Explorer Guidebook

Cari di blog ini

Menyambangi Plaza Mayor di Madrid, Spanyol

1
Alun-alun plaza mayor madrid spanyol

Plaza Mayor adalah alun-alun berbentuk persegi panjang yang terletak di pusat kota Madrid, Spanyol. Alun-alun ini merupakan salah satu alun-alun paling terkenal di Madrid dan sangat populer di kalangan wisatawan dan juga warga lokal. Salah satu ciri khas paling menonjol dari Plaza Mayor adalah adanya 1 set bangunan berwarna merah bata yang mengelilingnya, persis seperti alun-alun Place des Vosges di Paris.

Rata-rata bangunan di tepi alun-alun Plaza Mayor memiliki arsitektur serupa dan terdiri dari 4 tingkat. Lantai pertama ditempati oleh cafe dan pertokoan, sementara 3 tingkat sisanya merupakan bangunan tempat tinggal, apartemen, dan hotel. Jika dihitung, total terdapat 237 balkon yang menghadap ke Plaza Mayor. Wow!

Plaza Mayor sendiri dulunya adalah area pasar pada abad pertengahan. Tempat ini kemudian mulai diubah menjadi alun-alun pada tahun 1617 pada masa pemerintahan Raja Philip III. Meskipun begitu, Plaza Mayor yang bisa kita lihat sekarang adalah hasil pembangunan ulang pada tahun 1790, setelah alun-alun ini mengalami kerusakan berat akibat beberapa kali dilanda kebakaran hebat. Desainernya sendiri adalah arsitek Juan de Villanueva yang berkebangsaan Spanyol.

Sejak dulu, Plaza Mayor di Madrid sudah menjadi pusat keramaian dan tempat digelarnya berbagai event seperti adu banteng, pertandingan sepak bola, pasar, penobatan raja, hingga eksekusi publik. Saat ini, Christmas Market menjelang Natal dan juga perayaan San Idiro (santo pelindung kota Madrid) juga digelar di alun-alun luas berukuran 129 m × 94 m ini. Plaza Mayor juga sering menjadi starting point dan tempat berkumpulnya wisatawan sebelum menjelajah kota Madrid. Apalagi di alun-alun ini juga terdapat Madrid Tourist Information Center dan ada banyak guide-guide yang berkeliaran cari mangsa, eh customer, di sini :D.

Selain jalan-jalan dan duduk-duduk, di Plaza Mayor wisatawan juga bisa bersantai di banyak cafe teras dan cafe outdoor yang ada di tepinya. Pada tengah hari, suasana Plaza Mayor bisa sangat ramai, saat banyak orang makan siang di cafe dan juga turis yang lalu lalang. Suasana di Plaza Mayor berubah temaram ketika petang datang, saat lampu-lampu mulai menyala dan banyak cafe bersiap-siap menyambut warga Madrid dan pengunjung yang ingin minum atau makan malam sambil duduk-duduk menikmati suasana kota Madrid di malam hari. 

Alamat: Plaza Mayor, Madrid
Transportasi ke Plaza Mayor:
Metro. Stasiun metro terdekat: 
Sol station (line/jalur 1, 2, dan 3)
Opera station (jalur 2, 5, dan R)
Biaya masuk: Gratis

1 comment: Leave Your Comments