Explorer Guidebook

Cari di blog ini

Mengunjungi Istana Royal Palace di Madrid, Spanyol

0
Istana Royal Palace di Madrid Spanyol

Jika Inggris punya Istana Buckingham, maka Spanyol punya Palacio Real. Royal Palace of Madrid atau Palacio Real adalah istana tempat tinggal resmi keluarga kerajaan Spanyol di Madrid. (Spanyol juga punya raja dan royal family lho, bukan cuma Inggris :D). Istana ini terletak di pusat kota Madrid bagian barat, tidak jauh dari Plaza de España. Meskipun berstatus official residence, saat ini Palacio Real tidak benar-benar ditinggali oleh keluarga kerajaan Spanyol, namun hanya menjadi tempat diadakannya acara resepsi dan upacara resmi kenegaraan. Raja Juan Carlos dan keluarganya memilih tinggal di istana yang lebih sederhana, yaitu Palacio de la Zarzuela yang terletak di pinggiran kota Madrid. 

Royal Palace di Madrid mulai dibangun pada tahun 1938 dengan desain agak mirip Istana Versailles di Perancis (lagi-lagi). Desainernya adalah arsitek Italia Juan Bautista Sachetti, dan pembangunanannya membutuhkan waktu hingga 26 tahun (sampai 3 kali pergantian raja). Tak hanya cukup sampai di situ, istana megah nan luas ini masih membutuhkan 100 tahun lagi sampai semua dekorasi ruangannya selesai.

Total terdapat 3.418 ruangan di Royal Palace of Madrid namun hanya 50an yang dibuka untuk wisatawan. Sementara luas area lantainya mencapai 135.000 m2 yang menjadikannya sebagai istana terluas di Eropa dari segi luas lantainya. Dengan arsitektur dan dekorasinya yang megah dan mewah, Palacio Real juga merupakan salah satu istana paling indah di Eropa. Tak heran jika istana ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Madrid yang paling terkenal.

Dengan membeli tiket masuk, wisatawan bisa melihat interior sejumlah ruangan mewah di istana Palacio Real di antaranya adalah State Dining RoomPorcelain Room (Sala de Pocelana), dan Throne Room (El Salón del Trono). La Real Arméria atau Royal Army Museum di sayap barat istana juga sayang jika Anda lewatkan.

Selain bangunan istana, pengunjung juga bisa menikmati keindahan bagian lain di kompleks Palacio Real seperti halaman luas Plaza de la Armería di depan istana, taman cantik Campo del Moro dan Sabbatini Gardens, serta Plaza de Oriente (di sebelah timur) dengan taman dan deretan patung 44 raja Spanyol. Oleh karena itu pastikan anda meluangkan waktu untuk berkeliling Palacio Real di keempat sisinya dan pastikan tak ada satupun spot cantik yang terlewat :)

Alamat Palacio Real: Bailén Street, 6, 28071 Madrid
Jam Buka: Setiap hari, sepanjang tahun 
Winter (Oktober - Maret): Pkl 10.00 – 18.00 
Summer (April - September): Pkl 10.00 – 20.00
Harga Tiket: Dewasa 10 €
Transportasi: 
Metro. Stasiun metro terdekat: Ópera station (line 2, 5, dan R)
Bus: líne 3, 25, 39, 148
Kereta Cercanías: Principe Pio station
Palacio Real website: www.patrimonionacional.es

0 comments:

Post a Comment