Explorer Guidebook

Cari di blog ini

9 Bus Hop-on Hop-off di 9 Kota di Eropa

4

Hop-on Hop-off Bus adalah bus wisata keliling kota yang memungkinkan kita untuk naik-turun sesuka hati selama periode tertentu, hanya dengan membeli 1 tiket/pass. Bus ini biasanya terdiri dari 2 tingkat (double decker bus), dengan dek bagian atas terbuka. Bus Hop-on Hop-off atau city sightseeing tour banyak dijumpai di kota-kota besar di Eropa, Amerika Serikat, Australia, bahkan di Asia seperti Singapore dan Hong Kong, dan juga Dubai dan Sharjah (Uni Emirat Arab)! Prinsipnya sama. Semua bus Hop-on Hop-off ini akan membawa kita keliling kota dengan rute yang dirancang khusus sehingga melewati hampir semua tempat wisata terkenal di kota tersebut.

Bus jenis bus hop-on hop-off ini sangat sering menjadi pilihan wisatawan karena selain berguna sebagai alat transportasi, bus ini juga langsung akan berhenti di dekat tempat-tempat wisata yang kita tuju sehingga akan membuat jalan-jalan kita lebih mudah dan hemat waktu. Hal ini tentu sangat membantu para wisatawan yang pada umumnya memiliki waktu terbatas di sebuah kota, tetapi ingin memanfaatkan waktu mereka sebaik mungkin dengan melihat dan mengunjungi lebih banyak tempat.

Menggunakan bus hop-on hop-off (hoho) ini juga sangat mudah. Tinggal berhenti di tempat wisata yang anda mau, lalu setelah jalan-jalan anda selesai, tinggal mencegat bus hoho lain di tempat anda berhenti tadi untuk menuju ke tujuan wisata anda selanjutnya. Begitu seterusnya, anti ribet dan anti nyasar :D. Berbeda jika anda naik naik metro, subway, ataupun bus konvensional yang terkadang mengharuskan anda berganti-ganti jalur untuk sampai tujuan. Lengkap dengan banyaknya jalur, stasiun, dan segala seluk beluknya yang kompleks :D. Belum lagi jika stasiun tempat anda turun ternyata cukup jauh dari tempat wisata. Perlu tenaga dan lebih banyak waktu lagi untuk jalan. Nah dengan pertimbangan tersebut, bus HOHO ini tentu saja sangat membantu kita untuk pergi dari satu tempat ke tempat lainnya, di sebuah kota baru yang segalanya masih asing dan belum familiar. Mulai dari bahasa, mata uang, tata letak kota, stasiun, hingga jalur transportasi.

Selain itu, karena hanya 1 kali membeli tiket, andapun tak perlu berulang-ulang mengeluarkan uang tunai, pakai kartu kredit, atau mengacak-acak dompet setiap kali akan naik :p. Tinggal tunjukkan tiket atau Pass yang anda punya ke sang sopir dan andapun diinjinkan untuk masuk. Praktis kan. Dengan naik bus Hop-on Hop-off ini anda juga bisa mendapatkan keuntungan seperti ikut tour. Karena selain melewati banyak sekali tempat wisata, bus ini juga menyediakan map gratis, leaflet, serta audio guide multilingual (kadang professional guide) yang memberi informasi tentang tempat-tempat wisata yang dilewati. Jadi kalau tanpa turun, anda bisa melihat highlight wisata sebuah kota dengan bus ini in almost no time. Bayangkan, hanya dalam waktu 1-2 jam saja (per loop), anda bisa melihat hampir semua tempat wisata terkenal di satu kota. Oke kan?

Meskipun ada puluhan tempat wisata dalam rute Bus Hop-on Hop-off, anda tak harus berhenti di setiap tempat wisata atau pemberhentian. Melainkan bisa tanpa berhenti seperti dikatakan di atas, atau anda bisa pilih hanya berhenti di tempat wisata yang anda mau. Karena itulah bus ini fleksibel. Namun kalau anda mau berhenti di semua tempat, itu juga tidak dilarang. Pokoknya sesuka anda. Mau tur saja (tanpa berhenti) di loop pertama lalu baru berhenti di loop di kedua juga bisa. Dengan demikian anda mendapat gambaran utuh atau highlight semua tempat wisatanya dulu, baru turun di tempat-tempat yang anda minati atau dirasa menarik kemudian. Dengan demikian jadi tak ada yang terlewat :).

Okelah, sudah cukup ya pembukaannya (ebusyet... sudah sepanjang ini baru pembukaan? Iyalah :p). Sekarang kita masuk ke intinya, yaitu Bus Hop-on Hop-off yang ada di kota-kota wisata di Eropa seperti London, Paris, Roma, Barcelona, Madrid, dll. Let's checkin' it out!

1. London Original Tour Hop-on Hop-off Bus
Bus ini akan membawa anda keliling kota London dan melewati tempat wisata terkenal di london seperti Menara Jam Big Ben, Houses of Parliament, London Eye, Tower Bridge, Buckingham Palace, Hyde Park, Westminster Abbey, Madam Tussauds, Regent’s Park, Oxford Street, Piccadilly Circus, National Gallery, Trafalgar Square, Covent Garden, Paul’s Cathedral, Tower of London, Shakespeare’s Globe, Millennium Bridge, dan puluhan tempat wisata lainnya (lihat daftar selengkapnya).

London Hop-on Hop-off bus memiliki 3 rute yaitu Red, Yellow, dan Blue (masing-masing 2 jam 1 loop), plus 3 rute Transport Link yaitu Black, Green, Purple. Dengan tiket Bus HOHO ini kita juga bisa naik gratis kapal pesiar sungai Thames (operator: City Cruises), dan 3 tur jalan kaki yaitu Changing of the Guard Istana Buckingham, Jack the Ripper, dan Rock 'n' Roll Walking Tour. Semua info lengkapnya bisa anda baca di sini.

Harga tiket London Original Tour Hop-on Hop-off Bus *:
Dewasa, 1 hari: 43.71 USD
Keberangkatan:
Pkl 08.30-17.00, setiap 15-20 menit sekali
Naik turun di lebih dari 50 tempat pemberhentian/stop
*harga dapat berubah sewaktu-waktu
Tiket bisa dibeli di Visitor Center di Trafalgar Square dan 4 tour starting point lainnya atau booking online.

2. Paris L'Open Tour Hop-On-Hop-Off Bus
Bus ini akan membawa anda keliling kota Paris dan melewati tempat wisata terkenal di Paris seperti Menara Eiffel, Champ de Mars, Champ Elysees, Arc de Triomphe, Trocadero, Louvre Museum, Tuileries Gardens, Notre Dame, Conciergerie, Musee d'Orsay, Pont des Arts, Place de la Concorede, Grand Palais, Petit Palais, Les Invalides, Musee Rodin, dan puluhan tempat wisata lainnya (lihat daftar selengkapnya).

Paris L'Open Tour memiliki 4 rute yang saling terhubung yaitu Paris Grand Tour (1 loop: 2 jam), Bastille-Bercy (1 loop: 60 menit), Montmartre-Grands Boulevards (60 menit), dan Montparnasse - Saint-Germain (60 menit). Info lengkapnya bisa anda baca di sini.


Harga tiket Paris L'Open Tour Hop-On-Hop-Off Bus*:
Dewasa, 1 hari: 45.06 USD
Dewasa, 2 hari: 50.69 USD
Dewasa, 3 hari: 56.33 USD
Keberangkatan:
April-Oktober: Pkl 09.30-20.30, setiap 10 menit sekali
November-Maret: Pkl 9:30-18.30, setiap 30 menit sekali
Naik turun di 50 tempat pemberhentian/stop
*harga dapat berubah sewaktu-waktu
Tiket bisa dibeli langsung di atas bus HOHO L'Open Tour atau booking online di sini.

3. Paris Big Bus Tour/Les Cars Rouge
Les Cars Rouges atau sekarang disebut sebagai Paris Big Bus Tour adalah operator bus hop-on hop-off lainnya di Paris selain L'Open Tour. Bus ini akan membawa anda keliling kota Paris dan melewati tempat wisata terkenal di Paris seperti Menara Eiffel, Champ de Mars, Louvre Museum, Tuileries Gardens, Arc de Triomphe, Notre Dame, Musee d'Orsay, Trocadero, Grand Palais, Pont des Arts, dan tempat wisata lainnya (lihat daftar selengkapnya). Bedanya dengan L'Open Tour, cakupan area Big Bus Tour lebih sedikit. Selain itu hanya ada 1 rute (1 loop: 2 jam 15 menit). Baca selengkapnya di sini.

Harga tiket Paris Big Bus Hop-on Hop-off*: 
Dewasa, 1 hari: 29.00 Euro
Dewasa, 2 hari: 33.00 Euro
Keberangkatan:
Pkl 09.30-19.10
Naik turun di 10 tempat pemberhentian.
*harga dapat berubah sewaktu-waktu

Tiket bisa dibeli di setiap stop/pemberhentian Big Bus Tour atau booking online di sini. Big Bus Tour juga sudah termasuk dalam paket Paris Pass, jadi anda bisa naik gratis jika sudah memilikinya.

4. Rome Hop-On Hop-Off Sightseeing Bus
Bus ini akan membawa anda keliling kota Roma dan melewati tempat wisata terkenal di Roma seperti Colosseum, Trevi Fountain, Tiber Island, Vatican City, Circus Maximus, Basilica of Santa Maria Maggiore, Piazza Venezia, dan tempat wisata lainnya. Info selengkapnya bisa anda baca di sini. 1 putaran/loop memakan waktu 1,5-2 jam. 

Harga tiket Rome Hop-On Hop-Off Sightseeing Bus *:
Dewasa, 1 hari: 30.98 USD
Dewasa, 2 hari: 38.02 USD
Dewasa, 3 hari: 45.06 USD
Keberangkatan:
April-Oktober: Pkl 09.00-19.00, setiap 20 menit sekali
November-Maret:
Pkl 9.00-15.0, setiap 30 menit sekali
Pkl 15.00-17.00, setiap 1 jam sekali (Sabtu, Minggu, dan hari libur 30 menit 1x)
Naik turun di 8 tempat pemberhentian.
*harga dapat berubah sewaktu-waktu
Tiket bisa dibeli di setiap pemberhentian bus Rome hop-on hop-off sightseeing tour atau booking online di sini.

5. Madrid City Tour Hop-on Hop-off Bus
Bus ini akan membawa anda keliling kota Madrid dan melewati tempat wisata terkenal di Madrid seperti Plaza Mayor, Puerta del Sol, Palacio Real, Plaza de Cibeles, Plaza de España, Gran Vía, Museo del Prado, Santiago Bernabéu Stadium, dan sejumlah tempat wisata lainnya (lihat daftar selengkapnya).

Madrid City Hop-on Hop-off Tour memiliki 2 rute yaitu Blue Route (Route/Ruta 1) dan Green Route (Ruta 2) yang masing-masing mengkususkan diri pada kawasan bersejarah di kota Madrid (Blue route, 1 loop 80 menit) dan kawasan modernnya (Green route, 1 loop 60 menit). Info lengkapnya bisa anda baca di sini.

Harga tiket Madrid Hop-on Hop-off Bus*:
Dewasa, 1 hari: 29.57 USD
Dewasa, 2 hari: 35.20 USD

Keberangkatan:
Maret-Oktober: Pkl 09.00-22.00, setiap 8-9 menit sekali
November-Februari: Pkl 10.00-18.00, setiap 14-15 menit sekali
Naik turun di 37 tempat pemberhentian
*harga dapat berubah sewaktu-waktu

Tiket bisa dibeli di MCT Information Centre (Calle Félipe IV, dekat Museo del Prado), di kantor Juliá Travel (Plaza de España, 7) atau booking online di sini.

6. Barcelona Hop-on Hop-off City Tour
Bus ini akan membawa anda keliling kota Madrid dan melewati tempat wisata terkenal di Barcelona, Spanyol, seperti Las Ramblas, Sagrada Familia, Parc Güell, Tibidabo, La Pedrera, Casa Batlló, Poble Espanyol, Camp Nou (stadion F.C. Barcelona), Montjuic, dan tempat wisata lainnya (lihat daftar selengkapnya).

Barcelona Hop-on Hop-off Bus memiliki 2 rute yang saling terhubung yaitu East Route (1 loop: 120 menit pada musim dingin, 140 menit pada musim panas) dan West Route (1 loop: 120 menit). Info lengkapnya bisa anda baca di sini.

Harga tiket Barcelona Hop-on Hop-off Bus*:
Dewasa, 1 hari: 38.02 USD
Dewasa, 2 hari: 49.29 USD

Keberangkatan:
Musim panas (April - Oktober): Pkl 09.00-20.00, setiap 7-15 menit sekali
Musim dingin (November - Maret): Pkl 10.00-19.00, setiap 7-15 menit sekali
Naik turun di 32 tempat pemberhentian
*harga dapat berubah sewaktu-waktu

Tiket bisa dibeli langsung di Bus, di kantornya (Balmes 5, Barcelona) atau booking online di sini.

7. Brussels Hop-on Hop-off Tour Bus
Bus ini akan membawa anda keliling kota Brussels, Belgia, dan melewati tempat wisata terkenal di Brussels seperti Grand Place, Chocolate Museum, Manneken Pis, Royal St Hubert Gallery, Beer Museum, Tin Tin, Atomium, Mini-Europe, Traditional Chocolate Factory, Waffle Factory, dan tempat wisata lainnya (lihat daftar selengkapnya).

Brussels Hop-on Hop-off Bus memiliki 2 rute yang saling terhubung yaitu Blue Line dan Red Line yang masing-masing loop memakan waktu sekitar 75 menit. Info lengkapnya bisa anda baca di sini.

Harga tiket*:
Dewasa, 1 hari: 32.40 USD
Dewasa, 2 hari: 42.26 USD

Keberangkatan:
April - Oktober:
Senin-Jumat: Pkl 10.00-16.00, setiap 30 menit sekali
Sabtu - Minggu: Pkl 09.30 00-17.00 setiap 30 menit sekali

November - Maret:
Senin-Jumat: Pkl 10.00-14.30, setiap 30 menit sekali
Sabtu - Minggu: Pkl 10.30 00-16.00, setiap 30 menit sekali

Naik turun di 21 tempat pemberhentian, tiket bisa di booking online di sini.

*harga dapat berubah sewaktu-waktu


8. Berlin City Hop-on Hop-off Tour Bus 
Bus ini akan membawa anda keliling kota Berlin, Jerman, dan melewati tempat wisata terkenal di Berlin seperti Checkpoint Charlie, Alexanderplatz, Berliner Dom (Cathedral), Pergamon Museum, Brandenburg Gate, dan Charlottenburg Palace (lihat daftar selengkapnya). 1 putaran/loop memakan waktu 2,5 jam.

Harga tiket Berlin City Hop-on Hop-off Tour Bus *:
Dewasa, 2 hari: 33.81 USD

Keberangkatan:
Musim panas (15 Maret - 27 Oktober): Pkl 10.00-16.30, setiap 10 menit sekali
Musim dingin (28 Oktober - 14 Maret): Pkl 10.00-15.30, setiap 10 menit sekali

Naik turun di 20 tempat pemberhentian, tiketnya bisa booking online di sini.

*harga dapat berubah sewaktu-waktu

9. Amsterdam Hop-on Hop-off Tour Bus 
Bus ini akan membawa anda keliling kota Amsterdam, Belanda, dan melewati tempat wisata terkenal di Amsterdam seperti National Maritime Museum, Heineken Experience, Anne Frank House, Windmill, Vondelpark, Leidse Square, dan tempat wisata lainnya (lihat daftar selengkapnya). 1 putaran/loop memakan waktu 2 jam.

Harga tiket Amsterdam Hop-on Hop-off Bus*:
Dewasa, 1 hari: 25.35 USD
Dewasa, 2 hari: 36.62 USD

Keberangkatan:
April- Oktober: Pkl 09.10-19.00, setiap 25 menit sekali
November- 14 Maret: Pkl 09.30-18.00, setiap 25 menit sekali
Naik turun di 11 tempat pemberhentian, tiketnya bisa booking online di sini.
*harga dapat berubah sewaktu-waktu


Baca juga:

4 comments: Leave Your Comments

  1. Such a nice post! Thanks for your useful information.
    Need Party Bus Rental Services in paris : http://www.europa-coaches-paris.com/

    ReplyDelete
  2. Thanks for sharing a wonderful post.

    Bus Rental

    ReplyDelete
  3. Thank you so a lot for sharing this sort of wonderful data.

    Europe coaches Ljubljana offers you all kind of transportation services like Ljubljana minibus rental, charter bus rental, limousine service, airport transfers, affordable charter bus provider.

    Europa Coaches Ljubljana

    ReplyDelete
  4. You have shared great information. Thanks for sharing..

    europa coaches munich Limousine & Party Bus Rental Service : http://www.europa-coaches-munich.com/

    Limo Party Bus Rental Munich

    ReplyDelete