Explorer Guidebook

Cari di blog ini

Daftar 10 Tempat Wisata Terpopuler di Itali (Part 1)

0
Berikut saya rangkumkan 10 landmark dan tempat wisata paling populer di Itali yang wajib dikunjungi kalau Anda baru pertama kali ke Itali.

Colosseum Roma Italia

Colosseo atau Colosseum adalah sisa reruntuhan amfiteater yang menjadi salah satu landmark kota Roma. Bangunan ini terletak di tengah kota Roma, Italia, dan berada di sebelah timur Roman Forum, bekas alun-alun yang penuh puing-puing bangunan kuno. Colosseum yang merupakan amfiteater terbesar di dunia, dianggap sebagai hasil karya terbaik dari arsitektur Romawi dan menjadi lambang kekaisaran Roma. Meskipun hanya berupa sisa reruntuhan, Colosseum banyak diminati oleh para turis baik turis lokal maupun mancanegara, dan menjadi salah satu destinasi wisata populer di kota Roma, Italia. Baca artikel lengkap dan sejarahnya di Colosseum: Ikon Bersejarah Kota Roma, Italia.

Alamat: Piazza del Colosseo 1, 00184 Rome, Italy
Transportasi: Bus Hop-on Hop-off (cara praktis keliling Roma)

Roman Forum Italia

Roman Forum, atau bahasa Italianya Fora Romano, adalah sebuah alun-alun (dalam bahasa Itali forum, jamak fora) yang dikelilingi oleh beberapa reruntuhan bangunan pemerintahan kuno. Alun-alun ini terletak di tengah kota Roma, Italia, di antara Palatine Hill dan Capitoline Hill. Baca info lengkapnya di Roman Forum, Kumpulan Puing Bangunan Kuno, Roma

Alamat: Via della Salaria Vecchia 5/6, Rome, Italy

3. Pantheon, Roma
Pantheon Roma Italia
 Photo: Jean-Pol Grandmot
Pantheon adalah bangunan kuil zaman kekaisaran Romawi yang sekarang beralih fungsi menjadi gereja katolik Roma. Gereja ini terletak di tepi Piazza della Rotonda, alun-alun ramai yang terletak di pusat bersejarah kota Roma, tidak jauh dari Piazza Navona. Pantheon memiliki bentuk melingkar dengan atap segitiga dan tiang-tiang tinggi di bagian terasnya yang memberinya bentuk yang khas.

Sebagai contoh terbaik dari bangunan zaman Romawi kuno yang terjaga kelestariannya, Pantheon dengan bentuknya yang khas menjadi model banyak bangunan lain di dunia, baik bangunan lama seperti gereja maupun bangunan modern abad 20an. Lihat saja, saat ini banyak bangunan pemerintah, city hall, perpustakaan umum, universitas, dan bangunan lain yang mirip bentuk Pantheon, terutama bagian terasnya. Bahkan ada beberapa bangunan serupa yang juga dinamai Pantheon, salah satunya adalah Panthéon di Paris. Sebagai salah satu landmark Italia, Pantheon selalu menjadi tujuan wisata utama para turis dan sering menjadi lokasi syutng film, salah satunya adalah film adaptasi dari novel karya Dan Brown, Angels and Demons.

Alamat: Piazza della Rotonda, 00186 Rome, Italy

4. Castel Sant’Angelo, Roma
Castel Sant Angelo Rome Italy
Photo: Government Tourism Office of Italy
Castel Sant’Angelo adalah sebuah kastil kuno yang menjadi salah satu dari banyak bangunan bersejarah di kota Roma, Italia. Kastil berbentuk silindris ini terletak di tepi kanan sungai Tiber dan terhubung dengan sisi seberang sungai melalui Ponte Sant’Angelo, jembatan pejalan kaki dengan patung-patung dan tiang lampu klasik di kedua sisinya. Castel Sant’Angelo dibangun pada abad ke-2 dan awalnya merupakan bangunan makam (mausoleum) untuk kaisar Hadrian. Selama eksistensinya, Castel Sant’Angelo seringkali beralih fungsi, mulai dari mausoleum, bagian dari tembok kota, benteng, tempat tinggal Paus, penjara dan barak militer, dan sekarang menjadi museum nasional. Sebagai salah satu tempat wisata populer di Roma Italia, bangunan ini ramai dikunjungi wisatawan dan sering menjadi lokasi syuting film. Castel Sant’Angelo juga menjadi salah satu lokasi syuting film Angels and Demons di Italia.

Alamat: Lungotevere Castello 50, 00186 Rome, Italy

5. Trevi Fountain, Roma
Trevi Fountain Italia

Trevi Fountain, atau dalam bahasa Italia Fontana di Trevi, adalah kolam air mancur yang terletak di Trevi, Roma, Italia. Dari sekian banyak air mancur di Italia, Trevi Fountain merupakan air mancur bergaya Baroque style yang terbesar di Roma dan merupakan salah satu air mancur paling terkenal di dunia. Air mancur indah ini juga menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di Italia dan sering menjadi lokasi syuting film. Salah satu kegiatan favorit turis yang datang ke Trevi Fountain adalah melempar koin yang terkait cerita mitos yang berkembang di kolam air mancur ini.

Mau tahu apa mitosnya dan bagaimana cara melempar koin yang benar? Baca info selengkapnya di Trevi Fountain Italia dan Mitos Melempar Koin

Alamat: Piazza di Trevi, 00187 Rome, Italy

6. Piazza Navona, Roma
Piazza Navona Roma

Piazza Navona adalah salah satu alun-alun paling indah dan terkenal di kota Roma, Italia. Alun-alun ini terletak di pusat sejarah kota Roma, dan berada di sebelah barat Pantheon. Beberapa fitur yang ada di Piazza Navona yang menandai alun-alun ini adalah obelisk dan sebuah kolam air mancur yang berada di tengah piazza. Air mancur ini adalah salah satu kolam air mancur paling indah dan terkenal di Roma selain Trevi Fountain, dan juga sering muncul dalam film, dua di antaranya adalah film Angels and Demon dan Coins in the Fountain. Selain itu, masih ada dua air mancur lain di Piazza Navona, dan beberapa bangunan berarsitektur indah yang mengelilingi alun-alun ini seperti bangunan gereja dan juga istana. Di Piazza Navona dan area sekitarnya juga terdapat banyak cafe outdoor, restauran, dan klub malam yang membuat alun-alun ini dan kawasan sekitarnya menjadi salah satu kawasan paling 'hidup' di kota Roma.

Alamat: Piazza Navona, 00186 Rome, Italy

7. St. Peter's Basilica dan St. Peter's Square, Vatikan
St Peter's Basilica, Vatican
Photo: © James Martin
St. Peter’s Basilica adalah salah satu gereja terbesar di dunia yang terletak di kota Vatikan, Roma, Italia. Gereja megah ini menjadi salah satu karya paling terkenal dari seni arsitektur renaissance dan merupakan hasil karya dari dua seniman terkenal Italia, yaitu Michelangelo dan Bernini. Meskipun banyak yang mengira status St. Peter’s Basilica sebagai gereja tempat kedudukan Paus atau gereja utama (katedral) kota Roma atau Vatikan, gereja ini bukanlah gereja resmi Paus, bukan katedral kota Roma, bukan juga gereja induk dari gereja katolik Roma. Meskipun demikian, St. Peter’s Basilica memang menjadi gereja utama Paus di mana sebagian besar upacara kepausan diadakan di sini mengingat ukurannya yang besar. St. Peter’s Basilica juga dianggap sebagai salah satu situs paling suci dalam agama Katolik dan terkenal sebagai tempat ziarah atau wisata religi. Meskipun begitu, pengunjung St. Peter’s Basilica tidak terbatas pada para peziarah atau penganut agama Kristen, melainkan juga wisatawan ‘biasa’ yang tertarik dengan sejarah, seni, dan juga arsitektur gereja dengan bangunan yang menakjubkan ini.

Alamat: Piazza San Pietro, 00120 Città del Vaticano, Vatican City


8. Piazza dei Miracoli dan Menara Pisa, Pisa
Piazza dei Miracoli Pisa Tower

Piazza dei Miracoli adalah alun-alun katedral yang terletak di kota Pisa, Tuscany, Itali. Alun-alun ini menyerupai taman yang sebagian tanahnya disemen dan sebagian lagi berumput, dengan bangunan-bangunan indah berwarna putih mendominasi area ini. Piazza ini juga dikelilingi oleh pagar dan bangunan warna-warni menarik lainnya. Terdapat 4 bangunan utama yang mendominasi Piazza dei Miracoli, yaitu Duomo (katedral), Menara Condong Pisa, Baptistery, dan Camposanto. Yang paling terkenal tentu saja adalah Menara Condong Pisa yang seolah sudah menjadi ikon kota Pisa dan menjadikan Piazza dei Miracoli sebagai salah satu tempat wisata terpopuler di Itali. Selain dianggap sebagai salah satu pusat seni abad pertengahan utama di dunia, Piazza dei Miracoli juga masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Baca info selengkapnya di Piazza dei Miracoli dan Menara Condong Pisa, Itali.

Alamat: Piazza dei Miracoli, 56010 Pisa, Italy

St Mark's Square Piazza San Marco Venice

Piazza San Marco atau St. Mark’s Square adalah alun-alun indah yang menjadi pusat kota dan juga pusat wisata di kota air Venice (Venezia), Italia. Alun-alun ini dikelilingi oleh bangunan-bangunan indah yang juga menjadi tempat wisata populer di Venice. Piazza San Marco juga merupakan satu dari sedikit alun-alun di kota besar di Eropa yang mana suara manusia bisa mengalahkan bisingnya lalu lintas kendaraan bermotor. Selain manusia, burung merpati juga ikut andil memadati alun-alun fashionable ini, menciptakan suasana romantis alun-alun khas Eropa. Ingin tahu bangunan-bangunan populer apa saja yang ada di Piazza San Marco? Baca info lengkapnya di Piazza San Marco Venice, Penuh Merpati dan Fashionable.

Alamat: Piazza San Marco, 31024 Venice, Italy

10. Ponte Vecchio, Florence
Ponte Vecchio Florence Italy
Photo: aviewoncites.com
Ponte Vecchio adalah sebuah jembatan yang melintasi sungai Arno di Florence, Italia, yang memiliki bangunan warna-warni di atasnya. Jembatan ini merupakan jembatan tertua di Florence yang sudah ada sejak jaman Romawi. Ponte Vecchio menjadi salah satu dari sedikit jembatan dengan bangunan di atasnya yang masih ada hingga saat ini, yang mana dulu hal ini merupakan sesuatu yang biasa di kota-kota besar di Eropa pada masa abad pertengahan.

Saat ini, Ponte Vecchio menjadi jembatan khusus pejalan kaki yang selalu dipadati oleh para wisatawan, dengan bangunan toko di atasnya yang menjajakan aneka perhiasan, suvenir, hingga karya seni. Para pelukis, musisi, dan seniman jalanan juga turut meramaikan Ponte Vecchio yang menambah atmosfir khas jembatan unik nan cantik ini. Tidak heran Ponte Vecchio menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Florence dan Italia. Di atas bangunan-bangunan di Ponte Vecchio juga terdapat sebuah koridor khusus yang menghubungkan dua istana yang berada di kedua sisi sungai, yaitu Uffizi Palace dan Pitti Palace.

Alamat: Ponte Vecchio, Florence 50125, Italy

Nah anda sudah siap jalan-jalan ke Italia? Jangan lupa booking juga hotelnya lebih awal agar bisa mendapatkan tempat terbaik dan harga termurah. Cek daftar budget hotel dan backpacker hostel murah di: FlorenceMilanRomaVenice, dan Verona. Happy travelling!




Baca juga:
10 Tempat Wisata Terpopuler di Inggris
10 Wisata Terkenal di Paris, Perancis

0 comments:

Post a Comment