Pages

10 Tempat Wisata Terkenal di Budapest, Hongaria

0
Fisherman's Bastion tempat wisata terkenal di Budapest Hongaria Hungaria Hungary Eropa

Explorer Guidebook - 10 Tempat Wisata Terkenal di Budapest. Budapest merupakan ibukota negara Hungaria (Hongaria) yang terkenal memiliki banyak bangunan tua megah peninggalan abad pertengahan yang menjadi ciri khas kota ini. Tak heran jika kota ini telah lama menjadi salah satu kota destinasi wisata terkenal yang paling banyak dikunjungi di Eropa. Budapest juga memiliki banyak bangunan megah dengan arsitektur Baroque style seperti halnya bangunan-bangunan di Perancis.

Kota Budapest terbagi menjadi dua area yang dipisahkan oleh sungai Danube, yaitu area Buda yang berada di sisi timur sungai, dan area Pest yang berada di sisi barat sungai. Sebagian besar tempat wisata di kota Budapest juga terbagi di antara kedua sisi sungai ini.

Ingin tahu apa saja tempatnya? Berikut 10 tempat wisata paling terkenal di Budapest, Hongaria yang kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi.

Hungarian Parliament Building atau Országház adalah gedung parlemen yang menjadi tempat kerja dewan parlemen negara Hongaria. Gedung parlemen ini terletak tepat di tepi sungai Danube, tepatnya di Lajos Kossuth Square, area Pest, kota Budapest, Hongaria. Tidak jauh dari jembatan Chain Bridge. Gedung Parlemen Hongaria adalah salah satu gedung legislatif tertua di Eropa dan telah lama menjadi salah satu landmark kota Budapest dan negara Hongaria, serta menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di Hongaria yang paling banyak dikunjungi. Jika Anda ke Budapest, harus melihat gedung parlemen ikonik ini :)

Selesai dibangun pada tahun 1902, Hungarian Parliament Building adalah gedung parlemen terbesar di dunia pada kala itu. Bahkan hingga kini, gedung parlemen ini masih menjadi bangunan terbesar di Hongaria dan tertinggi di Budapest, dan merupakan gedung parlemen terbesar ke-3 di dunia. Pembangunannya sendiri membutuhkan waktu 17 tahun sejak tahun 1885, dan gedung ini memiliki panjang 268 m dan lebar 123 m. Puncak tertingginya (puncak kubah) adalah setinggi 96 m, dan bangunan ini memiliki total 10 halaman gedung, 13 elevator, 27 gerbang, 29 tangga, dan 691 ruangan, serta 242 patung baik di dalam maupun di luar ruangan.

Sekilas mirip dengan Houses of Parliament di London baik dari segi arsitektur maupun letak, Gedung Parlemen Hongaria memiliki gaya arsitektur Gothic Revival dengan kubah bergaya arsitektur Renaissance. Letaknya tepat di tepi sungai Danube, sama seperti Houses of Parliament yang terletak di tepi sungai Thames, London. Gedung parlemen Hongaria memiliki layout simetris, yaitu terdiri dari dua sayap (hall) simetris dengan bagian kubah di bagian tengah. Dari dua bagian simetris ini, satunya digunakan untuk kepentingan politik dan satu lagi digunakan untuk kepentingan tur wisata pengunjung. Pintu masuknya sendiri bisa diakses dari Kossuth Square di bagian depan gedung. Selain mengunjungi langsung dan melihat secara dekat, Anda juga bisa melihat Parliament Building dari seberang sungai dan dari atas Fisherman's Bastion untuk melihat bentuk utuhnya dan mendapatkan perspektif yang berbeda. Tertarik? ;)

Buda Cstle dilihat menyamping dari seberang sungai
Buda Castle, atau dalam bahasa Hungaria Budavári Palota, adalah kompleks kastil dan istana bersejarah yang pada zaman dahulu menjadi tempat tinggal raja-raja Hungaria. Dulunya disebut sebagai Royal Palace (Királyi-palota) dan Royal Castle (Királyi Vár). Kompleks istana Buda Castle berada di area Buda, kota Budapest, Hungaria, tepatnya di atas puncak bukit Castle Hill (Várhegy) bagian selatan, di pinggir sungai Danube sebelah timur. Dari lokasinya lah, nama Buda Castle berasal (jadi tidak ada hubungannya dengan agama Budha. Kayaknya :p). Area tempat dan sekitar Buda Castle disebut Castle District.

Buda Castle dibangun pertama kali pada tahun 1265 dan memiliki luas area hingga 4,73 km2. Dengan ukurannya yang cukup besar dan letaknya yang tinggi di puncak bukit, Buda Castle terlihat menonjol dari kejauhan dan terihat mendominasi area Buda di sisi timur sungai Danube. Dari seberang sungai, Anda bisa dengan mudah mengenali Buda Castle dengan kubah hijau tunggalnya yang menonjol dan dinding depannya yang membentang hingga 300 m menghadap sungai.

Buda Castle dan Chain Bridge di malam hari
Dibangun sejak abad 13, Buda Castle telah mengalami banyak sekali perubahan hingga saat ini. Kompleks istana yang Anda lihat sekarang adalah hasil dari beberapa kali rekonstruksi mengingat istana ini pernah mengalami banyak sekali penghancuran, terutama pada masa Perang Dunia ke-2. Proses rekonstruksi cukup berhasil namun banyak hiasan dan ornamen interior yang indah dan rumit khas istana kerajaan seperti lukisan dinding dan atap, tidak bisa dipulihkan.

Saat ini gaya arsitektur Buda Castle adalah perpaduan dari beberapa gaya arsitektur, seperti gothic abad pertengahan (seperti kastil-kastil di Inggris) dan Baroque style (seperti istana-istana di Perancis. Tidak heran, kalau Anda melihat orang berfoto di sini, mungkin Anda mengiranya di Perancis, karena nuansanya memang sangat mirip :) ). 

Selain bangunannya sendiri yang memiliki banyak riwayat, Buda Castle juga memiliki banyak nilai sejarah karena telah menjadi saksi banyak gejolak dan juga peristiwa bersejarah di kota Budapest dan Hungaria selama berabad-abad. Kompleks istana ini juga pernah dikuasai oleh berbagai rezim penguasa. Mulai dari era kerajaan abad pertengahan Hungaria, kekaisaran Ottoman Turki, Nazi Jerman, hingga sejumlah penerus tahta kerajaan Hungaria selanjutnya.

Dengan luas area mencapai 4,73 km2, Buda Castle merupakan kompleks istana yang sangat besar dan terbagi menjadi 6 sayap yang dinamai sayap A hingga F. Saat ini, ada 3 institusi yang menempati Buda Castle yaitu Hungarian National Gallery, Budapest History Museum, dan National Széchényi Library

Hungarian National Gallery menempati sayap A, B, C, dan D, termasuk juga Palatinal Crypt (ruangan bawah tanah). Museum ini memamerkan koleksi yang menunjukkan sejarah kesenian Hungaria sejak abad 11 hingga kini. 

Budapest History Museum menempati sayap E di bagian selatan. Museum ini meliputi 4 lantai termasuk Royal Chapel dan Gothic Hall. Museum ini memajang koleksi yang menggambarkan sejarah kota Budapest sejak berdiri hingga era modern. 

Sementara National Széchényi Library yang merupakan perpustakaan nasional Hungaria menempati sayap F. Perpustakaan ini berisi koleksi manuskrip dan juga buku-buku antik dan langka. 

Selain memiliki banyak ruangan yang terbagi dalam beberapa sayap, kompleks istana Buda Castle juga memiliki beberapa taman dan halaman istana yang luas. Salah satu halaman yang paling terkenal adalah Lion Courtyard yang merupakan halaman dalam kompleks istana yang dipagari oleh bangunan sayap C, D, E, dan F. Ada juga sejumlah hiasan patung, monumen, dan juga air mancur yang tersebar di sejumlah titik di halaman Buda Castle. 

Hmm, banyak ya yang bisa dilihat di Buda Castle di Budapest. Tertarik mengunjungi kompleks istana megah ini? 

3. Chain Bridge, Budapest
Chain Bridge yang ikonik
Entah kenapa hampir semua kota wisata terkenal di Eropa dan juga Amerika pasti memiliki sungai yang membelah pusat kotanya. Mungkin karena dulunya, sungai menjadi salah satu jalur transportasi utama dan perdagangan kali ya, makanya area yang paling berkembang pasti di sekitar sungai #analisissotoy :p.

Dan pastinya, di mana ada sungai di situ pasti ada jembatan. Jembatan di kota-kota ini juga pasti terkenal dan menjadi ikon kota tersebut. Sebut saja Tower Bridge yang melintasi Sungai Thames di London, Charles Bridge yang melintasi Sungai Vlatva di Praha, Ponts des Arts yang melintasi Sungai Seine di Paris, dan Brooklyn Bridge yang melintasi East River di New York. Seperti halnya kota-kota tersebut, Budapest juga tak ketinggalan dengan jembatan Chain Bridge-nya yang melintasi Sungai Danube.

Chain Bridge atau zéchenyi lánchíd adalah jembatan paling terkenal di Budapest, Hongaria. Jembatan ini melintasi sungai Danube dan menghubungkan area Buda (di sisi barat sungai) dan Pest (di sisi timur sungai). Jembatan yang menjadi salah satu landmark kota Budapest ini selesai dibangun pada tahun 1849 dan memiliki panjang hingga 375 m dengan lebar 14,8 m. 

Chain Bridge merupakan jenis jembatan suspensi atau jembatan gantung dimana strukturnya hanya ditopang oleh dua tiang/menara beton dan selebihnya digantung dengan rantai-rantai besi. Dari rantai-rantai pengantungnya inilah, nama ‘Chain Bridge’ (Jembatan Rantai) berasal. Sekilas bentuk Chain Bridge mirip seperti Brooklyn Bridge di New York, Amerika Serikat. Seperti Brooklyn Bridge, Chain Bridge juga memiliki dua lajur kecil terpisah di kanan-kiri lajur utamanya yang diperuntukkan khusus untuk jalur pejalan kaki.

Dan seperti jembatan Tower Bridge di London, Chain Bridge juga terletak dekat dengan tempat-tempat wisata utama di Budapest, seperti Buda Castle, Castle Hill Funicular (kereta tram), dan Gresham Palace. Dengan ketenarannya, bentuknya yang khas, dan lokasinya yang strategis, tak heran jika Chain Bridge menjadi salah satu tempat wisata di Budapest yang paling banyak dukunjungi oleh wisatawan. Jembatan ini bisa jadi acuan Anda untuk mulai menjelajah kota Budapest. Selain itu, pemandangan dari dan sekitar Chain Bridge juga indah baik di siang ataupun malam hari. Tertarik ke sini?

Fisherman's Bastion tempat wisata terkenal di Budapest Hongaria Hungaria
Fisherman's Bastion dengan menara bak kastil kuno
Fisherman’s Bastion, atau dalam bahasa Hungaria Halászbástya, adalah sebuah teras luas dan bertingkat yang menjadi salah satu landmark kota Budapest, Hungaria. Bangunan ini terletak di area Buda, tepatnya di dekat gereja Mathias Church, di atas puncak bukit Castle Hill, kota Budapest, Hongaria.

Fisherman’s Bastion dibangun antara tahun 1902-1905 untuk semata-mata tujuan dekoratif. Lokasi yang kini ditempati oleh Fisherman’s Bastion dulunya adalah sebuah benteng kota kuno yang pada abad pertengahan dijaga oleh serikat nelayan yang tinggal di area di dekatnya yaitu di kota Vízívaros (watertown), di kaki bukit Castle Hill. Dari nelayan inilah, nama ‘Fisherman Bastion’ berasal, yang berarti ‘Benteng Pertahanan Nelayan’. Sebuah pasar ikan kuno dulunya juga berlokasi di tempat ini.

Fisherman’s Bastion dibangun gaya arsitektur romawi baru dan neo-gothic yang indah, dan memiliki menara-menara yang lancip seperti kastil-kastil di cerita dongeng. Total ada 7 menara di bangunan teras ini, yang masing-masing melambangkan suku Magyar, yang pada tahun 896 menghuni Hungaria.

Selain bentuknya yang indah dan ikonik, Fisherman’s Bastion juga memiliki posisi yang strategis. Selain strukturnya sendiri yang tinggi karena dibuat bertingkat, teras ini juga terletak tinggi di atas bukit Castle Hill seperti halnya Buda Castle. Lokasinya tepatnya berada di belakang gereja Mathias Church di Castle District, bukit Castle Hill, area Buda, kota Budapest. Dari teras dan menara Fisherman’s Bastion, Anda bisa mendapatkan panorama yang indah ke arah sungai Danube dan juga area Pest di seberang sungai. Termasuk perspektif unik dan dramatis dari Parliament Building di seberang sungai seperti foto pertama :)

Dengan bentuknya yang indah dan lokasinya yang strategis, tidak heran jika Fisherman’s Bastion menjadi salah satu ikon dan landmark Budapest, dan menjadi salah satu daya tarik wisata terbesar di kota ini. Jadi kalau Anda traveling ke Budapest, jangan lupa ya mampir ke tempat ini :)


Mathias Church adalah gereja indah bergaya Romanesque style yang terletak di depan Fisherman’s Bastion, di pusat Castle District, area Buda, kota Budapest, Hongaria. Gereja ini menjadi salah satu bangunan terkenal di Budapest karena letaknya tepat di depan Fisherman’s Bastion, sehingga banyak wisatawan yang melihat atau melaluinya saat mengunjungi Fisherman’s Bastion.

Selain itu, Mathias Church dulunya juga merupakan gereja terbesar pada masa abad pertengahan di Buda. Gereja yang dibangun pada tahun 1015 ini juga menjadi tempat beberapa peristiwa penting di Hungaria seperti tempat penobatan raja Charles IV pada tahun 1916 dan juga tempat pernikahan raja Mathias. Saat ini, Mathias Church masih aktif berfungsi sebagai gereja kota.

6. Szechenyi Bath (Pemandian Air Panas)
Szechenyi Bath (Pemandian Air Panas)
Szechenyi Bath, tempat pemandian air panas paling terkenal di Budapest
Széchenyi Bath adalah tempat pemandian air panas terkenal yang terletak di kota Budapest, Hongaria. Tempat pemandian air panas ini dibangun pada tahun 1909 dan menempati bangunan megah bergaya Neo Baroque style, yang sekilas mirip seperti bangunan istana kuno khas Eropa. 

Széchenyi Bath merupakan tempat pemandian air panas terbesar di Eropa dan memiliki luas area hingga 6.220 m2. Air panasnya bersumber dari 2 sumber mata air panas alami yang masing-masing bersuhu 74°dan 77°C. Air termal ini diklaim mengandung sejumlah mineral yang bermanfaat seperti sulfat, kalsium, magnesium, bikarbonat, asam florida, dan juga asam bikarbonat yang dapat memberikan efek kesehatan dan pengobatan/terapi seperti untuk sakit tulang dan sendi. 

Saat ini Széchenyi Bath memiliki 3 kolam outdoor dan 15 kolam indoor yang masing-masing dapat digunakan campur untuk laki-laki ataupun perempuan, tidak lagi terpisah seperti dulu. Kolam pemandian air panasnya memiliki suhu yang bervariasi. Tiga kolam outdoornya (kolam renang, kolam adventure, dan kolam berendam) memiliki suhu antara 27-38°C, sementara kolam indoornya memiliki suhu antara 18-38°C. Kolam renang bagian outdoor memiliki kedalaman 0,8-1,7 meter, sementara kolam adventurenya memiliki kedalaman 0,8 meter. 

Selain berenang dan berendam di kolam air panas, para pengunjung juga bisa menikmati sauna dan steam, dan juga pijat. Széchenyi Bath cocok dikunjungi pada akhir kunjungan Anda di kota Budapest sebagai tempat untuk rileks seharian setelah lelah mengelilingi kota Budapest beberapa hari sebelumnya. Tempat ini tak hanya menjadi favorit para wisatawan tetapi juga warga lokal. Karena itulah tempat pemandian air panas ini tidak pernah sepi pengunjung baik siang ataupun malam hari.

Anda bisa menemukan Szechenyi Bath dengan mudah karena letaknya yang tidak jauh di pusat kota, bahkan terletak tepat di taman kota City Park kota Budapest, tidak jauh dari Heroes’ Square. Jadi jangan lupa ya mampir ke Szechenyi Bath kalau Anda ke Budapest.

7. Shoes on the Danube
Shoes on the Danube di malam hari. Tampak Buda castle dan Castle Bridge di kejauhan
Ini dia yang unik dan belum banyak yang tahu :p. Satu lagi monumen yang unik dan juga terkenal di Budapest adalah Shoes on the Danube. Monumen ini berupa ‘patung’ deretan sepatu yang berada di teras tepi sungai Danube di sisi Pest (timur sungai), kota Budapest, Hongaria. Lokasinya adalah di dekat Zoltan Street, sekitar 300 meter sebelah selatan Gedung Parlemen Hongaria (Parliament Building) dan dekat Hungarian Academy of Sciences; antara Roosevelt Square dan Kossuth Square.

Meskipun terlihat seperti sepatu-sepatu biasa, jangan coba-coba untuk mengangkatnya yak wkwk... Selain cukup berat karena terbuat dari perunggu, sepetu-sepatu ini juga ditempelkan ke dinding tanggul sungai. Jadi memang tidak bisa diangkat atau dipindah-pindahin :D

Deretan sepatu-sepatu ini memang terbuat dari besi/perunggu dan dibuat oleh Can Togay (seorang direktor film) bersama seorang pembuat patung bernama Gyula Pauer. Monumen ini dibuat pada tahun 2005 untuk mengenang 3500 orang (800 di antaranya adalah warga Yahudi Budapest) yang dibu*uh oleh militan fasis Arrow Cross pada masa Perang Dunia ke-2 di Budapest, yaitu antara tahun 1944-1945. (Btw, sejarah semua negara berkaitan ya, masa2 pentingnya pasti sekitaran tahun itu, termasuk Indonesia :D. Perangnya global sih ya :p ). 

Shoes on the Danube, tampak sebagian bangunan Parliament Building di foto kanan
Pada masa itu para korban disuruh untuk melepas sepatunya dan berdiri di tepi sungai, lalu ditembak sehingga tubuh mereka jatuh ke sungai dan terbawa arus. Monumen Shoes on the Danube menggambarkan sepatu-sepatu yang ditinggalkan oleh para korban.

Total ada 60 pasang sepatu di monumen ini, ada sepatu laki-laki dan juga perempuan, yang bentuknya dibuat mirip dengan model sepatu yang ada pada masa itu dan posisinya sengaja dibuat tidak teratur, agar benar-benar tampak seperti sepatu-sepatu yang ditinggalkan.. (entah kenapa saya merasa sedih di sini :'( ).

Sepatu-sepatu dari perunggu ini ditempelkan ke dinding batu tanggul sungai Danube dan di belakangnya terdapat sebuah bangku batu sepanjang 40 m dengan tinggi 70 cm. Di tiga titik bangku terdapat 3 plakat peringatan dan tulisan “To the memory of the victims shot into the Danube by Arrow Cross militiamen in 1944–45".

Hmm.. jadi sedih. Kalau kalian ke Budapest mampir ya ke monumen sepatu di tepi sungai Danube ini... Para pengunjung juga biasanya meninggalkan bunga, lilin, atau ucapan sebagai tanda belasungkawa dan pengormatan untuk para korban. Viewnya juga bagus lho, pemandangan sungai Danube dengan bangunan-bangunan cantik di sekelilingnya serta Parliament Building, Buda castle, dan jembatan Chain Bridge yang ikonik. Indah baik siang maupun malam :)

City Park (atau dalam bahasa Hongaria Városliget) adalah taman kota terkenal di Budapest, Hongaria. Taman kota ini terletak tidak jauh dari pusat kota Budapest, tepatnya di distrik XIV kota Budapest, Hongaria. Pintu masuknya adalah dari alun-alun Heroes’ Square. City Park Budapest memiliki bentuk persegi panjang dengan ukuran 1400 x 970 m dengan luas area 1,2 km2. 

Beberapa bangunan dan tempat penting yang berada di dan sekeliling City Park Budapest adalah Széchenyi Bath, Vajdahunyad Castle, Budapest Zoo, Municipal Circus, Gundel Restaurant, Budapest Circus Building, Budapest Transport Museum, Museum of Fine Arts, Palace of Art, dan Heroes’ Square. Anda bisa sekalian mengunjungi tempat-tempat ini kalau City Park Budapest :)

Heroes’ Square (atau dalam bahasa Hungaria Hősök tere) adalah salah satu alun-alun utama kota Budapest, Hongaria. Alun-alun ini terletak di salah satu ujung taman City Park Budapest, tepatnya di samping Andrássy ut/Avenue. Heroes’ Square sendiri diapit oleh 2 bangunan penting yaitu Museum of Fine Arts di sebelah kiri dan Palace of Art (Hall of Art) di sebelah kanan.

Sementara di bagian tengah alun-alun terdapat sebuah monumen yang menandai alun-alun ini. Monumen tersebut adalah Millennium Memorial atau Millenáriumi Emlékmű yang juga menjadi landmark kota Budapest. Millennium Memorial dibangun pada tahun 1896 untuk memperingati hari jadi ke-1000 penaklukan Carpathian Basin dan juga pendirian negara Hongaria.

Millennium Memorial terdiri dari dua deretan tiang dengan posisi melengkung yang simetris kanan-kiri dan mengapit sebuah tiang tinggi di bagian tengah. Pada masing-masing deretan tiang yang melengkung terdapat 7 patung yang menggambarkan 7 tokoh penting dalam sejarah Hongaria. Sementara pada tiang yang tinggi, bagian atasnya dihiasi patung malaikat Jibril. Selain itu, masih ada satu lagi fitur dari monumen ini yaitu tanda batu untuk memperingati para pahlawan yang gugur dalam peperangan kemerdekaan Hongaria. Meskipun tampak seperti makam, tanda batu ini hanyalah sebuah ‘simbol’, bukan makam sungguhan yang berisi jenazah di dalamnya.

Hungarian State Opera House (atau Magyar Állami Operaház) adalah gedung opera house bergaya neo-renaissance yang terletak di tengah kota Budapest, tepatnya di jalan Andrássy út. Gedung opera yang dibangun pada tahun 1875 oleh raja Franz Josep I ini merupakan gedung opera terbesar kedua di Budapest dan di Hongaria. 

Saat ini Hungarian State Opera House masih berfungsi dan masih menyajikan pertunjukan opera yang biasanya berlangsung antara bulan September sampai akhir Juni. Gedung opera house ini juga menjadi basement bagi kelompok balet nasional Hongaria. Meskipun masih aktif sebagai tempat pertunjukan, Anda tetap bisa tur mengelilingi gedung opera ini dan melihat bagian-bagian dan interiornya. Tur dibuka hampir setiap hari dan tersedia dalam 6 bahasa termasuk bahasa Inggris. Tertarik? :)

Demikian 10 tempat wisata paling terkenal di Budapest, Hungaria yang wajib dikunjungi. Jangan lupa mampir ya kalau jalan-jalan ke Budapest ;)


All Texts © Explorer Guidebook. All Rights Reserved.

Terkait:
Daftar Hotel Murah 100 Ribuan di Budapest, Hungaria
Mau Menginap di Gresham Palace Budapest? Bisa!

REKOMENDASI TOUR:

0 comments:

Post a Comment