Explorer Guidebook

Ini Dia Sisa Tembok Berlin di Jerman yang Sekarang Jadi Tempat Wisata

0
sisa tembok berlin di Jerman

Tempat Wisata Terkenal di Jerman. Jika Anda ingin menyaksikan salah satu saksi dan bukti sejarah negara Jerman, salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi adalah Tembok Berlin. Tembok Berlin (Berliner Mauer) adalah tembok pemisah yang membagi Jerman menjadi dua, yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur pada masa setelah Perang Dunia ke II, tepatnya pada tahun 1961-1989. Tembok pembatas dari beton ini memiliki panjang 155 km, dan melintasi kota Berlin, ibukota Jerman, yang juga membaginya menjadi 2, yaitu Berlin Barat dan Berlin Timur.
Berlin Wall (Tembok Berlin) dibangun oleh pemerintah Jerman Timur dengan alasan untuk melindungi rakyatnya dari paham fasisme Jerman Barat yang dapat mencegah mereka membangun negara sosialis Jerman Timur. Pemerintah Jerman Timur diketahui bersekutu dengan Uni Soviet yang menganut paham komunis, dan ingin mencegah arus emigrasi masal dari Jerman Timur dengan membangun tembok perbatasan ini.

Setelah kurang lebih 30 tahun berdiri, Tembok Berlin akhirnya diruntuhkan secara resmi pada tanggal 30 Oktober 1990 dan menandai bersatunya kembali negara Jerman. Peruntuhan tembok ini sebenarnya sudah dimulai sejak akhir tahun 1989 di mana banyak warga Jerman Timur dan Barat merusak tembok dengan berbagai peralatan dan bahkan banyak yang sengaja mengambilnya untuk suvenir atau kenang-kenangan :D. Dan bahkan setelah resmi dihancurkan, banyak kepingan dan potongan-potongan tembok ini yang juga sengaja dikirimkan oleh pemerintah ke berbagai negara di seluruh dunia sebagai memorial atau kenang-kenangan dan juga disimpan di museum.

Saat ini, hanya ada beberapa sisa Tembok Berlin yang masih berdiri. Salah satunya yang paling terkenal dan menjadi obyek wisata terkenal di Jerman adalah sisa Tembok Berlin sepanjang 30 m yang berada di taman Mauerpark, Berlin, Jerman.

Mauerpark adalah sebuah taman yang terletak di distrik Prenzlauer Berg, di Kota Berlin, Jerman. Taman ini berbentuk memanjang karena merupakan bekas tempat berdirinya Tembok Berlin dan juga area steril di sepanjang garisnya (Death  Strip). Karena merupakan bekas area Tembok Berlin lah, taman ini pun disebut Mauerpark yang berarti ‘Taman Tembok’, dan merupakan area yang dulunya masuk ke wilayah Berlin Barat.

http://explorerguidebook.blogspot.com/2016/10/tempat-wisata-terkenal-di-jerman-sisa-tembok-berlin-di-mauerpark.html
Berlin Wall di Mauerpark, Berlin, Jerman. Lengang gini ya suasananya.. 'Deaths Strip' masih saja kosong seperti dulu.
Tembok Berlin di taman Mauerpark sudah tidak seperti aslinya lagi, karena sekarang sudah dihiasi dengan lukisan grafiti warna-warni oleh para seniman sehingga kini lebih sedap dipandang. Bahkan jalur di sepanjang sisa Tembok Berlin juga sudah dipaving, lengkap dengan lampu taman yang cantik dan juga beberapa bangku taman untuk duduk-duduk para pengunjung. Sudah cantik deh sekarang untuk photo spot :D

Selain menjadi tempat berdirinya sisa Tembok Berlin yang penuh sejarah, Mauerpark juga menjadi salah satu taman penting di Berlin dan selalu ramai oleh pengunjung yang bermain sepak bola, basket, refreshing di taman, menghadiri event musik/karaoke, dsb. Setiap hari Minggu sejak tahun 2014, di Mauerpark sisi barat juga digelar sebuah flea market (Flohmarkt am Mauerpark) di mana dijajakan barang-barang antik, unik, dan second, yang selalu menarik banyak pengunjung, baik warga lokal maupun wisatawan mancanegara.

Wah Mauerpark memang must-visit kalau Anda traveling ke Jerman ;). Perpaduan sejarah, budaya, dan juga gaya hidup modern warga Jerman ;)

0 comments:

Post a Comment