perayaan malam tahun baru, nonton bareng pertandingan olahraga, dan juga berbagai pertunjukan dan pesta. Brandenburg Gate juga biasanya menjadi tempat finish Berlin Marathon. 2018 European Athletics Championships tahun depan juga kabarnya akan diadakan di tempat ini.

Hmm must-see ya Brandenburg Gate ini :) Belum ke Berlin kalau belum pamer foto di Brandenburg Gate :D

Artikel Terkait:

1 comment: Leave Your Comments

  1. Grüße! Sehr schöner Beitrag! Es sind die kleinen Veränderungen, die die größten Veränderungen bewirken werden. Danke für das Teilen!
    Unterkunft Frankfurt Oder

    ReplyDelete