Pages

Cara Mengajukan Visa Korea Selatan (Aktual, 2020)

0

Mau jalan-jalan ke Korea Selatan? Setelah membuat paspor, saatnya mengajukan visa. Berikut kami paparkan syarat dokumen dan cara pembuatan visa Korea Selatan 2020 untuk turis/wisatawan umum, secara detail. akurat, tajam, dan terpercaya dengan referensi situs resmi pengajuan visa Korea Selatan :) 

Dokumen Persyaratan Pengajuan Visa Korea Selatan 
Kalau dilihat dari website resmi visa Korea Selatan (www.visa.go.kr), persyaratan dokumen pembuatan visa ke Korea Selatan untuk turis umum dari Indonesia (kategori “Ordinary Tourist C-3-9”) adalah: 
- Visa Application Form (Form no. 17) atau Formulir Permohonan Visa no. 17. 
- Paspor 
- 1 foto, dengan format standar 
- Biaya 
- Dokumen yang menunjukkan kemampuan finansial/biaya hidup selama di Korea (ROK, Republic of Korea) atau dokumen untuk identifikasi. 

Dari Koreanya aslinya kelihatan simple ya? Terus siapa nih yang bikin ribe*? :p. 

Lanjut website KVAC Jakarta (tempat pengajuan visa Korea Selatan), yaitu www.visaforkorea-in, saat klik informasi tentang visa akan diarahkan ke website lain lagi yaitu overseas.mofa.go.kr (yang kalau dibuka lewat ponsel yang muncul dalam bahasa Korea, jadi meraba-raba untuk menemukan pengaturan untuk bahasa Inggris, sementara kalau buka lewat PC lagsung bahasa Indonesia, hmm).

Setelah klik ini itu, scroll agak panjang, ketemu deh. Ini dia Dokumen Persayaratan Pengajuan Visa Korea Selatan untuk turis umum (C-3-9) menurut web overseas.mofa.go.kr: 
1. Formulir Permohonan Visa (download di sini), Biaya. 
2. Pas foto 1 lembar (ukuran 3,5 cm x 4,5 cm) background putih, dan ditempel di formulir. 
3. Paspor asli dan fotocopy paspor halaman identitas 1 lembar. 
4. Surat Keterangan Kerja Asli* (jika bekerja), Surat Keterangan Pelajar Asli* (jika pelajar), Fotocopy SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) (jika wiraswasta). (yang banyak ditanyakan: untuk yang belum/tidak bekerja atau freelancer bagaimana Bapak-Ibu?) (Bagian syarat ini tidak ada di www.visa.go.kr :p). 
5. Fotocopy Kartu Keluarga (KK) Indonesia.

* Surat keterangan kerja/pelajar harus asli berkop surat dilengkapi dengan tanda tangan penanggung jawab asli, logo dan stempel sekolah/perusahaan, serta tertulis tanggal masuk sekolah, masa bekerja, jabatan, dan nomor tim HRD yang bisa dihubungi. Ditulis dalam bahasa Inggris

Untuk wisatawan umum yang bukan tanggung jawab agen tour grup visa (yaitu jika Anda mengajukan visa sendiri), ada dokumen persyaratan tambahan selain 5 nomor di atas, yaitu: 

Dokumen Keuangan sebagai berikut (pilih 2, tidak perlu semua): 
- Rekening koran 3 bulan terakhir asli. 
- Slip gaji 3 bulan terakhir. 
- Pajak tahunan terakhir. 
- Bukti Kepemilikan Kendaraan (STNK) kendaraan roda empat/mobil**. 
- Daftar transaksi penggunaan kartu kredit 3 bulan terakhir, asli. 
- Dokumen bukti pembayaran pajak terbaru selama 1 tahun. 

** Dokumen kepemilikan kendaraan roda dua, kepemilikan tanah dan bangunan tidak diakui. 

Untuk mempermudah dan mempercepat pengecekan saat penerimaan dokumen, pemohon DIWAJIBKAN menyusun dokumen persyaratan dengan URUTAN berikut, dan disteples dengan rapi: 

1. Formulir aplikasi visa (sudah diisi lengkap dan sudah ditempel foto). 
2. Paspor asli dan fotokopi halaman dientitas paspor (kalau sudah pernah mengunjungi negara Amerika atau OECD, lampirkan fotokopi visa negara tsb, selain negara itu tidak perlu dilampirkan. 
3. Surat Keterangan Kerja/Pelajar (asli, dalam bahasa Inggris) atau Fotocopy SIUP (Wiraswasta). 
4. Dokumen keuangan. 
5. Fotokopi Kartu Keluarga. 

NOTE: tiket pesawat dan reservasi hotel/penginapan bukan persyaratan, dan tidak perlu dilampirkan. 

Jadi begitu Explorer, persyaratan pengajuan visa Korea Selatan dari website resminya. Untuk dokumen keuangannya, bisa pilih salah 2 ya, tidak perlu semua. 

Nah setelah dokumen persyaratannya kamu penuhi semua (jangan lupa isi dulu formulir pengajuan visa-nya), saatnya membawa semua dokumen persyaratan tersebut ke KVAC (Korean Visa Application Center) yang ada di Jakarta (detailnya ada di bawah) kemudian menunggu hasilnya setelah 6 hari kerja. 


Alamat KVAC Jakarta: Lotte Shopping Avenue, Lantai 5, Jl. Prof. DR. Satrio No.1, Kuningan, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jakarta 12940 
Telp. 021-3950-4000 
Jam operasional: Pkl 09.00-17.00 (Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional tutup).
- Pengajuan visa: Pkl 09.00-15.00.
- Pengambilan visa/pengembalian paspor: Pkl 13.00-17.00.
Biaya visa (single visa < 90 hari): Rp 568.000.
Biaya aplikasi visa oleh KVAC: Rp 196.000.
Total biaya: Rp764.000.
Lama proses visa dari pengajuan hingga penerbitan: 6 hari kerja (tidak termasuk hari pengajuan). 

Note: 
- Sejak 2 Mei 2019, pengajuan visa Korea Selatan tidak lagi dilakukan Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia, melainkan di KVAC. Kedutaan Besar Korea hanya memproses visa diplomatik (A-1), Visa Pejabat Pemerintah (A-2), dan grup visa darurat. 
- KVAC Jakarta memiliki 12 loket penerimaan. 
- KVAC akan memberikan layanan SMS sebanyak 3 kali kepada pemohon visa (mulai dari penerimaan dokumen di KVAC, pemeriksaan dokumen oleh kedubes, dan persiapan pengambilan visa) sehingga pemohon bisa mengetahui status permohonan visanya. 
- Biaya visa dan aplikasi visa diayarkan saat pengajuan visa.
- Lama tinggal untuk visa turis umum adalah 90 hari. 
- Di KVAC tersedia juga layanan photo booth, photocopy, dsb.

0 comments:

Post a Comment