Gereja Westminster Abbey, London, Inggris

0
gereja terkenal di london inggris westminster abbey tempat royal wedding

Akrab dengan nama Westminster Abbey? Sering mendengar nama Westminster Abbey disebut-sebut di media televisi atau online? Kalau ya, berarti Anda suka mengikuti berita-berita tentang keluarga kerajaan Inggris, terutama yang fenomenal kemarin: pernikahan royal wedding Pangeran William dan Catherine Middleton :D.

Ya, Westminster Abbey adalah salah satu gereja penting dan terkenal di London yang seringkali menjadi tempat berlangsungnya acara-acara penting keluarga kerajaan Inggris karena statusnya memang sebagai gereja istimewa yang melayani langsung kepentingan-kepentingan Raja/Ratu Inggris, termasuk keluarganya. 

gereja terkenal di london inggris westminster abbey tempat royal wedding
Pintu masuk dan sisi barat Westminster Abbey
Selain menjadi gereja tempat pernikahan royal wedding Will dan Kate (sok akrab :p) pada tanggal 29 April 2011, acara penting lain yang pernah dilakukan di Westminster Abbey adalah prosesi pemakaman Lady Diana yang dilakukan pada tanggal 6 September 1997 (kalau pernikahannya dilakukan di sini). 

gereja terkenal di london inggris westminster abbey tempat royal wedding
Sisi utara. Berasa  kayak scene di Harry Potter nggak sih? Wah jangan2 itu harry dan temen2nya lagi pada ngumpul :D
Selain itu, masih banyak lagi acara-acara penting kerajaan Inggris yang secara rutin dilakukan di gereja Westminster Abbey, seperti penobatan raja/ratu Inggris yang sudah dilakukan sejak tahun 1066. Banyak raja/ratu Inggris juga dimakamkan di dalam gereja ini. Terhitung juga sudah ada 16  pernikahan kerajaan atau royal wedding yang dilakukan di Westminster Abbey sejak tahun 1100.

gereja terkenal di london inggris westminster abbey tempat royal wedding
Pintu masuk dan sisi utara Westminster Abbey. Wisatawan masuk melalui pintu ini.
Westminster Abbey sendiri perama kali dibangun pada abad ke-10 dan dibangun kembali pada tahun 1517. Berbeda dengan gereja St. Paul yang memiliki gaya arsitektur Baroque style Inggris, Westminster Abbey dibangun dengan gaya arsitektur gothic style, sama seperti Westminster Palace (Houses of Parliament), yang berada tepat di sebelah baratnya. 

gereja terkenal di london inggris westminster abbey tempat royal wedding
Westminster Abbey berdekatan dengan Big Ben dan Houses of Parliament, dengan gereja St. Margaret's Church di sebelahnya
Tertarik mengunjungi Westminster Abbey? Bisa banget. Anda bisa memasuki gereja berusia 700 tahunan ini secara gratis dan melihat bagian dalam gereja yang sudah menjadi saksi banyak peristiwa bersejarah di Inggris, dan melewati pintu yang sudah pernah dilewati banyak raja-raja dan ratu-ratu Inggris serta para puteri, pangeran, negarawan, dan banyak tokoh-tokoh penting lainnya. 

Alamat: 20 Deans Yd, London, Inggris
Jam Buka: Senin – Sabtu, 09.30 - 18.00 (Winter, tutup jam 15.30)
Harga tiket:
Untuk masuk dan mengikuti layanan doa harian gratis (masuk lewat pintu barat). Jika ingin tur keliling gereja, Anda perlu membeli tiket (masuk lewat pintu utara).
Harga tiket* Westminster Abbey:
Dewasa: £20.00
Diskon khusus (pelajar dan lansia): £17
Anak-anak: £9.00
Keluarga (2 dewasa dan 2 anak-anak): £45.00
Keluarga (2 dewasa dan 1 anak-anak): £44.00
*Tiket termasuk akses ke Westminster Abbey, College Garden, Cloister, Chapter House, dan St. Margareth Church.

Transportasi: 
- Kereta bawah tanah (underground/tube). Stasiun terdekat: St James' Park Station (jalur District Line dan Circle Line) dan Westminster Station (jalur Jubilee Line, District Line, dan Circle Line).
- Kereta (National Train). Stasiun terdekat: London Victoria dan London Waterloo
- Bus: jalur 3, 11, 12, 24, 53, 87, 88, 148, 159, 214, 453

Tempat wisata terdekat:


0 comments:

Post a Comment