Explorer Guidebook

Cari di blog ini

Panduan ke Prague Castle di Praha, Rep. Ceko (Lengkap)

0
Prague Castle Kastil Praha

Pražský Hrad atau Prague Castle atau kastil Praha adalah kompleks kastil yang menjadi destinasi wisata utama di kota Praha, Republik Ceko. Dengan luas mencapai hampir 70.000 m2, Kastil Praha merupakan kompleks kastil terluas di dunia versi Guinness Book of World Records. Kastil ini pernah menjadi pusat pemerintahan raja-raja Bohemian, kaisar Romawi, dan juga presiden Cekoslovakia. Sekarang, sebagian Kastil Praha ditempati oleh presiden Republik Ceko dan sebagian besar lainnya dibuka untuk pengunjung.

Kastil Praha adalah kompleks kastil yang dibangun tinggi di atas bukit. Kawasan di sekelilingnya disebut Castle District atau Hradcany dan terletak berbatasan dengan distrik bersejarah lain di kota Praha, yaitu Lesser Town, yang terletak di sisi kiri sungai Vltava. Sejarah Prague Castle dimulai sekitar tahun 880, saat pertama kali dibangun oleh Prince Bořivoj dari dinasti Premyslid (Přemyslovci).

Bangunan yang pertama dibangun adalah Church of St. Virgin Mary dan disusul oleh Basilica of St. George dan Katedral St. Vitus pada pertengahan abad 10. Istana bergaya Romanesque kemudian didirikan pada abad ke-12 di area ini. Di bawah kekuasaan King Charles IV pada abad ke-14, istana kerajaan dibangun ulang dengan gaya gothic dan bentengnya diperkokoh. Istana inipun selanjutnya mengalami beberapa kali renovasi dan perluasan sehingga terdiri dari bangunan-bangunan dengan gaya arsitektur yang bervariasi.

Prague Castle juga menjadi saksi perang dan pemberontakan yang bergejolak di Praha, seperti Bohemian Revolt, Battle of Prague, Perang Dunia II, dan Velvet Revolution. Kastil ini mengalami kerusakan dan penjarahan selama perang, dan juga pernah digunakan oleh Nazi Jerman dan pemerintah komunis Cekoslovakia. Setelah Cekoslovakia terbagi menjadi dua, yaitu Republik Ceko dan Slovakia, Prague Castle ditempati oleh kepala negara Republik Ceko hingga sekarang.

Apa saja yang ada di Kompleks Prague Castle?

Prague Castle Kastil Praha

Prague Castle Kastil Praha

Prague Castle Kastil Praha

Dengan luas hampir 70 ribu m2, Prague Castle mirip seperti kota kecil sendiri, lengkap dengan beberapa jalan dan tidak kurang dari 3 halaman istana (courtyard) yang mirip alun-alun atau lapangan. Secara keseluruhan kompleks kastil ini terdiri dari beberapa courtyard, istana, gereja, menara, taman, dan sebuah biara. Yuk kita bedah satu – satu apa saja yang ada di Prague Castle.


Castle Square (Hradčanské Námĕstí)

Prague Castle Square Hradcany namesti
Castle Square
Sebelum kita masuk ke Kastil Praha melalui pintu masuk utamanya (Gate of Giants), kita akan melihat sebuah area terbuka luas yang disebut Castle Square atau Hradčanské Námĕstí. Castle Square adalah sebuah area terbuka yang terletak di depan Kastil Praha yang berfungsi seperti halaman luar kompleks ini. Kebanyakan pengunjung hanya melewati halaman ini dan langsung menuju ke courtyard pertama dari Kastil Praha atau berkumpul di depan gerbangnya. Padahal, di sekitar Castle Square juga terdapat beberapa bangunan istana dengan gaya arsitektur yang menarik seperti Renaissance, Baroque, dan Rococco style. 

Karena itu, jika Anda ke Kastil Praha dan punya sedikit lebih waktu luang, luangkanlah sejenak untuk mengamati arsitektur bangunan-bangunan di sekitar Castle Square ini. Karena kemungkinan besar, Anda tidak akan melewati tempat ini lagi saat pulangnya nanti, terutama jika Anda memilih jalur pulang yang berbeda agar bisa menikmati keindahan sisi lain kompleks kastil. Nah, beberapa bangunan yang ada di area Castle Square, selain bangunan Kastil Praha adalah Schwarzenberg Palace, Salmov Palace, Archbishop's Palace, Sternberg Palace, Tuscany Palace, dan Martinic Palace. Beberapa bangunan ini sekarang menjadi museum. 

Town Hall Stairs, New Castle Stairs, dan Old Castle Stairs
Old Castle Stairs Prague Castle
Old Castle Stairs/Steps (Staré zámecké schody)
Old Castle Stairs Prague Castle
Old Castle Stairs
Town Hall Stairs Prague
Town Hall Stairs
City Hall Stairs Prague
Town Hall Stairs

Masih di dekat kompleks Kastil Praha, di sebelah kanan Schwarzenberg Palace juga berdiri Church of Saint Benedict. Di sampingnya terdapat sebuah tangga lebar yang disebut City Hall atau Town Hall Stairs (Radnické schody). Namanya berasal dari bekas balai kota (town hall) Hradcany yang berada di dekat puncak tangga. Tangga ini memiliki panjang 100 m dan terdiri dari 127 anak tangga. Town Hall Stairs menghubungkan Castle Square di Hradcany dan Nerudova Street di Lesser Town. Di bagian dasar tangganya terdapat 2 patung bergaya Baroque, yaitu patung 'St. Joseph dan bayi Yesus' dan patung St. John Nepomuk. Dan karena terletak tinggi di atas bukit, ada beberapa tangga yang bisa didaki untuk menuju kompleks Kasti Praha. Selain City Hall Staircase, masih ada 2 tangga lagi yaitu New Castle Stairs (Nove zámecké schody) dan Old Castle Stairs (Staré zámecké schody)

New Castle Stairs Prague Castle
New Castle Stairs/Steps (Nove zámecké schody)
New Castle Stairs:
New Castle Stairs Prague CastleNew Castle Stairs Prague CastleNew Castle Stairs Prague Castle

New Castle Stairs menghubungkan Castle Square dan Thunovska Street (Lesser Town), sementara Old Castle Stairs berada di sisi timur (belakang) kompleks Kastil Praha. Meskipun namanya ‘new’, ternyata New Castle Stairs berusia lebih tua dibanding Old Castle Stairs :D. New Castle Stairs dibuat pada abad 13 dan memiliki panjang 160 m dengan 220 anak tangga. Sementara Old Castle Stairs dibangun pada abad 16 dan memiliki panjang 150 m dengan 121 anak tangga. Keduanya sering menjadi pilihan wisatawan sebagai rute menuju Kastil Praha dan sebaliknya karena melalui seluk beluk kota yang klasik dan tersembunyi, dan juga menyajikan pemandangan seluruh kota Praha dari ketinggian.

Courtyard
Courtyard 1
Prague Castle main gate
Gate of Giants dan Mathias Gate (dalam)
Terdapat empat courtyard utama (halaman dalam istana) di kompleks Kastil Praha. Kita akan langsung menginjak courtyard pertama setelah masuk melalui pintu masuk utama Kastil Praha (Gate of Giants) di Castle Square. Pintu gerbang ini dijaga oleh dua penjaga istana di kanan kirinya. Penjaga istana ini berdiri di depan ‘rumah-rumahan’ yang imut seperti halnya yang ada di Istana Buckingham, London. Di gerbang dan courtyard 1 inilah kita bisa melihat proses dan upacara pergantian penjaga Kastil Praha (Changing of the Guards) seperti di Istana Buckingham (lagi).

Mathias Gate dan Courtyard 2
Untuk masuk lebih dalam ke kompleks Kastil Praha, kita harus melalui gerbang lain dari courtyard pertama yang disebut dengan Mathias Gate. Gerbang bergaya baroque ini berada lurus di depan pintu masuk tadi. Matthias Gate langsung menghubungkan courtyard pertama ke courtyard ke-2; sebuah halaman memanjang di mana kita bisa melihat gereja Chapel of Holy Cross, serta sumur tua dan sebuah air mancur bergaya Baroque style di tengah-tengah courtyard. 

Prague castle courtyard
Courtyard 2
Jika Anda pernah menonton film Mission Impossible 4: Ghost Protocol, Anda pasti langsung mengenali halaman kastil ini yang menjadi lokasi adegan Tom Cruise dan rekannya masuk ke dalam kompleks Istana Kremlin di Moscow, Rusia. Ya, meskipun dalam cerita adalah Istana Kremlin, ternyata pengambilan gambar dilakukan di dalam Kastil Praha. Mungkin lebih mudah ya untuk masuk dan memperoleh ijin syuting di dalam Kastil Praha yang lebih friendly ketimbang Kremlin :D

Courtyard kedua di Kastil Praha ini dipagari rapat oleh bangunan-bangunan Istana. Bangunan sayap kiri adalah museum yang memajang koleksi lukisan Renaissance dan Baroque. Sementara di sayap lainnya (di mana kantor presiden Republik Ceko berada), terdapat sebuah gang beratap yang akan membawa kita ke courtyard ketiga, courtyard terluas di Kastil Praha sekaligus pusat kompleks kastil ini.

Courtyard 3
Courtyard ke-3 didominasi oleh gereja gothic St Vitus Cathedral, dan dihiasi dengan replika patung St George dan sebuah obelisk granit setinggi 17 m.

Courtyard 4
Masuk lebih dalam dari Courtyard tiga, Anda akan sampai ke courtyard ke-4 yaitu area terbuka lain yang disebut St George Square. Di sini kita bisa melihat bangunan lain seperti St George’s Basilica dan Old Royal Palace. Sebuah jalan dari square ini akan menuntun kita lebih jauh lagi ke ujung lain dari kompleks Prague Castle, menuju ke Lobkowicz Palace dan Golden Lane.

Istana
Meskipun disebut kastil, di kompleks Kastil Praha Anda tidak akan menemukan satupun bangunan kastil kuno seperti yang ada di bayangan kita saat orang menyebut ‘kastil’; seperti bangunan kuno berdinding batu, puncak-puncak menara yang tinggi, penjara bawah tanah, serta tembok pertahanan. Melainkan di sini Anda akan menjumpai banyak bangunan istana yang berderet memanjang, yang kebanyakan mengusung gaya arsitektur baroque style, yang terbilang modern seperti halnya istana-istana kerajaan di Eropa. Bangunan-bangunan lain pun memiliki gaya arsitektur klasik modern seperti Romanesque, gothic, dan Rococco. 

Nah di kompleks Kastil Praha ini terdapat 4 bangunan istana, yaitu Royal Palace (Old Royal Palace), Belvedere (Royal Summer Palace), Lobkowicz Palace, dan New Royal Palace. Sebagian istana ini ditempati oleh presiden Republik Ceko dan sebagian lainnya dibuka untuk pengunjung dan juga menjadi museum. 

Gereja
Selain istana, bangunan lain yang banyak terdapat di kompleks Prague Castle adalah gereja. Total terdapat 4 gereja, yaitu St. Vitus Cathedral, St. George's Basilica, All Saints Church, Capel of Holy Cross, dan 1 biara, St. George Convent.

Gereja yang menjadi primadona di Kastil Prague tentu saja adalah Katedral St. Vitus, yang terletak di tengah kompleks kastil. St. Vitus Cathedral atau Katedral Santo Vitus Praha adalah gereja gothic yang mulai dibangun tahun 1344 pada masa pemerintahan Charles IV. Gereja ini akhirnya selesai dibangun tahun 1929 setelah pengerjaannya sempat terhenti selama 451 tahun! Anda bisa naik ke menara St. Vitus Cathedral untuk melihat kompleks kastil dan kota Praha (dengan genteng merahnya) dari sudut pandang yang berbeda.

St George's Basilica Convent Prague Castle
St George's Basilica dan St. George Convent
Gereja terkenal kedua di Kastil Praha adalah St George’s Basilica yang terletak di St George Square. Gereja ini mengusung gaya arsitektur Romanesque dan dibangun pada abad 12. Bagian depannya yang berdinding merah bata dengan 2 menara observasi berwarna krem ditambahkan kemudian pada abad 17. Berdampingan dengan St George’s Basilica adalah St George Convent, yang dulu merupakan sebuah biara yang dibangun ada abad 10. Gereja ini sekarang menjadi bagian dari National Gallery dan memamerkan koleksi lukisan dan patung Baroque dari abad 17-18.

Menara
Terdapat 4 menara berbentuk silinder di kompleks Prague Castle, yaitu Daliborka Tower, Powder Tower (Mihulka), White Tower, dan Black Tower. Jika Anda ingin merasakan sensasi masuk kastil kuno yang sebenarnya, Anda setidaknya bisa mendapatkannya sedikit di menara-menara ini. Dari 4 menara ini, yang paling terkenal adalah Daliborka Tower yang dibangun abad 15 dan digunakan sebagai penjara bawah tanah. Namanya berasal dari tahanan pertamanya yaitu Dalibor of Kozojedy, bangsawan yang ditahan karena dicurigai terlibat aksi pemberontakan kaum petani. 

Menurut legenda masyarakat lokal, Dalibor belajar memainkan biola (violin) saat ia dipenjara dan orang-orang memberikan makanan kepadanya (sebagai imbalan permainannya). Meskipun legenda ini agak janggal mengingat dinding yang tebal tidak memungkinkan orang lain mendengarnya dari luar. Jika masuk ke menara ini, Anda akan bisa melihat penjara dan juga display yang menggambarkan teknik penyiksaan yang digunakan pada masa itu. Daliborka Tower terbuka untuk pengunjung dan bisa diakses melalui Golden Lane.

Menara terkenal lainnya adalah Powder Tower (jangan keliru dengan Powder Tower di Old Town). Aslinya Powder Tower dibangun pada tahun 1496 tapi kemudian dibangun ulang tahun 1541 setelah rusak karena kebakaran. Menara ini dulu menjadi tempat kerja Tomáš Jaroš saat ia membuat lonceng besar untuk St. Vitus Cathedral. Menara ini selanjutnya menjadi tempat kerja alchemist yang berusaha meyakinkan Kaisar Rudolf II bahwa mereka bisa mengubah timah atau logam biasa menjadi emas. (Ngomong-ngomong tentang alchemist, Anda pernah baca buku terkenal The Alchemist karangan Paulo Coelho?)

Menara lain, White Tower, bisa ditemukan di dekat Royal Garden, sedangkan Black Tower menjaga pintu masuk ke kompleks kastil sebelah timur.

Bangunan lain yang menyusun kompleks Prague Castle adalah Supreme Burgrave's House, Ball Game Hall, Riding School, Old Provost Residence, dan New Provost Residence. Anda juga bisa masuk ke Toy Museum, meskipun tak berhubungan dengan Kastil Praha, Anda bisa melihat koleksi aneka ragam mainan unik yang dipamerkan di sini. 

Taman
Prague Castle Garden on the Ramparts
Jalan di Garden on the Ramparts
Sungguh saya telah belajar bahwa “di mana ada kastil atau istana, di situ pasti ada taman” :D. Begitu juga di Prague Castle, taman di sini juga baaanyak. Terhitung ada 5, yaitu Royal Garden, Riding School Terrace Garden, Garden on the Bastion, Deer Moat, dan South Gardens (yang meliputi Paradise Garden, Garden on the Ramparts, The Hartig Garden).

Golden Lane
Golden Lane Prague Castle
Warna-warni Golden Lane
Selain bangunan dan taman, di kompleks Kastil Praha juga terdapat sebuah jalan sempit yang menjadi daya tarik tersendiri, yaitu Golden Lane. Zlatá ulička atau Golden Lane adalah jalan kecil berbatu yang cantik karena memilki deretan rumah mungil warna-warni dengan aneka bentuk di salah satu sisinya. Rumah-rumah mungil ini dulunya dibangun dan dipakai sebagai rumah para penjaga istana Kastil Praha, namun sekarang menjadi toko-toko yang menjual berbagai macam suvenir yang menarik dan juga buku.

Rumah-rumah di Golden Lane aslinya dibangun pada abad 16, namun kemudian direstorasi pada abad 19 menjadi seperti yang terlihat sekarang. Meskipun sering diasosiasikan dengan alchemist (yang tinggal di tempat lain, yaitu di Powder Tower), kata “gold” dari ‘Golden Lane’ bukan berasal dari alchemist sendiri melainkan dari goldsmith atau pandai emas (kaya pandai besi gitu lho) yang dulu tinggal di sini pada abad 17. Sedangkan “Lane” sendiri mempunyai arti jalan kecil.

Golden Lane kastil Praha

Selain pernah dihuni oleh penjaga istana dan pandai emas, Golden Lane juga pernah menjadi tempat tinggal sejumlah seniman dan sastrawan, di antaranya adalah Franz Kafka (penulis terkenal) dan Jaroslav Seifert (penyair/punjangga terkenal dan juga peraih penghargaan Nobel). Franz Kafka tinggal di rumah saudara perempuannya di rumah no.22 pada tahun 1916-1917, dan kini rumah tersebut ditandai dengan sebuah plakat yang menegaskan hal ini. Sementara Jaroslav Seifert, dulu tinggal di salah satu rumah di Golden Lane pada tahun 1930-an, namun sekarang rumah tersebut sudah tidak ada lagi karena sudah dirobohkan.

Selain toko-toko suvenir yang colourful, di Golden Lane kita juga bisa masuk ke Defence Corridor atau koridor pertahanan. Deffence Corridor adalah sebuah museum yang berupa koridor atau lorong sempit panjang, yang memajang baju-baju baja serta aneka perlengkapan dan senjata perang.


Hmm.. Keren kan Kastil Praha? Ke sini sekalian melihat istana, museum, gereja, menara, taman, Golden Lane, dan maasih banyak lagi! Definitely another must-see “sekali dayung dua tiga pulau terlampaui” :)). Karena banyaknya bangunan dan luasnya kompleks, minimal alokasikan waktu kurang lebih 4 jam atau setengah hari untuk mengelilingi kastil agar cukup menyeluruh. Tapi kalau Anda punya waktu seharian, Anda bisa dengan mudah menghabiskannya di kompleks ini. Apalagi terdapat banyak taman kastil yang cantik nan luas di sekelilng tembok kompleks Kastil Praha yang bisa Anda telusuri. Bisa juga sambil piknik dan menikmati makan siang Anda setelah lelah keliling Kastil Praha yang seperti sebuah kota dalam kota :). Setelah itu, Anda juga bisa melanjutkan ke tempat wisata dekat Kastil Praha seperti Charles Bridge, Pulau Kampa, Petrin Hill, atau Alun-alun Kota Lama Praha yang colourful!

Prague Castle Charles Bridge
Prague Castle dilihat dari Charles Bridge
P.S yang belum tahu apa itu “sekali dayung dua tiga pulau terlampaui”, baca: Kew Gadens Inggris dan Piazza San Marco, Venice, Italia.


Alamat Kastil Praha: Prague Castle, Hradcany, Prague, Czech Republic 

Jam Buka: 
1 April – 31 Oktober (summer season): 
* Kompleks Kastil Praha: Setiap hari, Pkl 05.00 – 24.00 
* Bangunan bersejarah: Setiap hari, Pkl 09.00 – 17.00
(Old Royal Palace, "The Story of Prague Castle" exhibition, St. George's Basilica, Golden Lane dan Daliborka Tower, Prague Castle Picture Gallery, Powder Tower, Rosenberg Palace)
* St. Vitus Cathedral: Setiap hari Pkl 09.00 – 17.00
(Khusus hari Minggu buka Pkl 12.00; dan jam masuk terakhir Pkl. 16.40). Info acara khusus: www.katedralasvatehovita.cz
* Exhibition "The Treasure of St. Vitus Cathedral": Setiap hari, Pkl 10.00 – 18.00 
* Exhibition Hall (Prague Castle Riding School, Imperial Stables, Theresian Wing): Setiap hari, Pkl 10.00 – 18.00 
* Prague Castle Gardens: Setiap hari, jamnya bervariasi. Amannya datang antara Pkl. 10.00 – 18.00 
* Gardens on the Bastion: Setiap hari, Pkl. 05.00 – 24.00

1 November – 31 Maret (winter season): 
* Kompleks Kastil Praha: Setiap hari, Pkl 06.00 – 23.00 
* Bangunan bersejarah (Old Royal Palace, "The Story of Prague Castle" exhibition, St. George's Basilica, Golden Lane dan Daliborka Tower, Prague Castle Picture Gallery, Powder Tower, Rosenberg Palace): Setiap hari, Pkl 09.00 – 16.00 
* St. Vitus Cathedral: Setiap hari Pkl 09.00 – 16.00 (Khusus hari Minggu buka Pkl 12.00; dan jam masuk terakhir Pkl. 15.40) 
* Exhibition "The Treasure of St. Vitus Cathedral": Setiap hari, Pkl 10.00 – 17.00 
* Exhibition Hall (Prague Castle Riding School, Imperial Stables, Theresian Wing): Setiap hari, Pkl 10.00 – 18.00 
* Prague Castle Gardens: Tutup. 
* Gardens on the Bastion: Setiap hari, Pkl. 06.00 – 23.00

Mudahnya:
Kompleks Kastil Praha:
1 April – 31 Oktober (musim panas): 05.00-24.00
1 November – 31 Maret (musim dingin): 06.00-23.00

Bangunan Bersejarah (ie. Bangunan yang dibuka interiornya, berbayar):
1 April – 31 Oktober (musim panas): 09.00-17.00
1 November – 31 Maret (musim dingin): 09.00-16.00

State Rooms: 
State Rooms (Ruangan kantor presiden Rep. Ceko): Hanya dibuka untuk wisatawan pada hari Sabtu pertama setelah tanggal 8 Mei setiap tahunnya.

Pergantian Penjaga Kastil Praha
Prague castle changing guards

- Di gerbang kastil, setiap jamnya setiap hari mulai dari Pkl 7.00-20.00 (musim panas) atau 7.00-18.00 (musim dingin) 
- Setiap hari pada pukul 12.00 siang tepat, pergantian penjaga istana juga disertai pawai dan upacara bendera, yang bertempat di courtyard pertama. Karena itu jam 12 menjadi waktu terbaik untuk menyaksikan proses pergantian penjaga Kastil Praha secara komplit. 

Harga tiket masuk Kastil Praha: 
* Masuk ke kompleksnya saja: Gratis (Kecuali ke Golden Lane) 
* St. Vitus Cathedral: Bisa masuk tanpa tiket, tetapi hanya sampai di bawah Western Music Gallery 

Untuk masuk ke interiornya: 
* Prague Castle short visit tour (St. Vitus Cathedral, Old Royal Palace, St. George's Basilica, Golden Lane dan Daliborka Tower): 
Dewasa: 250 crown/koruna 
Senior 65 tahun+: 125 crown/koruna 
Anak-anak/remaja (6 – 16 tahun): 125 crown/koruna 
Keluarga (1-5 anak-anak/remaja usia – 16 tahun + 2 dewasa): 500 crown/koruna

* Prague Castle long visit tour (St. Vitus Cathedral, Old Royal Palace, St. George's Basilica, Golden Lane dan Daliborka Tower, PLUS permanent exhibition "The Story of Prague Castle", Prague Castle Picture Gallery, Powder Tower, dan Rosenberg Palace): 
Dewasa: 350 crown/koruna 
Senior 65 tahun+: 175 crown/koruna 
Anak-anak/remaja (6 – 16 tahun): 175 crown/koruna 
Keluarga (1-5 anak-anak/remaja usia – 16 tahun + 2 dewasa): 700 crown/koruna

* Permanent Exhibition "The Treasure of St. Vitus Cathedral"
Dewasa: 300 crown/koruna 
Senior 65 tahun+: 150 crown/koruna 
Anak-anak/remaja (6 – 16 tahun): 150 crown/koruna 
Keluarga (1-5 anak-anak/remaja usia – 16 tahun + 2 dewasa): 600 crown/koruna

P.S 
1. Tiket berlaku selama 2 hari: hari pembelian dan keesokan harinya 
2. Khusus Jurnalis: Tiket semua tour dan exhibition: 10 crown/koruna saja! 
3. Balita (1 – 5 tahun): Gratis 
4. Mau bayar murah atau gratis? Jadilah jurnalis atau balita! Hehe 
5. Kalau di tempat wisata lain umumnya panduan audio tersedia gratis, di Kastil Paraha harus menyewa seharga 350 crown/koruna (untuk 3 jam) atau 450 koruna (untuk 1 hari). Tersedia dalam bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Rusia, dan Ceko. 
6. Kalau di tempat lain umumnya hanya ada dua option tegas: boleh atau tidak boleh mengambil foto interior. Di kastil praha ada nego: boleh mengambil gambar interior asal bayar izin seharga 50 koruna. Tanpa flash dan tripod, dan tidak boleh di Exhibition “Story of Prague Castle", "The Treasure of St. Vitus Cathedral", dan Prague Castle Picture Gallery.

Di mana beli tiket? 
Tiket di atas bisa dibeli di: Pusat informasi Prague Castle di courtyard 1 atau 2, Prague Castle Picture Gallery, Old Royal Palace, 2 ticket office di Golden Lane, atau di Lobkowicz Palace di St. George Street. 

Transportasi: Bagaimana cara ke Kastil Praha? 
1. Paling mudah: Naik tram jalur 22, turun di pemberhentian Prazsky Hrad, lalu jalan 5 menit untuk sampai di courtyard 2 di Prague Castle
2. Jalan santai menuruni bukit: Naik tram jalur 22, turun di pemberhentian Pohořelec, lalu jalan selama 10 menit untuk sampai di Castle Square.
3. Mendaki tapi bisa melihat pemandangan atap-atap merah: Naik tram jalur 22, turun di pemberhentian Malostranské náměstí/square (Lesser Town Square), lalu belok ke Zámecká street. Setelah 15 meter, belok kiri ke Thunovská street, lalu mendaki New Castle Stairs ke Castle Square.
4. Lebih singkat melewati Old Castle Stairs: Naik metro jalur A (hijau), turun di stasiun Malostranská, ikuti jalur tram 22, setelah 100 m, belok kiri ke Old Castle Stairs, lalu sampai ke gerbang Na Opyši Gate di bagian belakang kompleks Kastil Praha.
5. Melalui Royal Garden (cuma saat musim panas): Naik tram jalur 22, turun di pemberhentian Královský letohrádek, lalu jalan masuk ke Royal Garden melewati Royal Summer Palace. Setelah jalan 15 menitan, akan sampai di Riding School. Untuk masuk ke kompleks utama Prague Castle, belok ke kiri untuk sampai di courtyard 2 Prague Castle.

All articles ©explorerguidebook.blogspot.com


Artikel Terkait:
Charles Bridge: Jembatan Paling Terkenal di Praha
Menawannya Alun-alun Kota Lama di Praha

0 comments:

Post a Comment