Pages

4 Transportasi dari Bandara Incheon ke Pusat Kota Seoul, Korea Selatan

1

Setiap orang yang mengunjungi ibukota Korea Selatan, yaitu Seoul, dari luar negeri sudah pasti sebagian besar melewati bandara, salah satunya adalah bandara Incheon International Airport yang terletak sejauh 48-49 km barat kota Seoul. Nah untuk menuju ke Seoul dari bandara Incheon, moda transportasi apa yang bisa Anda gunakan? 

Berikut kami sajikan berbagai pilihan airport transfer atau transportasi dari Bandara Incheon ke Seoul, Korea Selatan.

1. Airport Railroad Express (AREX) 
AREX adalah sarana transportasi paling cepat yang menghubungkan Bandara Incheon dan Stasiun Seoul dengan jarak tempuh sejauh 63 km. AREX menyediakan 2 jenis kereta dengan jalur Bandara Incheon - Seoul Station, yaitu Express Train dan All-Stop Train. 

- Express Train. Express Train adalah kereta premium yang berjalan non stop (tanpa berhenti) dari bandara Incheon langsung ke Stasiun Seoul, dengan lama tempuh sekitar 43 menit (dari Terminal 1) atau 51 menit (dari Terminal 2. Harga tiketnya 9000 won (~Rp 109.000) untuk dewasa dan 7000 won (~Rp. 85.000) untuk anak-anak. 

Bagian dalam kereta Express Train
\
Jika Anda naik bersama grup (minimal 3 orang) atau memiliki tiket dari maskapai Jeju Air, Korean Air, Asiana Airlines, T’Way Air, Eastar Jet, atau Jin Air, Anda juga bisa mendapatkan harga diskon yaittu 8000 won per tiket.

Tiket bisa dibeli langsung di Information Center Bandara Incheon Terminal 1 dan AREX Center di Terminal 2, dan juga lewat tiket mesin otomatis di Terminal 1 dan 2 Bandara Incheon.

Selain tersedia tempat duduk untuk setiap penumpang, Express Train juga memiliki kelebihan layanan seperti bisa menggunakan Wi-fi, electric cart (Terminal 1), Customer Lounge (Terminal 1), dan shuttle bus dari hotel partner secara gratis. Express Train berangkat dari Bandara Incheon antara pukul 05.15-22.48. Interval antar keberangkatan 30-50 menit. Detail lain dan jadwal keberangkatan kereta AREX Express Train bisa dilihat di sini.

- All-Stop Train. All-stop Train adalah kereta komuter yang akan berhenti di 14 stasiun sepanjang perjalanan dari bandara Incheon ke Stasiun Seoul. Kereta ini memiliki 6 gerbong, dengan kecepatan 110 km/jam, dan kapasitas 918 penumpang (630 berdiri). All-Stop Train terhubung dengan jalur Metro Seoul, membantu Anda traveling menuju Bandara Incheon, Seoul, dan area sekitarnya, dan memudahkan transfer ke berbagai tempat tujuan. All-Stop Train memakan waktu tempuh selama 59 menit (dari Terminal 1) atau 66 menit (dari Terminal 2). 

Bagian dalam kereta All-stop Train

Harga tiketnya 4150 won (dari Terminal 1) dan 4750 won (dari Terminal 2). Interval antar kereta 10 menit.

Ada beberapa jenis tiket yang bisa digunakan untuk All-stop Train yaitu Single Journey Card, Commutation Ticket, dan Transportation Card (prepaid/post paid). Kartu-kartu ini bisa dibeli/dicharge di Ticket Vending Machine atau di Transportation Center di lantai B1F Terminal 1  dan 2 Bandara Incheon. Transportation Card (T-money card) juga bisa dibeli Convenient Store di dalam Bandara Incheon. Sementara MPASS (Kartu Turis Eksklusif) bisa dibeli di KTO Tourist Information Center dekat gate 5 dan 10 lantai 1F Bandara Incheon.

NOTE: Khusus untuk pembelian single journey card (single use) Express Train dan All-stop Train, Anda juga akan dikenakan biaya tambahan 500 won sebagai deposit/jaminan, yang akan dikembalikan jika Anda mengembalikan kartu tersebut melalui Mesin  Refund Deposit (Deposit Refund Device) yang tersedia di stasiun tujuan. Kartu ticket Anda akan masuk ke mesin (tidak akan dikembalikan lagi ke Anda, dan akan direcycle untuk digunakan lagi oleh penumpang lain) dan sebagai gantinya Anda akan mendapatkan kembalian koin 500 won.



2. Bus 
Moda transportasi lain yang juga nyaman digunakan untuk menuju Seoul dari bandara Incheon adalah Bus. Lama tempuh sekitar 70 menit (tergantung rute), dengan biaya 9000-15000 won (Rp 108.000-180.000, lebih murah jika pakai kartu transportasi). Tiket bisa dibeli di loket tiket yang terletak di dekat pintu Exit 4 dan 9 di Arrival Hall lantai 1 (indoor), atau dekat pintu Exit 4, 6, 7, 8, 11, 13, dan 9C (outdoor). Namun jika Anda mendarat di terminal 2, loket tiket bisa ditemukan di 2nd Transportation Center di lantai B1 (Basement 1). 

Rata-rata bus tersedia pukul 04.30-23.20, dengan interval antar keberangkatan 20-40 menit (tergantung jalur/rute). Bus ini memiliki beberapa jalur dengan rute/tujuan berbeda, dan juga dioperasikan oleh perusahaan yang berbeda-beda. Untuk detail jalur, rute, harga tiket, dan jadwal keberangkatan, bisa dicek di sini

3. Taksi 
Naik taksi dari bandara Incheon ke Seoul adalah pilihan transportasi yang paling mahal namun bisa mengantarkan Anda langsung ke tujuan. Lama tempuh menggunakan taksi dari bandara Incheon ke Seoul sekitar 60 menit (tergantung lalu lintas dan lokasi tujuan), dengan biaya kurang lebih 44000 won (Rp 530.000, tergantung jarak tujuan).

Taksi di bandara Incheon tersedia dalam beberapa jenis yaitu taksi reguler, deluxe, jumbo Jika Anda menghendaki taksi dengan supir yang bisa bicara dalam bahasa Inggris, Jepang, atau Cina, Anda bisa memilih taksi internasional. Biaya taksi internasional berkisar antara 65.000-90.000 won (taksi reguler), dan 95.000-130.000 won (taksi deluxe dan jumbo).

Untuk mendapatkan taksi, Anda bisa menuju ke pangkalan taksi tepat di luar Arrivals Hall (1F) terminal 1 dan 2. Untuk taksi internasional ada di Arrivals Hall (1F) Terminal  Desk 23 antara Gate 4 dan 5, dan Gate 2 Terminal 2. Taksi tersedia 24 jam non stop setiap hari. Namun jika Anda naik larut malam/dini hari jam 00.00-04.00, kemungkinan ada tambahan biaya sekitar 20% khusus untuk taksi reguler. 

4. Airport Shuttle/Rental Mobil
Jika Anda lelah dengan transportasi umum, atau Anda datang bersama grup atau keluarga Airport Shuttle/Rental Mobil bisa menjadi moda transportasi yang paling nyaman dan mudah karena Anda bisa booking online sebelumnya. Ada banyak agen dan situs perjalanan yang menyediakan layanan Airport Shuttle/rental mobil dari bandara Incheon ke Seoul. Anda bisa pilih yang sesuai keinginan dan budget Anda. 

Nah itu dia berbagai moda transportasi dari bandara Incheon ke pusat kota Seoul, Korea Selatan. Mana yang jadi preferensi Anda? Jangan lupa sharing jika Anda rasa informasi di atas bermanfaat. Sharing is caring :) Happy traveling!


Text ©copyright Explorer Guidebook. All rights reserved.

1 comment: Leave Your Comments