Explorer Guidebook

Cari di blog ini

Daftar 10 Tempat Wisata Populer di Italia (Part 2)

3


Sudah baca Daftar 10 Tempat Wisata Populer di Itali (Part 1) tapi masih kurang puas? Masih ingin tahu dan mengunjungi lebih banyak tempat wisata lagi di Itali? Baiklah, berikut ini saya rangkumkan (lagi) 10 tempat wisata populer di Italia (part 2) untuk memuaskan hasrat Anda terhadap Italia dan mengenal lebih dekat negara yang penuh dengan tempat bersejarah ini. Ready? Let's gooo!

1.     Spanish Steps di Spanish Square, Roma
Spanish Steps Flowers MayMeskipun namanya Spanish, tapi tempat ini tidak berada di Spanyol melainkan di Roma, Italia. Spanish Steps adalah sebuah tangga lebar yang menghubungkan Piazza di Spagna (Spanish Square) di bawah dan Piazza dei Monti depan gereja Trinità dei Monti di atas. Tangga ini sangat populer di kalangan turis dan juga warga lokal sebagai tempat kumpul-kumpul dan duduk-duduk sambil bercengkrama dan menikmati suasana alun-alun Piazza di Spagna. Spanish Steps bisa sangat penuh oleh pengunjung saat musim liburan seperti musim panas dan juga bulan Mei saat tangga ini dihias dengan banyak pot bunga Azalea warna-warni. Kombinasi Spanish Steps, gereja Trinità dei Monti dengan menara lonceng kembarnya, dan juga obelisk di depan gereja menciptakan pemandangan yang cantik di Piazza di Spagna. Selain itu, di alun-alun ini juga terdapat sebuah air mancur simple karya Bernini, dan sebuah pilar monumen di alun-alun bagian tenggara.


Piazza del Papolo adalah alun-alun bergaya neo klasik berbentuk oval yang menjadi salah satu alun-alun paling terkenal di kota Roma, Italia. Alun-alun ini dikelilingi oleh sejumlah bangunan bersejarah dan menarik, terhitung ada 3 gereja dengan 2 gereja merupakan gereja kembar, dan 3 bangunan palazzo yang memagari alun-alun ini. Di Piazza del Papolo juga terdapat beberapa struktur dekoratif yang menghias alun-alun, yaitu sebuah obelisk dan 3 buah kolam air mancur. Obelisk ini bersama dua gereja kembar dan 3 jalan di antaranya membentuk pemandangan simetris yang menjadi ciri Piazza del Papolo. Sebagai salah satu tempat wisata paling populer di Roma dan Italia, Piazza del Papolo yang berarti People’s Square/Plaza, sering digunakan sebagai lokasi syuting film, salah satunya adalah film adaptasi novel karya Dan Brown, Angels and DemonsBaca selengkapnya di Piazza del Papolo, Alun-alun di Gerbang Kota Roma

3.     Piazza del Duomo, Milan
Piazza del Duomo Milan
Galleria Vittorio Emanuele II (kiri) dan Milan Cathedral (kanan)
Piazza del Duomo Milan adalah alun-alun katedral sekaligus alun-alun utama kota Milan, Itali. Sejak zaman Romawi, alun-alun ini sudah menjadi jantung kota dan menjadi pusat kehidupan keagamaan di Milan pada masa abad pertengahan. Saat ini, Piazza del Duomo Milan masih menjadi pusat keramaian dan jantung kota Milan, yang selalu menarik para turis dan juga warga lokal untuk mengunjungi alun-alun ini. Piazza del Duomo Milan dikelilingi oleh sejumlah bagunan menarik, salah satunya adalah katedral (duomo) kota Milan yang mendominasi alun-alun ini dengan warnanya yang putih, desainnya yang meriah, dan ukurannya yang besar. Selain Milan Cathedral, bangunan lain seperti gang beratap pusat perbelanjaan Galleria Vittorio Emanuele II, Palazzo Settentrionale, dan Palazzo Meridionale, juga sayang untuk dilewatkan.

Doge's Palace Venice
Doge's Palace di Alun-alun St. Mark's Square
Doge’s Palace (atau dalam bahasa Italia Palazzo Ducale) adalah sebuah istana bergaya Venetian gothic style yang menjadi salah satu landmark utama kota Venezia (Venice). Istana ini terletak di alun-alun indah Piazza San Marco, di tepi danau pinggir laut di kota Venice, Italia. Doge’s Palace dulu adalah istana tempat tinggal penguasa tertinggi Republik Venice (Doge of Venice) dan sekarang istana ini dijadikan museum. Istana ini memiliki gaya arsitektur Venetian gothic style, yaitu perpaduan antara gaya arsitektur gothic dan Byzantium, dengan serambi bertiang yang khas di lantai satu dan dua. Sejak dibuka untuk pengunjung sebagai museum pada tahun 1923, Doge’s Palace menjadi salah satu tempat wisata yang paling ramai dikunjungi di Venice. Apalagi letaknya yang strategis, yaitu berada di pusat kota dan dekat dengan landmark dan tempat-tempat wisata populer lain di Venice seperti St. Mark’s Square dan St.Mark’s Basilica. Baca selengkapnya di Doge's Palace, Istana Landmark Kota Air Venice

St Mark's Basilica Venice
St Mark’s Basilica atau Basilica di San Marco adalah gereja paling terkenal di kota Venisia (Venice), Itali. Gereja megah ini terletak di tepi utara St Mark's Square dan berdampingan dengan Doge’s Palace di Venice, Italia. St Mark’s Basilica adalah katedral katolik Roma dari distrik keuskupan Venice dan merupakan salah satu contoh termasyhur dari gaya arsitektur Byzantium. Gereja ini dibangun dengan desain campuran antara gaya arsitektur timur dan barat, menghasilkan gaya arsitektur unik khas Venice. Karena desainnya yang mewah dan mozaiknya yang bersepuh emas, gereja ini juga disebut Chiesa d’Oro atau “Church of Gold”. Baca selengkapnya di St. Mark's Basilica, Gereja Megah Landmark Venice

6. Uffizi, Florence
Ponte Vecchio, vasari corridor, and uffizi
Kiri ke kanan: Ponte Vecchio, Vasari Corridor, Uffizi
Uffizi Palace atau sekarang disebut Uffizi Gallery (Galleria degli Uffizi) adalah istana bekas kantor administrasi pemerintahan Medici (pemerintah Florence) yang sekarang menjadi museum. Uffizi Gallery, atau biasa disebut Uffizi saja, adalah museum paling terkenal di Florence, dengan koleksi lukisan Renaissance-nya yang terbesar di dunia, termasuk karya-karya para pelukis terkenal seperti Raphael, Rembrandt, Michelangelo, Leonardo Da Vinci, dan Botticelli. Museum ini terletak di pinggir sungai Arno di Florence, tepat di ujung jembatan terkenal, Ponte Vecchio. Uffizi Gallery berbentuk huruf U, dengan 2 galeri panjang yang dihubungkan oleh 1 galeri pendek yang membuka ke arah sungai. Bagian tengahnya membentuk courtyard yang disebut Piazza degli Uffizi. Pada musim panas, piazza ini dipadati oleh pengunjung dan juga seniman jalanan yang menawarkan berbagai pertunjukan dan juga jasa melukis atau menggambar wajah.

7. Pitti Palace dan Boboli Garden, Florence
Pitti Palace and Boboli GardenPalazzo Pitti atau Pitti Palace adalah istana bekas tempat tinggal pemerintah Florence (Medici) yang terletak di Oltarno, di sisi sungai di seberang pusat sejarah kota Florence, Italia. Pitti Palace sekarang menjadi kompleks museum di mana kita bisa melihat interior mewah ruangan royal apartment, lukisan zaman Renaissance dan Baroque, koleksi pakaian zaman kerajaan, kereta kencana, hingga karya seni modern. Bekas istana yang dibangun pada abad 15 ini mempunyai area yang luas, termasuk sebuah area terbuka di depan istana (Piazza dei Pitti), courtyard di bagian dalam, dan juga taman bunga di belakang istana (Boboli Garden). Untuk tiketnya, kita bisa membeli tiket kombinasi yang memberi akses masuk ke museum di Pitti Palace dan juga Boboli Garden.

8. Palazzo Vecchio, Florence
Palazzo Vecchio Florence

Palazzo Vecchio adalah bekas balai kota/city hall Florence yang sekarang menjadi museum. Bangunan khas yang berbentuk mirip seperti sebuah benteng ini merupakan salah satu landmark paling terkenal di Florence, dengan menara loncengya terlihat menonjol di antara bangunan-bangunan lain di area Ponte Vecchio. Palazzo vecchio (Old Palace) dibangun pada awal abad 14 dan sempat memiliki beberapa nama, yaitu Palazzo del Papolo (people’s Palace) dan Palazzo della Signoria. Dan terkait namanya yang ke-2, alun-alun atau area terbuka yang membatasi Palazzo Vecchio hingga kini masih dinamakan Piazza della SignoriaPalazzo Vecchio terletak di pinggir sungai Arno, Florence, dekat dengan Ponte Vecchio, Uffizi Palace, dan Pitti Palace. Dengan membeli tiket masuk, pengunjung bisa berkeliling di bagian dalam Palazzo Vecchio dan melihat interiornya yang indah.

9.     Palace of Caserta, Caserta
Palace of Caserta Itali
Kalau Perancis punya Versailles Palace dan Inggris punya Hampton Court Palace, Italia juga punya istana menakjubkan yang luas, megah, nan indah, yaitu Palace of Caserta. Palace of Caserta adalah istana kerajaan bekas tempat tinggal raja-raja Napoli (Naples) yang terletak di Caserta, Italia bagian selatan. Palace of Caserta, seperti halnya istana-istana lain yang menjadikan Istana Versailles sebagai model (termasuk Hampton Court Palace), memiliki penampakan mirip seperti Istana Versailles dengan gaya arsitektur Baroque style-nya yang repetitif, interior yang mewah dan dihias dengan karya seni tinggi, dan taman istana yang maha luas. Dan dari sekian banyak istana yang terinspirasi Istana Versailles, Palace of Caserta lah yang mempunyai paling banyak kemiripan dengan bangunan Istana Versailles, sementara tamannya, menurut saya bahkan lebih menakjubkan. Istana spektakuler inipun masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO dan sering menjadi lokasi syuting film-film hollywood, beberapa di antaranya adalah Star Wars I dan II, Mission Impossible III, dan Angels and Demons.

10. Juliet’s House and Balcony, Verona
Juliet's Balcony House statue Verona
Salah satu yang identik dengan Italia, khususnya Verona, adalah kisah cinta Romeo dan Juliet. Karena itu, tempat wisata di Verona yang wajib dikunjungi pertama kali adalah Casa di Guiletta atau Juliet’s House. Juliet’s House adalah sebuah mansion milik keluarga Capello yang terletak di Via Capello, di pusat kota Verona, Italia, yang terkenal dengan patung dan balkon Juliet-nya. Rumah ini telah lama menjadi ikon sekaligus salah satu objek wisata paling laris di Verona dan selalu dipadati oleh wisatawan dan pasangan kekasih dari seluruh penjuru dunia. Ingin tahu kenapa rumah ini disebut Juliet’s House dan apakah benar rumah ini memang rumah Juliet? Apa saja mitos dan tradisi yang dilakukan oleh para pengunjung saat datang ke tempat ini? Temukan cerita selengkapnya di artikel Menelusuri Jejak Romeo dan Juliet di Italia. Di sana, bukan sekedar Rumah Juliet, Anda juga akan menemukan rumah Romeo dan makam Juliet!

Gimana cuy, keren-keren kan tempatnya? ;) Jadi, sudah puas sekarang? Apa?? Masih kurang juga? Oh, give me a break!

Artikel Terkait:

3 comments: Leave Your Comments

  1. Indonesia tidak termasuk ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Pulau Tidung, thank you for stopping by and leaving a comment :)

      Termasuk di mana? Di blog ini atau di daftar di atas? :) Kalo di blog, sementara mau konsen ke Eropa dulu.. Indonesia nanti pasti ada. Tapi sepertinya perjalanan masih panjang :D

      Delete
  2. Maklum ya lagi promosi, Indonesia lagi gemar berwisata, hampir disetiap daerah mempromosikan potensinya masing-masing.

    ReplyDelete