Mengagumi Kemegahan St Mark's Basilica di Venice, Italia

0
St Mark's Basilica Venice

St Mark’s Basilica atau Basilica di San Marco adalah gereja paling terkenal di kota Venisia (Venice), Itali. Gereja megah ini terletak di tepi utara alun-alun St Mark's Square dan berdampingan dengan istana Doge’s Palace. St Mark’s Basilica adalah katedral katolik Roma dari distrik keuskupan Venice dan merupakan salah satu contoh termasyhur dari gaya arsitektur Byzantium. Gereja ini terletak di alun-alun di pusat kota Venice dan merupakan salah satu tempat wisata tekenal di Italia.

St Mark’s Basilica dulu adalah sebuah gereja kapel bagian dari Doge’s Palace yang dibangun pada tahun 828. Kapel ini kemudian digantikan dengan gereja baru pada tahun 1832 di tempat St Mark’s Basilica yang sekarang. Gereja baru pun dibakar saat terjadi pemberontakan di Venice tahun 976 dan dibangun kembali dua kali, tahun 978 dan 1063. Seiring meningkatnya kekuatan Republik Venice, basilika baru pun dibangun pada tahun 1094 untuk melambangkan bertambahnya kekuatan dan kekayaan republik ini. Basilika inilah yang kita lihat sekarang sebagai St Mark’s Basilica. St Mark’s Basilica dulu merupakan gereja kapel pribadi pemimpin regional (doge) Venice, tapi sekarang telah menjadi gereja katedral kota Venice sejak tahun 1807 dan menjadi tempat kedudukan kepala uskup Venice.

St Mark’s Basilica dibangun dengan desain campuran antara gaya arsitektur timur dan barat, menghasilkan gaya arsitektur yang unik khas Venice. Karena desainnya yang mewah dan mozaiknya yang bersepuh emas, gereja ini juga disebut Chiesa d’Oro atau “Church of Gold”. Bagian eksterior gereja St Mark’s Basilica juga kaya dengan dekorasi dan hiasan. Dikatakan, setiap kali kapal Venice kembali berlayar dari timur, mereka selalu membawa sesuatu untuk St Mark’s Basilica. Entah itu hiasan, tiang, atau yang lainnya, yang diambil dari bangunan kuno di tempat lain di dunia sehingga semakin memperkaya dekorasi St Mark’s Basilica.

Sisi St Mark’s Basilica yang terlihat dari St Mark Square adalah bagian muka sebelah barat. Secara teknis bagian ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu bawah, atas, dan kubah. Bagian bawah, terdiri dari 5 lengkungan pintu masuk yang mengarah ke serambi gereja. Di atas pintu masuk yang paling besar di bagian tengah, terdapat gambar mozaik bersepuh emas yang menggambarkan “Last Judgment”. Sementara mozaik di atas keempat pintu lainnya menceritakan kisah tentang barang peninggalan Saint Mark.

Di bagian atas St Mark’s Basilica, terdapat mozaik di bawah keempat lengkungannya, sementara dipuncaknya terdapat patung-patung yang mewakili nilai-nilai moral dan juga patung 5 saint. Salah satunya adalah patung St Mark yang berdiri di bagian tengah dengan relief singa bersayap (simbol dirinya) di bawahnya. Di tengah bagian atas ini, terdapat balkon dengan patung kuda Yunani menghadap ke Piazza. Patung-patung ini adalah replika dari yang aslinya yang sekarang disimpan di museum di dalam St Mark’s Basilica. Terakhir, bagian paling atas adalah kubah, dengan hiasan bentuk salib di puncaknya dan menara-menara kecil.

Seperti kebanyakan gereja, layout St Mark’s Basilica juga berbentuk salib, tapi salib Yunani dengan masing-masing tangan salib (transept) terbagi menjadi 3 ruang gereja. Di bagian tangan kiri salib terdapat 3 kapel, yaitu St Peter’s Chapel, St Isidor’s Chapel, dan Mascoli Chapel. Sementara di bagian tangan kanannya, terdapat St Clement’s Chapel dan pintu masuk ke St Mark’s Treasure.

Gereja ini memiliki 5 kubah; 4 kubah di atas setiap sisinya, dan 1 kubah di atas perpotongan garis salib. Kubah bagian tengah dan barat lebih besar ukurannya dibanding 3 kubah di sisi lainnya. Lantainya, terbuat dari marmer dan disusun membentuk pola-pola geometrik dan bentuk binatang. Sementara bagian dinding dan atapnya, dihiasi dengan gambar mozaik bersepuh emas dan batu-batu berharga yang menceritakan kisah-kisah dari kitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Jika ditotal, bagian yang didekorasi ini kurang lebih menutupi area seluas 8000 m2.

Wah benar-benar salah satu hasil karya seni yang mengagumkan! So, ingin melihat dengan mata kepala sendiri kemegahan gereja St Mark’sBasilica di Venice, Italia?

Quick Facts
Di sudut barat daya St Mark’s Basilica juga terdapat patung The Tetrachs yang menggambarkan 4 kaisar yang bekerja sama memerintah kekaisaran Romawi. Jika cukup jeli, kamu akan sadar kalau satu kaki dari salah satu patung tersebut hilang. Ya. Dan tahu dimana ‘kaki’ itu sekarang berada? Dulu ditemukan di dekat Masjid Bodrum, Istanbul Turki dan sekarang masih dipajang di sana. Mungkin kaki ini dulu patah dan tercecer saat dipindahkan dari Konstantinopel.


Alamat St. Mark's Basilica: St. Mark's Square, Venice, Italia


Tempat wisata lain dekat St Mark’s Basilica:

Baca juga:

0 comments:

Post a Comment