Explorer Guidebook

Cari di blog ini

Puerta del Sol: KM 0-nya Kota Madrid, Spanyol

0
Puerta del sol madrid


Puerta del Sol adalah area terbuka menyerupai alun-alun berbentuk semi oval yang terletak di pusat kota Madrid, ibukota Spanyol. Tempat ini merupakan salah satu tempat tersibuk di Madrid dan merupakan pusat atau km 0 dari jaringan radial jalan-jalan di Spanyol. explorerguidebook.blogspot.com. Sebagai pusat kota Madrid, Puerta del Sol dikelilingi oleh landmark dan bangunan-bangunan terkenal di Spanyol dan juga jalan-jalan pusat perbelanjaan dan hiburan. Hal ini membuat Puerta del Sol menjadi salah satu area paling 'hidup' dan tempat wisata terpopuler di Madrid, Spanyol. Di Puerta del Sol juga terdapat sebuah menara jam yang loncengnya dibunyikan untuk menandai tradisi makan "Twelve Grapes" pada setiap permulaan awal tahun baru.

Puerta de Sol Madrid Square
Puerta del Sol dengan reklame Tio Pepe-nya (kiri)
Puerta del Sol, yang mempunyai arti gate of the sun atau gerbang matahari, dulunya memang merupakan sebuah gerbang masuk di tembok keliling kota Madrid pada abad 15. Namanya sendiri berasal dari hiasan matahari terbit yang berada di pintu masuknya, dan gerbang ini memang menghadap ke timur, ke arah matahari terbit. Antara abad 17 dan 19, area Puerta del Sol menjadi pusat berkumpul dan tempat untuk mendapatkan berita terbaru karena kantor pos di Puerta del Sol menjadi tujuan para kurir, baik yang datang dari luar negeri maupun kota lain di Spanyol. Saat ini, alun-alun yang dibuat pada abad 19 ini masih menjadi pusat keramaian yang ramai dikunjungi, baik oleh warga lokal maupun turis mancanegara.
                
Old Post Office Puerta del Sol Madrid Square
Cassa de Correos
Berkunjung ke Puerta del Sol, kita akan melihat sejumlah bangunan terkenal di Madrid yang berada di sekitar tempat ini. explorerguidebook.blogspot.com.Di sisi selatan alun-alun, terdapat Casa de Correos yaitu bangunan indah bekas kantor pos yang sekarang menjadi kantor kepala pemerintahan regional kota Madrid. Casa de Coreos atau House of the Post Office ini dibangun oleh arsitek berkebangsaan Perancis antara tahun 1766-1768, dengan menara jam di atasnya ditambahkan kemudian pada tahun 1866. Di depannya, di sebelah utara kantor pos, terdapat plakat km 0 di lantai semen alun-alun yang menjadi simbol pusat jaringan jalan di Spanyol, titik dimulainya jarak semua jalan tol di Spanyol diukur.

Puerta del Sol Madrid Bear statue
Patung El Oso y El Madroño

Selain bangunan Casa de Correos, di Puerta del Sol juga terdapat beberapa bangunan lain yang memiliki arsitektur yang menarik. Sebuah reklame lampu neon 'Tio Pepe' yang berada di atas bangunan di sisi timur alun-alun ini juga cukup terkenal dan menjadi landmark Puerta del Sol. Di Puerta del Sol juga terdapat dua patung, yaitu patung Raja Carlos III di sisi selatan alun-alun dan patung El Oso y El Madroño di sisi timur. El Oso y El Madroño adalah lambang kota Madrid yang berupa seekor beruang betina yang sedang memakan buah dari sebatang pohon. Beruang betina melambangkan tanah Madrid yang subur, sementara pohonnya, madrone tree, melambangkan keningratan.
Sebagai alun-alun yang terletak di jantung kota, Puerta del Sol sangat cocok sebagai starting point untuk memulai perjalanan kita menjelajah kota Madrid. Alun-alun ini dekat dengan sejumlah destinasi wisata lain di Madrid seperti Plaza Mayor, Opera House, dan Plaza de Cibeles. Dari Puerta del Sol, ke arah barat daya adalah Plaza Mayor, alun-alun indah dan terkenal di Madrid; sementara ke arah barat adalah Palacio Real, istana yang menjadi kediaman resmi keluarga kerajaan Spanyol. explorerguidebook.blogspot.com. Menuju ke timur, kita akan menemukan gedung parlemen dan kawasan musem di Madrid, sementara ke arah tenggara kita bisa menjumpai stasiun kereta Atocha.

Jalan-jalan di sekitar Puerta del Sol juga menjadi area pusat perbelanjaan dan hiburan yang menawarkan sejumlah departemen store, cafe, dan juga restauran, dengan beberapa jalan khusus untuk pejalan kaki atau car-free. explorerguidebook.blogspot.com. Sejumlah bar dan klub yang buka sampai larut malam hingga menjelang pagi juga ikut meramaikan kawasan Puerta del Sol, menjadikan area ini menjadi salah satu area paling 'hidup' di Madrid. Di jalan-jalan kecil dekat Puerta del Sol juga terdapat gedung-gedung apartemen dan juga hostel untuk para turis.
Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment