Explorer Guidebook

Menelusuri Lorong-lorong Gelap di Katakombe, Paris

5
makam katakombe di Paris

Pernah dengar tentang Catacomb atau Katakombe di Paris? Sempat dengar ada suatu tempat di Paris yang digunakan khusus untuk menyimpan jutaaan tulang belulang manusia? Terdengar mengerikan ya? Siapa sangka, Paris, yang dijuluki dengan Kota Cinta dan Kota Cahaya, dan selalu identik dengan romantisme, cinta, dan keindahan ternyata menyimpan tempat gelap dan mengerikan di balik permukaannya yang gemerlap? Hmm... Kira-kira kenapa ya, ada jutaan tulang belulang manusia dimakamkan dalam satu tempat? Dulu ada pembantaian masal kah? Atau ada wabah penyakit yang memusnahkan seluruh warga kota Paris pada suatu waktu? Hmmm... mengerikan, misterius, dan bikin penasaran. Ssstt... Silahkan baca selengkapnya jika anda ingin menguak tabir misteri Makam Katakombe di Paris ini dan bahkan melihatnya secara langsung!

Hahaha. Cukup cukup musik horornya *matikan backsound*. Pembukaannya cukup menegangkan ya? :D *soktau*. Tapi Catacomb di Paris tidak yang seperti anda curigai kok :p. Tulang-tulang tersebut bukan berasal dari korban pembantaian masal ataupun wabah penyakit, tapi sekedar tempat penyimpanan sisa-sisa jenasah yang berasal dari makam-makam di Paris.

Ya. Catacombs of Paris atau Catacombes de Paris adalah tempat pemakaman bawah tanah atau ossuary yang ada di Paris, Perancis. Tempat penyimpanan tulang-tulang sisa jenazah ini menempati sebagian kecil bekas gua dan terowongan pertambangan batu yang telah direnovasi. Terowongan pertambangannya sendiri mencapai ratusan kilometer panjangnya, dan dari yang digunakan sebagai Catacomb pun, cuma sebagian yang dibuka untuk wisatawan, yaitu sekitar 2 km. Catacomb Paris berisi tulang belulang dari sekitar 6 juta orang jenazah, yang dulunya berasal dari semua makam di seluruh kota Paris, yang dipindahkan ke sini dari tahun 1786 sampai 1788. 

Pemindahan sisa-sisa jenazah ke Katakombe Paris dulunya dilakukan sebagai solusi atas terlalu padat dan jenuhnya tanah pemakaman di tengah kota Paris yang kebanyakan ada di bawah atau sekitar bangunan gereja. Sehingga kemudian makam-makam tersebut digali, dan jenazah yang masih tersisa di dalamnya yang berupa tulang belulang dipindahkan ke Catacomb. Dan setelah itu, kota Parispun menyediakan areal pemakaman baru yang semuanya berada di pinggiran kota Paris, dua di antaranya adalah Père Lachaise Cemetery dan Montmartre Cemetery, yang juga menjadi daya tarik wisata tersendiri.

Jika anda sempat berkunjung ke Katakombe di Paris, di dalamnya anda bisa melihat tumpukan tulang-tulang yang tersusun padat dan rapi. Dari tulang-tulang ini tak sedikit yang disusun membentuk hiasan yang semuanya terbuat dari rangkaian tulang belulang manusia. Sejak dibuka pada tahun 1874, Catacombes de Paris tak hanya menjadi salah satu atraksi wisata yang menarik (dan menyeramkan) namun juga menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di Paris

Anda tertarik menelusuri lorong-lorong bawah tanah nan gelap dan penuh dengan tulang belulang manusia di Catacombe, Paris? *setelbacksoundlagi*


Alamat Catacombes de Paris: 1, avenue du Colonel Henri Rol-Tanguy (place Denfert-Rochereau), 75014 Paris

Transportasi: 
Métro, RER B : Denfert-Rochereau station
Bus : jalur/line 38, 68 
Vélib station : 2, avenue René Coty
Jam Buka:
Selasa – Minggu, Pkl 10.00-17.00 (terakhir masuk pkl 16.00, Senin dan hari libur nasional tutup)
Harga Tiket: 
Dewasa (> 26 tahun): 10 €
14 – 26 tahun: 8 €
< 13 tahun: Gratis
Sewa audio guide (dalam bahasa Inggris, Perancis, atau Spanyol): 3 €
Tiket dibeli langsung di tempat.

Artikel Terkait:
10 Tempat Wisata Paling Terkenal di Paris
Panduan ke Disneyland Paris

5 comments: Leave Your Comments

  1. Waduh, ngeri banget tempatnya...
    Hm tapi jadi penasaran juga pengen liat seperti apa (duh plin plan dah haha).
    Thanks infonya! :D

    ReplyDelete
  2. Setiap tulang belulang di tempat ini tentu mempunyai sejarah dan cerita hidup pemiliknya. Tidak ada lagi derajat dan apapun yang membedakan antar setiap manusia ketika sudah menjadi tulang. Itulah pelajaran yang saya dapat dari tempat wisata horor ini.

    ReplyDelete
  3. Ada film horror yang konsepnya diangkat dari katakombe ini, kalo ga salah judulnya 'as above, so below' beneran deh serem parah sampe teriak teriak nontonnya :D

    ReplyDelete