Explorer Guidebook

Cari di blog ini

12 Tempat Wisata Terkenal di India

3
Tempat wisata terkenal di India hawa mahal

Ini dia 12 tempat wisata paling terkenal di India yang meliputi banyak landmark, bangunan, dan tempat-tempat paling indah di India. Tempat-tempat ini kebanyakan berada di wilayah Golden Triangle Agra-Jaipur-Delhi, yang merupakan kota wisata terkenal di India yang menjadi destinasi utama wisatawan. Membaca artikel ini dijamin akan membuat Anda langsung pengen cao terbang ke negeri Shah Rukh Khan ini :D

1. Taj Mahal
Indahnya Taj Mahal di India
Taj Mahal di India adalah sebuah bangunan makam megah berwarna putih yang terletak di tepi sungai Yamuna, di kota Agra, provinsi Uttar Pradesh, India. Bangunan mausoleum (makam) ini dibangun pada tahun 1632 oleh Kaisar Shah Jahan untuk mengenang istri ketiganya, Mumtaz Mahal, yang meninggal dunia saat melahirkan. Karena itulah, Taj Mahal sering disebut sebagai simbol cinta sang kaisar karena dibangun atas inspirari kisah cinta mereka berdua. Taj Mahal didesain oleh sejumlah arsitek Muslim dan untuk membangunnya diperlukan waktu hingga 21 tahun dengan mempekerjakan ribuan tenaga ahli. Taj Mahal memiliki gaya arsitektur Mughal, yaitu perpaduan antara gaya arsitektur India dan Persia, dan dianggap sebagai contoh terbaik dari gaya arsitektur ini. Hmmm.. siapa sangka ya, bangunan indah seperti ini sebenarnya adalah makam? :D

Tempat Wisata Terkenal di India: Selain diakui sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO, bangunan ikonik ini juga merupakan kebanggaan seni arsitektur Islam di India dan dikagumi oleh dunia internasional sebagai salah satu karya masterpiece. Tak heran jika Taj Mahal menjadi ikon sekaligus tempat wisata paling terkanl di India, bahkan hingga termasuk salah satu dari 7 keajaiban dunia modern. Selain bangunan utama Taj Mahal yang berisi makam, kompleks Taj Mahal juga memiliki bangunan lain yang berada di area kompleks taman yang luas, yaitu gerbang utama (Great Gate), sebuah masjid, museum, pagar panjang berkoridor, dan satu bangunan lain yang disebut Jawab (yang artinya sama dengan kata ‘jawab’ dalam bahasa Indonesia), yang semuanya berwarna merah, kontras dengan Taj Mahal yang berwarna putih.

2. Golden Temple (Harmandir Sahib)

Harmandir Sahib atau Darbar Sahib atau Golden Temple adalah sebuah tempat peribadatan terkenal yang terletak di kota Amritsar, Punjab, India. Tempat ini dibangun oleh Guru Sikh ke-5 pada tahun 1585 dan selesai pada tahun 1604. Meskipun merupakan Sikh Gurdwara (tempat beribadah kaum Sikh (penganut agama Sikhisme)), pembangunan Golden Temple bertujuan untuk membangun sebuah tempat beribadah di mana semua orang dari semua kalangan dan agama bisa datang untuk beribadah. Kompleks gurdwara (kuil) ini pun memiliki empat pintu masuk yang melambangkan keterbukaannya terhadap semua orang dan semua agama, dan setiap harinya, kompleks ini dikunjungi oleh lebih dari 100.000 orang untuk beribadah. 

Ini dia kompleks Golden Temple yang indah dan luaaass
Golden Temple sebenarnya adalah sebuah kompleks yang luas dan indah yang terdiri dari Golden Temple/Harmandir Sahib sendiri yang berada di bagian tengah kompleks, dan dikelilingi oleh bangunan pagar yang rapat dengan banyak kuil dan tempat ibadah. Bangunan Golden Temple sendiri berdiri di tengah kompleks, dan berada di tengah danau/kolam luas yang disebut Sarovar yang berisi air suci, sehingga dari jauh tampak seperti kuil emas yang mengapung di tengah kolam. Untuk namanya, disebut Golden Temple karena memang kuil ini didekorasi dengan lapisan emas di bagian dinding dan langit-langitnya sehingga tampak berkilau keemasan baik saat siang maupun malam hari.

Tempat Wisata Terkenal di India: Selain pemandangan bangunannya yang indah, di kompleks Golden Temple juga sering dijumpai pria-pria penganut Sikhism yang memakai turban khasnya yang unik dan juga para wanita India yang memakai sari atau tunik khas India yang biasanya berwarna-warna cerah. Pemandangan ini semakin melengkapi keindahan dan kekayaan budaya yang ada di Golden Temple. Tak heran jika kompleks ini menjadi salah satu tempat wisata paling menarik dan terkenal di India. Hmmm.. tak boleh dilewatkan nih kalau Anda berwisata ke India ;). Oh ya, Golden temple juga memiliki salah satu dapur gratis terbesar di dunia lho! Dapur ini memberikan makanan gratis ke rata-rata 10.000 orang tiap harinya, dengan menu umumnya adalah roti dan sup lentil. Keren yah?

3. Hawa Mahal

Ada Taj Mahal, ada pula Hawa Mahal. Ya, Hawa Mahal adalah sebuah istana indah berwarna merah bata yang terletak di tengah hiruk pikuk pusat kota Jaipur, provinsi Rajashtan, India, tepatnya di perempatan jalan raya utamanya yang disebut Badi Chaupad di kota Jaipur bagian selatan. Istana yang dijuluki Istana Angin ini merupakan salah satu bangunan paling indah di India dan tempat wisata paling terkenal di India. Hawa Mahal juga sering sekali muncul di berbagai media dan juga film. Hawa Mahal juga menjadi lokasi syuting acara Pemburu Mimpi di RCTI. 

Hawa Mahal dibangun pada tahun 1798 oleh Maharaja Sawai Pratap Singh dari Dinasti Rajput Kachwaha, dan didesain menyerupai bentuk mahkota dewa Krisna. Bagian eksterior Hawa Mahal yang bertingkat 5 juga menyerupai sarang lebah dengan 953 jendela kecil yang disebut jharokhas. Jendela-jendela ini dulunya ditujukan untuk para wanita kerajaan yang tak boleh terlihat wajahnya di muka umum namun ingin melihat kehidupan sehari-hari di luar istana. Melalui jendela-jendela kecil ini, mereka tetap bisa melihat dunia luar tanpa khawatir wajah mereka terlihat. Selain itu, jendela-jendela kecil ini juga berfungsi sebagai lubang angin, sehingga ruangan tetap sejuk meski musim panas.

Hawa Mahal didesain oleh Lal Chand Ustad yang juga mendesain tata kota Jaipur yang saat ini dianggap sebagai salah satu kota yang paling terencana dengan baik di India. Warna Hawa Mahal yang kemerahan juga sesuai dengan warna monumen lain di kota Jaipur dan juga sesuai dengan julukan kota Jaipur yang disebut sebagai ‘Pink City’, Kota Merah Muda. Gaya arsitektur Hawa Mahal juga merupakan perpaduan yang apik antara gaya arsitektur Rajput Hindu dan gaya Mughal Islam. 

Tempat Wisata Terkenal di India: Saat ini, Hawa Mahal merupakan bagian dari kompleks Istana Kota Jaipur (City Palace of Jaipur) yang indah dan memanjang hingga ke bagian istana tempat tinggal khusus wanita. Pintu masuknya ada di bagian belakang. Anda bisa memasuki Hawa Mahal dari pintu istana City Palace yang membuka ke sebuah halaman dalam yang luas yang dikelilingi oleh bangunan bertingkat dua di ketiga sisi lainnya dan bangunan Hawa Mahal di sisi timur. Selain Hawa Mahal, terdapat juga museum arkeologi yang berada di salah satu sisi bangunan. Tertarik ke sini dan mengintip melalui jendela Hawa Mahal ala-ala putri India? ;)

4. Amber Fort (Amber Palace)

Kalau Eropa punya banyak kastil kuno indah yang bak di negeri dongeng, India juga punya loh, namanya adalah Amber Fort (Amer Fort) atau biasa disebut juga Amber Palace. Amber Fort adalah sebuah kompleks istana dan benteng yang indah yang terletak di kota kecil Amer, provinsi Rajashtan, India, yaitu sekitar 11 km dari kota Jaipur, ibukota Rajasthan. Amber Fort terletak tinggi di atas bukit nan indah, dan terkenal dengan bentengnya yang besar dan panjang mengular, serangkaian pintu gerbang, dan juga jalanan batu yang menanjak khas seperti kastil-kastil kuno di kisah dongeng. Suasananya, sekilas mirip seperti istana-istana di Timur Tengah :). Di depan Amber fort juga terdapat sebuah danau indah yang bernama Maota Lake yang terletak di dasar bukit.


Tempat Wisata Terkenal di India: Amber Fort dibangun pada tahun 1592 oleh Raja Man Singh I yang kental dengan gaya arsitektur Hindu. Istana Ini dulunya ditinggali oleh Maharaja-maharaja Rajput dan keluarganya dan terdiri dari 4 kuarter masing-masing dengan sebuah halaman. Saat ini Amber Fort dikelola oleh pemerintah provinsi Rajasthan dan dibuka untuk umum sebagai tempat wisata. Istana ini merupakan salah satu tempat wisata paling indah dan paling terkenal di India, dan dikunjungi oleh sekitar 5000 pengunjung setiap harinya. Selain melihat keindahan kompleks istana, Anda juga bisa menikmati wisata naik gajah menyelusuri jalan sempit berbatu di Amber Fort dan memasuki kompleks istana melalui gerbang Sun Gate. Mau ke Amber Fort dan naik tandu gajah ala2 maharaja? :D

6. Varanasi Ghat


India memiliki sungai besar yang menjadi kebanggaan warganya dan juga dianggap suci oleh penganut agama Hindu; agama mayoritas warga India. Banyak sekali aktivitas dan ritual keagamaan warganya yang dilakukan di seputaran sungai Gangga. Karena itulah, hampir di sepanjang sungai Gangga pasti terdapat teras dan tangga lebar yang menuju sungai untuk memudahkan aktivitas warganya, terutama di kota suci dalam agama Hindu yang dilewatinya seperti Varanasi dan Haridwar.

Teras dan tangga tepi sungai Gangga ini disebut ghat, dan biasanya dikelilingi oleh banyak kuil dan bangunan warna-warni. Anda akan banyak menemukannya di kota-kota tadi, terutama di Varanasi. Varanasi atau Banaras (Benares) adalah kota tersuci dalam agama Hindu yang terletak di provinsi Uttar Pradesh, India, di tepi barat sungai Gangga. Sebagai kota paling suci, Varanasi terkenal sebagai pusatnya kegiatan dan tradisi spiritual agama Hindu di India, karena itu selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah lokal dan juga wisatawan mancanegara. 

Tempat Wisata Terkenal di India: Salah satu tempat yang selalu ramai di Varanasi adalah ghat tepi sungainya. Varanasi memiliki sejumlah ghat terkenal yang selalu ramai dengan aktivitas warga India seperti mandi ritual, membersihkan diri, berdoa, memberikan persembahan, melaksanakan aarti, memberikan hormat pada leluhur dan dewi gangga, hingga menyambut matahari saat fajar. Tak ketinggalan juga, mencuci dan menjemur sari juga turut meramaikan aktivitas warga di bantaran sungai. Jadi jangan heran kalau melihat tepi sungai Gangga sangat ramai seperti pasar/stasiun :D, banyak pendeta bersliweran, dan juga banyak kain warna-warni bermeter-meter yang berderet-deret atau melambai-lambai bak bendera di tepi sungai Gangga :).

Itu semua lah yang semakin membuat India dan sungai Gangga semakin menarik karena kekentalan tradisi dan budayanya, terutama kota Varanasi ini yang sudah berusia ribuan tahun. Sungguh tak heran, kalau kota ini juga menjadi setting tempat syuting serial drama inspiratif sekelas Gangaa. Karena tak hanya indah, tetapi juga sangat kental dengan segala pernak-pernik tradisi dan budaya India yang membuat siapa saja yang melihatnya makin jatuh cinta dan ingin datang ke India :). Mau menengok lebih banyak keindahan dan keunikan Varanasi? Mau tahu ghat-ghat mana saja yang cantik dan terkenal yang selalu jadi objek bidikan kamera wisatawan? Baca selengkapnya di sini.

7. Har Ki Pauri Ghat
Har Ki Pauri Ghat, warna-warni dan selalu ramai
Har Ki Pauri adalah ghat (tangga tepi sungai) terkenal yang terletak di tepi barat sungai Gangga di kota suci Haridwar, provinsi Uttarakhand, India. Seperti ghat-ghat lainnya, Har Ki Pauri ghat juga memiliki pemandangan yang indah dengan banyak kuil dan bangunan warna-warni di tepinya, serta selalu ramai dengan peziarah yang melakukan aktivitas ritual seperti mandi atau mencelupkan badan ke sungai, dan ritual pemujaan Ganga aarti di malam hari. Banyak parayaan festival Hindu juga didakan di ghat ini seperti perayaan Kumbha Mela yang menarik hingga ribuan orang dan juga perayaan Ardh Kumbh Mela dan Punjabi festival Vaisakhi 

Selain itu, Har ki Pauri Ghat juga memiliki keistimewaan karena dewa Siwa dan dewa Wisnu dipercaya pernah mengunjungi Brahmakund (tempat diadakannya Ganga aarti dan yang dianggap area paling suci) di ghat ini pada zaman weda. Bahkan terdapat sebuah jejak kaki besar di tembok batu di sana yang dipercaya merupakan jejak kaki dewa Wisnu. Tempat tersebut dipercaya sebagai titik di mana sungai Gangga meninggalkan pegunungan dan memasuki dataran. Har ki Pauri Ghat juga terletak di tepi barat sungai Gangga tepat sebelum sungai Gangga berbelok ke utara.

8. Agra Fort
Agra Fort tempat wisata terkenal di India
Amar Singh Gate, Agra Fort
Agra Fort adalah kompleks istana dan benteng terkenal yang terletak di kota Agra, provinsi Uttar Pradesh, India, sekitar 2,5 km dari Taj Mahal. Kompleks benteng dan istana ini memiliki luas hingga 380.000 m2 sehingga lebih mirip seperti kota yang dikeliling oleh benteng/tembok kota, dengan banyak bangunan di dalamnya. Agra Fort pertama kali dibangun pada abad ke-11 tetapi baru dibangun seperti yang terlihat sekarang pada masa pemerintahan kaisar Shah Jahan, yang juga membangun Taj Mahal tidak jauh dari Agra Fort. Seperti Taj Mahal, Agra Fort juga sudah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Taj Mahal tampak di kejauhan dari Agra Fort
Menurut legenda, kaisar Shah Jahan membangun Taj Mahal untuk mengenang istrinya, Mumtaz Mahal. Tak lama setelah pembangunan Taj Mahal selesai, kaisar Shah Jahan diasingkan oleh putranya, Aurangzeb, di Agra Fort, dan menghabiskan sisa hidupnya di sana. Menurut legenda, di akhir masa hidupnya, sang kaisar senantiasa melihat Taj Mahal, yang merupakan bukti cintanya pada istrinya, dari kejauhan di Agra Fort. Dia juga dikabarkan meninggal di menara Muasamman Burj di Agra Fort, di mana dari balkonnya dia bisa melihat bayangan Taj Mahal dari kejauhan. Setelah meninggal, Kaisar Shah Jahan dimakamkan oleh putranya di samping makam Mumtaz Mahal di Taj Mahal. Agra Fort juga menjadi tempat penobatan kaisar Humayun pada tahun 1530.

9. Red Fort
Koridor panjang di Red Fort
Red Fort adalah kompleks benteng dan istana terkenal yang terletak di pusat kota Delhi, India. Kompleks bangunan ini dibangun pada tahun 1648 sebagai istana berbenteng untuk kaisar Mughal ke-5, Shah Jahan, yang ingin memindahkan ibukota kekaisaran dari Agra ke Delhi. Seperti Agra Fort, Red Fort juga dibangun dari batu pasir berwarna merah, dan diberi nama sesuai warnanya. Kompleks istana Red Fort merupakan tempat tinggal kaisar-kaisar Mughal India dan keluarganya selama hampir 200 tahun sampai tahun 1857. 

Kompleks Red Fort memiliki luas area hingga 103,06 hektar dan dikelilingi oleh benteng pertahanan hingga sepanjang 2,41 km. Red Fort merupakan monumen terbesar di kota Old Delhi dan merupakan salah satu tempat wisata paling terkenal di India. Red Fort juga telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2007. Selain menjelajahi dan menikmati keindahan arsitektur tiap bangunannya, wisatawan juga bisa menikmati pameran di sejumlah museum yang menempati bangunan di kompleks ini. Terdapat juga sejumlah istana paviliun yang cantik, salah satunya bernama Mumtaz Mahal :)

10. Humayun’s Tomb
Humayun's Tomb
Humayun’s Tomb adalah kompleks bangunan makam seperti Taj Mahal yang dibangun sebagai makam kaisar Humayun. Bangunan makam indah ini terletak Nizamuddin East, kota Delhi, India, dan dibangun oleh istri pertama sang kaisar, Bega Begum, pada tahun 1569. Seperti Taj Mahal, Humayun’s Tomb juga merupakan kompleks luas menyerupai taman, dengan beberapa bangunan lain selain bangunan makam utama yang menjadi makam kaisar Humayun dan juga istrinya, Bega Begum. Sekilas, bangunan Humayun’s Tomb memiliki bentuk yang mirip dengan Taj Mahal dengan kubah besar di bagian tengah, taman di sekitarnya, dan juga sama-sama terletak di tepi sungai Yamuna. Perbedaan yang mencolok adalah, Humayun’s Tomb berwarna merah sedangkan Taj Mahal berwarna putih. Sama-sama indah dan menjadi tempat wisata terkenal di India, keduanya juga sama-sama sudah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

11. Chand Baori
Chand Baori tempat wisata terkenal di India sumur berundak tangga

Chand Baori adalah bangunan sumur terkenal dengan tangga yang berundak-berundak di tepinya yang terletak di desa Abhaneri, provinsi Rajasthan, India, sekitar 95 km dari kota Jaipur. Chand Baori adalah tempat penampungan air kuno yang dibangun pada tahun 800 AD oleh raja Chanda dari dinasti Nikumbha, dan setelah selesai, bangunan ini didedikasikan untuk dewi Hashat Mata, yaitu dewi kegembiraan dan kebahagiaan. Belakangan ini, Chand Baori menjadi sangat terkenal dan menarik banyak wisatawan yang ingin mengunjunginya. Tempat ini juga beberapa kali menjadi lokasi syuting film, dua di antaranya adalah film The Fall dan The Dark Knight Rises. Wow, mau ke sini juga, atau malah pengen syuting di sini?

12. Meenakshi Amman Temple
Kompleks Meenakshi Amman Temple
Meenakshi Amman Temple atau Meenakshi Sundareswarar Temple adalah kompleks kuil Hindu bersejarah yang terletak di tepi selatan sungai Vaigai di kota kuil Madurai, Tamil Nadu, India. Kompleks kuil ini didedikasikan untuk dewi Parwati (Meenakshi) dan dewa Syiwa (Sundareswarar), dan merupakan jantung dan pusat kehidupan kota tua Madurai yang sudah berusia 2500 tahun. 

Kompleks kuil Meenakshi Amman Temple mencakup area seluas 180,000 m2 dan dibagi menjadi sejumlah quarter dengan 14 menara gerbang di sejumlah sisinya. Menara gerbang ini disebut gopuram (seperti gapura) dengan tinggi bervariasi antara 45-50 m, dengan menara paling tinggi (51,9 meter) berada di sisi selatan. Gopuram-gopuram ini menyerupai bangunan candi yang bertingkat-tingkat hingga puluhan meter tingginya dan dihiasi oleh ribuan patung dewa, ibl*s, dan binatang yang dicat warna-warni dengan warna cerah. Terlihat sangat kompleks namun indah dan menakjubkan. 

Selain gopuram, kompleks Meenakshi Temple juga memiliki 27 kuil termasuk kuil utama Meenakshi dan Sundareswarar yang dikelilingi oleh pagar dan 4 menara kecil, sebuah kolam, koridor dan juga aula. Terdapat kurang lebih 50 pendeta di kompleks kuil ini yang bertugas melaksanakan ritual pemujaan harian atau saat festival. Para pendeta ini tinggal di area tertutup di bagian utara kuil dan melaksanakan pemujaan 6 kali sehari. 

Selain pemujaan harian, kompleks kuil Meenakshi Amman Temple juga menjadi lokasi beberapa festival penting seperti Meenakshi Thirukalyanam (pernikahan agung Meenakshi) yang dirayakan setiap bulan April dan menarik hingga 1 juta pengunjung. Kompleks kuil ini juga selalu ramai dikunjungi setiap harinya dan menarik hingga 15.000 pengunjung setiap hari dan sekitar 25.000 pengunjung setiap hari Jumat. Selain itu juga diperkirakan ada 33.000 patung dalam kompleks kuil ini. Menakjubkan ya? Tak heran jika Meenakshi Amman Temple menjadi salah satu nominasi 7 Keajaiban Dunia Baru :)

3 comments: Leave Your Comments

  1. Anonymous02 July, 2016

    Tapi sekarang taj mahal di tutup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh kenapa di tutup kak? Apa lagi maintenance gitukah?

      Delete
  2. Di jaipur india juga masih banyak tempat-tempat wisata terkenal dan memiliki sejarah yang tinggi, selain hawa mahal. Semuanya punya cerita yang menarik-menarik sehignga wajib banget dikunjungi.

    ReplyDelete