Explorer Guidebook

Tower Bridge, Jembatan Angkat Ikon Kota London

0
Tower Bridge London
Tower Bridge saat diangkat
Tower Bridge di London merupakan salah satu jembatan paling terkenal di dunia dan merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di Inggris. Jembatan angkat ini membentang melintasi Sungai Thames, menghubungkan Soutwark (di sisi utara) dan City of London (di sisi selatan). Tower Bridge terdiri dari jembatan sepanjang 244 m dan dua buah menara setinggi 65 m. Kedua menara jembatan disatukan di bagian atasnya oleh dua tempat berjalan (walkway) yang berdampingan, setinggi 44 m di atas permukaan air saat sungai sedang pasang.

Tower Bridge dibangun pada tahun 1886 berdasarkan rancangan seorang arsitek bernama Sir Horace Jones, dan membutuhkan waktu 8 tahun untuk menyelesaikannya. Bagian menara jembatan ini mempunyai gaya arsitektur Victorian Gothic dengan warna keabu-abuan, selaras dengan bangunan dari mana namanya berasal, Tower of London. Jembatan menara ini secara resmi dibuka pada tanggal 30 Juni 1894 oleh Prince of Wales (Raja Edward VII) dan istrinya, Princess of Wales.

Salah satu hal yang paling unik dari Tower Bridge adalah jembatan ini dipotong di bagian tengahnya sehingga menghasilkan dua sisi jembatan yang bisa diangkat. Dua sisi jembatan ini bisa diangkat sampai 86°, yang memungkinkan lalu lintas air di bawahnya, khususnya kapal-kapal dengan tiang tinggi, bisa lewat. Inilah ide awal yang mendasari rancangan jembatan yang bisa diangkat ini, sebagai solusi masalah jembatan biasa yang tidak bisa dilalui kapal-kapal tinggi.

Inside Tower Bridge walkway
Sewa walkway untuk pesta resepsi
Pada zaman dulu, Tower Bridge bisa diangkat sampai hampir 50 kali per hari (18.250 kali/tahun), tetapi saat ini hanya sekitar 1000 kali dalam setahun. Mekanisme pengangkatan jembatan dilakukan dengan sistem hidrolik, sedangkan pengaturan pengangkatannya dilakukan melalui komunikasi sinyal antara operator jembatan dan kapal besar yang akan melintas. Sistem komputer dipasang pada tahun 2000 untuk mengontrol pengangkatan dan penurunan bagian tengah jembatan dari jarak jauh.

Saat ini Tower Bridge London masih menjadi jembatan yang sibuk dan vital untuk melintasi sungai Thames. Jembatan ini setiap harinya dilintasi oleh lebih dari 40.000 orang, terdiri dari pengendara kendaraan bermotor, sepeda, dan pejalan kaki. Untuk mempertahankan kekuatan strukturnya, pengelola jembatan memberlakukan batas maksimum kecepatan 32 km/jam dan beban 18 ton bagi kendaraan yang melintasi Tower Bridge. Sistem kamera digunakan untuk mengukur kecepatan kendaraan yang melintas, dengan mengintegrasikan sistem pengenalan plat nomor kendaraan untuk mengirimkan tagihan denda kepada pengendara yang melajukan kendaraannya melampaui batas kecepatan. Sistem sensor juga diterapkan untuk mengukur berat total, tinggi kerangka bawah, dan jumlah roda dari setiap kendaraan yang lewat.

Inside walkway Tower Bridge
Interior walkway
Selain sebagai salah satu jembatan vital di London, Tower Bridge juga menjadi salah satu landmark dan ikon kota London. Oleh karena itu jembatan ini juga menjadi tempat tujuan wisata para turis. Dengan membeli tiket masuk, pengunjung bisa masuk dan melihat Pameran Tower Bridge (Tower Bridge Exhibition) yang diadakan di dua menara kembar jembatan, walkway, dan ruang mesin lama. Di sana kita bisa melihat film, foto, dan display interaktif lainnya yang menjelaskan tentang sejarah Tower Bridge. Di ujung bagian selatan jembatan, pengunjung bisa melihat museum Tower Bridge yang berada di ruang mesin lama. Di sana kita bisa melihat mesin uap dan mesin hidrolik asli yang pertama kali digunakan untuk mengangkat bagian tengah jembatan Tower Bridge.

Nah, siap jalan-jalan di Tower Bridge dan menikmati pemandangan menakjubkan dari atas menara? Sekedar tambahan, banyak yang salah menyebut Tower Bridge sebagai London Bridge, meskipun keduanya adalah dua jembatan yang berbeda. Jadi kalau kamu ingin ke Tower Bridge, jangan sampai salah menyebutnya dengan London Bridge karena bisa-bisa kamu sampai di jembatan yang berbeda :D


Alamat: Tower Bridge Road, London, Inggris

Jam Buka:
Musim Panas : April – September : Pkl 10:00 - 18:00
Musim Dingin : Oktober – Maret : Pkl 09:30 - 07:30
(24 – 26 Desember tutup dan 1 Januari buka mulai 10.00)

Harga Tiket Masuk Tower Bridge (ke menara):
Dewasa : £ 8.00
Anak-anak (usia 5-15 tahun) : £ 3.40
Pelajar (show ID card) : £ 5.60
Orang Tua (usia 60+) : £ 5.60 
Balita (- 5 tahun) : Gratis

Note:
- Harga tiket dapat mengalami perubahan 
- Tiket bisa dibeli langsung ditempat atau beli secara online di Website resmi Tower Bridge
- Anak-anak -15 tahun harus ditemani oleh orang dewasa

Naik apa ke Tower Bridge? 
Bus: Naik jalur 15, 42, 78,100, atau RV1
Kereta Bawah Tanah (Di Inggris biasa disebut 'underground' atau ‘tube’.) Stasiun bawah tanah terdekat: 
- Tower Hill Station (District line dan Circle line)
- London Bridge Station (Northern line dan Jubilee line)
Kereta Biasa (train atau rail). Stasiun terdekat:
- London Bridge Station
- Fenchurch Street Station
- Tower Gateway DLR Station
Kendaraan pribadi. Tempat parkir terdekat: Tower Hill Coach dan Car Park (beralamat di 50 Lower Thames Street, London, dekat dengan Tower of London)
Perahu: dari Charing Cross, Westminster, atau Greenwich ke Tower Pier.


Tempat wisata lain di dekat Tower Bridge:

Baca juga:

0 comments:

Post a Comment