10 Tempat Wisata Terkenal di New York, Amerika Serikat

12
New York City. Kota yang memiliki julukan “Big Apple” ini merupakan kota terpadat di Amerika Serikat. Kota ini juga mewakili image AS sebagai negara maju sekaligus pusat berbagai bidang seperti bidang ekonomi, media, teknologi, pendidikan, fashion, hingga hiburan. Tak salah jika New York juga dijuluki sebagai “Capital of the World” atau ibukota dunia.

Dan dalam bidang wisata, apa saja yang ditawarkan New York untuk para wisatawan? Nah bagi Anda yang baru pertama kali ke New York, dan bingung mau ke mana, saya sudah rangkumkan 10 tempat wisata menarik di New York yang wajib Anda kunjungi. 10 tempat ini adalah tempat wisata terpopuler di New York Amerika, yang sudah tersohor hingga penjuru dunia dan identik sebagai landmark Amerika. Siap menyimak? 

Kota New York atau New York City adalah kota terluas di negara bagian New York, yaitu satu dari 50 negara bagian (state) di Amerika Serikat. Kota yang memiliki julukan “Big Apple” ini merupakan kota yang sangat luas dan masih terbagi menjadi 5 wilayah (kabupaten) lagi yaitu: Manhattan, Brooklyn, Queens, The Bronx, dan Staten Island. Dari 5 wilayah ini, kota Manhattan lah yang identik dengan “New York”. 

Di wilayah inilah terdapat landmark dan gedung-gedung pencakar langit yang menjadi pemandangan khas ala kota New York yang sering kita lihat di berbagai media. Manhattan juga menjadi pusat perekonomian sekaligus pusat kota New York, di mana wilayah ini juga menjadi tempat beberapa jalan yang kita kenal sangat identik dengan New York seperti Wall Street, Broadway, Madison Avenue, Fifth Avenue, dan juga kawasan ikonik seperti Harlem. (Ingat Harlem Shake Vs Oppa Gangnam Style? Gangnam juga merupakan sebuah distrik di Seoul, Korsel). 

Nah karena yang identik dengan New York adalah Manhattan, maka tempat wisata terkenal di New york yang akan kita bahas juga dipusatkan di seputaran Manhattan yang juga merupakan sebuah pulau. Ready? Let’s go!

1. Patung Liberty
Patung Liberty New York

Siapa yang tidak tahu Patung Liberty. Patung wanita raksasa dengan mahkota berduri dan obor di tangannya yang menjadi ikon negara Amerika Serikat. Tapi mungkin ada yang belum tahu info detailnya, karena itu akan sedikit saya paparkan di sini :D. Statue of Liberty atau patung Liberty adalah patung raksasa sekaligus monumen nasional yang terletak di Manhattan, New York City, Amerika Serikat, tepatnya di sebuah pulau di New York Harbor yang disebut Liberty Island. 

Patung bergaya neoklasik ini merupakan hadiah tanda persahabatan dari bangsa Perancis untuk Amerika, dan pembangunannya didanai oleh gabungan kedua negara. Desainernya adalah ahli patung asal Perancis, yaitu Frédéric Auguste Bartholdi, dan dalam konstruksinya juga melibatkan Gustave Eiffel (pembangun Menara Eiffel di Paris). Patung Liberty menggambarkan sosok dewi Libertas, yaitu dewi Romawi untuk kebebasan, yang juga selaras dengan motto Perancis dan juga identik dengan Amerika.

Sejak diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886, patung setinggi 93 m ini telah menjadi salah satu objek wisata terkenal di Amerika Serikat. Apalagi Patung Liberty juga telah menyandang status sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO. Tercatat sampai tahun 2009, sebanyak 3,2 juta orang telah mengunjungi Patung Liberty di New York. Dan sebagai ikon Amerika, Patung Liberty juga sangat sering muncul di berbagai media dan juga film-film hollywood. Berniat ke sini? Kita tidak hanya bisa melihatnya dari luar lho, tetapi juga bisa masuk dan naik ke atas sampai ke mahkotanya!

2. Empire State Building
Empire state building new york

Satu lagi landmark terkenal Amerika, yaitu Empire State Building. Empire State Building adalah gedung pencakar langit setinggi 443,2 m yang terletak di Manhattan, New York City, Amerika Serikat; tepatnya di persimpangan jalan Fifth Avenue dan West 34th Street. Gedung yang dimiliki oleh 2800 investor dalam Empire State Building Associates L.L.C ini didesain oleh William F. Lamb dan selesai dibangun pada tahun 1931. Empire State Building memiliki 6.500 jendela dan terdiri dari 103 tingkat, yang meliputi 102 lantai dan 1 tingkat di bagian puncak. 85 lantai pertamanya ditempati oleh bisnis dan perkantoran dan lantai 86 ditempati oleh dek observasi indoor dan outdoor. Sementara 16 tingkat sisanya (termasuk puncak) merupakan menara Art Deco dengan dek observasi indoor di lantai 102 dan bagian puncak yang ditempati oleh antena-antena siaran dan penangkal petir (paling puncak). 

Saat ini, Empire State Building menjadi gedung pencakar langit tertinggi ke-23 di dunia, ke-4 tertinggi di Amerika Serikat, dan tertinggi pertama di New York setelah hancurnya menara kembar WTC pada 11 September 2001. Empire State Building juga menjadi kompleks perkantoran tunggal terbesar kedua di Amerika (setelah Pentagon), dengan total 1000 perusahaan dan 21.000 karyawan bekerja di gedung ini tiap harinya. Wow. Salah satu perusahaan terkenal yang berkantor d sini adalah Linkedln. 

Selain karyawan, wisatawan dan turis juga bisa masuk ke Empire State Building untuk naik ke dek observasinya, baik yang ada di lt. 86 ataupun lt.102. Melihat pemandangan kota New York dari ketinggian adalah salah satu kegiatan favorit para wisatawan yang datang ke New York. Hal ini membuat Empire State Building menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Amerika, dan juga terlaris. Hingga katanya mereka bisa menghasilkan lebih banyak uang dari penjualan tiket ke turis ketimbang dari hasil sewa perkantoran. Hihi. 

Dan sebagai ikon sekaligus landmark kota New York, Empire State Building juga sering muncul dalam berbagai media dan film, beberapa di antaranya adalah film King Kong, Independence Day, Knowing, Elf, dan Step Up 3D. Di drama Korea Fashion King, gedung ini dan Times Square juga muncul di openingnya dan di beberapa scene. Tertarik naik ke Empire State Building? FYI, banyak turis lebih memilih naik ke Top of the Rock agar bisa melihat dan berfoto dengan latar belakang puncak Empire State Building di antara skyline kota New York :)

3. Times Square
tempat wisata terkenal Times Square New York

Times Square di New York adalah sebuah persimpangan jalan yang sibuk sekaligus sebuah kawasan komersial yang ramai dengan nyala lampu papan iklan warna-warni. Tempat yang menjadi pusat kawasan theater Broadway ini berada di Manhattan, New York City. Tepatnya di persimpangan jalan Broadway dan Seventh Avenue, dan membentang dari jalan West 42nd hingga West 47nd. Times Square merupakan salah satu tempat persimpangan pejalan kaki tersibuk di dunia dan sering dijuluki sebagai "The Crossroads of the World”. Kawasan ini juga menjadi salah satu pusat industri hiburan dunia yang utama dengan banyaknya tempat dan industri hiburan mengelompok di area ini. Dengan banyaknya tempat yang bisa didatangi, Times Square menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di dunia dengan jumlah kunjungan mencapai 39 juta orang tiap tahunnya. 

Selain identik dengan kemeriahan papan-papan reklame seperti di Las Vegas, Times Square juga terkenal dengan plazanya yang ramai dan ikonik. Plaza ini merupakan area terbuka di tengah jalan Broadway yang menjadi zona bebas kendaraan. Di Plaza ini terdapat banyak meja dan kursi yang biasa digunakan oleh pengunjung untuk nongkrong dan duduk-duduk. Karena pengunjung juga bisa sambil menikmati makanan atau minuman yang dipesan dari restauran sekitar, plaza Times Square ini juga mirip seperti restauran atau cafe outdoor. Dan letaknya yang berada di tengah-tengah jalan yang ramai, dan di antara gedung-gedung bertingkat serta papan iklan warna-warni, membuat Times Square Plaza memiliki pemandangan yang unik, meriah, dan sangat khas New York. Cocok bagi Anda yang ingin menikmati pemandangam sekaligus keramaian ala kota New York dan benar-benar berada di pusat keramaian. 

Selain itu, Times Square masih memiliki segudang daya tarik yang menjadi salah satu magnet wisata terbesar di New York. Pokoknya wajib hukumnya ke Times Square! Karena sebagai pusat theater district, kawasan ini juga ditempati oleh sebagian besar theater broadway dan juga theater lain, bioskop, restauran, hotel, serta tempat hiburan lainnya. Beberapa industri dan tempat hiburan terkenal Amerika seperti studio ABC (American Broadcasting Company), Ripley’s Believe It or Not, dan museum lilin Madame Tussauds juga ada di area ini. 

Dan sebagai salah satu landmark kota New York, Times Square juga sering menjadi lokasi syuting film, dua di antaranya adalah Transformers: Revenge of the Fallen dan Spider-Man. Bagi Anda pecinta drama Korea, khususnya yang pernah nonton Fashion King, Anda sepertinya juga punya alasan lain untuk mengunjungi tempat ini. Karena Times Square juga menjadi salah satu lokasi syuting drama Fashion King di AS selain seputaran Empire State Building. 

4. Central Park
taman Central Park New York USA in winter

Central Park adalah taman kota seluas 340 hektar yang berada di tengah pulau Manhattan, New York City, Amerika Serikat. Taman ini merupakan salah satu tempat wisata paling terkenal di New York dan dikunjungi oleh kurang lebih 35 juta orang per tahun, baik warga lokal maupun wisatawan mancanegara. Central Park berbentuk persis seperti persegi panjang dengan panjang 4 km dan lebar 0,8 km. Taman ini dibatasi oleh jalan Central Park North (110th Street) di tepi utara, Central Park South (59th Street) di tepi selatan, Central Park West (Eighth Avenue) di tepi barat, dan Fifth Avenue di tepi timur. Tidak hanya berfungsi sebagai jantung hijau kota, Central Park juga menjadi oasis all in one bagi warga New York, khususnya Manhattan, yang ingin melepaskan diri sejenak dari hiruk pikuk kota dan seluk beluk gedung bertingkat. 

Di jantung hijau ini, pengunjung bisa melakukan berbagai macam aktivitas, mulai dari sekedar jalan-jalan atau duduk-duduk menikmati keindahan taman, melakukan berbagai macam olahraga dan piknik, hingga menikmati hiburan dan berbagai tempat wisata dalam setting alam yang luas dan indah. Pokoknya one stop getaway, semua ada di taman ini :D. Tak percaya? Selain memiliki sejumlah area taman dengan deretan bangku taman dan lampu yang cantik, Central Park juga memiliki area hutan alami, taman konservasi tumbuhan, cagar alam aneka fauna, kebun binatang, waduk, beberapa danau dan kolam, sejumlah lapangan dan area taman berumput untuk olahraga dan kegiatan lain, dan sejumlah jalan taman cantik untuk jalan-jalan, lari, joging, bermain skateboard, hingga menunggang kuda. 

Selain itu Central Park juga memiliki 2 lapangan ice skating, amfiteater outdoor, theater, komedi putar, 21 playground anak, dan sebuah kastil. Pada musim panas, di Central Park juga digelar banyak event dan hiburan seperti pertunjukan teater dan konser outdoor. Pokoknya kalau Anda tidak punya banyak waktu di New York, namun ingin merasakan pengalaman ala New Yorkers sekaligus bertemu banyak warga lokal, datang saja ke Central Park. Khususnya saat weekend. Kalau anda suka fotografi, suka foto-foto, atau sekedar senang melihat pemandangan alam yang indah, Central Park juga memiliki beberapa spot yang menawarkan pemandangan mengagumkan khususnya saat musim gugur, musim dingin, dan musim semi. Tak percaya? Lihat saja foto-fotonya di sini

5. Wall Street
Wall street new york

Wall Street adalah sebuah kawasan di Manhattan yang menjadi pusat keuangan kota New York, sekaligus sebutan untuk jalan yang menjadi pusatnya. Jalan Wall Street memiliki panjang 1,1 km dan membentang dari barat ke timur, mulai dari Broadway hingga South Street. Seperti kita ketahui, Wall Street identik dengan pasar saham dan uang. Dan kawasan ini memang merupakan tempat di mana bank besar Federal Reserve dan bursa saham terbesar di dunia, New York Stok Exchange (NYSE), berada. Selain NYSE, beberapa bursa saham besar lain juga memiliki kantor pusat di kawasan Wall Street, di antaranya adalah NASDAQ. 

Karena kepopulerannya yang sudah mendunia, Wall Street juga menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi oleh pendatang dan juga wisatawan yang penasaran ingin melihat Wall Street dan pasar saham di sini secara langsung. Kawasan inipun berkembang menjadi salah satu tempat wisata terkenal di New York dengan daya tarik wisata utamanya adalah New York Stock Exchange, Federal Reserve Bank of New York, Federal Hall, dan Trinity Church

Dulu pengunjung bisa masuk ke NYSE sebagai wisatawan dan melihat langsung lantai pasar saham yang penuh dengan para trader. Namun saat ini karena alasan keamanan, pengunjung sudah tidak bisa masuk lagi, kecuali yang memang ingin beli saham :). (Saat ini anda masih bisa ikut New York City Wall Street Insider Tour). Sementara di Federal Reserve, pengunjung masih bisa melihat langsung ruang penyimpanan bawah tanah bank ini yang berisi emas dengan total nilai mencapai 100 milyar dolar! (Wah kalau di-rupiah-in gimana tuh bacanya? :p). 

Bagi yang suka nonton film action Hollywood tentang perampokan bank, mungkin Anda juga pernah melihat bank Federal Reserve ini :). Dan ngomong-ngomong soal film, film Hollywood lah yang memiliki peran besar dalam mempopulerkan Wall Street ke dunia internasional khususnya ke khalayak umum. Banyak film Hollywood yang menjadkan Wall Street sebagai lokasi syuting, 3 di antaranya adalah Die Hard with a Vengeance, National Treasure (Trinity Church), dan The Dark Knight Rises

6. Fifth Avenue
Fifth Avenue New York

Fifth Avenue adalah sebuah jalan utama yang berada di tengah Manhattan, New York City, Amerika Serikat. Fifth Avenue terkenal sebagai jalan pusat perbelanjaan bergengsi, khususnya sepanjang jalan antara 49th Street dan 60th Street, yang memiliki deretan departemen store mewah dan juga butik fashion ternama seperti Louis Vuitton, Gucci, Prada, Armani, Chanel, Nike, dan masih banyak lagi. Fifth Avenue juga menjadi salah satu jalan pusat pertokoan termahal di dunia. Jalan ini selalu dipadati oleh pengunjung dan turis, baik yang benar-benar belanja atau sekedar window shopping :D. Fifth Avenue antara 82nd dan 105th Streets juga terkenal sebagai Museum Mile di mana terdapat hingga 10 museum di sepanjang jalan ini saja. 

Beberapa landmark nasional Amerika juga berada di sepanjang Fifth Avenue, yaitu Empire State Building, New York Public Library, Rockefeller Center, dan St. Patrick’s Cathedral. Kawasan belanja lain di Manhattan selain Fifth Avenue adalah Madison Avenue yang dipenuhi dengan toko-toko pakaian dan aksesoris mahal. Jika Anda tipe orang yang suka belanja tanpa repot-repot melihat label harganya, alias harga berapapun tak masalah, Anda mungkin cocok ke sini. Dan bagi yang suka belanja hemat, bisa juga kok masuk ke toko-toko di sepanjang Madison Avenue ini jika penasaran. Tetapi pastikan melongo atau maki-makinya nanti saja kalau sudah di luar dan usahakan keluar toko dengan tetap calm dan anggun. Lol

7. Chinatown
Chinatown manhattan NY

Sepertinya perkampungan Cina memang ada di mana-mana ya, tak terkecuali di kota metropolitan negara maju seperti New York City. Di kota New York, terdapat 6 perkampungan etnik Cina dan salah satunya berada di Manhattan. Chinatown di Manhattan adalah sebuah distrik yang menjadi daerah kantung etnik Cina tertua di luar Asia, sekaligus yang terbesar di belahan bumi bagian barat, dengan populasi diperkirakan mencapai 90 ribu-100 ribu orang. 

Seperti halnya kawasan perkampungan Cina lain, Chinatown di Manhattan juga memiliki pemandangan dan atmosfer yang sangat Chinese dengan warna papan-papan toko yang meriah dan ditulis dengan huruf Cina (dan Inggris). Selain terkenal menawarkan banyak restauran Cina, kawasan Chinatown di Manhattan juga memiliki banyak objek wisata sejarah dan budaya yang semakin menambah daya tariknya di mata para wisatawan. Beberapa landmark Chinatown di Manhattan yang biasa menjadi tujuan wisata adalah Church of Transfiguration, Lin Zexu, dan patung Confucius. 

Pada hari-hari spesial tertentu seperti misalnya pada Tahun Baru Cina (Imlek), kawasan Chinatown ini juga meriah oleh perayaan dan festival yang menjadi daya tarik lain bagi pengunjung. Selain itu, terdapat sejumlah jalan yang menjadi kawasan sentra tertentu seperti Mott Street, Mulberry Street, Canal Street dan Catherine Street yang terkenal sebagai kawasan penjual ikan dan toko bahan makanan; Canal Street (antara Mott Street dan Bowery) sebagai kawasan toko perhiasan; dan Canal Street (sebelah barat Broadway) yang penuh dengan penjual-penjual parfum, jam tangan, dan tas-tas ‘bermerk’ dengan harga murah (you know lah :p). 

Di Canal Street sebelah timur Broadway (sekitar Chinatown), kita juga bisa belanja suvenir khas New York yang lebih murah dibanding tempat lain. Selain perkampungan Cina, di New York ada juga perkampungan orang Italia (Little Italy) dan Korea (Koreatown). Penasaran pengen ke sana?

8. Brooklyn Bridge
Brooklyn Bridge New York

Brooklyn Bridge adalah salah satu jembatan gantung tertua di Amerika Serikat yang menjadi landmark kota New York. Jembatan ini membentang sepanjang 1825 m di atas sungai East River di New York, dan menghubungkan Manhattan dan Brooklyn. Sejak selesai dibangun pada tahun 1883, Jembatan Brooklyn telah menjadi ikon kota New York. Dan karenanya jembatan ini juga menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi di kota ini. 

Selain jalur untuk kendaraan bermotor, Brooklyn Bridge memiliki jalur khusus untuk pejalan kaki dan sepeda yang terletak di bagian tengah dengan poisisi yang lebih tinggi. Jadi jika Anda ingin berjalan-jalan sebentar di Brooklyn Bridge, Anda tak perlu khawatir dengan banyaknya kendaraan bermotor yang melintasi jembatan ini, karena jalurnya memang terpisah. Selain bisa duduk bersantai di bangku-bangku yang tersedia dan menikmati pemandangan sekitar sungai East River yang menakjubkan, kita juga bisa melihat konstruksi dan jaringan kabel gantungnya dari dekat. 

Pada malam hari, pemandangan di Jembatan Brooklyn dan sekitarnya juga semakin indah dengan nyala lampu yang terpantul oleh permukaan sungai. Brooklyn Bridge juga menjadi tempat para pasangan untuk mengaitkan gembok cinta mereka, meskipun gembok-gembok ini adakalanya dibersihkan oleh pihak yang berwenang. Sebagai landmark kota New York dan sekaligus salah satu jembatan terkenal di dunia, sudah pasti Brooklyn Bridge sering muncul di berbagai media dan juga film, beberapa di antaranya adalah I Am Legend, The Dark Knight Rises, dan The Avengers.

9. Staten Island Ferry
Staten Island Ferry New York

Staten Island Ferry adalah kapal ferry yang berlayar dari Manhattan menuju Staten Island, salah satu wilayah di New York City (baca di pembukaan kan?) yang juga berupa pulau seperti halnya Manhattan. Namun Staten Island memiliki suasana sub urban, bebeda dengan wilayah New York lainnya yang merupakan kota besar. Meskipun Staten Island bukan termasuk wilayah Manhattan, tetapi saya tetap memasukan item ini dalam daftar tempat wisata di New York, yang sudah saya khususkan di Manhattan. Kenapa? Karena selain kapal ini berangkatnya dari Manhattan, naik kapal ini juga gratis. Yup, Anda tidak salah dengar. GRATIS. Karena kapal ini merupakan layanan kapal penumpang yang dioperasikan oleh departemen transportasi kota New York. 

Dan meskipun Anda tidak ingin mengunjungi Staten Island, saya tetap menganjurkan Anda untuk coba naik Staten Island ferry. Kenapa? Karena naik kapal ini akan memberikan Anda pengalaman ala tur pesiar dengan pemandangan New York Harbor yang indah sepanjang perjalanan. Gratis pula. Staten Island Ferry juga sering muncul di film-film dan drama televisi di New York, dan naik kapal ini juga populer di kalangan wisatawan. Dalam perjalanan Anda juga akan melewati Patung Liberty dan pulaunya dengan kapal berlayar lebih dekat ke Patung Liberty saat berangkat dari Manhattan ketimbang pulangnya. Jadi jangan terlewat saat berangkat :). 

Dan cari juga posisi strategis untuk mendapat pemandangan terbaik (sisi barat). Yaitu duduk di sisi kanan saat berangkat dari Manhattan dan duduk di sisi kiri saat berangkat dari Staten Island. Dan begitu gerbang dibuka, sepat-cepatlah naik dan cari posisi dipinggir jendela yang terbuka sehingga pandangan lebih jelas dan dengan mudah mengambil foto ;). Staten Island Ferry berangkat dari Battery Park di Lower Manhattan (arah Patung Liberty), dan berangkat 30 menit sekali pada jam-jam sibuk. 

10. American National History Museum
American National History Museum

Nah yang no.10 ini nih yang agak menghambat saya untuk cepat-cepat menyelesaikan artikel ini. Karena ceritanya saya dilema antara American National History Museum, Grand Central Terminal, atau New York Public Library. Benar-benar dilema sampai bolak-balik ini itu, tapi jari tak mau bergerak juga. Haha, malah jadi indecisive. Habisnya saya memiliki tingkat ketertarikan yang sama pada tiga tempat ini. yaitu low interest :p. Dan akhirnya saya jatuhkan pilihan hati saya pada American National History Museum. 

Ya, American National History Museum atau ANHM adalah salah satu museum terbesar dan terkenal di dunia. Museum yang terletak di Manhattan, New York City, AS ini merupakan sebuah kompleks yang terdiri dari 27 bangunan yang saling berhubungan dan memiliki 45 aula pameran, 1 planetarium, dan 1 ruang perpustakaan. Koleksi totalnya ada lebih dari 32 milyar spesimen (yup, milyar saudara!), meskipun tentu saja semuanya tidak dipamerkan secara bersamaan. 

American National History Museum menerima kunjungan rata-rata 5 juta orang tiap tahunnya. Di sini, pengunjung bisa melihat berbagai macam spesimen yang mengagumkan yang terdiri dari kategori tumbuhan, manusia, hewan, fosil, mineral, bebatuan, meteorit, dan artefak. ANHM juga pernah menjadi lokasi syuting salah satu film populer bersetting museum, yaitu Night at the Museum: Battle of the Smithsonian.

Nah demikian 10 tempat wisata paling terkenal di New York Amerika Serikat. Tertarik mengunjungi semuanya? :). Kalau mau lebih hemat dan praktis, Anda bisa menggunakan New York Sightseeing Pass untuk masuk ke lebih dari 80 tempat wisata terkenal di New York hanya dengan 1 tiket. Termasuk tiket masuk ke Patung Liberty, Empire State Building, Top of the Rock (Rockfeller Center), Madame Tussauds, Hop on Hop off Bus new york dan tur kapal pesiar New York. Selain itu, Anda juga bisa dapat buku panduan gratis!


Oh iya, info tempat-tempat wisata terkenal lainnya di New York dan seluruh Amerika Serikat sedang dalam tahap penggarapan, jadi ditunggu ya! :) Biar tak ketinggalan info dan update terbaru, boleh tuh join dulu Facebook fans page kita Explorer Guidebook. See you there!

Articles ©Explorer Guidebook
Baca Juga:

12 comments: Leave Your Comments

  1. Kapan ya saya bisa jalan2 kesini bareng keluarga tercinta,,yang jelas juga tak sedikit biaya untuk di keluarin..he..he..salam sukses ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gk bakalan pernah hahaahahahaah

      Delete
  2. @Wisata Bromo Murah: Bisa nabung dulu :D... semoga bisa segera ke sana ya :)

    Salam sukses juga! makasih sudah mampir :)

    ReplyDelete
  3. Newyork aj banyak bgt tempat yg hrs dikunjungi, blom yg lain. Tipsnya apa yah untuk trip ke Amrik ? Budget brp kira2 dan berapa hari ? Thanks ;P

    ReplyDelete
  4. bagus nih infonya,,
    kunjungan pagi,, kunjungan baluk ya....

    ReplyDelete
  5. Amerika so woooowww and amazing.

    ReplyDelete
  6. sialan gua ga bisa copy paste

    ReplyDelete
  7. Keren dan menakjubkan....smg bisa berwisata ke tempat ini....

    ReplyDelete
  8. My brother recommended I might like this
    website. He was totally right. This post truly made my day.
    You can not imagine just how much time I had spent for this info!
    Thanks!

    My homepage :: lasertest

    ReplyDelete