7 Tempat Wisata Paling Terkenal di Dunia

11
Tempat wisata terkenal di dunia

Bagi para calon traveler atau traveler pemula, mungkin Anda sering bertanya-tanya: tempat-tempat menakjubkan mana saja sih di dunia yang menjadi tujuan para traveler dunia? Mungkin Anda sudah sering melihat foto-foto tempat wisata terkenal dan indah di dunia, baik melalui media seperti televisi maupun situs-situs foto dan jejaring sosial. Namun karena infonya sangat singkat atau bahkan tanpa keterangan foto sama sekali, Anda jadinya masih sering bertanya-tanya, tempat apa sebenarnya itu dan di mana letak pastinya. 

Apalagi jumlah tempat-tempat wisata itu tidak sedikit dan informasinya sering semrawut dan terpencar di sana-sini. Maunya cari informasi biar lebih clear, malah jadi pusing :p. Karena itu saya di sini sudah buatkan daftar sekaligus rangkuman informasi penting tentang 7 tempat wisata terkenal di dunia yang selalu menjadi tujuan utama para traveler dunia. Pokoknya spesial bagi Anda yang suka melihat segala sesuatunya tersusun rapi, teratur, dan terkumpul dalam satu tempat! 

Tempat-tempat wisata menakjubkan ini sudah sangat populer di kalangan wisatawan dan kebanyakan merupakan situs warisan dunia UNESCO. 

Karena jumlah tempat wisata keren di dunia itu tidak sedikit, saya pilihkan 7 saja yang paling esensial, paling keren, dan paling populer biar Anda tidak merasa overwhelmed ;D. Tempat-tempat lainnya akan menyusul dalam berbagai versi dan kategori :p, jadi ditunggu ya. 

Oh iya, kalau infonya masih kepanjangan dan membuat Anda overwhelmed, percayalah, itu adalah informasi penting yang perlu Anda tahu :)). Saya bisa saja menyingkatnya, make it easy for me and easy for you (for now), tapi nanti Anda masih perlu bersakit-sakit. Mending bersakit-sakit dahulu. Lagipula kalau terlalu singkat nanti juice-nya malah hilang, kan nggak seger jadinya (ngomong apa sih nih orang??). Oke deh, enough talking. Ini dia 7 Tempat Wisata Terkenal di Dunia yang menjadi tujuan para traveler. Check it out!

Piramida Giza Mesir Tempat Wisata terkenal di dunia
Piramida Giza di Mesir
Piramida Mesir adalah bangunan batu berbentuk piramida raksasa yang terletak di sejumlah tempat di Mesir. Pada tahun 2008, total tercatat ada 138 piramida yang ditemukan di Mesir dan sebagian besar dibangun sebagai makam raja Mesir kuno dan permaisurinya. Disebut-sebut, untuk membangun piramida-piramida raksasa ini dibutuhkan ribuan hingga ratusan ribu pekerja. Piramida-piramida ini juga dibangun dengan berbagai ukuran dan saat ditemukan, kondisinya pun berbeda-beda. Ada yang masih terlihat cukup utuh, ada yang rusak parah, dan banyak juga yang berbentuk seperti gunungan saja, tidak persis seperti piramida. 

Salah satu kompleks piramida Mesir yang paling terkenal dan identik sebagai ikon Mesir adalah kompleks piramida Giza yang terletak di Giza, di pinggiran kota Kairo, Mesir. Di kompleks inilah juga terdapat Great Pyramid of Giza (Piramida Khufu) yang dikenal sebagai 1 dari 7 keajaiban dunia kuno dan satu-satunya tempat dalam daftar tersebut yang masih ada hingga sekarang. Piramida Besar Giza adalah piramida tertua sekaligus terbesar di kompleks piramida Giza dengan tinggi 146,5 m. 

Selain Piramida Khufu, ada 2 piramida besar lain yaitu Piramida Khafre dan Piramida Menkaure; serta 3 piramida ‘kecil’ yang menjadi bagian dari Piramida Menkaure yang disebut dengan Queen’s Pyramids. Dari 3 piramida besar di Giza, hanya Piramida Khafre yang masih memiliki lapisan batu kapur di dindingnya, meskipun hanya tinggal di bagian puncak. Sisanya, seperti pada piramida lain, berupa dinding yang berundak-undak seperti tangga, yang mana dulu dinding ini tertutup oleh lapisan batu kapur sehingga permukaannya menjadi rata dan halus. Piramida Khafre (yang aslinya lebih kecil) juga terlihat lebih besar dibanding Piramida Khufu karena dibangun di lokasi yang lebih tinggi dan dindingnya lebih curam (sudut puncak lebih kecil).

Selain piramida, di kompleks Giza ini juga terdapat Great Sphinx (patung singa berkepala manusia yang juga menjadi ikon Mesir), dan sejumlah bangunan peninggalan Mesir kuno lain seperti kuil dan makam, karena itu area ini juga disebut sebagai Giza Necropolis. Kompleks piramida Giza telah lama menjadi salah satu tempat wisata populer di Mesir dan juga menjadi tujuan wisata traveler dunia. Selain mengaguminya dari luar, wisatawan juga bisa masuk ke dalam piramida, khususnya Great Pyramid atau Piramida Khufu! Wow kapan lagi bisa merasakan pengalaman masuk ke bangunan kuno raksasa yang usianya sudah ribuan tahun.

Bagi yang penasaran seperti apa bagian dalam Piramida Mesir yang penuh misteri ini, jangan sampai lewatkan kesempatan ini jika berkunjung ke Mesir. Bagi yang ingin melihat lebih banyak Piramida Mesir, mungkin Anda juga ingin melihat Red Pyramid yang ada di Dahshur. Lokasi ini merupakan salah satu lokasi piramida Mesir paling penting selain Giza. Dan Red Pyramid juga merupakan piramida Mesir terbesar ke-3 setelah Piramida Khufu dan Khafre di Giza. Ada tertarik ke Piramida Giza? Lihat Tur Piramida Giza yang tersedia di sini).

Tembok besar cina Tempat Wisata terkenal di dunia
Tembok Besar China ramai wisatawan
Great Wall of China atau Tembok Besar Cina adalah serangkaian tembok pertahanan yang dibangun pada masa kekaisaran Cina untuk melindungi negara dari serangan musuh atau gangguan dari para kelompok pengembara. Tembok Besar Cina dibangun pada dinasti yang berbeda, dan yang paling tua adalah buatan abad ke-7 sebelum Masehi. Sebagian besar tembok besar Cina yang masih ada hingga sekarang adalah yang dibangun kembali pada masa dinasti Ming. Tembok Raksasa Cina memiliki panjang hingga 21.196 km dan membentang dari timur ke barat, mulai dari Shanhaiguan hingga Lop Lake. Tak ayal, bangunan menakjubkan inipun ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1987. 

Meskipun demikian, dengan panjangnya yang mencapai hingga puluhan ribu kilometer, tidak semua bagian Tembok Besar Cina dalam kondisi baik dan sering dikunjungi atau ditelusuri oleh wisatawan (Ada nggak ya yang pernah menelusuri Tembok Besar Cina dari awal sampai akhir? Kayaknya dulu pernah dengar :/). Di banyak tempat misalnya yang jauh dari kawasan turis, banyak bagian Tembok Besar Cina yang rusak dan tak terawat. 

Sementara di spot-spot yang biasa dikunjungi wisatawan (sebagian besar berada di Beijing), temboknya dalam keadaan baik, terawat, dan sering direnovasi. Jadi wisatawan ‘reguler’ hanya akan melihat bagian-bagian Tembok besar Cina yang bagus-bagus saja :D. Tapi memang itu kan tujuan berwisata, melihat tempat yang indah :p. Selain temboknya sendiri yang mengular, menanjak, dan menurun, pemandangan berbukit di sekeliling spot-spot ini juga sangat menakjubkan. Beberapa bagian Tembok Besar Cina yang biasa dikunjungi turis adalah Juyongguan pass (Badaling), Jinshaling, Jiayuguan, dan Shanhaiguan. (Lihat Trip ke Tembok Besar Cina di sini)

Machu Picchu Tempat Wisata terkenal di dunia
Pemandangan menakjubkan dari Machu Picchu
Machu Picchu di Peru adalah sebuah situs peninggalan kerajaan Inca dari abad 15 yang berada di atas gunung Machu Picchu setinggi 2.430 m di atas permukaan laut. Tempat ini terletak di distrik Machupicchu, dekat kota Aguas Calientes, provinsi Urubamba, Cusco, Peru (Amerika Selatan) dan sering disebut sebagai ‘kota Inca yang hilang’. Meskipun telah lama diketahui keberadaannya oleh warga lokal, situs ini baru mendapat perhatian dunia internasional pada tahun 1911 setelah sejarahwan sekaligus dosen Universitas Yale (USA) memperkenalkannya pada dunia luar. 

Sejak saat itu, Machu Picchu menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di Peru dan juga di dunia. Untuk mendukung hal ini, berbagai usaha pembangunan kembali dan restorasipun telah dilakukan dan masih berlangsung hingga kini. Pada tahun 1976, sebanyak 30% bangunan di Machu Picchu telah selesai dipugar. Dan pada tahun 1983, situs inipun ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO dan dikenal sebagai ikon dari peradaban Inca. 

Secara garis besar, tata letak situs Machu Picchu terbagi menjadi area perkotaan dan sektor pertanian, dan juga kota atas dan kota bawah. Kurang lebih terdapat 200 bangunan di area ini, yang dibangun dengan batu dan tersusun di teras-teras bertingkat mengikuti topografi alami tanah pegunungan. Dari banyak puing-puing ini, ada 3 bangunan yang paling terkenal yaitu Intihuatana, Temple of the Sun, dan Room of the Three Windows

Selain situsnya sendiri yang mengagumkah, lokasinya yang berada di atas puncak gunung juga memberikan pemandangan yang wow, yang terdiri dari punggung-pungung pegunungan yang terjal, lembah yang dalam, dan juga aliran sungai Urubamba river yang terlihat berkelok-kelok jauh di dasar lembah. Pantaslah jika Machu Picchu menjadi tempat impian setiap traveler, yang harus dikunjungi setidaknya satu kali seumur hidup :). Machu Picchu juga salah satu destinasi impian Anda? Anda bisa ikut trip ke Machu Picchu di sini.

Tempat Wisata terkenal di dunia
Taj Mahal, India...
Taj Mahal di India adalah sebuah bangunan makam megah berwarna putih yang terletak di tepi sungai Yamuna, Agra, Uttar Pradesh, India. Bangunan ini dibangun pada tahun 1632 oleh Kaisar Shah Jahan untuk mengenang istri ketiganya, Mumtaz Mahal, yang meninggal dunia saat melahirkan. Karena itu, Taj Mahal juga sering dikatakan dibangun atas inspirari kisah cinta mereka berdua dan dianggap sebagai simbol cinta. Taj Mahal didesain oleh sejumlah arsitek Muslim dan untuk membangunnya diperlukan waktu hingga 21 tahun dengan mempekerjakan ribuan tenaga ahli. Taj Mahal memiliki gaya arsitektur Mughal, yaitu perpaduan antara gaya arsitektur India dan Persia, dan dianggap sebagai contoh terbaik dari gaya arsitektur ini. 

Selain diakui sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO, bangunan ikonik ini juga dianggap sebagai permata dari seni arsitektur Islam di India, dan dikagumi oleh dunia internasional sebagai salah satu karya agung atau masterpiece. Selain bangunan utama Taj Mahal yang berisi makam, kompleks Taj Mahal juga memiliki bangunan lain yang berada di area kompleks taman yang luas, yaitu sebuah gerbang utama, sebuah masjid, dan satu bangunan lain yang disebut Jawab. Nah, tertarik ke Taj Mahal? Anda bisa ikut Trip ke Taj Mahal sekaligus Agra Fort yang ini.

Cappadocia Turki Tempat Wisata terkenal di dunia
Bangunan batu alami di Cappadocia, Turki
Cappadocia adalah wilayah bersejarah di Turki bagian Asia yang memiliki banyak keistimewaan, baik dari segi budaya, sejarah, maupun geologis. Wilayah ini terletak di dataran tinggi dan memiliki relief tanah bergunung-gunung dan berlembah dengan kontur yang unik. Cappadocia merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Turki dan juga dunia, dan terkenal dengan situs batunya yang luas dan unik, khususnya menara dan rumah-rumah batu kuno yang seperti berasal dari negeri dongeng. 

Beberapa kota yang menjadi pusat wisata di Cappadocia adalah Goreme, Urgup, Ihlara Valley, Selime, Guzelyurt, Uchisar, Avanos dan Zelve. Di kota-kota ini pengunjung bisa melihat banyak bangunan, rumah, dan juga gua yang terbuat dari batu utuh yang dilubangi. Bahkan wisatawan juga bisa merasakan tinggal di dalam bangunan unik ini dengan menginap di hotel gua dan rumah-rumah batu yang ada di kota Derinkuyu, Urgup, Guzelyurt, dan Uchisar. Bagi yang ingin melihat kota bawah tanah yang mengagumkan, Cappadocia juga memiliki sejumlah kota bawah tanah, diantaranya yang terkenal adalah Kaymakli, Derinkuyu, Gaziemir and Ozkanak. 

Naik balon udara di Cappadocia Turki juga sangat populer di kalangan wisatawan. Mengingat wilayah Cappadocia yang luas, naik balon udara ini bisa sangat membantu Anda untuk melihat area ini secara keseluruhan dan mendapatkan gambaran utuh tentang Cappadocia. Namun jika ingin melihat bangunan batu serta kontur lembahnya secara dekat, Anda lebih baik mengunjungi situsnya secara langsung, dan konsentrasi pada satu tempat untuk dieksplor lebih mendalam. Karena itu menurut saya naik balon udara di atas Cappadocia ini bukan alternatif, melainkan ekstra. Jadi kunjungan daratnya tetap wajib :D. Trekking atau menyusuri Cappadocia bisa Anda nikmati di Goreme, Urgup, Ihlara Valley, dan Monastery Valley (Guzelyurt). Untuk menuju Cappadocia anda bisa ikut Trip ke Cappadocia dari Istanbul.

Mau lihat Hagia Sophia dan Blue Mosque juga? Kalau begitu baca yang ini.

Tempat Wisata terkenal di dunia Stonehenge Inggris
Stonehenge ramai dikunjungi wisatawan dan grup tour
Stonehenge adalah monumen pra sejarah yang berupa batu raksasa yang berdiri melingkar, yang terletak di Wiltshire, Inggris, sekitar 13 km utara Salisbury. Situs ini berada di tengah kompleks monumen neolitik dan zaman perunggu paling padat di Inggris, dan terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO bersama situs-sitis lain di sekitarnya. Karena dibangun pada masa peradaban yang tidak meninggalkan catatan tertulis, Stonehenge hingga kini masih menyimpan banyak misteri yang belum terungkap. Banyak aspek dari monumen ini yang masih tak jelas dan menjadi bahan perdebatan hingga sekarang. Seperti kapan Stonehenge dibangun, untuk apa, dan bagaimana tekniknya. 

Berbagai teoripun telah banyak dikemukakan namun masih simpang siur dan belum terbukti jelas kebenarannya. Para Arkeolog mempercayai bahwa Stonehenge dibangun antara tahun 3000-2000 SM. Mengenai fungsinya, ada yang mengatakan sebagai tempat pemakaman, ada yang mengatakan sebagai tempat menyembah leluhur, ada juga yang berteori sebagai tempat penyembuhan. Dan dengan batu hingga setinggi 7 meter an, teknik pengangkutan dan pembangunan Stonehenge juga masih menjadi misteri. Hmm... kuno dan penuh misteri. Anda tertarik mengunjungi Stonehenge yang cool dan misterius ini? :3. Anda bisa ikut day trip ke Stonehenge dari London.

patung Moai chili Tempat Wisata terkenal di dunia
Deretan Patung Moai
Masih tentang batu-batuan, di sebuah pulau kecil di Chili, Amerika Selatan, juga terdapat banyak patung batu kuno yang unik yang disebuat Moai. Moai adalah patung batu monolitik yang terletak di Easter Island, Chili. Patung-patung menyerupai manusia ini dipahat oleh orang Rapa Nui (penghuni Easter Island) antara tahun 1250-1500, dan dibuat untuk menggambarkan leluhur mereka. Terdapat sekitar 887 patung Moai di pulau ini dan tersebar bergerombol di sejumlah titik di tepi pulau dekat pantai. 

Rata-rata patung-patung ini berbaris menghadap daratan dan membelakangi pantai, dan ditempatkan di atas plat batu yang tinggi yang disebut ahu. Tinggi dan berat patung Moai bervariasi. Namun rata-rata setinggi 4 m dengan berat sekitar 13 ton. Yang paling tinggi adalah moai Paro dengan tinggi 10 m dan berat mencapai 82 ton. Sementara yang paling berat adalah 86 ton meskipun ukurannya lebih pendek. Patung moai di Chili merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO dan menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di dunia meskipun letaknya agak terpencil. Karena letaknya yang cukup terisolir, umumnya hanya traveler yang memang punya minat dan tekad kuat yang mau bersusah-susah ke sini, dan juga para traveler yang adventurous. Anda merasa punya jiwa petualang? :D. Kalau begitu anda mungkin tertarik ikut trip ke Easter Island ini.

Demikian 7 Tempat Wisata Paling Terkenal di Dunia. Jangan lewatkan juga 7 Tempat Wisata Paling Terkenal di Turki (Part 1) dan 10 Tempat Wisata Paling Terkenal di Inggris. Sampai jumpa di artikel tempat wisata terkenal selanjutnya.

All articles © explorerguidebook.blogspot.com

11 comments: Leave Your Comments

  1. Replies
    1. Ya.. Tolong dikasih link hidup langsung ke artikel ini. Makasih sudah mampir :)

      Delete
  2. izin copy dong buat bahan blog aku

    ReplyDelete
  3. wahh, memang sangat bagus gan, tempat wisatanya! informasi nya juga sangat lengkap sekali....salam sukses selalu!!!!!

    ReplyDelete
  4. menakjubkan.... orang dulu hebat2.... bikin sesuatu sampai sekarang bisa bertahan lama...

    ReplyDelete
  5. Keren... jadi pengen ke sana... apalagi wisata di kebun Bunga Cihideung,, kalo sama pacar ke sana kayaknya romantis deh... tapi jauh banget :( kapan ya aku bisa wisata ke luar pulau bali

    ReplyDelete
  6. tempat wista di indonesia emang bagus bagus jadi pengen keliling indonesia deh. abis kliling indonesia abis itu keliling luar negeri nikmatin tempat wisatanya yang memanjakan mata

    terimakasih informasinya

    ReplyDelete
  7. keren2 tempatnya gan penjelasannya juga menarik

    http://www.toyota.astra.co.id/connect/news/article/komunitas-toyota-agya-kpdar-sambil-rawat-mobil-kesayangan/

    ReplyDelete
  8. nice place gan penjelasannya juga dapet banget

    http://www.toyota.astra.co.id/connect/news/article/pakai-mesin-2-700-cc-toyota-all-new-kijang-innova-makin-sempurna/

    ReplyDelete