Explorer Guidebook

Cari di blog ini

Ini Dia Menara Misterius yang Mengapung di Tengah Selat Bosporus, Istanbul, Turki!

1
menara maiden's tower si selat bosphorus tempat syuting cinta di musim cherry di istanbul turki

Selain Hagia Sophia dan Masjid Biru, Istanbul, Turki, juga masih memiliki satu lagi bangunan ikonik yang juga menjadi landmark dan juga tempat wisata terkenal di kota 2 benua ini. Tapi bangunan yang berupa menara ini tidak berada di daratan loh, melainkan mengapung sendirian di tengah laut! Penasaran? Baca selengkapnya.

Ya, namanya adalah menara Maiden's Tower atau dalam bahasa Turki disebut Kiz Kulesi. Maiden's Tower adalah sebuah bangunan menara yang terletak di sebuah pulau kecil di tengah selat Bosporus, Istanbul, Turki, tepatnya 200 m dari bibir pantai kawasan Salacak, sebelah barat distrik Üsküdar,  kota Istanbul sisi Asia. 

Maiden's Tower menara di tengah laut selat bosporus Istanbul Turki

Sejarah pembangunan menara Maiden's Tower dimulai sejak abad ke-5 SM saat sebuah menara pertama kali dibangun  di sini oleh seorang jenderal Athena sebagai menara pengawas. Selama kekuasaan kekaisaran Ottoman, menara ini kemudian dialihfungsikan menjadi mercusuar, dan sejak tahun 1998 hingga saat ini, bangunan yang sekarang bisa kita lihat dibuka menjadi restauran di lantai dasarnya dan terdapat cafe di puncak menara.

Maiden's Tower menara di tengah laut selat bosporus Istanbul Turki

Maiden's Tower menara di tengah laut selat bosporus Istanbul Turki

Karena 'pulau' tempat Maiden's Tower sangatlah kecil, dan permukaannya bisa dibilang datar, dan tidak ada pepohonan atau bangunan mencolok lain, menara Maiden's Tower menjadi satu-satunya bangunan yang mencolok, dan tampak mengapung di antara pemandangan selat bosporus di sekitarnya. Dijamin akan menarik perhatian siapa saja yang melewatinya, terutama mereka yang berlayar dengan kapal cruise menyusuri selat Bosporus. 

Maiden's Tower menara di tengah laut selat bosporus Istanbul Turki

Maka tak heran, dengan bentuknya yang unik dan mencolok, Maiden's Tower pun menjadi salah satu landmark dan tempat wisata terkenal di Turki, dan sangat sering muncul di pemandangan langit kota Turki dalam banyak film dan drama, baik lokal maupun internasional. Terhitung sudah ada beberapa film yang menggunakan Maiden's Tower sebagai salah satu lokasi syutingnya, yaitu drama Cinta di Musim Cherry, drama Kurtlar Vadisi, dan film James Bond: The World Is Not Enough dan From Russia with Love. Dalam drama di Cinta di Musim Cherry juga sering muncul tempat-tempat terkenal lain di Istanbul seperti Galata Tower, Galata Bridge, dan masjid-masjid terkenal di Istanbul sebagai latar belakang pemandangan.

Maiden's Tower menara di tengah laut selat bosporus Istanbul Turki

Keren yah? Mau lihat menara Maiden's Tower lebih dekat? Bisa banget.

Untuk menuju ke Maiden's Tower, Anda bisa naik perahu dari Kabataş (Istanbul sisi Eropa) ke Uskudar, atau langsung dari Salacak (sisi Asia). Jika dari Kabatas, Anda bisa naik kapal ferry ke Uskudar, kemudian jalan ke arah barat sepanjang tepi pantai ke arah Maiden's Tower (15 menit jalan kaki). Setelah sampai di dekat menara, tunggu perahu shuttle berikutnya ke Maiden's Tower. Perahu berlayar tiap 15 menit sekali. Setiap malam musim panas, dari Kabatas juga ada layanan perahu khusus ke Maiden's Tower (Kiz Kulesi) antara pkl. 8.00-9.15. Gratis.

Maiden's Tower menara di tengah laut selat bosporus Istanbul Turki

1 comment: Leave Your Comments