Explorer Guidebook

Cari di blog ini

Charles Brdge: Jembatan Paling Terkenal di Praha, Rep. Ceko

0
Charles Bridge in winter

Jembatan Charles atau Karlův Most atau Charles Bridge adalah jembatan paling terkenal yang melintasi sungai Vltava di kota Praha (Prague), Republik Ceko. Jembatan bersejarah ini menghubungkan dua distrik bersejarah di Praha, yaitu Old Town dan Lesser Town (Malá Strana). Jembatan Charles juga merupakan penghubung penting antara Kastil Praha di Castle District (Hradcany) dan kota tua di Praha, yaitu Old Town. Selain keindahannya, Charles Bridge juga terkenal dengan sebuah mitos yang terkait tragedi masa lampau yang pernah terjadi di jembatan tua ini. Penasaran?

Sejarah
Charles Bridge mulai dibangun pada tahun 1357 dan selesai tahun 1402. Proyek pembangunan jembatan ini disponsori oleh King Charles IV dan disupervisori oleh Peter Parler yang juga sedang membangun St. Vitus Cathedral. Membujur di atas 16 lengkungan jembatan, Charles Bridge memiliki panjang 621 meter dan lebar hampir 10 m, cukup lebar bagi 4 kereta kuda sekaligus untuk melintas secara bersamaan.

Charles Bridge memiliki menara jembatan di kedua sisinya yang digunakan untuk menjaga akses masuk ke jembatan. Satu menara berada di sisi Old Town dan dua lainnya berada di sisi Lesser Town. Menara di sisi Old Town, dikenal sebagai Old Town Bridge Tower, dibangun antara 1370 – 1391 dan dianggap sebagai salah satu dari bangunan sipil bergaya gothic yang paling menakjubkan di dunia.

Jembatan Charles Bridge Praha
Kiri: Kastil Praha terlihat jelas dari tengah Charle Bridge
Kanan: Charles Bridge tembus ke Lesser Town dengan 2 menaranya
Dua menara lainnya yang terletak di sisi Lesser Town di sebut Lesser Town Bridge Tower (Malá Strana Bridge Tower), dan merupakan gabungan dari Judith Tower dan menara yang lebih tinggi yang dibangun tahun 1464 untuk mengimbangi menara di sisi Old Town. Dulu Judith Tower merupakan gerbang masuk ke Judith Bridge yang dibangun tahun 1188. Namun menara ini sekarang menjadi bagian dari Charles Bridge setelah Judith Bridge tersapu banjir pada tahun 1342.

Selama lebih dari tiga abad, Charles Bridge menjadi satu-satunya jembatan penghubung antara dua kota di tepi sungai Vltava, Lesser Town dan Old Town. Dulu jembatan ini adalah salah satu jalan utama yang padat dengan lalu lintas, namun sejak diperbaiki antara tahun 1965 – 1978, hanya pejalan kaki yang diperbolehkan melewati jembatan ini.

Masa Kini
Souvenir kiosk on Charles Bridge
Turis di Jembatan Charles dekat Lesser Town Bridge Tower
Saat ini Jembatan Charles menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di Praha. Pada siang hari jembatan ini menjadi jalanan yang ramai dan dipadati oleh turis, seniman, dan para penjual suvenir. 


Charles Bridge musician
Musisi jalanan di Jembatan Charles
Jembatan Charles juga menjadi salah satu obyek yang paling banyak dipotret di Praha berkat bentuknya yang antik dan artistik. Sudah banyak sekali foto bak 'dari negeri dongeng' yang dihasilkan dari menjepret Jembatan Charles, lengkap dengan banyak siluet menara, patung, lampu klasik, dan terkadang dengan Kastil Praha yang berdiri agung di atas bukit. Ya, selain menara di kedua ujungnya yang khas, hal lain yang paling terkenal dan menjadi ciri khas dari Charles Bridge adalah deretan 30 patung di kedua sisinya. Patung-patung ini kebanyakan bergaya Baroque style yang menghiasi sisi sepanjang jembatan, bersama deretan lampu bergaya vintage.

Charles Bridge Prague
Siluet Jembatan Charles
Patung yang paling terkenal adalah patung St. John of Nepomuk, yang ditambahkan pada tahun 1683 dan merupakan patung pertama di Charles Bridge. St John of Nepomuk adalah uskup besar yang disiksa sampai mati pada tahun 1393, dan tubuhnya dilempar ke sungai dari atas Charles Bridge. Kisah tragedi inilah yang digambarkan di relief di bawah patung. Meskipun ceritanya tragis, tapi ada mitos kalau menyentuh relief  ini akan mendatangkan keberuntungan. Hehe..

Patung lain yang banyak dikagumi adalah patung St Lutgrade yang dibuat tahun 1710. Partung lainnya adalah 2 patung indah yang terletak di dekat menara di Lesser Town yang dibuat tahun 1714. Patung yang satu menggambarkan tiga Saint (St John of Mata, St Velix of Valois, dan St Ivan) dan satunya menggambarkan St Vitus yang kakinya sedang dijilati oleh seeokor singa. Patung-patung ini dan ke-26 patung lainnya kebanyakan dibuat sekitar tahun 1700an, dan yang terlihat sekarang di Charles Bridge adalah replikanya. Patung – patung ini mulai diganti sejak tahun 1965 dan yang aslinya kini di pamerkan di Lapidarium, sebuah museum di Prague Exhibition Grounds.

Dengan arsitektur jembatan yang indah dan tambahan daya tarik dari kios dan para seniman jalanan, wajar Charles Bridge menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di Prague. Belum lagi letaknya yang strategis di antara Kastil Praha, Lesser Town, dan Old Town.

Prague Castle seen from Charles Bridge
Kastil Praha dilihat dari Charles Bridge
Charles Bridge Prague
Charles Bridge
Jembatan Charles Bridge Prague
Charles Bridge

Dari Charles Bridge kita bisa melihat panorama khas kota Praha yang menakjubkan bak negeri dongeng, dengan rumah warna-warni beratap merah serta puncak-puncak menara menghiasi kaki langitnya. Tak heran jika kota Praha dijuluki sebagai kota dengan 1000 menara :). Setelah puas menikmati keindahan Jembatan Charles dan panorama sekitar, tinggal deh memutuskan, mau pergi ke sisi mana dulu. Ke sisi Lesser Town untuk melihat kompleks Kastil Praha dan bangunan-bangunan cantik di sekitarnya, atau jalan-jalan ke kota lama melihat Old Town Square. Yang jelas, dua-duanya must-see!

0 comments:

Post a Comment